logo-raywhite-offcanvas

30 Nov 2020

Tren Desain Apartemen Minimalis 2022

Tren Desain Apartemen Minimalis 2022

Apartemen adalah salah satu jenis hunian dimana Anda hanya memiliki sebuah unit atau lebih pada gedung apartemen. Bagaikan sebuah kamar hotel, Anda akan tinggal bersama banyak orang pada suatu gedung apartemen yang terdiri dari puluhan hingga ratusan unit dalam satu gedung apartemen. Desain apartemen minimalis kini menjadi salah satu jenis properti impian para millennial, khususnya yang ingin merasakan tinggal di ibu kota namun dengan harga yang masih terjangkau. 

Semakin sempitnya lahan di perkotaan dan diiringi dengan semakin meningkatnya harga properti membuat masyarakat sulit mendapatkan hunian nyaman dan strategis. Apartemen adalah sebuah hunian yang memfasilitasi kebutuhan Anda yang ingin memiliki hunian yang strategis dengan harga yang lebih terjangkau. 

Memang bagi sebagian orang, membeli sebuah apartemen tidak senyaman tinggal rumah. Tinggal di apartemen membuat Anda tidak bisa mengobrol dengan tetangga secara leluasa. Anda juga tidak bisa menikmati taman yang langsung connecting dengan unit atau membuat kolam ikan untuk hobi Anda. Hal ini karena Anda hanya membeli bangunan dan tidak membeli tanah layaknya Anda membeli sebuah rumah. Hal tersebut yang membuat harganya lebih terjangkau. Namun, hal ini akan terbayarkan dengan lengkapnya fasilitas apartemen yang selangkah dengan hunian Anda. Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang terdapat pada apartemen karena bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan dengan fasilitas di perumahan.

Apartemen memberikan berbagai fasilitas bagi penghuninya. Kolam renang, pusat kebugaran (gym center), pusat perbelanjaan, taman, ruang meeting, lobby dan tempat parkir adalah fasilitas standar yang ada di apartemen. Hanya dengan berjalan kaki, Anda bisa mengakses berbagai fasilitas tersebut. Berbeda dengan tinggal di perumahan yang mengharuskan Anda menempuh jalan yang cukup jauh untuk bisa ke fasilitas tersebut.

Untuk mendapatkan sebuah apartemen, Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Layaknya membeli sebuah rumah, apartemen juga memiliki tipe-tipe apartemen yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Berikut tipe-tipe apartemen yang ada di Indonesia:

  • Tipe Studio

Apartemen tipe ini biasanya berukuran 20 hingga 30 meter persegi. Pada apartemen studio, Anda hanya memiliki sebuah ruangan tanpa sekat. Sekat hanya ada pada bagian kamar mandi. Hal ini agar ruangan terkesan luas dan bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan Anda dalam satu ruangan. Dapur mini, kamar tidur, ruang kerja berada di satu ruangan. Anda harus pintar memaksimalkan ruangan agar terlihat lapang dan luas. 

  • Tipe 1 Bedroom (1 BR)

Mungkin Anda yang masih awam mengenai apartemen akan sedikit bingung mengenai perbedaan apartemen 1 bedroom (1BR) dengan apartemen studio. Keduanya memang idealnya hanya dihuni maksimal oleh 2 (dua) orang. Namun, perbedaan paling mendasar adalah apartemen 1 bedroom  memiliki ukuran ruang yang lebih luas. Perbedaan luas dengan tipe studio adalah sekitar 5 hingga 10 meter persegi lebih luas dibandingkan apartemen studio. 

Hal ini agar unit apartemen Anda terdapat ruang khusus untuk kunjungan tamu atau ruang keluarga untuk menonton TV. Dengan begitu, pada saat Anda membuka pintu, Anda akan masuk ke ruang tamu terlebih dahulu baru ke kamar tidur Anda. Berbeda dengan studio apartment yang ketika membuka pintu langsung ke kamar tidur. Apartemen 1 kamar tidur sangat cocok bagi Anda yang sering menerima tamu, lebih mapan secara keuangan dan belum menikah atau telah berkeluarga namun belum memiliki anak. 

  • Tipe 2 Bedroom (2 BR)

Developer yang membangun apartemen tentu saja tidak hanya menyasar 1 (satu) atau 2 (dua) segmen saja. Untuk menangkap banyak calon buyer, maka developer juga memperbanyak varian dan tipe apartemen. Maka developer juga menghadirkan apartemen 2 bedroom (2 BR) untuk memfasilitasi keluarga yang telah memiliki 1 hingga 2 anak. Kemudian, semakin mapannya seseorang tentu menginginkan sesuatu yang lebih. Apartemen 2 bedroom menghadirkan sesuatu yang lebih dari apartemen 1 bedroom. Ukurannya yang luas sekitar 50 - 60 meter persegi, memungkinkan Anda memiliki 2 kamar tidur, ruang keluarga dan 1 kamar mandi. 

Apartemen 2 BR adalah ukuran ideal untuk sebuah apartemen. Secara akomodasi lebih lega dibandingkan apartemen studio maupun 1 bedroom, serta harga yang tidak terlalu mahal seperti pada apartemen 3 BR dan rumah tapak. Sehingga tidak jarang varian apartemen 2 BR paling cepat sold out. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki apartemen 2 bedroom, segera untuk melakukan down payment untuk lock unit Anda. Lihat listing apartemen terlengkap disini.

  • Tipe 3 Bedroom (3 BR)

Tipe apartemen yang terbesar yang biasa di desain oleh developer secara standar adalah apartemen 3 bedroom. Apartemen 3 bedroom diperuntukkan untuk keluarga besar yang memiliki 2 anak atau lebih dan/atau yang orang tuanya juga turut tinggal bersama. Dengan ukuran yang besar layaknya rumah, maka akan lebih nyaman dan tidak perlu sempit-sempitan di unit. Jika Anda keluarga baru pun, bisa menjadikan salah satu kamarnya menjadi ruang kerja pribadi Anda, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan Anda work from home (WFH). 

Seiring berjalannya waktu, developer tidak menghadirkan secara khusus apartemen 3 kamar tidur, namun Anda harus membeli 2 unit apartemen berupa apartemen 2 bedroom dan studio yang bersebelahan dan dipesan khusus agar connecting satu sama lain.

  • Apartemen 2 Lantai (Penthouse)

Pada beberapa apartemen, terdapat varian apartemen 2 lantai layaknya sebuah penthouse. Anda serasa memiliki rumah mewah 2 lantai dengan view city nightlife di malam hari. Jika apartemen Anda berada di lantai paling tinggi, maka biasanya terdapat space untuk rooftop yang memudahkan Anda untuk menikmati pemandangan sambil bersantai dan BBQ bersama teman atau keluarga. Namun, tidak semua apartemen menghadirkan varian apartemen 2 (dua) lantai. Sehingga apartemen varian ini hanya ditujukan untuk para sultan atau crazy rich di kotanya.

Apartemen jenis ini terkadang dijadikan kantor versi low budget bagi pemiliknya. Dibandingkan menyewa sebuah gedung kantor dengan biaya yang cukup tinggi, maka lebih baik menyewa apartemen 2 lantai untuk membuka kantor sebagai alternatif, selain menyewa sebuah rumah toko (ruko).

 

IDE DESAIN APARTEMEN MINIMALIS

Design apartment minimalist adalah sebuah bahasa desain yang mengutamakan keleluasaan ruangan bagi penghuninya tanpa mengesampingkan faktor estetika sebuah desain dan tetap mengutamakan fungsi dari furnitur yang dibuat.

  • Perabotan (Furniture) Multifungsi

Desain apartemen minimalis semakin digemari oleh masyarakat khususnya kaum milenial karena sangat sibuk dan membutuhkan hunian yang nyaman dan multifungsi. Apartemen minimalis di desain agar setiap perabotan memiliki banyak kegunaan (multifungsi). Buatlah desain tempat tidur yang terdapat laci di kolong tempat tidur untuk menyimpan barang-barang kesayangan Anda. Buatlah lemari yang multifungsi untuk lemari gantung baju, lemari lipat baju, laci tempat barang berharga dan mekanisme lemari metode geser (sliding) agar tidak terlalu memakan ruang saat lemari terbuka. Anda juga bisa membuat meja yang bisa dilipat atau meja kerja sekaligus kabinet untuk tempat kerja Anda. 

Selain itu, buatlah kitchen set multifungsi, agar semua peralatan makan Anda dapat tersusun dengan rapi pada kabinet yang menyatu dengan kitchen set. Selain rapi, desain kitchen set akan membuat apartemen Anda semakin modern dan kekinian. Jika apartemen Anda masih memiliki ruang lebih, buatlah meja makan yang dilengkapi kabinet sehingga multifungsi untuk meletakan perlengkapan makan seperti saus atau bumbu penambah rasa. Jika ruang apartemen Anda terbatas, Anda bisa membuat meja makan yang menyatu dengan kitchen set untuk memaksimalkan ruang gerak Anda di unit apartemen.

  • Gunakan Warna Furniture Cerah

Jika unit apartemen Anda tidak terlalu luas dan Anda ingin agar unit apartemen Anda terlihat lapang dan lega, maka Anda harus bijak dalam pemilihan warna furniture dan dinding. Warna yang cerah akan membuat ruang terasa lapang dan lega. Warna yang sebaiknya dipilih adalah putih, putih gading, cream (coklat muda), abu-abu muda atau warna pastel seperti biru muda, turquoise dan cyan. Hindari penggunaan warna hitam atau coklat tua pada dinding atau furnitur karena akan membuat ruang terasa sempit dan kurang nyaman untuk ditinggali. 

  • Efektifkan Desain (Denah) Tata Ruang Apartemen

Penempatan posisi atau tata letak furnitur memegang peranan penting dalam mempengaruhi luas atau tidaknya sebuah unit apartemen. Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa tata letak furnitur dan denah unit apartemen didesain secara efektif, sehingga membuat ruangan Anda terlihat luas.

  • Utamakan Desain Ruang Terbuka

Desain apartemen minimalis didominasi oleh ruang terbuka (open space). Design open space akan membuat ruang apartemen terlihat luas dan Anda akan lebih fleksibel dalam mengatur denah ruangan dan leluasa untuk melakukan berpindah antar ruangan. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda sebagai pemilik apartemen untuk mengusung konsep desain open space. Apartemen Anda akan terlihat kekinian karena desain ruang terbuka merupakan desain kekinian trend 2022.

  • Ruangan Multiguna 

Konsep apartemen open space akan membuat konsep ruangan Anda menjadi multiguna. Ruang multiguna artinya ruang keluarga berada di kamar tidur dan connecting dengan dapur serta kamar mandi. Ide dari ruang multiguna adalah meminimalisir sekat antar ruangan serta menghadirkan sebuah desain ruangan yang fresh dan belum pernah dihadirkan sebelumnya.

  • Gunakan Sekat Ruangan Kaca

Jika Anda tinggal bersama anak atau orang tua, maka tentu saja Anda membutuhkan privasi yang tinggi. Sangat wajar jika Anda ingin menyekat sebuah ruangan dengan ruangan lain untuk mendapatkan sebuah privasi. Jika Anda menyekat ruangan apartemen dengan gypsum, maka ruang apartemen akan terasa sempit dan gelap. Oleh karena itu, penggunaan sekat yang terbuat dari kaca sangat direkomendasikan. Pemilihan kaca yang digunakan juga harus yang berjenis tempered glass sehingga pada saat terjadi hal yang tidak terduga, pecahannya tidak membahayakan penghuni rumah. 

Sekat dari kaca dapat dilapisi oleh kaca film gelap one way, sehingga orang dari luar tidak bisa melihat aktivitas Anda di dalam kamar, melainkan Anda bisa melihat ke luar. Penggunaan sekat kaca akan membuat ruang terasa lega karena lebih tipis dibandingkan menggunakan gypsum. Selain itu, penggunaan kaca yang besar merupakan tren desain rumah minimalis dan desain apartemen minimalis 2022. 

  • Gunakan Dekorasi Unik dan Personal

Jika Anda menyukai sebuah desain yang simple namun anti mainstream, maka gunakan dekorasi yang unik namun personal bagi Anda. Anda bisa menaruh berbagai bingkai foto Anda dan pasangan dengan ukuran yang berbeda-beda dan diletakkan dengan urutan yang random membentuk sebuah pola. Anda juga bisa meletakkan dekorasi yang berisi kata-kata motivasi untuk penyemangat pagi Anda sebelum berangkat bekerja atau kuliah. 

Atap Rumah Minimalis

Dapur Terbuka Minimalis 

Desain Rumah Minimalis Tahun 2022

Pagar Minimalis

Taman Minimalis 2022

 

KONSEP DESAIN INTERIOR APARTEMEN MINIMALIS

  • Konsep Desain Scandinavian

Apartemen konsep Scandinavian adalah konsep modern old-fashioned dimana bahasa desainnya unik dan sedang tren di tahun ini. Konsep Scandinavian tetap mengedepankan fungsionalitas dan estetika sebuah ruangan dengan desain minimalis yang khas. Salah satu ciri-ciri konsep scandinavian adalah adanya kombinasi warna terang atau warna netral antara warna furnitur dengan warna dinding. Setiap furniture juga di desain secara klasik modern dimana terdapat meja kayu atau lampu hias gantung serta perabotan yang didominasi oleh bahan kayu dan berbentuk tidak sejajar (asimetris).  Model scandinavian juga menerapkan lantai yang terbuat dari parket kayu cerah yang elegan.  

  • Konsep Desain Japanese-Minimalist

Sudah menjadi rahasia umum jika harga properti di Jepang sangat mahal. Oleh karena itu, desainer Jepang membuat desain interior minimalis ala Jepang yang memadukan karakteristik keindahan arsitektur Jepang dan memaksimalkan fungsi agar ruangan terlihat luas dan tidak terlalu memakan tempat. Itu sebabnya konsep desain minimalis ala Jepang bisa dijadikan referensi. 

Pada umumnya, desain interior Jepang didominasi oleh bambu atau kayu.  Dekorasi rumah yang furniturnya terbuat dari bambu atau kayu akan terlihat natural dan alami. Kesan back to nature akan membuat Anda lebih rileks saat berada di dalam unit apartemen. 

  • Konsep Desain Monochrome Interior

Jika Anda menyukai warna hitam dan putih, maka desain minimalis monokrom akan sangat cocok untuk menjadi preferensi interior apartemen Anda. Konsep monokrom akan didominasi oleh furnitur yang berwarna hitam, abu-abu dan putih. Bahkan lantainya pun akan berwarna monokrom juga. Bagi sebagian orang, desain seperti ini terlalu monotone, namun bagi pecinta warna gelap akan sangat menyukainya. 

Agar apartemen tetap terasa luas, aplikasikan cat dinding berwarna putih atau abu-abu muda serta lantai yang berwarna abu-abu muda hingga abu-abu tua. Kemudian perabotan seperti sofa yang berwarna hitam pekat bersama dengan meja makan dan kitchen set. Pastikan lemari dan kabinet juga berwarna hitam. Pada bagian headboard tempat tidur, pilih warna yang senada dengan lemari, yakni hitam. Akan tetapi penggunaan spray sebaiknya warna abu-abu muda atau putih. Hal ini agar Anda terasa lebih nyaman saat tidur.

  • Konsep Mini Bar Design

Apartemen pada umumnya ditinggali oleh Anda yang berjiwa milenial. Anda menginginkan sebuah apartemen yang bisa mengikuti lifestyle Anda. Untuk itu, penggunaan konsep ruang makan dan dapur yang menyatu layaknya sebuah mini-bar akan sangat membuat rumah Anda lebih luas, modern dan multifungsi. Anda bisa menggantungkan gelas-gelas untuk minum wine pada sisi meja makan atau pada langit-langit dapur dan menikmati makan malam Anda layaknya berada di sebuah cafe and bar. 

  • Konsep Design Industrial 

Desain-Apartemen-Industrial-Scandinavian-Japaneses-Minimalist-Trend-2020-Ray-White

Konsep desain interior Industrial adalah tren properti zaman dulu yang masih kerap menjadi inspirasi pemilik properti. Gaya khas dari sebuah konsep industrial adalah susunan batu bata yang sengaja tidak di aci untuk diperlihatkan. Konsep ini merupakan desain interior old-fashioned yang menyukai konsep properti old school.  Namun untuk aplikasi pada apartemen, tentu saja setiap dinding sudah di aci oleh semen dan dilapisi oleh cat dinding.

Untuk menyikapinya, Anda bisa menggunakan wallpaper bermotif susunan batu bata merah. Anda bisa memilih wallpaper susunan batu bata dengan tekstur yang kasar untuk menampilkan kesan lebih natural. Hindari penggunaan wallpaper batu bata yang glossy karena akan membuatnya terlihat palsu (fake). Pada konsep industrial, gunakan furnitur yang bernuansa antik agar desain old-fashioned-nya semakin terasa. 

  • Konsep Luxury Modern Classic Design

Konsep luxury modern classic kerap ditemukan pada hotel bintang 5 (lima) yang memadukan perpaduan warna antara emas, cream, putih, hitam dan coklat tua. Untuk apartemen kelas atas, pemilihan desain mewah nan elegan akan sangat tepat apalagi jika terdapat lampu gantung kristal pada ruang tamu apartemen serta lampu tidur bernuansa emas dengan pancaran sinar kuning. Konsep ini akan menghasilkan aura kemewahan dan membuat ambience ruangan lebih hangat. 

  • Konsep Desain Rustic

Konsep rustic sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam namun ingin tinggal di apartemen. Desain rustic adalah sebuah konsep dimana interior unit apartemen yang dilengkapi oleh tanaman hias serta sentuhan alam seperti ranting pohon atau material furnitur yang terbuat dari kayu bertekstur kasar. Biasanya furnitur bertekstur kasar ini terdapat pada classic furniture. Namun, hal ini membutuhkan space yang cukup besar sehingga kurang cocok diaplikasikan pada apartemen yang berukuran kecil.

Sebagai pemilik apartemen, tentu saja Anda ingin mendapatkan sebuah desain apartemen yang terbaik dan nyaman untuk ditempati. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsultasikan seputar desain interior kepada interior desainer kepercayaan Anda. Namun, Anda bisa mengkonsultasikan seputar jual beli properti kepada Ray White Indonesia.

Ray White adalah agen properti terbaik yang telah meraih penghargaan Top Brand Awards selama 8 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2020. Hal ini didukung oleh  yang terdiri dari 175 kantor cabang yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Disamping itu, jaringan bisnis Ray White juga telah tersebar di Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membeli properti di luar negeri. Jual beli properti? Ray White ahlinya.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

Sumber : Dekoruma, Jendela 360, 99, Freepik.

Share