logo-raywhite-offcanvas

05 Jun 2020

Pentingnya Memilih Agen Properti Profesional

Pentingnya Memilih Agen Properti Profesional

Jakarta adalah primadona properti di Indonesia. Banyak sekali end user maupun investor yang memilih Jakarta sebagai mayoritas portofolio investasi properti. Hal ini, membuat harga properti di Jakarta yang terus meningkat. Hingga pada akhirnya, sebagian investor memilih untuk membeli properti di daerah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Namun, beberapa investor mulai bosan berinvestasi di Jabodetabek sehingga memilih berinvestasi properti di daerah lain seperti Surabaya, Bandung, Bali bahkan Kalimantan, sebagai calon ibu kota baru Indonesia.

Hal berbeda terlihat saat mewabahnya pandemi virus Covid-19 di Indonesia. Pandemi ini “menghantam” semua sektor perekonomian di Indonesia. Berbagai kampanye sosial gencar dilakukan oleh Pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana masyarakat diwajibkan untuk terus berada di rumah hingga jangka waktu yang belum ditentukan. Gerakan Stay at Home membuat semua perusahaan diluar dari sektor yang dikecualikan harus menutup operasionalnya untuk sementara waktu dan semua pekerjaan dilakukan di rumah (Work From Home) secara online.

Sektor properti adalah salah satu sektor yang mengalami dampak terberat dari pandemi Covid-19. Laporan terbaru JLL Global Capital Flows menunjukkan volume transaksi real estate Asia Pasifik turun sebesar 26% pada kuartal pertama 2020. Banyak developer dan investor telah menghentikan aktivitasnya. Sementara itu, akibat kondisi ekonomi yang tidak menentu menyebabkan banyak developer dan investor bersikap wait and see hingga kuartal kedua 2020. Menurut data Properti Guru Group, hal tersebut mengakibatkan Supply properti Indonesia pada kuartal pertama 2020 mengalami penurunan sebesar 5% dari kuartal sebelumnya, dimana supply properti Jakarta juga mengalami penurunan sebesar 4.2% dari kuartal sebelumnya.

Lain halnya dengan rumah secondary, supply rumah secondary yang melonjak drastis menyebabkan harga properti Jakarta turun hingga 30%. Hal ini diakibatkan banyaknya gelombang PHK dimana-mana sehingga banyak masyarakat yang mulai butuh uang (BU). Di situasi seperti sekarang ini, jual beli properti secara online merupakan a new normal. Beberapa developer dan agen properti kini menerapkan pemasaran berbasis digital sebagai strategi utama dalam mendongrak penjualan. Semua informasi produk-produk properti kini bisa diperoleh dengan mudah secara online. Masyarakat juga mulai menghubungi agen properti pribadinya, untuk membantu menjual atau mengambil momentum untuk berinvestasi properti akibat penurunan harga properti yang cukup drastis.

Suatu prioritas bagi kita, untuk memilih agen properti yang profesional. Dengan bekerja sama dengan agen properti bukan saja memudahkan kita, seperti yang telah dijelaskan pada artikel keuntungan dan kelemahan menggunakan jasa agen properti, tetapi dapat menghindarkan kita dari resiko penipuan (fraud risk). Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda harus jeli dalam memilih agen properti yang akan bekerja sama dengan Anda. Berikut adalah tips mencari agen properti yang profesional :

1. Utamakan Memilih Agen Properti Yang Berasal Dari Kantor Agen Properti Yang Jelas

agen properti bagus di jakarta bandung surabaya bali

Di Indonesia, bisnis agen properti telah menjamur. Banyak sekali agen properti baru bermunculan. Namun, apakah semua agen properti profesional menangani proses jual beli properti ? Tentunya, tidak. Oleh karena itu, pilih agen properti yang jelas reputasinya agar Anda terhindar dari penipuan berkedok agen properti.

Sebagai agen properti terbaik di Indonesia, Ray White telah berdiri sejak tahun 1997 dan menjadi agen properti nomor satu di Indonesia serta tercatat sebagai anggota Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI). Keberadaan AREBI telah diakui oleh Pemerintah Indonesia dimana semua anggotanya merupakan kantor agen properti yang telah diakui keberadaannya dan profesional dibidangnya. Disamping itu, Ray White juga meraih penghargaan Top Brand Awards selama 7 tahun berturut-turut sejak 2013 hingga 2019. Hal ini semakin membuktikan bahwa Ray White adalah agen properti yang jelas keberadaannya dan profesional.

2. Minta Referensi Agen Properti Pada Teman atau Kerabat Anda

Anda bisa meminta referensi dari teman atau kerabat seputar pengalamannya dalam melakukan transaksi jual beli properti dengan agen properti kepercayaan mereka. Cari tahu seluk-beluknya secara detail. Ada baiknya, Anda meminta referensi ke beberapa  orang agar terdapat komparasi. Melalui referensi tersebut, maka Anda akan lebih yakin dengan reputasi agen properti karena berdasarkan pengalaman pribadi bukan karena iklan atau promosi agen properti tersebut.

Kami memiliki banyak sekali client yakni investor properti yang selalu mempercayakan Ray White secara terus-menerus dalam jual beli properti. Bagi kami, reputasi dan kepercayaan client adalah hal paling penting dalam bisnis. Mintalah referensi kepada mereka yang pernah menjadikan Ray White sebagai agen properti kepercayaannya, untuk mereferensikan nama agen spesialis dibidangnya.

3. Cari Tahu Profil Agen Properti Tersebut Melalui Website dan Akun Media Sosial Mereka

review agen properti jakarta bandung surabaya bali

Setelah Anda mendapatkan referensi mengenai nama agen properti tersebut, ada baiknya Anda mencari tahu profil agen properti tersebut melalui website dan akun media sosial mereka untuk mengetahui track record seputar prestasi dan listingan yang mereka miliki. Banyaknya listing yang mereka miliki, merupakan salah satu acuan bahwa agen properti tersebut telah berpengalaman dan memiliki banyak jaringan dengan investor properti.

Semua agen properti Ray White dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman khususnya di bidang pemasaran properti secara online. Semua prestasi agen properti akan di publish di website dan media sosial Ray White. Hal ini bertujuan untuk transparansi kinerja agen properti Ray White serta mempermudah client untuk menghubungi agen kami dan melihat daftar listingannya.

4. Cari Tahu Validitas Listing Agen Properti

Terkadang terdapat beberapa agen properti nakal yang memasukkan listing properti orang lain ke dalam listingannya. Cek dahulu, validitas listingan tersebut dengan cara menghubungi agen properti tersebut dan perhatikan gaya bicaranya. Semakin yakin seorang agen properti memberikan jawaban maka kemungkinan besar listing tersebut merupakan listing pribadinya. Tanyakan juga, apakah agen tersebut direct owner atau tidak. Utamakan agen properti yang memiliki akses langsung dengan pemilik properti di listingannya.

Agen properti Ray White dituntut untuk profesional dalam hal ini. Sebelum melakukan listing, agen properti Ray White wajib melakukan survey lokasi. Kemudian, dilakukan survey kepada pemilik properti untuk mengecek keabsahan kepemilikan atas properti tersebut. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada potensi masalah hukum dikemudian hari.

5. Pilih Calon Agen Properti Yang Mengerti Kebutuhan Anda Bukan Memaksa

Sebagai agen properti profesional, maka sebuah hal yang tabu untuk memaksa Anda membeli properti yang ada di listing pribadinya. Hindari juga, agen properti yang memaksa untuk menjual properti Anda melalui agen properti tersebut. Hal tersebut melanggar kode etik seorang agen properti. Waspada penipuan berkedok agen properti.

Agen properti seharusnya berperan sebagai konsultan yang membantu mencarikan properti yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan memaksa Anda membeli listingannya. Begitu pula apabila Anda ingin menjual properti, maka agen properti tidak boleh memaksa untuk menjual properti kesayangan Anda melalui agen properti tersebut. Setiap agen properti Ray White, dituntut untuk menjadi problem solver dengan menjadi konsultan properti handal bagi Anda. Pastikan memilih Ray White sebagai agen properti kepercayaan Anda.

6. Pastikan Agen Properti Anda Memiliki Product Knowledge yang Cukup Mengenai Properti yang Anda Butuhkan

Setiap agen properti memiliki spesialisasinya masing-masing, Ada spesialis menjual rumah, dan ada pula spesialis menjual apartemen. Begitu pula, spesialisasi daerah properti, pastikan Anda memilih agen properti yang sesuai dengan spesialisasinya, agar Anda dapat membantu secara maksimal.

Untuk hal ini Anda tidak perlu khawatir, karena Ray White memiliki 175 kantor agen properti yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Ray White menjangkau semua spesialisasi properti mulai dari properti primary hingga secondary, baik properti lokal maupun properti di luar negeri. Ray White memiliki jaringan International seperti Australia, Singapura, India bahkan Uni Emirat Arab. Segala kebutuhan seputar investasi properti, Ray White solusinya.

Semua agen properti yang tergabung di Ray White siap melayani Anda walaupun dalam situasi seperti sekarang ini. Tentunya, dengan tetap mentaati peraturan PSBB yang berlaku. Agen properti Ray White sangat profesional dan berpengalaman. So, tunggu apalagi? Percayakan investasi properti Anda dengan menjadikan Ray White sebagai agen properti kepercayaan Anda, karena Ray White memberikan bukti bukan janji.

 

 

 

Source : UnsplashLook Property Service Ltd, Shutter Stock

 

 

Share