logo-raywhite-offcanvas

07 Jan 2021

Tips Memulai Bisnis Kos Kosan di Tahun 2022

Tips Memulai Bisnis Kos Kosan di Tahun 2022

Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia. Tidak terbatas pada usia dan gender, properti telah menjadi impian dan merupakan wishlist bagi hampir semua masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali. Sangat sering kita dapati bahwa motivasi seseorang bekerja dan melakukan aktivitas bisnis adalah untuk memiliki sebuah properti yang indah dan nyaman untuk ditinggali oleh keluarganya. Banyak juga yang ingin menambah properti untuk dijadikan sebuah bisnis.

Apabila Anda sudah memiliki properti, daripada Anda menjual dengan harga murah, mengapa tidak Anda jadikan sebagai bisnis? Banyak sekali bisnis properti yang potensial di tahun 2022. Salah satunya adalah bisnis kos kosan. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa bisnis kos kosan sedang terpuruk saat ini. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seiring bangkitnya perekonomian nasional, dimana kegiatan bisnis mulai berjalan seperti biasanya, maka kegiatan bisnis akan kembali normal. Dengan kreatifitas  anda dapat membangun dan membuat desain kos-kosan yang menarik minat dan ditambah lagi masyarakat sudah mulai terbiasa dengan pandemi yang terjadi secara global. Hal ini membuat banyak orang mulai kembali bekerja dari kantor dan akan kembali menyewa kos kosan apabila rumahnya terlalu jauh dari kantor. 

KEUNTUNGAN USAHA KOS KOSAN

  • Tingginya Permintaan 

Seorang mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di kota lain atau seseorang fresh graduate yang baru memulai karir, tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Mengontrak sebuah rumah dengan biaya sewa rata-rata diatas 10 juta per tahun yang wajib dibayar dimuka, tentu saja memberatkan bagi sebagian orang. Berbeda dengan menyewa sebuah kos yang bisa dibayar bulanan dengan pilihan kos yang dapat disesuaikan dengan budget

Di mata seorang investor, hal ini merupakan hal yang bagus. Mengapa? Karena potensi sebuah kos kosan terisi penuh akan lebih cepat dibandingkan mencari penyewa sebuah rumah. Hal ini  dikarenakan banyak kalangan yang bisa menyewa sebuah indekos. Banyaknya penyewa kamar kos atau tingkat occupancy tentu akan mempengaruhi semakin cepat atau lambatnya investor balik modal. Hal itu dipengaruhi oleh harga sewa kos, lokasi, fasilitas kos dan kenyamanan serta keamanan kos yang Anda miliki. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor tersebut.

  • Mendapatkan Passive Income

Apabila Anda memiliki usaha kos kosan, maka Anda akan mendapatkan pembayaran dari para penyewa kamar kos Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis properti yang Anda miliki. Hal ini merupakan ide bisnis yang bagus karena Anda akan mendapatkan pendapatan tambahan sebagai passive income Anda. Bisnis kos kosan juga bisa dijalankan tanpa mengganggu pekerjaan atau bisnis utama Anda. Sehingga, Anda bisa menjalankan bisnis properti kos kosan sambil bekerja atau berbisnis di sektor lain secara bersamaan, tanpa mengganggu satu sama lain. 

  • Mendapatkan Capital Gain

Bisnis-Kos-Kosan-Berpotensi-Mendapatkan-Passive-Income-dan-Capital-Gain

Dengan memiliki rumah indekos, maka Anda tidak hanya mendapatkan passive income berupa uang sewa kamar kos saja tetapi juga tetap mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga properti. Sudah menjadi rahasia umum, jika harga properti dari tahun ke tahun akan semakin mahal. Maka dari itu, Anda akan mendapatkan 2 (dua) keuntungan sekaligus. Memang, capital gain adalah keuntungan yang masih “di atas kertas”, dimana keuntungan tersebut baru akan menjadi keuntungan apabila Anda menjual properti Anda ke orang lain. Capital gain dari peningkatan nilai properti cukup menggiurkan bahkan lebih besar dari instrumen investasi lain. 

  • Bisnis Jangka Panjang

Bisnis kos kosan adalah bisnis jangka panjang. Selama kos kosan yang Anda miliki secara rutin dilakukan renovasi dan perbaikan minor khususnya pada tampilan dan fasilitasnya, maka akan banyak yang ingin kos di tempat Anda karena merasa nyaman. Anda tetap harus memperhatikan maintenance jika Anda ingin membuat bisnis kos kosan bertahan dalam jangka panjang. Bisnis kos kosan juga sangat potensial untuk jangka panjang karena akan tetap diminati oleh banyak kalangan sekarang ini. 

  • Pendapatan Lebih Besar 

Salah satu yang menyebabkan bisnis kos kosan lebih menarik adalah karena pendapatannya lebih besar ketimbang Anda berbisnis rumah kontrakan. Bayangkan saja, dalam satu rumah Anda bisa menyewakan banyak kamar dimana masing-masing kamar memiliki tarif tersendiri. Sedangkan apabila Anda memilih untuk menyewakan rumah kontrakan, Anda hanya mendapatkan pembayaran selama 1-2 tahun dimuka dan penyewa rumah kontrakan Anda berhak menggunakan seluruh ruangan pada rumah Anda. Dengan memiliki rumah kos kosan, Anda akan mendapatkan uang setiap bulan yang besarnya tergantung banyaknya kamar yang tersewa. Sangat menarik bukan?

  • Bisa Buat Bisnis Lain di Kos Kosan

Bisnis kos kosan memang sangat menarik. Potensi penghasilan dari sewa - menyewa kamar kos kosan memang sangat menarik. Jika Anda jeli melihat peluang dan market yang dituju jelas, maka Anda bisa membuat usaha lain pada usaha kos kosan. Jasa mencuci pakaian kotor (laundry) misalnya. Tentu saja penyewa kos memiliki kesibukan bekerja sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaian bekas pakai. Sehingga Anda bisa membuka jasa laundry kecil-kecilan khusus untuk penghuni kos dengan biaya tambahan yang dibayarkan bersamaan dengan penagihan uang kos bulanan. Hal ini merupakan ide yang bagus khususnya bagi Anda yang ingin memiliki usaha kos kosan di kota metropolitan dengan harga yang cukup tinggi. 

STRATEGI USAHA KOS KOSAN

  • Pilih Lokasi yang Strategis

Layaknya membeli sebuah rumah, lokasi yang strategis akan membuat usaha kos kosan Anda ramai penyewa dan harga sewa menjadi lebih bersaing. Bagaimanapun, penyewa kos akan memilih lokasi yang dekat dengan transportasi umum, dekat kampus atau kantor serta dekat dengan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli lahan atau rumah indekos yang lokasinya strategis.

  • Pastikan Fasilitas Kos Kosan Sesuai Harga Sewa

Tak dapat dipungkiri bahwa suksesnya sebuah usaha kos kosan tak lepas dari fasilitas yang diberikan. Apabila Anda menginginkan harga sewa yang lebih tinggi, maka Anda harus memberikan fasilitas yang bagus juga. Fasilitas yang lengkap dan nyaman juga memberikan daya tarik tersendiri khususnya bagi calon penyewa golongan menengah ke atas. Tentu saja hal ini tergantung pada lokasi dan target market kos kosan sekitar. 

Pada umumnya fasilitas kos kosan eksklusif yang diberikan untuk kota besar adalah kamar dilengkapi pendingin ruangan (air conditioner), kamar mandi dalam yang dilengkapi pemanas air (water heater), akses internet tanpa kabel (wifi), parkir luas, dapur bersama dan layanan keamanan 24 jam seperti security dan CCTV. Beberapa kost eksklusif bahkan memiliki petugas yang berfungsi sebagai resepsionis penerima tamu dan paket penghuni kos. Sebagai pebisnis kos kosan, perlu diketahui bahwa tidak selamanya kos kosan dengan fasilitas lengkap yang akan akan di terisi penuh. Kos kosan dengan fasilitas yang biasa saja juga akan terisi jika harga sewa yang ditawarkan lebih terjangkau dan sesuai dengan market sekitar lokasi kos kosan. 

  • Biaya Sewa Sesuai Rate 

Harga sewa juga mempengaruhi sebuah tingkat occupancy sebuah rumah indekos. Pastikan harga sewa kamar kos yang Anda tawarkan sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos pada suatu daerah milik kompetitor Anda. Jangan mematok harga lebih tinggi karena kemungkinan penyewa akan beralih ke rumah kos lain. Akan tetapi, jangan menawarkan dengan harga terlalu murah. 

Tidak selamanya harga murah membuat sebuah bisnis indekos menjadi lebih ramai. Ada kalanya harga yang terlalu murah malah membuat calon penyewa kamar kos curiga akan keamanan dan kenyamanan kos kosan tersebut. Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis rumah kos kosan untuk melakukan riset harga pasaran terlebih dahulu.

  • Mempercantik Tampilan Fisik 

Calon penyewa tentu saja akan melakukan survey ke kos kosan yang ada di sekitar daerah yang diinginkannya. Tentu saja kos kosan yang Anda miliki bukanlah satu-satunya kos kosan yang menjadi target survey calon pembeli. Mereka akan membandingkan kos kosan milik Anda dengan kompetitor. Tampilan fisik merupakan hal utama yang mempengaruhi preferensi seseorang. Tampilan fisik rumah kos kosan yang bagus akan memberikan kesan nyaman dan aman. Berbeda jika kondisi fisik kos kosan sudah kusam dan terkesan usang. Tentu akan memberikan kesan horor dan menyeramkan. 

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk sekedar melakukan cat ulang pada beberapa bagian yang terlihat mulai usang. Hal ini agar menarik calon penyewa baru mengingat bahwa penyewa yang ada sekarang tidak selamanya berada di rumah indekos Anda. Tampilan fisik yang baik tentu saja menjadi awal seseorang tertarik untuk menyewa kamar kos kosan milik Anda.

  • Pastikan Kos Kosan Anda Aman

Keamanan selama tinggal di kamar kos kosan adalah prioritas utama. Tak jarang, pengelola kos kosan atau pemilik indekos menetapkan peraturan hanya terima kost dengan gender tertentu, seperti kost putri dan kost putra. Terdapat larangan lain seperti batas jam kunjungan teman serta larangan lawan jenis untuk berkunjung. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan keamanan penghuni kos kosan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tidak berhenti sampai disitu. Ada kalanya kos kosan dilengkapi oleh penjaga kos yang berperan layaknya security. Hal ini untuk menjaga kendaraan milik penghuni kos serta menghindari resiko pencuri yang menyamar sebagai pengunjung. Keamanan adalah kunci sebuah kos kosan ramai. Seseorang akan enggan untuk tinggal di kos kosan yang terkenal sering mengalami pencurian atau perampokan.

Apabila Anda membuka kos kosan khusus untuk putri, maka Anda sebagai pemilik dan pengelola harus lebih waspada agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan yang kerap terjadi terhadap wanita. Pastikan Anda memiliki orang kepercayaan yang setiap hari standby dan berperan sebagai petugas keamanan di kos kosan Anda. Dengan demikian, kos kosan Anda akan lebih aman dan memiliki citra yang baik oleh masyarakat atau warga sekitar.

  • Pelayanan Khusus Penyewa Kos Kosan 

Beberapa pemilik kos kosan memberikan pelayanan khusus untuk penyewa kos kosan sebagai diferensiasi indekos tersebut dengan indekos milik kompetitor. Salah satunya adalah layanan resepsionis. Walaupun tampilannya tidak seperti resepsionis di apartemen atau hotel, namun tugas dan fungsinya sama, yaitu membantu menyimpan kiriman paket saat penyewa tersebut tidak di tempat. Hal ini terkesan sepele namun sangat bermanfaat. Hal ini untuk menghindari adanya kiriman paket yang hilang atau tertukar.  

Pada beberapa kos kosan khususnya yang menyasar kalangan menengah-atas, disediakan fasilitas laundry supaya penyewa kos dapat mencuci baju kotor dengan praktis. Tentu saja, hal ini membutuhkan biaya tambahan. Akan tetapi, fasilitas ini tidak dimiliki oleh banyak kos kosan. Jika Anda menyasar kalangan menengah-atas, maka tidak ada salahnya untuk berinovasi membuat fasilitas laundry. Dengan demikian, Anda telah membuat 2 (dua) bisnis baru dari properti yang Anda miliki secara bersamaan. 

  • Rutin Memperhatikan Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Mungkin hal tersebut sering kita dengar. Menjaga kebersihan bukan saja sebagai bagian dari iman tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan nilai estetika. Rumah yang bersih akan membuat seseorang menjadi nyaman untuk berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi jika diharuskan work from home (WFH). 

Kebersihan merupakan kunci agar usaha kos kosan Anda ramai dan laku tersewa. Para penyewa tentu saja menginginkan kenyamanan selama tinggal di kos kosan dan tentunya ingin agar lingkungan kos juga bersih dan asri. Untuk itu, pastikan Anda sebagai pemilik kos untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kos dan serta memberikan kesadaran kepada penyewa agar tetap menjaga kebersihan kamar kos.

  • Iklankan Kos Kosan Anda

Setelah Anda mempersiapkan berbagai poin yang telah dijelaskan diatas, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan beriklan. Beriklan adalah ujung tombak sebuah bisnis mendapatkan pembeli, dalam hal ini penyewa kos kosan. Pastikan Anda juga mengiklankan bisnis kos kosan Anda di media online. Di zaman era teknologi ini, masyarakat melakukan jual beli di media online. Saat seseorang ingin mencari sesuatu, maka orang tersebut pasti melakukan browsing terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan terdapat iklan Anda yang tayang secara online. Perlu diketahui bahwa media online adalah salah satu media dengan tingkat keberhasilan menjual produk yang besar.

Selain beriklan di media online, pastikan Anda juga melakukan iklan konvensional seperti membuat petunjuk (signage) di depan usaha kos kosan Anda untuk menunjukkan kepada calon penyewa kos bahwa Anda memiliki kamar kos yang tersedia (available) untuk disewakan. Hal ini semakin memperbesar peluang kos kosan Anda laku tersewa. 

Mencari kos kosan memang dibutuhkan kesabaran. Seringkali Anda tidak bisa mendapatkan semua keinginan Anda. Kos kosan yang selangkah dari tempat kerja Anda dan berfasilitas lengkap terkadang harga sewanya diluar budget Anda. Begitupun sebaliknya, saat Anda mendapatkan harga sewa, lokasi strategis dan fasilitas yang sesuai tapi kos kosan tersebut sudah penuh terisi. Anda harus teliti mencari informasi mengenai keberadaan kos kosan di sekitar Anda untuk mendapatkan perbandingan. 

Jika Anda ingin berbisnis kosan dan tidak ingin membangun dari awal, sehingga Anda ingin mencari rumah kost dijual, maka Anda bisa mencarinya di Ray White. Ray White memiliki listing properti komersial yang lengkap. Apabila Anda ingin membangun usaha kos kosan dari awal, maka Anda bisa membeli tanah kavling di lokasi strategis dan membangun sebuah rumah kost. Anda juga bisa mencari tanah kavling di Ray White. Mengapa harus Ray White?

Ray White adalah agen properti terbaik yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1997 dan secara konsisten mengembangkan bisnisnya hingga memiliki 175 kantor cabang yang berada di 25 kota besar. Ray White juga berhasil meraih penghargaan Top Brand Awards selama 8 tahun berturut-turut dan Platinum Top Franchise selama 4 tahun berturut-turut. Hal ini menjadikan Ray White sebagai agen properti nomor 1 (satu) di Indonesia.

Ingat properti, Ingat Ray White!



  

Sumber : Finansialku, Liputan 6, 99, Freepik.

Share