logo-raywhite-offcanvas

01 Nov 2020

Tips dan Keuntungan Sewa Apartemen 2022

Tips dan Keuntungan Sewa Apartemen 2022

Apartemen adalah salah satu bentuk properti yang beberapa tahun belakangan ini cukup digemari oleh masyarakat khususnya masyarakat perkotaan, kaum urban dan millennials. Apartemen merupakan suatu pilihan tepat karena apartemen adalah hunian yang nyaman dan praktis di perkotaan. Semakin tingginya harga tanah di Ibu Kota DKI Jakarta, menyebabkan banyak masyarakat kelas menengah ke bawah mengalami kesulitan mendapatkan hunian yang terjangkau di tengah kota. Melihat hal tersebut, banyak developer yang membangun projects apartemen di tengah kota. 

Apartemen memiliki ruangan layaknya sebuah hotel. Terdapat ruang tidur, kamar mandi dan dapur. Tidak sedikit Apartemen yang memiliki ruang tamu dan balkon yang memadai. Banyaknya kamar tidur dan kamar mandi tergantung pada tipe dan apartemen serta harganya. Lokasinya yang berada di tengah kota tentu akan memudahkan mobilitas Anda dalam menjalani berbagai aktivitas dan rutinitas di kantor maupun di sekolah atau kampus. Dengan begitu, biaya perjalanan menuju kantor atau kampus semakin irit. 

Beberapa apartemen studio memang dijadikan sebagai alternatif bagi mahasiswa sebagai pengganti indekos (kos). Harga sewa kos dan biaya sewa apartemen yang tidak begitu terlalu jauh, namun tingkat kenyamanan, keamanan dan privasi jelas apartemen lebih unggul. Hal ini menyebabkan banyak orang yang beralih untuk menyewa apartemen ketimbang tetap menyewa kos.  

Perlu diakui bahwa tidak semua orang menyukai apartemen. Banyak sekali masyarakat yang memilih membeli rumah tapak (landed house) di daerah penunjang ibu kota seperti Bogor, Depok, Tangerang (Bintaro, Pondok Aren, BSD, Gading Serpong) dan Bekasi (Cikarang). Hal tersebut dikarenakan mereka ingin memiliki rumah tapak lengkap dengan tanah. Namun, lokasi rumah yang jauh dari ibu kota dan kepadatan lalu-lintas menuju ibu kota merupakan hal yang harus dipertimbangkan. 

 

Tips Menyewa Apartemen 

Setiap bentuk properti tentu memiliki keuntungannya tersendiri. Baik apartemen dan rumah tapak masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Bagi Anda yang ingin menyewa sebuah properti, sebaiknya Anda menyewa sebuah properti karena fungsi dan kebutuhan Anda. Jangan asal menyewa properti. Mengapa Anda disarankan menyewakan sebuah apartemen tengah kota dan bukan rumah tapak di daerah penunjang? Simak keuntungan menyewa apartemen berikut ini.

  • Lokasi Strategis dan Dekat

Dalam memilih apartemen yang akan Anda sewa, pastikan Anda juga melihat lokasi sebagai salah satu kriteria dan preferensi Anda.  Sebaiknya, Anda menyewa sebuah apartemen yang lokasinya berada di tengah kota. Mengapa demikian? lokasi yang berada di tengah kota akan memudahkan mobilitas Anda. Banyaknya infrastruktur di perkotaan dan mudahnya akses transportasi, akan memudahkan Anda dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Lokasi yang berada di tengah kota akan memudahkan Anda dalam memesan makanan atau berpergian ke pusat perbelanjaan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Tips selanjutnya adalah pastikan Anda menyewa apartemen yang dekat dengan kantor, tempat usaha dan/atau sekolah (kampus) yang merupakan tempat Anda melakukan aktivitas rutin Anda sehari-hari. Jarak yang jauh akan membuat Anda menghabiskan waktu di perjalanan, lelah berkendara serta biaya perjalanan yang lebih banyak. Apartemen yang dekat akan membuat Anda lebih cepat sampai untuk beristirahat, setelah lelah bekerja seharian. Menyewa apartemen yang dekat dengan lokasi kerja akan membuat efisiensi waktu, tenaga dan biaya. Hal tersebut juga baik untuk meminimalisir tingkat stress harian Anda. 

  • Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial Anda

Pastikan Anda menyewa apartemen yang sesuai dengan kemampuan dan besaran anggaran keuangan Anda. Perlu digaris-bawahi bahwa apartemen yang berlokasi strategis tentunya memiliki biaya sewa yang lebih tinggi sesuai dibandingkan dengan apartemen yang kurang strategis. Apabila Anda memiliki budget yang tidak banyak, maka apartemen yang kurang strategis dapat menjadi solusi. Akan tetapi, Anda tetap harus mempertimbangkan kembali biaya-biaya tetap (fixed cost) lain seperti biaya, jarak dan waktu perjalanan ke tempat kerja sehari-hari. Anda juga tetap harus mempertimbangkan akses transportasi dan akses ke pusat perbelanjaan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. 

Apabila selisih dari biaya sewa apartemen murah di lokasi non-strategis ditambah dengan membesarnya biaya perjalanan, tidak terlalu jauh dengan apabila Anda menyewa apartemen di lokasi strategis dan biaya perjalanan yang lebih murah, maka sebaiknya Anda tetap memilih apartemen yang strategis. Namun, apabila selisih yang dihasilkan terlalu jauh dan melebihi budget Anda, maka sebaiknya Anda melakukan sewa apartemen yang kurang strategis tersebut.

  • Lakukan Perbandingan Unit

Harga sewa apartemen pada suatu apartemen akan berbeda-beda walaupun pada tipe dan apartemen yang sama. Hal tersebut karena terdapat hal-hal yang menambah nilai (value added). Misalnya apartemen tersebut sudah fully furnished. Artinya, semua peralatan dan perlengkapan telah tersedia, sehingga penyewa apartemen hanya perlu membawa badan dan pakaiannya saja. Hal ini tentu akan meningkatkan harga sewa karena dibutuhkan biaya untuk melengkapi sebuah apartemen menjadi siap huni. Berbeda dengan apartemen unfurnished (kosongan), Anda harus membawa sendiri peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. 

Hal lain yang menjadi pembeda adalah ketinggian lantai. Biasanya apartemen dengan view tertentu akan terlihat pada ketinggian lantai tertentu. Tentu saja, biaya sewa di lantai favorit tersebut akan lebih mahal. Contoh lainnya adalah persepsi masyarakat pada umumnya yang berpikir bahwa harga sewa apartemen di level tinggi akan lebih murah karena tidak banyak yang menyukai apartemen di lantai tinggi. Hal ini dikarenakan adanya phobia ketinggian atau menghindari resiko bencana alam. Tentu saja, harga sewa pada level lantai tinggi akan lebih murah.

Lakukan perbandingan unit terlebih dahulu agar sesuai dengan kriteria Anda. Melakukan perbandingan unit bisa juga dilakukan antar tipe atau dengan unit apartemen sekitar untuk bisa menentukan pilihan terbaik. Hal tersebut akan membuat Anda lebih nyaman dan tidak menyesal dikemudian hari, khususnya apabila Anda menemukan listing sewa apartemen yang lebih bagus dibandingkan dengan unit yang Anda sewa. Terlebih lagi, jika Anda telah membayar uang sewa hingga beberapa tahun ke depan.

  • Kontak Pemilik dan Survei Unit Apartemen 

Jika Anda ingin menyewa apartemen dan Anda telah mendapatkan harga dan lokasi yang sesuai dengan kriteria Anda, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pemilik dan buatlah janji temu (appointment). Hal itu agar Anda bisa melakukan survey pada unit apartemen incaran Anda. 

Anda jangan melakukan deal hanya dengan berekspektasi tinggi pada apartemen karena foto unit apartemen yang terlihat bagus serta termakan oleh kata-kata pemilik properti. Hal tersebut merupakan kesalahan fatal bagi penyewa properti. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan survey ke lokasi unit apartemen yang akan disewa. Perhatikan setiap bagian unit secara detail dan menyeluruh. Perhatikan kondisi unit dan sirkulasi udaranya. Tanyakan juga apakah unit tersebut sudah pernah disewakan sebelumnya. Jika ya, mengapa penyewa sebelumnya tidak lagi melanjutkan sewanya. Pastikan bahwa unit apartemen tersebut aman dan nyaman ditempati. 

  • Survei Surrounding Apartemen

Setelah melakukan survei ke dalam unit apartemen yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melihat surrounding dari apartemen tersebut. Surrounding bukan hanya seputar lokasi dan fasilitas saja tetapi lebih kepada tetangganya, lingkungan sekitar hunian, kebersihan koridor, sirkulasi (kelembaban) udara, kemudahan mendapatkan parkir dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut terlihat tidak begitu penting namun akan berpengaruh besar pada kenyamanan Anda selama menyewa di apartemen tersebut. Surrounding yang telah disebutkan diatas merupakan faktor eksternal terdekat dengan unit apartemen Anda. Faktor eksternal tersebut yang akan mempengaruhi mood dan ketenangan Anda untuk tinggal di apartemen. 

  • Fasilitas Apartemen

Salah satu keunggulan menyewa sebuah unit apartemen adalah fasilitas apartemennya yang lengkap. Pada umumnya fasilitas standar yang ada pada sebuah apartemen adalah slot parkir bagi penghuni, kolam renang, fasilitas kebugaran (fitness & gym center), mailbox, receptionist dan security 24 jam. Fasilitas-fasilitas apartemen tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada kelas dan kebijakan developer apartemen.

  • Keamanan Apartemen

Salah satu keunggulan tinggal di apartemen adalah tingkat keamanan yang tinggi. Apartemen pada umumnya memiliki 4 (empat) lapis keamanan. Keamanan pertama adalah security di gerbang masuk lingkungan apartemen. Keamanan kedua adalah security di lobby apartemen. Keamanan ketiga adalah saat Anda memasuki lift, Anda tidak bisa menuju ke lantai tertentu tanpa kartu akses. Anda harus memiliki kartu akses. Jika tidak, security harus memastikan kepada pemilik apartemen apakah Anda merupakan teman atau keluarga dari pemilik apartemen. Jika dikonfirmasi benar adanya, maka security baru akan memberikan akses lift untuk menuju ke lantai tertentu. Kemudian tingkat keamanan terakhir adalah kunci pintu utama pada unit apartemen. 

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa sebuah apartemen, pastikan bahwa apartemen tersebut memiliki tingkat keamanan tinggi. Jangan sampai apartemen tersebut memiliki tingkat keamanan yang buruk. Keamanan bukan hanya mengenai security yang 24 jam, namun juga mengenai kualitas bangunan. Kualitas bangunan yang kokoh akan membuat Anda aman berada di dalam unit apartemen apabila terjadi bencana alam.

  • Pilih Apartemen dengan Service Charge Bulanan Termurah 

Setiap apartemen tentu memiliki service charge dan biaya bulanan lainnya. Sama seperti rumah tapak, Anda harus membayar listrik, air dan uang keamanan. Apartemen juga menerapkan hal yang sama. Komponen biaya setiap apartemen dapat berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Anda bertanya seputar biaya bulanan kepada building management dan / atau pemilik apartemen. 

Pada umumnya, biaya bulanan tersebut akan dibebankan kepada penyewa apartemen. Hal tersebut karena merupakan cost yang dihasilkan oleh penyewa apartemen. Namun, tidak ada salahnya jika Anda sebagai penyewa apartemen untuk melakukan negosiasi seputar pembayaran biaya-biaya tersebut kepada pemilik apartemen. Siapa tahu, biaya sewa yang dibayar sudah termasuk biaya bulanan yang bersifat tetap (fix cost), namun biaya yg floating cost dibebankan kepada penyewa.

 

Keuntungan Sewa Apartemen 

Bagi Anda yang berniat untuk menyewa sebuah apartemen, tentu saja Anda bersedia membayar lebih untuk sebuah kenyamanan. Hal tersebut dapat dikatakan tepat untuk menggambarkan para penyewa apartemen yang melakukan migrasi dari indekos ke apartemen. Apa saja keuntungan sewa apartemen? Simak artikel berikut ini.

  • Pilihan Tepat Anak Rantau

Apakah Anda seorang perantau yang memiliki properti di tempat asal, namun memiliki kebutuhan tempat tinggal di daerah domisili Anda sekarang karena tuntutan pekerjaan atau sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Maka sewa apartemen akan lebih tepat bagi Anda. Ketimbang Anda membeli properti baru yang tentu saja harganya mahal dan Anda kemungkinan Anda tidak akan stay di daerah itu selamanya.

  • Harga Sewa Apartemen Mirip Biaya Sewa Indekos (Kos-Kosan)

Biaya sewa indekos di kota-kota besar apalagi di dekat pusat bisnis tentu saja sudah sangat mahal. Biaya sewa tersebut hampir menyamai dengan harga sewa apartemen untuk kamar studio atau apartemen 2 BR (Bedroom) jika Anda menemukan pemilik properti yang sedang Butuh Uang (BU). Dengan kemiripan biaya sewa tersebut, maka sebaiknya Anda menyewa sebuah apartemen saja dibandingkan tetap menyewa sebuah kamar indekos.

  • Apartemen Lebih Nyaman Dibandingkan Dengan Kamar Indekos

Keunggulan-Tinggal-di-Apartemen-dibandingkan-indekos-lebih-nyaman-dan-privasi-terjaga

Pada dasarnya menyewa sebuah apartemen dan indekos adalah dalam satu bangunan, Anda tinggal bersama orang lain yang berada pada unit atau kamar yang bersebelahan dan berseberangan. Kendati demikian, apartemen akan lebih nyaman karena ruang yang diberikan lebih besar, tidak perlu sharing toilet dengan orang lain dan sekat antar unit yang tebal dan kokoh. Selain itu, tidak ada jam malam yang diterapkan di apartemen. Anda juga lebih bebas melakukan apa saja karena seluruh isi unit merupakan hak Anda selama dalam periode sewa yang disepakati. 

Menyewa sebuah apartemen lebih menjamin privacy Anda. Berbeda halnya dengan kamar indekos, dimana sekat-sekat antar unitnya tipis. Hal ini memungkinkan tetangga indekos Anda akan tahu apa yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda tidak leluasa dalam berbicara di telepon, tidak leluasa dalam mendengarkan musik dengan volume cukup keras dan tidak bisa melakukan perayaan atau party dengan teman-teman Anda. 

  • Pelayanan 24 Jam

Keunggulan sewa apartemen adalah pelayanan yang maksimal dan siap siaga selama 24 jam. Security akan berjaga 24 jam, resepsionis di lobby apartemen akan siaga menerima kiriman paket Anda. Jika ada kerusakan atau masalah pada apartemen Anda, maka Anda tinggal meminta bantuan pada teknisi apartemen tersebut. Selain itu, Anda tidak perlu begitu khawatir dalam memarkirkan kendaraan karena akses keluar masuk apartemen diawasi oleh CCTV dan security yang bertugas selama 24 jam. 

  • Tinggal Bawa Badan dan Pakaian

Jika Anda menyewa sebuah unit apartemen yang sudah fully furnished, Anda hanya perlu membawa badan dan pakaian Anda. Hal ini dikarenakan sebuah perabotan dan peralatan dapur sudah tersedia di apartemen. Anda tidak perlu repot lagi membeli peralatan rumah tangga. Tinggal di apartemen fully furnished juga akan membuat Anda nyaman layaknya tinggal di hotel setiap hari.

  • Praktis dan Tidak Ribet

Tinggal di apartemen strategis sangat praktis. Akses transportasi mudah didapatkan dan selangkah ke tempat kerja. Mencari kuliner atau belanja bulanan di pusat perbelanjaan juga dekat. Anda juga bisa meminta resepsionis untuk menitipkan paket yang datang saat Anda sedang berpergian. Sangat praktis dan tidak ribet. Kepraktisan merupakan salah satu keunggulan tinggal di apartemen.

  •  Tidak Nyaman, Pindah

Salah satu keuntungan sewa apartemen adalah jika merasa tidak nyaman pada tetangga maupun fasilitas apartemen, maka Anda bisa pindah ke apartemen lain saat masa sewa telah habis. Pada umumnya, masa sewa apartemen adalah selama 1 (satu) hingga 2 (dua) tahun. Hal ini tergantung pada kebijakan pemilik dan negosiasi dari penyewa. Oleh karena itu, Anda bisa pindah unit atau pindah apartemen jika dirasa kurang nyaman.

 

Apartemen adalah salah satu alternatif hunian di perkotaan. Apartemen dianggap dapat menjadi solusi bagi yang ingin lebih privacy namun seharga sewa indekos di tengah kota. Itu sebabnya, pembangunan apartemen begitu marak dilakukan oleh berbagai developer di kota-kota besar di Indonesia. Banyak investor apartemen yang membeli apartemen untuk dijadikan bisnis sewa apartemen. Tentu saja ini juga dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin menghasilkan passive income dari investasi properti.

Apabila Anda bingung dalam mencari apartemen yang sesuai dengan budget dan kriteria Anda, Anda bisa menghubungi agen properti Ray White. Agen properti Ray White adalah agen properti terbaik dan terpercaya di Indonesia. Ray White memiliki listing properti terlengkap. Ray White hadir di 25 kota besar dengan total 175 kantor cabang di Indonesia. Jaringan bisnis Ray White sangat luas bahkan hingga ke Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab.

Status Ray White sebagai agen properti Ray White juga dibuktikan dengan berbagai penghargaan bergengsi yang telah diterima Ray White. Salah satunya adalah Top Brand Awards. Ray White adalah agen properti yang meraih Top Brand Awards selama 8 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2020. Disamping itu, Ray White juga meraih penghargaan Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017, Franchise Top of Mind 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017. Urusan properti, Ray White ahlinya. Bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

 

 

Source : Space Stock, 99, Freepik.

Share