logo-raywhite-offcanvas

03 Sep 2020

DESAIN DAPUR TERBUKA 2023

DESAIN DAPUR TERBUKA 2023

Dapur merupakan sebuah ruangan yang secara khusus dibangun untuk mengolah bahan pangan menjadi sesuatu hal yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Dapur memiliki elemen penting layaknya ruangan lain dalam rumah. Tanpa adanya dapur, aktivitas mengolah bahan pangan dan mencuci perlengkapan dapur menjadi terhambat. Terlebih lagi, proses mengolah makanan mentah menjadi makanan siap makan pun menjadi sulit untuk dilakukan. 

Desain dapur terbuka semakin booming akhir-akhir ini. Model dapur terbuka minimalis menjadi solusi untuk memanfaatkan lahan yang minim untuk membuat dapur yang connecting  langsung dengan taman. Model dapur terbuka semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena semakin tingginya harga properti di Indonesia. Developer memutar otak untuk tetap memberikan pilihan properti yang lebih terjangkau kepada konsumen. Dengan begitu, maka developer biasanya menyusutkan luas rumah dan bangunan. 

Rumah murah di daerah urban seperti kawasan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) secara rata-rata berkisar mulai dari Rp. 350 jutaan. Luas bangunannya juga bervariasi mulai dari 22 meter persegi hingga 45 meter persegi. Developer biasanya mengorbankan dapur untuk meminimalisir biaya. Developer umumnya memberikan space berupa tanah kosong pada bagian belakang rumah yang bisa dikembangkan menjadi dapur dan taman. Semakin sempitnya lahan yang dimiliki, membuat  pemilik properti berpikir untuk membangun dapur dan taman di lahan yang terbatas tersebut. 

Pada konsep rancangan open kitchen ini berfokus pada view dalam dan luar ruangan, dengan satu layout simetris sejajar berhadapan dengan Island Kitchen - meja makan dan kolam renang. Sehingga memberikan pemandangan yang cantik dan luas. Apalagi dengan sebelah kanan terbuka pada view koridor outdoor rumah dengan sebelah kiri dengan area Ruang tamu dan ruang lainnya. maka open kitchen ini selain terbuka tapi juga sangat menguntungkan karena mempunyai akses cahaya yang baik dalam segi pencahayaan alami, sirkulasi udara dan sirkulasi ke ruang-ruang lainnya. Konsep Open Kitchen banyak digemari karena berhubungan langsung dengan ruang-ruang lainnya sehingga efektif dan efisien serta mengekspos kecantikan desain kitchen itu sendiri dan aktivitas memasak yang banyak digemari saat ini. 

Apa saja keunggulan menerapkan konsep dapur terbuka? Simak artikel berikut ini.

Keunggulan Memiliki Rumah Dengan Dapur Terbuka

  • Memaksimalkan Fungsi Lahan

Lahan yang sempit membuat pemilik properti harus memutar otak dalam memaksimalkan fungsi lahan. Hal itu seringkali menimbulkan sebuah ide kreatif dimana menggabungkan dapur dan taman terbuka hijau. Biasanya dapur berada di satu sisi dan sisi lainnya berupa taman. Tak jarang, pemilik properti menjadikan dapur dan taman tersebut menjadi ruang makan keluarga. 

  • Dapur Terbuka Sangat Fungsional dan Multifungsi

Salah satu alasan seseorang membuat dapur terbuka karena aspek fungsionalitas. Memiliki dapur terbuka sangat multifungsi. Dengan memiliki sebuah lahan kecil, Anda bisa menjadikan lahan kecil tersebut sebagai dapur terbuka, taman, ruang makan, ruang keluarga serta ruang untuk mencuci pakaian. 

  • Suasana Baru

Konsep-Desain-Dapur-Terbuka-Minimalis-Rumah-Sederhana-2020

Dapur terbuka yang menyatu dengan taman merupakan salah alternatif bagi Anda yang ingin mencari suasana baru. Anda bisa menikmati masakan di rumah sembari melihat bunga atau tanaman hijau. Anda bisa menyantap makanan favorit Anda sambil diiringi dengan angin sepoi-sepoi. Hal ini tentu bisa membuat pikiran Anda lebih tenang setelah menyelesaikan berbagai aktivitas sehari-hari. 

  • Pencahayaan Lebih Baik

Rumah tapak dengan konsep dapur terbuka cenderung memiliki pencahayaan yang lebih baik. Namanya saja dapur terbuka, tentu saja cahaya matahari akan lebih mudah masuk dan menerangi rumah Anda. Pastikan Anda memberikan kanopi transparan yang meredam panas matahari agar suasana rumah tetap sejuk dan nyaman.

  • Mengurangi Kelembaban Rumah

Dengan terjaganya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah, maka tingkat kelembaban rumah semakin terminimalisir. Seperti yang diketahui bahwa kelembaban akan menyebabkan udara dalam rumah menjadi lebih pengap dan potensi jamur akan semakin mudah berkembang biak lebih besar. Konsep dapur terbuka merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal itu. 

  • Konsep Go Green (Back to Nature)

Rumah minimalis dengan desain dapur terbuka minimalis merupakan salah satu konsep rumah milenial kekinian yang mengusung sebuah tema go green. Konsep dapur terbuka yang menyatu dengan taman akan memberikan stimulus bagi otak dalam menurunkan kadar stress. Merupakan sebuah alternatif sederhana bagi Anda untuk refreshing dari padatnya ibu kota. Dapur terbuka akan membuat Anda serasa sedang berada di alam. Apakah Anda tertarik memiliki dapur terbuka yang back to nature?

 

Ide Konsep Dapur Terbuka

Setelah melihat berbagai keuntungan yang akan didapatkan dari sebuah dapur terbuka dan ingin membuat dapur terbuka di rumah Anda, maka Anda harus memikirkan akan seperti apa konsep dapur terbuka yang ingin Anda buat. Apakah Anda membutuhkan ide? Berikut berbagai ide konsep dapur terbuka rumah minimalis:

  • Gunakan Ornamen Dinding Batu Alam

Salah satu ide yang bisa diterapkan adalah mengubah dinding dengan memberikan ornamen dinding dari batu alam. Dapur terbuka dengan konsep batu alam akan membuat rumah semakin indah dan modern ketimbang hanya sebuah dinding polos dengan cat standar. Rumah dengan dapur terbuka minimalis umumnya menggunakan batu alam agar semakin merasa sedang berada di alam bebas.

  • Gunakan Ornamen Kayu 

Jika Anda kurang menyukai ornamen bebatuan, Anda bisa menggunakan ornamen kayu. Ornamen kayu akan membuat taman Anda semakin asri. Anda bisa memberikan ornamen kayu tersebut pada dinding dapur terbuka Anda. Pengaplikasian ornamen kayu tidak hanya terbatas untuk dekorasi dinding. Anda bisa mengaplikasikan ornamen kayu pada lantai dapur terbuka. 

Penggunaan parket kayu akan memperindah tampilan dapur terbuka yang terhubung langsung dengan taman. Selain itu, Anda juga bisa membeli furniture untuk ruang makan. Furnitur tersebut bisa berupa meja atau kursi yang terbuat dari kayu. Ornamen kayu akan membuat rumah Anda terasa lebih simple namun berkelas. Penambahan ornamen kayu sama baiknya dengan ornamen batu alam karena membuat dapur terbuka dan taman menjadi semakin asri dan nyaman. 

  • Beri Tanaman Hias Mini untuk Penghias Dapur Terbuka

Sebagai dapur terbuka maka tak lengkap jika tanpa adanya taman. Tentu saja sebuah taman rasanya menjadi tak lengkap, jika tanpa adanya tanaman hias. Pastikan tanaman yang menjadi penghias dapur terbuka Anda adalah tanaman hias mini. Jangan gunakan tanaman yang terlalu besar. Penggunaan tanaman yang terlalu besar akan membuat ruangan dapur terasa penuh dan mengurangi faktor estetika.

Penggunaan tanaman hias mini yang estetik akan membuat dapur terbuka Anda semakin “aesthetic”. Anda bisa menempatkan tanaman - tanaman tersebut di meja makan dan ruang dapur Anda. Selain itu, untuk membuat dapur Anda menjadi lebih fresh, Anda bisa menaruh bunga yang wangi atau aroma terapi agar membuat dapur menjadi lebih harum dan segar. Hal tersebut akan membuat dapur Anda menjadi lebih nyaman.

  • Buat Kolam Ikan atau Air Mancur Mini

Konsep dapur terbuka merupakan konsep dapur kekinian yang mengkoneksikan dapur dengan taman yang mini. Taman akan semakin enak dipandang jika ada nuansa air. Kolam adalah solusi yang tepat bagi taman Anda. Jika space dapur terbuka Anda cukup memadai, maka Anda bisa membuat kolam kecil untuk ikan hias seperti ikan koi. Memelihara ikan koi selain estetik untuk dipandang, memelihara ikan hias juga merupakan sarana untuk hobi dan melepas penat. 

Jika Anda tidak ingin memelihara ikan hias, Anda cukup membuat kolam untuk air mancur atau air terjun mini. Elemen air pada taman sangat bagus untuk ruang makan dan taman. Elemen air juga membuat suasana lebih tenang dan sejuk. Ruang makan dan taman merupakan tempat yang bagus untuk rehat sejenak dari padatnya aktivitas bisnis dan pekerjaan. 

  • Tanam Pohon Bambu Mini Di Sudut Dapur Terbuka

Tanaman bambu juga bisa dijadikan elemen untuk pemanis dapur terbuka. Bambu yang bisa digunakan untuk menghias taman pada dapur terbuka adalah jenis bambu kuning. Bambu kuning sangat estetik dibandingkan bambu hijau. Penggunaan ornamen bambu akan membuat dapur terbuka Anda memiliki konsep Jepang. 

  • Tanam Bunga Kamboja Pada Taman Dapur Terbuka

Taman kamboja menjadi favorit bagi banyak orang karena aroma dari bunga tersebut yang harum serta perawatannya yang mudah. Aroma dari kamboja membuat aroma terapi alami. Bunga kamboja sering dijadikan pengharum ruangan alami. Sangat disarankan untuk menanam kamboja pada taman dapur terbuka Anda. Varian warna kamboja pada umumnya yang digunakan untuk tanaman hias adalah warna merah muda (pink) dan kuning (yellow). 

  • Dapur Terbuka Berkonsep Rooftop

Dapur terbuka tidak hanya dapat diaplikasikan pada bagian belakang rumah saja, tetapi bisa diaplikasikan pada space kosong yang berada di atap rumah Anda. Konsep dapur terbuka minimalis di rooftop memang sebuah ide yang bagus untuk diterapkan pada rumah yang memiliki rooftop. Rumah dengan konsep dapur terbuka rooftop memang tidak bisa diaplikasikan pada semua properti. Anda harus membuat atap Anda terbuat dak untuk kemudian dijadikan rooftop.

 

Tips Merealisasikan Dapur Terbuka 

  • Cari Referensi Ide Konsep Desain Dapur Terbuka

Sebelum memutuskan untuk membuat dapur terbuka minimalis yang nyaman, sebaiknya Anda memikirkan secara matang mengenai referensi ide desain dapur terbuka terlebih dahulu. Cari tahu mengenai konsep dan gaya dapur terbuka yang sesuai dengan preferensi Anda. Apakah ingin desain dapur minimalis, retro, american, scandinavian dan lain sebagainya. Referensi tersebut tergantung pada hobi dan kesukaan Anda terhadap desain tertentu.  

Penentuan gaya desain dapur terbuka akan membuat Anda semakin puas dengan hasil dapur yang akan Anda buat. Gaya desain dapur terbuka tidak terpaku pada template yang ada. Anda bisa membuat desain Anda sendiri. Konsep desain dapur terbuka berlandaskan pada kreativitas pemilik rumah dalam merealisasikan ide Anda menjadi sebuah kenyataan.

  • Buat Konsep Layout Dapur Terbuka 

Setelah Anda mendapatkan konsep yang Anda inginkan, Anda bisa menggambarkan layout ruangan yang akan dibuat dapur terbuka. Gambar layout tersebut diatas kertas. Pikirkan aspek fungsionalitas sebuah dapur terbuka. Misalnya seperti apa layout dapur yang diinginkan, apakah hanya menggunakan 1 (satu) sisi dinding, 2 (dua) sisi dinding atau 3 (tiga) sisi dinding. Kemudian Anda harus menentukan layout posisi dapur, ruang makan, taman dan ruang cuci baju agar terlihat rapi dan tertata rapi.

  • Konsultasikan Pada Desain Interior

Setelah Anda mendapat gambaran mengenai pengaturan layout dapur terbuka, Anda bisa mengkonsultasikan ide-ide Anda kepada konsultan desainer interior kepercayaan Anda. Konsultan desain interior akan memberikan inspirasi terhadap model desain dapur terbuka yang sedang trending. Selain itu, desain interior akan memberikan Anda saran-saran mengenai layout yang ingin Anda realisasikan. Desain interior juga akan membantu mengukur detail panjang dan lebar ruangan, apakah layout yang akan Anda buat sesuai dengan luas space yang ada.

  • Pilih Material Kitchen Set yang Sesuai Dengan Keinginan

Setelah Anda mengetahui mendapatkan berbagai saran dan masukan dari desain interior beserta detail ukuran-ukuran furnitur yang tepat, Anda juga bisa meminta rekomendasi pemilihan material untuk kitchen set dan furnitur lainnya yang berada di dapur terbuka. Mintalah desain interior yang Anda ajak kerjasama untuk membawa contoh bahan dan warna yang sesuai dengan warna tema dapur terbuka yang Anda inginkan. 

  • Sesuaikan Budget Anda

Selain melakukan pengukuran dan pemilihan bahan, desain interior akan melakukan perincian mengenai total biaya yang akan dikenakan. Pastikan Anda menanyakan total biaya yang akan dikenakan. Hal ini penting agar proses pembuatan sesuai dengan budget Anda. Jangan sampai proyek Anda terhenti di tengah jalan akibat biaya yang lebih besar dibandingkan dengan budget Anda.

  • Siapkan Alternatif Desain dan Material

Jika dirasa bahwa material yang dipilih dirasa terlalu mahal dan diatas budget, maka Anda perlu untuk menyiapkan alternatif desain dan alternatif material yang Anda pilih. Alternatif tersebut bisa dilakukan dengan cara mengubah layout, desain serta kualitas material agar sesuai dengan budget Anda.

  • Pastikan Pengerjaan Sesuai Kesepakatan

Pastikan Anda terus memantau setiap proses pengerjaan dapur terbuka baik dari proses konsultasi hingga pembuatannya. Pastikan setiap detailnya sesuai dengan kesepakatan. Hal ini penting dilakukan agar proses pengerjaan tidak mengalami kesalahan yang berarti Anda harus “merevisi” kembali pengerjaan yang salah. Hal ini bisa membuat proses pengerjaan menjadi lebih lama dari target di awal.

  • Jangan Lupa Komplain Jika Ada Kekurangan

Dalam setiap proses pengerjaan, tentu saja terdapat hal-hal yang harus diperbaiki. Entah karena ada defect atau cacat. Pastikan Anda melakukan komplain kepada vendor atau desain interior yang membantu Anda dalam membuat dapur terbuka. Dengan adanya komplain, vendor tersebut akan menyadari hal yang harus diperbaiki atau di finishing ulang. Membuat dapur terbuka tidaklah murah dan mudah. Untuk itu, pastikan bahwa proses pengerjaan hingga finishing berjalan sesuai keinginan Anda. 

Membuat sebuah dapur terbuka memang menjadi sebuah konsep yang bagus untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih segar dan menarik. Konsep dapur terbuka juga membuat space rumah Anda yang terbatas menjadi sangat multifungsi. Konsep dapur terbuka tidak hanya mengedepankan faktor estetika, tetapi juga fungsional dari sebuah lahan. Oleh karena itu, desain dapur terbuka menjadi idaman para pemilik properti saat ini. Itulah sebabnya begitu penting Anda bekerjasama dengan desainer interior.

Salah satu interior designer yang handal dalam membuat konsep open kitchen adalah Rinto Katili, Ss.n. MM dari Rykconsultant. Anda bisa melihat berbagai portofolionya melalui Instagram @rykatili81. Anda bisa mempercayakan Rykconsultant sebagai interior designer kepercayaan Anda. Namun untuk urusan jual beli properti, tetap Ray White ahlinya.

Ray White adalah the best property agent di Indonesia. Sebagai kantor agen properti terbaik di Indonesia, Ray White memiliki banyak sekali kantor cabang. Ray White memiliki 175 kantor agen properti yang telah tersebar di 25 kota besar. Tidak sampai disitu, jaringan bisnis Ray White juga tersebar luas hingga dunia internasional. Ray White ada untuk melayani Anda di Australia, Singapura, India hingga Uni Emirat Arab. Listing properti primary dan secondary terlengkap hanya ada di Ray White. 

Banyaknya jaringan bisnis Ray White di Indonesia, membuatnya meraih berbagai penghargaan bergengsi di Indonesia, seperti Top Brand Awards 2013-2019, Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017, Franchise Top of Mind 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017. Urusan properti, Ray White ahlinya. Bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

 

 

Sumber: Property Guru, Ruangarsitek, 99, Wikipedia, Rykconsultant.

Share