logo-raywhite-offcanvas

17 Sep 2020

Atap Rumah Minimalis: Desain Terbaik 2023

Atap Rumah Minimalis: Desain Terbaik 2023

Rumah adalah investasi yang menguntungkan. Harga rumah yang mengalami apresiasi dari tahun ke tahun membuat investasi rumah semakin diminati. Rumah juga merupakan satu-satunya investasi yang secara fisik bisa dihuni oleh pemiliknya. Tidak terasa bahwa kita telah memasuki musim hujan menjelang penghujung tahun. Memasuki musim penghujan, tentu Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Pada sebuah rumah, terdapat sebuah komponen penting yang dapat melindungi Anda dari teriknya panas matahari dan derasnya hujan. Komponen tersebut adalah atap rumah. Atap rumah merupakan suatu komponen yang tak kalah pentingnya dengan komponen lain yang terdapat pada rumah. 

Fungsi Atap Rumah

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa atap rumah merupakan komponen pada rumah yang memiliki banyak fungsi.  Berikut beberapa fungsi dari atap rumah :

  • Melindungi Anda dari Cuaca Buruk

Cuaca buruk kerap saja datang tanpa bisa Anda duga sebelumnya. Cuaca buruk dapat berupa kemarau panjang atau hujan badai. Hal tersebut tentu saja bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Pada saat cuaca buruk tersebut, maka keputusan yang tepat adalah mencari tempat berlindung. Anda membutuhkan sebuah tempat yang bisa menaungi Anda dari teriknya panas matahari di siang hari maupun derasnya hujan di musim penghujan. 

Rumah adalah salah satu tempat yang tepat untuk Anda bernaung. Sebuah rumah tidak akan nyaman dihuni jika tanpa adanya atap. Atap rumah berfungsi agar rumah bisa menjalankan fungsinya sebagai tempat hunian yang nyaman dan tempat berteduh serta melindungi diri dari cuaca buruk.  

  • Berfungsi Sebagai Pelindung 

Atap rumah juga berfungsi sebagai pelindung untuk melindungi jiwa Anda dan keluarga. Atap berfungsi layaknya “helm” yang melindungi kepala Anda. Dengan adanya sebuah atap, maka  sesuatu yang jatuh dari atas dan yang berpotensi melukai Anda semakin terminimalisir. Atap juga dapat dijadikan perlindungan dari pencuri yang ingin masuk ke dalam rumah tanpa melewati pagar dan pintu. Semakin kuat dan rapi atap rumah, maka semakin sulit potensi pencuri bisa masuk ke dalam rumah Anda. Tak jarang 

  • Mempercantik Tampilan Rumah 

Bagaikan seorang wanita yang menjadikan rambut sebagai “mahkota”, maka atap rumah berfungsi bagaikan “mahkota” yang berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah. Model dan desain atap rumah menentukan tampilan sebuah rumah. Banyak sekali model dan desain atap rumah minimalis dan kekinian yang bisa dijadikan referensi. Dengan begitu, maka Anda bisa mempercantik eksterior rumah Anda agar semakin indah dipandang mata.

Dapur Terbuka Minimalis 

Desain Rumah Minimalis Tahun 2023

Design Kamar Minimalis Tren 2023 

Pagar Minimalis

Taman Minimalis

 

Perbedaan Desain Atap Minimalis

Pernahkah Anda menyadari bahwa atap rumah kekinian sangat berbeda jauh dengan atap rumah konvensional? Anda bisa mulai mengamati beberapa desain atap rumah minimalis tahun 2023 dengan rumah pada beberapa dekade lalu. Terlihat bahwa terdapat pergeseran tren atap rumah mengikuti perubahan detail pada rumah minimalis kekinian. Perbedaan tersebut terlihat 180 derajat berbeda dibandingkan dengan rumah tua. Apa saja perbedaan atap rumah tua dengan rumah kekinian?

  • Desain Lebih Simple

Layaknya desain rumah minimalis pada umumnya, desain atap rumah kekinian pada umumnya semakin sederhana. Ya, desainnya begitu sederhana tanpa ornamen apapun, namun karena kesederhanaannya itu membuat atap rumah minimalis semakin artistik. Biasanya atap rumah minimalis mengikuti kaidah rumah minimalis yang simple dan artistik.

  • Desain Minimalis Simetris

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas bahwa desain atap rumah minimalis kekinian mengikuti kaidah desain rumah minimalis. Salah satu “bahasa” desain rumah minimalis adalah simetris. Desain atap rumah minimalis umumnya simetris. Simetris artinya hanya lurus saja tanpa lekukan-lekukan yang berlebihan. Desain atap tersebut bisa saja miring tetapi tingkat kemiringannya tetap simetris. 

  • Lebih Aesthetic 

Penerapan desain yang simple dan simetris akan membuat rumah semakin aesthetic dan instagramable. Desain atap rumah minimalis memiliki tingkat estetika tinggi dan lebih modern. Desain ini akan lebih bertahan dalam beberapa tahun ke depan dibandingkan dengan model atap rumah konvensional. Jika Anda menginginkan hunian dengan desain modern, sangat disarankan agar Anda mengikuti tren desain atap rumah minimalis.

  • Warna Atap 

Beberapa dekade lalu, warna atap rumah dapat bervariasi. Pada umumnya, atap rumah memiliki warna merah. Bahkan, beberapa perusahaan yang memproduksi genting yang terbuat dari tanah liat membuat beberapa varian warna yang bisa di kostumisasi menyesuaikan warna cat rumah seperti biru dan hijau. Akan tetapi, hal tersebut hanya bersifat tren sementara. Atap warna merah kerap menghiasi berbagai rumah tapak pada beberapa dekade terakhir ini. Atap warna merah dihasilkan dari genting tanah liat yang di cat warna merah. Jika kondisi genting masih baru, umumnya berwarna merah maroon (merah tua). Lama-kelamaan warna genting tersebut memudar layaknya warna batu bata.

Atap rumah yang mengalami perubahan desain dan bahan baku, membuat warna atap rumah minimalis tidak lagi warna-warni. Warna atap rumah minimalis umumnya hanya berwarna monochrome serta black and white, yakni warna putih, abu-abu dan hitam. Hal ini mengikuti kaidah warna rumah minimalis yang didominasi oleh warna putih, abu-abu dan hitam. Tak jarang, atap dak yang terbuat dari semen tersebut tidak di cat ulang atau hanya dibiarkan sewarna dengan warna semen dan beton yang berwarna abu-abu. Warna monochrome dan black and white (BW) menjadi tren warna atap rumah minimalis tahun 2023.

  • Bahan Baku Atap Rumah Minimalis

Semakin modern sebuah teknologi dan ilmu pengetahuan mengenai konstruksi, tren atap tanah liat dianggap kurang efektif dan tidak indah dipandang. Perkembangan desain minimalis berkembang begitu pesat hingga mempengaruhi model dan desain atap rumah. Rumah tapak zaman sekarang umumnya memiliki atap yang di dak (di cor) sehingga bisa flat dan simetris. Keunggulan dari atap model dak adalah bisa dijadikan sarana rekreasi untuk dijadikan rooftop. Pergeseran bahan baku dari tanah liat menjadi dak dianggap cukup efektif dan mempercepat proses pengerjaan rumah.

  • Fungsi Tingkat Kemiringan Atap Rumah Simetris 

Atap rumah minimalis umumnya didesain flat atau miring dengan alasan tertentu. Biasanya atap dengan desain flat bertujuan untuk dijadikan rooftop. Berbeda halnya dengan desain atap rumah yang dibuat miring. Desain atap rumah yang dibuat miring bertujuan untuk memudahkan air hujan mengalir dari atap ke bawah lebih cepat. Namun, apakah desain atap miring lebih baik dibandingkan desain atap flat? Tentu saja tidak. Setiap desain memiliki fungsinya tersendiri. Tentu saja kontraktor telah memikirkan cara agar air tetap bisa mengalir ke bawah agar tidak menggenangi atap rumah yang dibuat flat untuk dijadikan rooftop.

Tren Model Rumah Minimalis

 

Model Desain Atap Rumah Minimalis Kekinian

  • Desain Atap Rumah Pelana (Segitiga)

Apakah Anda tetap menyukai atap berbentuk segitiga layaknya rumah konvensional namun ingin dengan sentuhan modern? Jika ya, maka desain atap rumah model pelana (segitiga) adalah solusinya. Pada dasarnya, model atap rumah pelana merupakan old-fashioned yang masih digemari hingga sekarang. Atap rumah berbentuk segitiga dianggap ideal karena merupakan ciri sebuah rumah sejak dari zaman dahulu. Tentu saja Anda sudah mengetahui seperti apa bentuk atap rumah model pelana. 

Memilih desain atap rumah model pelana di tahun 2023 bukanlah hal yang salah. Dengan berbagai sentuhan modern akan membuat rumah Anda tetap modern. Pemilihan bahan baku dapat mempengaruhi tampilan rumah Anda. Hindari penggunaan genteng tanah liat berwarna-warni karena membuat tampilan rumah Anda menjadi old-fashioned. Gunakanlah arsitektur modern dengan warna monochrome atau black and white agar desain atap yang old-fashioned bisa lebih kekinian. 

Ray White memiliki produk properti dengan model atap pelana namun dengan desain minimalis modern. Dirancang oleh arsitek ternama dan dibangun oleh Lippo Group, developer properti ternama dengan portofolio produk properti yang tersebar di Koridor Timur dan Koridor Barat. Rumah minimalis tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas transportasi Transit Oriented Development (TOD) (TOD) dan selangkah ke pusat bisnis. Rolling Hills adalah salah satu contoh properti minimalis kekinian yang sangat terjangkau dan menggunakan atap rumah model pelana namun tetap modern dan fashionable. 

  • Desain Atap Rumah Saltbox

Selain desain atap rumah model pelana, terdapat desain atap rumah saltbox. Bentuk segitiga layaknya desain atap rumah pelana. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah jika atap model pelana memiliki bentuk segitiga yang sama kaki, maka atap rumah desain saltbox memiliki desain serupa segitiga, namun salah satu sisinya memiliki bidang yang panjang dan salah satu sisinya memiliki bidang yang lebih pendek.

  • Desain Atap Rumah Mono-Pitched (Miring Satu Sisi)

Salah satu ciri desain atap rumah adalah memiliki tingkat kemiringan dimana kemiringan tersebut hanya terdiri pada satu sisi dan tidak melekat pada permukaan atap lainnya. Desain atap mono-pitched hanya memiliki 1 (satu) buat atap yang memiliki tingkat kemiringan sekitar 30 derajat. Pada umumnya, atap rumah model mono-pitched digunakan pada rumah minimalis modern agar semakin terlihat modern dan anti-mainstream.

Tujuan atap rumah mono-pitched dibuat miring adalah terdapat space ceiling yang lebih tinggi pada satu sisi. Hal ini agar sinar matahari bisa masuk melalui langit-langit tertinggi yang ditutup dengan kaca atau dibuat ventilasi untuk mempermudah cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari yang masuk sangat bagus untuk kesehatan karena akan mengurangi tingkat kelembaban interior rumah Anda. 

Desain atap rumah mono-pitched memiliki berbagai nama atau istilah seperti atap shed roof dan atap gudang. Tidak perbedaan antara atap model mono-pitched dengan atap shed roof atau atap gudang. Hanya penamaannya saja yang berbeda, tetapi desain yang diaplikasikan sama. Hal tersebut tergantung pada preferensi penyebutannya saja.

  • Desain Atap Rumah Butterfly Roof (Miring Dua SIsi)

Butterfly-Roof-Lean-To-Roof-Skillion Roof-Tren-Atap-Rumah-Minimalis-Modern-2020

Apakah Anda baru pernah mengetahui bahwa ada desain atap rumah butterfly roof (model kupu-kupu)? Jika Anda baru pernah mendengar istilah tersebut, maka berikut penjelasannya. Jika Anda pernah melihat kupu-kupu sedang terbang, maka posisinya seperti segitiga terbalik. Model atap butterfly roof pada dasarnya memiliki kemiringan layaknya mono-pitched roof, akan tetapi jika atap mono-pitched roof hanya memiliki 1 (satu) sisi kemiringan, maka butterfly roof memiliki 2 (dua) sisi kemiringan dimana salah satu atap akan meruncing ke atas dan atas yang miring satunya berada dibawahnya dan di sisi sebaliknya. 

Model atap butterfly roof memiliki kesamaan desain seperti Skillion Roof dan Lean to Roof. Tidak ada perbedaan diantara ketiganya karena hanya berbeda di istilah penyebutannya aja.  

  • Desain Atap Rumah Flat Roof (Atap Datar)

Salah satu ciri model atap rumah minimalis adalah model datar atau flat roof. Model atap rumah flat roof sangat disukai oleh banyak orang karena desainnya yang simple, “gak neko-neko” dan clean. Atap rumah model flat roof juga digemari oleh pemilik properti karena sifatnya yang multifungsi. Pada umumnya, pemilik properti yang membuat flat roof adalah seseorang yang menyukai rumah yang simetris dan tidak suka sesuatu yang “berbeda” seperti kemiringan. Tipe tersebut adalah yang menyukai geometris yang simetris dan lurus-lurus saja. 

Tipe kedua dari pemilik properti yang menyukai jenis flat roof adalah karena ingin menjadikannya sebagai rooftop untuk dapur terbuka dan tempat rekreasi sederhana. Tak jarang, ada juga pemilik properti yang membuat kolam renang di rooftop. Ada juga pemilik properti juga mengkreasikan rooftop sebagai taman minimalis lengkap dengan ayunan atau pergola mini untuk bersantai dan melepas penat dari padatnya aktivitas harian. Jika Anda tertarik untuk memiliki rooftop pada hunian Anda, maka buatlah atap rumah Anda dengan model flat roof agar bisa dimodifikasi sebagai rooftop.

 
Tips Menjaga Atap Dari Kebocoran

Tidak terasa bahwa kita telah memasuki bulan September 2023. Bulan dimana kita telah memasuki musim hujan. Seperti yang kita ketahui, atap merupakan komponen utama yang melindungi Anda dari hujan. Untuk itu, pastikan Anda telah melakukan pengecekan pada atap Anda. Lakukanlah pengecekan atap untuk memeriksa apakah ada bagian yang bocor atau perlu diperbaiki. Lakukan perbaikan sesegera mungkin agar Anda tetap nyaman dan tenang selama musim hujan. 

  • Aplikasikan Waterproof Pada Atap Rumah

Hal utama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda telah memberikan lapisan waterproof. Aplikasi lapisan waterproof merupakan salah satu cara untuk menambal bagian bocor pada atap rumah. Penggunaan waterproof tidak hanya dilakukan setelah terjadinya kebocoran, tetapi dapat dilakukan sebagai tindakan preventif dari kebocoran atap rumah.

  • Perbaiki Atap Rumah yang Rusak

Seringkali sebagai pemilik rumah, Anda kurang memperhatikan kondisi atap rumah. Atap rumah seringkali mengalami kerusakan akibat terus menerus terpapar sinar matahari, menahan terpaan angin serta tingginya intensitas hujan. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan atap rumah secara periodik. Seringkali genting rumah mengalami keretakan atau pergeseran. Hal ini menyebabkan kebocoran pada atap rumah. Segera perbaiki atap yang rusak tersebut sebelum memasuki musim hujan.

  • Melapisi Atap Dengan Plastik

Melapisi atap dengan plastik dapat dijadikan solusi untuk mencegah air jatuh ke plafon rumah melalui celah-celah terkecil pada atap. Air yang jatuh melalui celah-celah kecil tersebut berpotensi untuk menggenangi plafon dan menyebabkan kelembaban. Hal tersebut dapat membuat atap rumah menjadi lapuk dan mengalami kebocoran.

  • Membersihkan Pipa Talang Air

Terkadang penyebab kebocoran atap adalah karena air hujan tidak bisa turun ke bawah melalui pipa talang air karena talang air yang tersumbat oleh karena sampah dedaunan. Pengendapan tersebut membuat air terus berada di atap hingga kemudian merembes ke dalam plafon rumah.

  • Membuat Ventilasi Rumah

Kelembaban udara dalam rumah dapat membuat plafon atap rumah menjadi lapuk. Sangat disarankan jika Anda membuat ventilasi agar sinar matahari dan udara segar bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini akan mengurangi kelembaban udara dan membuat atap rumah menjadi lebih tahan dari kebocoran.

Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan kepercayaan Anda untuk memperbaiki atap rumah yang bocor. Jangan melakukannya sendiri apalagi jika Anda tidak pernah melakukannya. Hal tersebut akan memperparah kondisi atap rumah Anda. Namun, jika Anda membutuhkan jasa agen properti terbaik di Indonesia, Ray White jawabannya.

 

Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Sebagai market leader agen properti di Indonesia, Ray White memiliki jaringan bisnis yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Selain itu, jaringan bisnis Ray White tidak hanya di Indonesia saja melainkan mencakup Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Dapatkan listing properti primary dan secondary terlengkap hanya di Ray White.

Ray White memberi bukti, bukan janji! 



 

Source: Property Guru, Rumah 123, 99, Neraca, Aneka Bangunan, Freepik.

Share