logo-raywhite-offcanvas

15 Oct 2020

Taman Minimalis 2022

Taman Minimalis 2022

Taman adalah suatu properti pada rumah yang berfungsi sebagai pendukung fungsi estetika. Untuk bisa memiliki sebuah taman yang indah, pemilik properti bisa memanfaatkan sisa lahan atau sebuah tanah lapang yang tidak dibangun sebuah bangunan di atasnya. Pemanfaatan sisa lahan tersebut bisa menjadi sebuah mahakarya indah yang membuat rumah Anda semakin lebih unik dan modern. Anda bisa membuat taman minimalis di rumah Anda. Hal tersebut tentu akan meningkatkan nilai investasi properti yang Anda miliki.

Memiliki rumah dengan taman minimalis yang indah adalah impian bagi banyak orang. Tak jarang, pemilik properti memang secara sengaja menyisakan tanah kosong di depan rumah atau di belakang rumah untuk dijadikan sebuah taman minimalis. Desain taman minimalis memang disukai oleh banyak orang karena desainnya yang sederhana. Namun dibalik kesederhanaan sebuah desain taman minimalis, terdapat sebuah nilai estetika tersendiri yang dinilai elegan dan modern. 

Taman adalah sebuah sarana refreshing dan relaksasi bagi pemilik properti untuk melepas penat setelah aktifitas seharian. Bayangkan saja setelah seharian bekerja di kantor, dimana Anda sedang pusing memikirkan strategi bisnis perusahaan yang begitu menguras pikiran. Namun, pada saat Anda pulang ke rumah, Anda bisa duduk santai sambil menikmati minuman hangat dengan diiringi alunan musik dengan view hijau di taman. Tentu saja tingkat stress Anda akan berkurang. 

Desain taman yang rapi akan membuat Anda semakin nyaman dan betah dirumah. Sangat disarankan jika Anda membuat taman minimalis. Mengapa harus desain taman minimalis? Simak artikel berikut ini.

Kenapa Harus Desain Taman Minimalis?

 

  • Taman Minimalis Itu Modern dan Kekinian

Desain minimalis adalah trend terkini untuk properti, furniture, atap, pagar dan taman sekalipun. Minimalis adalah sebuah bahasa desain yang simple namun aesthetic. Bahasa desainnya simple, karena tidak banyak ornamen-ornamen berlebihan. Hanya terdiri dari garis-garis tegas yang menunjukkan kesederhanaan dan kemudahan dalam proses pembuatan dan perawatannya  Bahasa desainnya juga aesthetic karena dibalik kesederhanaannya justru memancarkan aura estetika tersendiri. Hal tersebut membuat bahasa desain minimalis itu semakin terlihat elegan, modern dan kekinian. 

Begitu pula halnya dengan taman. Semakin terbatasnya lahan di perkotaan serta semakin tingginya harga properti dari tahun ke tahun, mengakibatkan luas properti semakin sempit. Oleh karena itu, desain minimalis hadir untuk mengakomodasi kebutuhan akan taman di lahan yang sempit. Taman minimalis tidak perlu lahan yang luas. Cukup tanaman hias yang kecil serta penataan ruang yang baik akan membuat taman terlihat luas dan indah.

  • Tidak Perlu Lahan yang Luas

Membuat taman minimalis tidak sesulit yang dipikirkan. Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk membuat taman minimalis. Ide dari sebuah konsep taman minimalis adalah membuat sebuah taman yang indah di lahan yang sempit. Artinya, berapapun luas lahan yang Anda miliki, Anda tetap bisa memiliki taman minimalis. Anda hanya perlu beberapa tanaman hias mini untuk melengkapi taman Anda. Anda juga bisa menanam rumput hias pada area tanah yang terbatas untuk menambah kesan hijau pada taman mini Anda.  

  • Bisa Diaplikasikan Pada Semua Konsep Taman 

Apakah Anda ingin membuat taman minimalis depan rumah atau taman minimalis belakang rumah? Tentu saja bisa. Konsep desain taman minimalis bisa diaplikasikan pada bagian depan atau belakang rumah. Bahkan, desain taman minimalis bisa diaplikasikan pada konsep taman rooftop dan taman indoor sekalipun. Itu sebabnya, desain taman minimalis semakin digemari karena sangat fleksibel sesuai kebutuhan. Konsep taman minimalis bisa diaplikasikan pada berbagai konsep taman yang diinginkan.

  • Bisa Diterapkan Pada Semua Desain Rumah

Apakah rumah Anda mengusung konsep desain minimalis atau berdesain modern-classic bergaya Eropa atau Amerika? Tenang saja. Desain taman minimalis bisa sangat cocok untuk diaplikasikan pada semua desain rumah. Model taman minimalis adalah solusi tepat untuk semua jenis dan tipe rumah. Taman minimalis juga bisa diaplikasikan pada material rumah dan warna rumah apapun. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi penggemar properti dengan taman konsep minimalis.

  • Menambah Nilai Investasi Properti

Tak bisa dipungkiri bahwa harga properti akan semakin meningkat apabila ada added value yang ditambahkan oleh pemilik properti. Added value ini membuat rumah Anda semakin istimewa dan berbeda dengan tetangga di sekitar rumah Anda. Hal ini membuat calon pembeli lebih tertarik untuk membeli rumah Anda, sehingga Anda bisa sedikit menaikkan harga jual properti karena adanya added value berupa taman minimalis tersebut. Hal ini akan membuat nilai investasi properti Anda semakin tinggi.

  • Biaya Pembuatan Terjangkau

Membuat taman minimalis tidak terlalu memakan biaya yang besar. Justru sebaliknya. Taman minimalis adalah solusi untuk membuat taman di lahan yang terbatas. Oleh karena itu, budget yang dikeluarkan juga tidak harus terlalu besar. Anda cukup membuat anggaran dana untuk membeli beberapa tanaman hias dan biaya pembuatan taman yang konsepnya bisa disesuaikan dengan selera dan budget Anda.

Atap Rumah Minimalis

Dapur Terbuka Minimalis 

Desain Rumah Minimalis Tahun 2022

Design Kamar Minimalis Tren 2022 

Pagar Rumah Minimalis 2022

 

Mengapa Anda Harus Memiliki Taman Di Rumah?

 

  • Sirkulasi Udara Rumah Lebih Baik 

Rumah yang memiliki taman akan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Hal ini karena tanaman-tanaman yang ditanam di pekarangan rumah akan menghasilkan oksigen karena adanya proses fotosintesis. Dengan adanya oksigen yang dihasilkan oleh tanaman, maka udara rumah akan lebih segar dan lebih sehat. Dengan begitu, sirkulasi udara akan semakin baik dan menyehatkan bagi penghuni rumah. Sirkulasi udara yang membaik akan meningkatkan kualitas udara dimana tingkat polusi udara akan semakin berkurang. Hal ini bagus untuk sistem pernafasan manusia. 

  • Menurunkan Kadar Kelembaban Udara Pada Rumah 

Rumah yang memiliki taman akan lebih nyaman ditinggali karena kualitas udara yang segar. Tanaman yang ditanam pada pekarangan rumah juga membantu menurunkan kelembaban pada rumah. Hal ini disebabkan oleh semakin membaiknya sirkulasi udara di dalam maupun luar rumah. 

  • Suasana Hijau Baik Buat Mat

Warna hijau adalah warna yang memberikan kesan tenang, damai dan harmonis dengan alam. Hal itu akan membuat jiwa menjadi lebih tenang karena efek warna hijau yang memberikan keseimbangan emosi dan membawa ketenangan bagi jiwa. Warna hijau akan menstimulasi pikiran kita agar menjadi lebih tenang dan meningkatkan mood hati. Tidak sampai disitu. Warna hijau juga baik untuk mata. Mengapa demikian?

Pada saat mata kita melihat suatu objek berwarna hijau, mata kita tidak membutuhkan penyesuaian apapun. Berbeda apabila melihat warna merah, kuning dan warna terang lainnya. Warna hijau baik untuk refleksi dan relaksasi mata. Bayangkan saja, setelah Anda beraktifitas seharian dengan menatap layar komputer dan layar telepon genggam secara terus menerus, maka secara otomatis mata akan menjadi lelah. Solusinya adalah dengan membuat taman dan menanam berbagai tanaman, khususnya tanaman yang berwarna hijau. Warna hijau pada daun akan membuat mata menjadi lebih rileks dan menurunkan rasa lelah pada mata.

  • Menurunkan Kadar Stress

Rasa stress kerap terjadi pada saat pikiran kita lelah akan masalah atau deadline pada pekerjaan. Rasa stress juga bisa diakibatkan oleh banyaknya aktivitas harian. Kondisi mata yang lelah juga bisa membuat seseorang menjadi lebih stress. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memiliki taman di rumah Anda. Dengan melihat berbagai tanaman hijau, mata kita akan menstimulasi otak untuk menurunkan kadar stress yang ada di pikiran kita. 

  • Tempat Untuk Refreshing dan Quality Time Dengan Keluarga

Taman-Minimalis-Tempat-Rekreasi-Refreshing-Quality-Time-Dengan-Keluarga-Ray-White-Indonesia-2020

Taman minimalis pada rumah adalah sebuah tempat untuk refreshing yang paling dekat dan paling terjangkau. Taman bisa menjadi sarana rekreasi sederhana untuk relaksasi pikiran, mencari inspirasi serta quality time dengan keluarga. Anda bisa berbincang-bincang dengan anggota keluarga sambil makan malam dan mendengarkan alunan musik favorit Anda. Anda juga bisa mengajak teman-teman untuk sekedar BBQ bersama. Dengan begitu, hubungan keluarga dan pertemanan Anda akan semakin terjalin erat. 

  • Sebagai Sarana Penyaluran Hobi Positif

Taman minimalis juga bisa menjadi sarana penyaluran hobi yang positif dan efektif. Mungkin sebagian dari Anda, memiliki hobi dalam memelihara dan mengoleksi beberapa tanaman tertentu yang populasinya langka, high demand dan harganya yang semakin naik dari waktu ke waktu. Dengan memiliki taman pada rumah Anda, maka hobi positif tersebut dapat tersalurkan dengan baik. Hal itu bisa menjadi investasi tambahan selain properti yang Anda miliki tersebut.   

  • Taman Sebagai Area Resapan Air

Taman di rumah Anda dapat berfungsi sebagai area yang dapat berfungsi untuk area resapan air. Area resapan air semakin sempit akibat banyaknya pembangunan khususnya di kota-kota besar. Padahal area resapan tersebut sangat berguna sebagai tindakan preventif dalam mengantisipasi bencana alam seperti banjir. Dengan adanya taman sebagai area resapan air di rumah Anda, maka Anda telah berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk meminimalisir banjir. Area resapan ini juga berguna untuk menghindarkan Anda dari resiko kekeringan atau kekurangan pasokan pada musim kemarau, khususnya bagi Anda yang menggunakan air tanah untuk aktivitas sehari-hari. Untuk itu, taman juga berguna untuk menunjang kehidupan manusia.

 

Tips Membuat Taman Minimalis 

 

  • Taman Minimalis Depan Rumah

Pada umumnya, jika Anda membeli rumah dari developer, maka Anda akan mendapatkan space kosong yang berada di area depan rumah. Taman depan rumah tersebut biasanya bersebelahan dengan area parkiran mobil (carport). Tanah kosong tersebut dapat Anda rombak menjadi sebuah taman minimalis. 

Langkah Pertama : Persiapkan Lahan Untuk Taman

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah meratakan tanah agar terlihat lebih aesthetic. Anda bisa membuang tanah yang ada jika tanah lebih tinggi dari carport atau menambah dengan tanah jika terlalu rendah. Usahakan tidak ada perbedaan ketinggian antara taman dan carport. 

Langkah Kedua : Menanam Rumput Hias dan Cabut Tanaman Liar

Langkah kedua adalah menanam rumput hias pada taman. Hal ini agar taman semakin rapi dan tertata. Cabut semua tanaman liar dan rerumputan liar yang tumbuh pada taman. Pastikan rumput yang ditanam merata dan terawat. 

Langkah Ketiga : Membuat Jalan Setapak

Langkah ketiga yang dapat dilakukan adalah membuat jalan setapak. Jalan setapak tidak hanya berfungsi sebagai penambah keindahan taman saja. Jalan setapak juga berfungsi sebagai jalan yang “bersih” dan aman dilalui saat hujan. Hal ini untuk menghindari sepatu Anda kotor akibat tanah yang basah serta memudahkan aktivitas keluar masuk rumah disaat musim hujan.

Langkah Keempat : Menanam Tanaman Hias

Langkah keempat adalah menanam tanaman hias yang berukuran kecil-medium jika taman yang dimiliki tidak terlalu luas. Anda bisa membeli tanaman hias berukuran medium-besar jika area taman Anda cukup luas.

Langkah Kelima : Memberikan Ornamen Lampu Taman

Langkah kelima adalah membeli lampu taman minimalis. Anda bisa membeli lampu taman bergaya minimalis maupun lampu taman ala Jepang untuk dekorasi taman sekaligus berfungsi sebagai penerang pekarangan rumah disaat malam hari.

 

  • Taman Minimalis Belakang Rumah

Pada umumnya, taman yang berada di belakang rumah berukuran lebih besar dibandingkan dengan taman yang berada di depan rumah. Oleh karena itu, Anda bisa lebih bebas merombak taman tersebut sesuai keinginan Anda. 

Langkah Pertama : Tentukan Konsep Taman.

Taman belakang bisa Anda konsepkan sebagai dapur terbuka minimalis. Konsep dapur terbuka adalah membuat ruang makan, dapur dan ruang cuci pakaian yang connecting atau berada di taman. Sama halnya seperti outdoor kitchen. Jika Anda kurang menyukai desain dapur terbuka, Anda juga bisa membuat taman dengan kolam renang, kolam mini atau air mancur sesuai preferensi Anda. Jangan lupa berikan ornamen tanaman-tanaman hias seperti tanaman bunga, agar taman Anda semakin berwarna. 

Langkah Kedua : Buat Sketsa Denah Taman

Denah taman belakang setiap rumah akan berbeda-beda. Agar lebih terarah dalam pembuatan taman, Anda bisa membuat sketsa denah taman sesuai keinginan. Hal ini akan memudahkan dalam berkoordinasi dengan pekerja bangunan yang mengerjakan proyek taman Anda. Melalui sketsa tersebut, konsultan juga dapat memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan.   

Langkah Ketiga : Tentukan Budget Pembuatan Taman

Setiap konsep taman yang Anda pilih tentu membutuhkan budget yang berbeda-beda. Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut kepada konsultan spesialis taman atau menanyakan kepada tetangga yang memiliki konsep taman yang sama. Anda juga bisa memperkirakan sendiri biaya-biaya seputar peralatan, pernak-pernik taman dan bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan taman. Pastikan budget tersebut sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Langkah Keempat : Berikan Tanaman Hias 

Sebuah taman tidak akan terasa lengkap jika tanpa adanya tanaman hias. Oleh karena itu pastikan Anda tak lupa memasukan budget untuk tanaman hias dan menempatkan beberapa tanaman hias di beberapa spot taman Anda.

Langkah Kelima : Realisasikan Taman Impian Anda

Jika keempat langkah diatas, maka langkah selanjutnya adalah realisasikan. Pastikan Anda telah bekerja sama dengan kontraktor bangunan untuk mengerjakan project taman Anda.

 

  • Taman Minimalis Samping Rumah

Apabila rumah Anda memiliki lahan yang cukup besar dan masih menyisakan space di samping rumah, maka Anda bisa membuat taman yang connecting antara taman depan dengan taman belakang. Konsep dapur terbuka bisa menjadi solusi untuk membuat ruang makan atau ruang keluarga serasa suasana outdoor di Kafe. 

Anda juga bisa membuat ruang keluarga dan kolam ikan hias di taman samping rumah. Suasana air di taman akan membuat Anda semakin rileks. Selain membuat pikiran lebih tenang, konsep taman dengan kolam ikan hias sangat cocok untuk Anda yang hobi akan ikan hias jenis tertentu. Hal ini bisa menjadi penyaluran hobi sekaligus investasi ikan hias.

 

  • Taman Minimalis Dalam Rumah (Indoor Garden)

Apabila Anda ingin sebuah konsep taman minimalis dalam rumah (indoor garden), maka hal tersebut bisa direalisasikan. Akan tetapi, Anda harus sedikit melakukan perombakan pada atap atau jendela agar terdapat sedikit cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Taman dalam rumah bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin ruangan interior lebih hijau dan natural. 

Anda bisa membuat salah satu sisi tembok untuk ditanami oleh tanaman rambat. Anda juga bisa membuat kerangka khusus untuk menempatkan beberapa susunan pot mini untuk tanaman hias. Sangat cocok untuk membudidayakan anggrek di dalam rumah. 

Tak lupa juga untuk menempatkan satu pot bunga di sisi kanan sofa dan satu pot bunga di sisi kiri sofa. Berikan satu hingga 3 pot kecil seperti kaktus mini hias sebagai pelengkap di meja Anda.

 

  • Taman Minimalis Rooftop

Bagi Anda para sultan yang memiliki rumah bertingkat dan ingin memiliki rooftop sendiri maka Anda bisa membuat rooftop sebagai ruang keluarga sekaligus rooftop garden. Anda bisa menjadikan rooftop sebagai taman sekaligus ruang keluarga. Pastikan Anda menempatkan beberapa tanaman di sudut rooftop sebagai pemanis rooftop.

Anda bisa membuat konsep rooftop sebagai taman terbuka hijau dimana tidak ada atap pada taman rooftop. Rooftop tersebut juga bisa dijadikan semi-indoor garden dimana di bagian atas rooftop diberi atap agar Anda tidak kepanasan atau kehujanan saat sedang berada di rooftop.

 

Sebagai pemilik properti, Anda bisa mengkreasikan bentuk taman rooftop sesuai selera pribadi Anda. Pastikan Anda bekerjasama dengan ahlinya agar taman impian Anda sesuai dengan ekspektasi dan aman untuk tamu dan keluarga Anda.

Untuk urusan jual beli properti, Anda juga harus mempercayakan pada ahlinya. Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Sejak kehadirannya pada tahun 1997, Ray White secara konsisten memperoleh berbagai penghargaan bergengsi. Salah satu penghargaan yang baru saja didapatkan adalah Top Brand Awards. Ray White secara konsisten memenangkan penghargaan tersebut selama 8 tahun berturut-turut sejak 2013 hingga 2020. Selain itu, Ray White juga meraih beberapa penghargaan lain, diantaranya Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017, Franchise Top of Mind 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017.  

Jaringan bisnis Ray White tidak hanya sebatas Indonesia saja. Ray White memiliki jaringan bisnis di Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Investasi di luar negeri dapat dilakukan dengan mudah bersama agen proeprti Ray White. Cari properti lokal dan internasional? Listing properti terlengkap hanya ada di Ray White. Pastikan Anda memilih Ray White sebagai partner investasi properti Anda.  

Ray White memberi bukti, bukan janji!




Source : Hello Sehat, Dekoruma, Kreativv, Undukan Garden.

 

Share