logo-raywhite-offcanvas

05 Nov 2020

Design Kamar Minimalis Tren 2022

Design Kamar Minimalis Tren 2022

Rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Hal tersebut tidak terlepas dari desain interiornya yang simple, clean dan modern. Ruangan pada rumah yang paling sering dihuni adalah kamar tidur. Kamar tidur adalah sebuah tempat pada rumah yang menjadi tempat beristirahat setelah menjalani padatnya aktivitas. Kamar yang nyaman juga akan meningkatkan mood penghuninya. Oleh karena itu, penataan ruangan kamar dan desain interior kamar harus sederhana namun multifungsi.

Semakin meningkatnya harga properti di Indonesia menyebabkan luas rumah yang semakin menyempit. Tentu saja ukuran kamar tidur pun menjadi lebih sempit. Hal ini membuat pemilik properti juga harus memikirkan secara matang semua konsep interior yang banyak tempat penyimpanan nan multifungsi, namun tidak membuat rumah terasa penuh (sempit). Desain rumah minimalis dan desain kamar minimalis adalah sebuah desain yang paling diminati dan menjadi tren properti kekinian, karena konsep minimalis memfasilitasi semua keinginan tersebut.

 

Kenapa Harus Mendekorasi Kamar Tidur?

  • Lebih Disukai Karena Siap Huni 

Rumah yang fully-furnished akan lebih mahal dan menarik bagi calon investor properti ketimbang rumah unfurnished. Potensi seorang investor atau end user yang ingin membeli rumah siap huni akan lebih memilih rumah dengan kondisi fully-furnished. Itu sebabnya banyak pemilik properti yang mendekorasi setiap bagian dari interior propertinya. Kamar pun menjadi bagian yang mendapatkan perhatian khusus. Kamar yang nyaman dengan tata ruang yang baik dan desain furniture minimalis akan lebih disukai ketimbang desain klasik Eropa atau lainnya. 

  • Meningkatkan Nilai Jual Properti

Rumah dengan kondisi kamar yang furnished berkonsep minimalis akan lebih disukai oleh calon pembeli. Hal tersebut akan menjadi sebuah value added bagi properti Anda saat akan dijual. Dekorasi pada ruang kamar tidur tentunya akan meningkatkan nilai jual sebuah properti. Besaran kenaikan harga properti dengan kamar minimalis cukup drastis dibandingkan rumah dengan unfurnished. Maka dari itu, sebaiknya Anda mendekorasi kamar dengan desain minimalis.

  • Tempat Beristirahat dan Quality Time Keluarga

Kamar tidur berfungsi sebagai tempat beristirahat sekaligus sebagai tempat untuk quality time dengan keluarga Anda. Sebagai tempat beristirahat untuk melepas penat, maka ambience kamar harus diatur sedemikian rupa agar nyaman untuk ditinggali. Penempatan furniture minimalis akan membuat kamar Anda memiliki suasana yang modern dan stylish. Ambience yang dihasilkan akan berbeda dengan penempatan furnitur yang terkesan usang dan jadul. 

  • Tempat Produktivitas Work From Home (WFH)

Ambience yang tepat akan membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks dan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang. Dengan begitu, good mood Anda akan meningkat dan produktivitas akan tercipta. Di masa pandemi sekarang ini, beberapa dari Anda mungkin harus melakukan kerja dari rumah atau work from home. Kamar merupakan salah satu tempat favorit yang menjadi tempat untuk menuangkan ide kreativitas dan tempat mencari inspirasi. Kamar juga bisa menjadi tempat mendapatkan inspirasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Dekorasi kamar minimalis yang tepat akan membuat Anda betah berada di dalam kamar. Suasana kamar yang nyaman akan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Seseorang yang tidur dengan kualitas tidur yang baik tentu akan membuat badan lebih sehat dan bugar. Kualitas tidur yang baik akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari yang baru.

  • Sarana Aktualisasi Diri

Desain kamar bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Sebuah desain kamar juga bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan aktualisasi diri. Desain dan selera seseorang dapat dilihat dari desain kamarnya. Pemilihan warna interior kamar juga melambangkan kepribadian seseorang. Untuk itu, penting bagi Anda agar mendekorasi kamar agar sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.

  • Lebih Rapi dan Bersih

Mendekorasi kamar tidak hanya meningkatkan produktivitas dan kualitas tidur saja, namun yang paling utama adalah tujuan dari mendekorasi sebuah kamar adalah agar kamar terlihat rapi dan bersih. Bagaikan sebuah pepatah yang mengatakan “kebersihan adalah sebagian dari iman”, maka Anda harus menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dan kamar Anda. Kebersihan adalah sebuah kebiasaan yang harus dibiasakan sejak dini. Dengan merapikan kamar tidur dan mendekorasi kamar akan membuat kamar menjadi lebih rapi dan bersih. 

Kamar yang rapi dan bersih juga meminimalisir potensi kamar Anda menjadi sarang nyamuk, kecoa, semut dan sebagainya. Tentu saja, jika kamar Anda ditinggali oleh serangga-serangga tersebut akan membuat Anda risih dan tidak nyaman. Penting bagi Anda untuk mendekorasi kamar agar tidak ada “penghuni” lain yang tinggal di kamar Anda. Dengan mendekorasi kamar Anda sendiri, berarti Anda telah peduli pada kerapihan dan kebersihan.

Atap Rumah Minimalis

Dapur Terbuka Minimalis 

Desain Rumah Minimalis Tahun 2022

Pagar Minimalis

Taman Minimalis 2022

 

Mengapa Desain Kamar Minimalis?

  • Bisa Diaplikasikan Pada Kamar Sempit

Keunggulan sebuah desain kamar minimalis adalah bisa diterapkan pada kamar yang sempit. Desain minimalis mengakomodasi keinginan untuk merombak kamar yang sempit menjadi terlihat luas dan lapang. Susunan furnitur diatur sedemikian rupa agar terlihat ringkas dan menarik dipandang.  Desain kamar minimalis tidak hanya memikirkan fungsionalitas sebuah furniture saja, tetapi juga memikirkan kenyamanan dan mudahnya akses keluar masuk kamar. Kamar minimalis mengedepankan tata ruang yang memudahkan aksesibilitas penghuninya. 

  • Ruangan Terasa Lapang dan Luas

Desain kamar minimalis menimbulkan kesan yang lapang dan luas. Hal itu disebabkan oleh karakteristik desain minimalis yang ukurannya mini, ringkas, praktis, fungsional dan multifungsi. Desain minimalis jika diaplikasikan pada ruangan sempit pun akan terlihat ringkas, sehingga ruangan pun terasa luas. Hal tersebut merupakan keunggulan dari desain furnitur minimalis. Desain kamar minimalis dapat diaplikasikan pada rumah mewah yang luas maupun apartemen studio yang sempit sekalipun. Hanya desain minimalis yang bisa diaplikasikan pada semua rumah dan apartemen dengan ukuran luas berapapun. 

  • Model Kekinian dan Modern 

Sebuah kamar tidur dengan konsep desain kamar minimalis tentunya memiliki bahasa desain tersendiri. Bahasa desain sebuah dekorasi kamar minimalis sangat aesthetic dan instagramable. Selain menampilkan kesan luas dan lapang, tampilan kamar minimalis juga terlihat mewah dan luas. Desain modern tersebut dan kekinian tersebut juga timeless desain karena merupakan tren properti jangka panjang. 

  •  Menghemat Biaya 

Desain minimalis yang simple dan simetris membuat banyak desainer interior yang sanggup melakukannya.  Mudahnya pembuatan dan banyaknya vendor yang bisa melakukannya tentu akan menghemat biaya. Sebagai pemilik properti, Anda juga tidak perlu ribet akan pernak-pernik untuk interior Anda karena semua itu mudah ditangani oleh desainer interior. Desain kamar minimalis tidak membutuhkan perhatian khusus karena semua tinggal plug and play.

Hal tersebut merupakan alasan mengapa desain kamar minimalis sangat disukai oleh banyak orang adalah hemat biaya. Kamar minimalis tidak membutuhkan banyak ornamen-ornamen berlebihan yang cenderung tidak penting. Karakteristik dari desain minimalis adalah simple dan simetris. Artinya, Anda tidak membutuhkan berbagai ornamen-ornamen agar membuat kamar semakin mewah. Justru kesederhanaan dari gaya desain simetris sebuah desain minimalis membuatnya semakin elegan dan mewah. 

  • Mudah Perawatannya 

Desain kamar minimalis sangat mudah perawatannya. Anda tidak memerlukan perawatan khusus yang menyita waktu Anda. Desain kamar minimalis juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi pada segala cuaca, sehingga Anda tidak perlu kuatir. Anda hanya perlu membersihkan lemari dan meja dengan kain basah dan lap kembali hingga kering. Sangat mudah.

  • Hanya Perlu Sedikit Furnitur

Design kamar minimalis hanya membutuhkan sedikit furniture. Jika Anda menggunakan desain interior, maka Anda bisa melakukan request sebuah lemari multifungsi yang bisa menggantung pakaian dan laci untuk menyimpan pakaian yang sudah disetrika dan dilipat. Anda juga bisa custom lemari yang memiliki cermin untuk merias diri. Selain itu, kasur juga bisa dibuat sedemikian rupa agar terdapat laci di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang penting Anda. Begitu pula headboard pada kasur yang juga bisa didesain sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menaruh telepon genggam. Anda juga bisa mendesain laci atau meja kecil di kanan dan / atau di kiri kasur Anda sebagai tempat untuk lampu tidur atau tempat menaruh laptop Anda. 

  • Kombinasi Furnitur Minimalis Sangat Mudah

Salah satu keunggulan dari desain kamar minimalis adalah furnitur yang bisa dikombinasikan dengan furnitur lainnya. Furnitur minimalis didesain agar bisa match dengan furnitur lain. Hal tersebut yang membuat design kamar minimalis semakin diminati. Desain kamar minimalis tidak perlu ribet mencari furnitur yang cocok karena Anda bisa melakukan mix and match pada furniture yang sejenis dan berkonsep minimalis juga.

 

Ide Desain Kamar Minimalis

  • Gunakan Wallpaper Minimalis

Penggunaan wallpaper minimalis pada dinding kamar akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih mewah dan elegan. Gunakan wallpaper yang berkonsep minimalis, jangan motif klasik karena akan “bertabrakan” dengan desain furniture dan terkesan tidak nyambung. Penggunaan wallpaper yang tepat tidak saja membuat kamar terlihat mewah tetapi juga melindungi dinding. Penggunaan wallpaper akan mengurangi pandangan Anda pada dinding yang retak atau cat yang kusam. Kamar akan tampak selalu baru dan fresh dengan adanya corak atau motif pada wallpaper. 

  • Dekorasi Lantai Parket Kayu atau Ubin Besar

Penggunaan parket kayu dengan warna terang akan membuat ruangan kamar terasa mewah dan lapang. Parket kayu kerap dipakai untuk master room atau kamar utama pada properti middle up. Serat-serat kayu yang terdapat pada parket memberikan kesan back to nature pada kamar. Penggunaan parket kayu dengan warna gelap tidak terlalu dianjurkan karena membuat kamar menjadi terlihat sempit dan gelap. Namun hal tersebut kembali pada preferensi Anda.

Penggunaan parket kayu tentu memerlukan biaya ekstra. Jika Anda memiliki budget terbatas, maka Anda bisa menggunakan ubin (keramik) berukuran besar. Penggunaan keramik ukuran besar juga menimbulkan kesan lapang. Properti kelas menengah atas pada umumnya menggunakan keramik berukuran besar. Oleh sebab itu, keramik berukuran besar memiliki corak, motif dan warna yang elegan dan mewah. Berbeda dengan keramik berukuran kecil yang kerap digunakan oleh rumah model lawas atau menengah ke bawah. 

  • Seragamkan Warna Dinding dan Furnitur

Kamar minimalis umumnya memiliki warna dinding dan furniture memiliki warna yang seragam dan tematik. Hal ini agar terlihat selaras dan bagus secara estetika. Pemilihan warna yang tepat juga akan membuat kamar minimalis menjadi lebih mewah dan nyaman. Pastikan Anda telah menentukan warna tematik kamar Anda sebelum membeli furniture dan wallpaper

Furnitur kamar minimalis umumnya berwarna monochrome (black and white) dimana warna furniture berwarna putih, abu-abu, coklat muda dan hitam. Tak jarang ada yang memberikan warna pastel yang cerah sebagai warna tema kamar minimalis. Tidak ada yang salah akan hal tersebut. Pemilihan warna monokrom akan membuat kamar menjadi lebih elegan sedangkan warna cerah akan membuat ruangan terasa lebih lapang dan cerah. 

  • Berikan Hiasan Dinding Minimalis

Berikan hiasan dinding yang minimalis dan modern pada dinding kamar minimalis agar dinding tidak terasa monoton. Berikan bingkai foto futuristik sebagai pemanis ruangan atau kata-kata motivasi sebagai pembakar semangat Anda di pagi hari. Tempatkan hiasan dinding tersebut diatas tempat tidur atau pada sisi dinding lainnya yang dirasa tepat.

Hiasan dinding bisa berupa rak yang ditempel di dinding sebagai media untuk menaruh tanaman hias agar kamar tidur minimalis terlihat lebih hijau. Rak yang dilekatkan di dinding dapat terbuat dari kayu atau besi dengan warna yang senada dengan dinding dan furniture lainnya. Rak tersebut dapat berupa rak tanpa tutup multifungsi yang bisa digunakan untuk menaruh buku-buku. 

  • Berikan Lampu Hias Minimalis 

Lampu hias minimalis akan meningkatkan estetika kamar pada rumah Anda. Pada umumnya, pemilik properti memberikan lampu hias di samping tempat tidur sebagai lampu tidur. Namun, tidak jarang juga pemilik properti menempatkan lampu belajar di meja kerja pada salah satu sisi kamar tidur minimalis. Lampu yang dimaksud adalah lampu minimalis yang ditempatkan di meja. 

Anda juga bisa memberikan lampu LED sebagai iluminasi pada ruangan Anda. Lampu LED tersebut bisa di tempatkan di pinggir headboard pada kasur atau ceiling kamar tidur. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memberikan lampu kelap-kelip pada dinding dan menggantungkan foto-foto Anda dengan keluarga atau pasangan Anda.  Selain lampu hias yang ditempatkan di meja dan lampu LED, Anda juga bisa memberikan ornamen lampu gantung. Akan tetapi lampu hias gantung lebih tepat berada di ruang tamu. 

Untuk lampu utama pada kamar, Anda bisa menempatkan lampu bohlam biasa namun dengan cover mangkok agar bohlam lampu tidak menonjol keluar. Lampu dengan cover mangkok menjadi alternatif untuk lampu utama yang terlihat estetik namun tidak mengurangi fungsinya sebagai penerang ruangan. Umumnya, rumah minimalis middle up menggunakan lampu jenis ini. Lampu ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar minimalis.

  • Furnitur Lemari Menyatu Dinding

Telah menjadi sebuah tren desain interior dimana sebuah lemari penyimpanan atau lemari pakaian dibuat menyesuaikan ukuran kamar tidur dan menempel dengan dinding. Hal ini agar terlihat rapi dan tidak ada celah antara furnitur dan dinding. Hal ini untuk meningkatkan estetika dan mengurangi serangga bersarang di celah-celah dinding dan lemari atau rak penyimpanan Anda.

  • Buatlah Lemari atau Media Penyimpanan Multifungsi

Tips-Dekorasi-Kamar-Minimalis-Desain-Kamar-Minimalis-2020-Ray-White-Agen-Properti Terbaik-Indonesia

Jika Anda memiliki kamar tidur yang tidak terlalu besar, maka Anda harus membuat lemari atau media penyimpanan yang multifungsi. Pada umumnya, sebuah kamar tidur untuk ukuran rumah standar buatan developer berukuran standar adalah 3 x 4 meter persegi. Dengan ukuran kamar yang terbatas, maka Anda harus memaksimalkan ruang kamar tidur yang terbatas. Gunakan jasa desainer interior agar bisa memaksimalkan ruang kamar menjadi multifungsi. Maksimalkan bagian bawah kasur menjadi laci penyimpanan. Kemudian buatlah lemari yang multifungsi untuk menggantung baju, laci penyimpanan barang berharga dan meja kecil mini untuk bekerja di rumah (work from home / WFH).

  • Jangan Menempatkan Terlalu Banyak Furnitur

Sangat disarankan bagi pemilik properti untuk menempatkan furnitur yang secukupnya. Sesuai kaidah desain minimalis yang memaksimalkan ruang yang sempit agar terlihat lapang, maka sebaiknya jangan menempatkan terlalu banyak furnitur agar tidak menimbulkan kesan penuh pada kamar. Pastikan Anda menempatkan furnitur secukupnya sehingga terdapat space yang cukup untuk akses keluar-masuk kamar. 

 

Design Kamar Minimalis adalah sebuah desain yang memfasilitasi banyak pemilik properti yang menginginkan sebuah kamar tidur yang nyaman dan modern. Dekorasi kamar minimalis yang tepat akan membuat kamar Anda terasa lega dan luas. Tentu saja kesan yang lega tersebut tidak membuat kamar Anda menjadi terbatas dalam hal media penyimpanan. Desain kamar minimalis juga memfasilitasi berbagai keinginan diatas. Anda bisa mengkonsultasikan berbagai hal seputar desain interior pada konsultan interior design kepercayaan Anda. Namun, urusan jual - beli dan sewa- menyewa properti kepada Ray White.

Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Ray White adalah agen properti yang meraih penghargaan Top Brand Awards selama 8 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 hingga 2020. Secara konsisten, Ray White menunjukkan kinerja positifnya dalam melayani klien-klien Ray White, baik end user maupun investor properti. Ray White memiliki listing properti terlengkap. Anda mencari properti primary atau secondary? Semua ada di Ray White.

Jaringan bisnis Ray White sangat luas. Ray White telah hadir di 25 kota besar dengan total kantor cabang sebanyak 175 kantor. Ray White juga hadir di Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Anda juga bisa membeli properti di luar negeri melalui Ray White. Percayakan Ray White sebagai agen properti kepercayaan Anda!

Urusan properti? Ray White ahlinya
Ray White memberi bukti, bukan janji!



Sumber : Casa Indonesia, Dekoruma, Nara Design, Rumah 123, Tempo, Freepik.

Share