logo-raywhite-offcanvas

18 Jan 2021

Potensi Bisnis dan Investasi Ruko (Rukan) Tahun 2022

Potensi Bisnis dan Investasi Ruko (Rukan) Tahun 2022

Tahun 2022 adalah tahun yang baik untuk memulai sebuah bisnis dan investasi. Hal ini didukung oleh situasi perekonomian yang semakin kondusif dan membaik dibandingkan tahun 2020. Ditambah lagi, awal tahun merupakan waktu yang baik untuk memulai investasi khususnya investasi properti. Investasi properti masih sangat menarik di awal tahun ini karena harga yang masih terjangkau akibat efek pandemi tahun lalu. 

Sebagian dari masyarakat kita mungkin ingin memiliki properti sekaligus tempat untuk berbisnis. Harga properti untuk tempat tinggal dan biaya sewa tempat untuk berbisnis tidaklah sedikit. Butuh biaya yang besar untuk bisa mendapatkan keduanya. Hal tersebut akan sulit tercapai jika Anda memaksakan diri untuk membeli rumah dan menyewa tempat usaha dengan budget terbatas. Lalu, apakah dengan budget yang terbatas, kedua hal tersebut bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau? Jawabannya tentu saja bisa. 

Anda hanya perlu membeli satu properti yang multifungsi. Anda cukup membeli sebuah ruko atau rukan. Ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memanfaatkan fungsi properti yang dibeli agar bisa ditinggali dan bisa dijadikan tempat berbisnis.  Tentu saja hal ini sangat menarik bagi pengusaha khususnya bagi pengusaha yang sedang merintis usahanya dari 0 (nol).  

APA ITU RUKO DAN RUKAN?

Ruko adalah rumah toko, sedangkan rukan adalah rumah kantor. Lalu apa perbedaannya? Secara desain bangunan kurang lebih sama. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara ruko dan rukan. Perbedaannya hanya terletak pada fungsinya saja. Apabila Anda ingin membuat sebuah toko, maka Anda menjadikan properti tersebut menjadi ruko. Namun, jika Anda ingin membuka sebuah kantor pada ruko tersebut, maka Anda menjadikan properti tersebut menjadi ruko. 

Peruntukkan sebuah properti menjadi sebuah ruko atau rukan tergantung dari bisnis yang dimiliki oleh pemiliknya. Pemilik bebas menjadikan propertinya sebagai toko atau kantor. Namun, ada beberapa kompleks yang khusus dibangun sebagai kompleks pertokoan atau kompleks perkantoran. Tentu saja, pembelinya atau pemiliknya harus mengikuti konsep yang diusung oleh developer ruko atau rukan tersebut. Pada beberapa kasus, rukan juga didesain hanya untuk kantor sehingga kurang memadai untuk dijadikan tempat tinggal. Hal tersebut kembali kepada kebutuhan pemilik properti dan 

KEUNTUNGAN MEMILIKI RUKO ATAU RUKAN

  • Bisa Dijadikan Tempat Usaha

Ruko berfungsi sebagai tempat usaha. Anda bebas menjadikan ruko sebagai tempat usaha apa saja tergantung pada usaha yang sedang Anda jalankan. Anda bisa membuka usaha kelontong, usaha minimarket, usaha jasa ekspedisi atau restoran. Anda bahkan bisa membuka dua usaha sekaligus. Hal ini kerap dilakukan oleh pebisnis dan pemilik ruko dimana lantai dasar dan lantai yang berada diatasnya untuk bisnis yang berbeda.

  • Bisa Dijadikan Tempat Tinggal

Sesuai dengan namanya yang berarti rumah toko atau rumah kantor, maka ruko atau rukan tentu saja bisa untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Ini adalah keunggulan dari investasi ruko yang tidak bisa didapatkan apabila Anda menyewa atau membeli office space di pusat perkantoran atau kios di pusat perbelanjaan. ditinggali. Ruko atau rukan pada umumnya memiliki 2 (dua) hingga 3 (tiga) lantai, dimana lantai dasar bisa dijadikan sebagai bisnis dan tempat tinggal di lantai atasnya.  

  • Waktu Usaha Fleksibel

Keuntungan-Bisnis-dan-Kelebihan-Investasi-Ruko

Memiliki ruko sebagai tempat usaha merupakan keputusan tepat karena lebih fleksibel. Anda bebas berusaha apa saja dengan jam waktu yang Anda tentukan sendiri. Berbeda apabila Anda memilih tempat usaha di pusat perbelanjaan atau di pusat perkantoran yang mengikuti aturan dari pengelola gedung atau building management seputar jam operasional. Time Flexibility sangatlah penting dalam dunia usaha sehingga urusan bisnis dan keluarga dapat berjalan beriringan tanpa menunda prioritas satu dengan yang lain.  

  • Mengurangi Stress Menuju Tempat Usaha

Waktu yang fleksibel juga akan membuat waktu Anda lebih efektif. Anda tidak perlu lagi jalan lebih pagi dan bermacet-macetan di jalan untuk menuju tempat usaha. Anda hanya perlu turun ke bawah melalui tangga untuk bisa ke tempat usaha. Hal ini tentu saja akan mengurangi tingkat stress harian Anda akibat macetnya perjalanan serta mengurangi pengeluaran transportasi menuju tempat usaha. 

  • Tidak Perlu Memikirkan Perpanjangan Sewa

Dengan Anda memiliki investasi properti berupa ruko, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya untuk perpanjangan sewa tempat usaha. Hal ini juga membuat Anda bisa lebih fokus menggunakan keuntungan usaha untuk pengembangan bisnis agar lebih maju dan bertumbuh lebih cepat. Investasi ruko sangat tepat bagi Anda pengusaha dengan modal terbatas dimana Anda ingin memiliki properti yang multifungsi dan lebih low cost maintenance. 

  • Bisa Multitasking

Tinggal di tempat usaha membuat Anda bisa melakukan multitasking. Anda sebagai pemilik yang juga tinggal di tempat usaha membuat Anda bisa multitasking sebagai “pegawai” di usaha Anda. Anda bisa merangkap menjadi tenaga penjual (sales) sekaligus merangkap sebagai administrasi, finance dan kasir. Sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan banyak pekerja. Pekerjaan yang bisa di-handle oleh pemilik bisa dikerjakan sendiri. Tentu saja Anda bisa melakukan efisiensi biaya dengan mempekerjakan sedikit pekerja untuk memaksimalkan keuntungan bisnis yang didapatkan.

Di sisi lain, hal ini terkesan merepotkan, tetapi sisi positifnya justru Anda dapat memahami semua fungsional pekerjaan pada bisnis pribadi Anda. Sehingga apabila terdapat karyawan yang resign, Anda dapat dengan mudah menjalankan fungsinya sebelum mendapatkan penggantinya. Anda juga lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan melakukan manajemen resiko pada bisnis Anda.

  • Bisa Disewakan Kembali

Apabila Anda berinvestasi ruko dan / atau rukan, Anda tidak harus menggunakan ruko tersebut untuk bisnis pribadi Anda. Anda bisa menyewakan ruko Anda tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan tempat usaha. Maka Anda akan mendapatkan passive income dari adanya investasi properti berupa ruko dan / atau rukan. Potensi sewa ruko khususnya di kota besar dan lokasi strategis masih cukup tinggi permintaannya. Harga sewa per tahunnya pun cukup menggiurkan bahkan bisa setara untuk melakukan down payment rumah atau apartemen baru. Dengan demikian Anda bisa melakukan ternak properti.  

  • Mendapatkan Capital Gain

Sebagai investor properti, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Apa itu capital gain? Capital gain adalah keuntungan yang akan didapatkan oleh investor properti akibat adanya apresiasi nilai atau kenaikan harga properti yang terjadi secara tahunan. Hal ini membuat nilai aset properti seseorang mengalami kenaikan. Keuntungan tersebut baru akan didapatkan apabila pemilik properti memutuskan untuk menjual propertinya dengan harga pasaran terbaru. Dengan memiliki properti, maka Anda akan berpotensi untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga properti (capital gain).

IDE BISNIS RUKO ATAU RUKAN
  • Minimarket

Apabila Anda memiliki ruko gandeng (2 ruko atau lebih) yang bersebelahan dan bisa menjadi satu bagian, maka Anda bisa menjadikan ruko tersebut sebagai usaha baru seperti minimarket. Minimarket merupakan salah satu fasilitas yang harus ada di area komersial dan perumahan. Usaha minimarket sangatlah potensial khususnya di perkotaan. 

Masyarakat membutuhkan pusat perbelanjaan seperti minimarket untuk sekedar membeli cemilan untuk melepas suntuk saat bekerja dan membeli kebutuhan pokok sehari-hari. Masyarakat juga kerap mengambil uang di ATM yang berada di minimarket serta mengisi kartu pembayaran elektronik di minimarket. Berbelanja di minimarket juga lebih praktis ketimbang berbelanja di supermarket. Selain lebih praktis, harga produk di minimarket pada umumnya lebih terjangkau, ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan rumah sehingga lebih mudah dijangkau. Usaha franchise minimarket adalah salah satu usaha yang menjanjikan bagi pemilik ruko sekaligus pengusaha franchise.

  • Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi merupakan salah satu bisnis yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Semakin banyaknya pebisnis muda yang memiliki toko online serta adanya pergeseran tren dari belanja offline ke dunia digital membuat bisnis jasa ekspedisi semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Jasa ekspedisi juga diperlukan oleh perkantoran untuk mengirim dokumen-dokumen penting ke partner, vendor atau supplier. Bisnis jasa ekspedisi akan terus hidup karena merupakan nadi sebuah industri logistik dan menjadi salah satu bisnis yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Bisnis jasa ekspedisi ini membutuhkan space ruko serta parkiran yang sangat luas untuk parkir mobil-mobil logistik yang memadai.  

  • Franchise Minuman Kekinian

Siapa yang tidak senang minum minuman kekinian seperti boba, milk tea (Thai tea) dan coffee? Minuman kekinian memang sangat digandrungi oleh kaum milenial. Rasanya yang manis, bentuknya yang unik serta menyegarkan untuk di minum di tengah teriknya matahari membuat usaha franchise minuman kekinian semakin menjamur. Bisnis ini tentu saja cukup menjanjikan untuk membuat investasi ruko Anda semakin produktif. 

  • Kafe dan Tempat Nongkrong

Kafe dan tempat nongkrong merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan khususnya pada daerah perkantoran dan daerah destinasi muda-mudi berakhir pekan. Anda bisa menjadikan ruko Anda sebagai kafe sehingga dapat menarik orang lain untuk bersantai sambil minum kopi, bekerja santai atau meet up dengan teman lama. 

  • Restoran (Rumah Makan)

Bisnis restoran atau rumah makan memang sangat tepat jika bertempat di ruko. Umumnya, restoran yang berlokasi di sebuah ruko adalah restoran chinese food, seafood, masakan daerah serta kuliner-kuliner khas yang tidak dijumpai di mall atau plaza. Jika Anda memang memiliki keterampilan memasak dan ingin membuka bisnis restoran yang otentik dan khas, maka membuka rumah makan di ruko merupakan keputusan yang tepat. 

  • Barbershop 

Bukan sebuah rahasia lagi jika barbershop kekinian juga kerap berlokasi di ruko-ruko. Usaha barbershop memang sangat menjanjikan khususnya yang menyasar kaum pria yang ingin tampil stylish namun tidak mau mengeluarkan kocek yang terlalu mahal layaknya di salon ternama di sebuah pusat perbelanjaan. Tentu saja dengan hairstylist yang handal dan harga yang murah akan membuat barbershop Anda ramai dan digandrungi oleh anak-anak muda. 

  • Bisnis Bridal  

Bisnis bridal adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pasangan yang akan menikah setiap bulannya. Ditambah lagi populasi Indonesia yang didominasi oleh usia muda yang produktif. Menikah adalah ibadah dan kebutuhan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, usaha bridal akan tetap bertahan walau di masa pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. 

Pada masa pandemi, usaha bridal tetap ada orderan walaupun tidak sebanyak pada saat sebelum terjadinya pandemi. Hal ini terbukti dengan adanya nikahan yang dilakukan secara online, dimana pada resepsi hanya dibatasi sekitar 15 orang perwakilan dari mempelai pria dan 15 orang perwakilan dari mempelai wanita. Usaha bridal memang cukup sulit, sehingga membutuhkan keterampilan khusus yang tidak bisa dimiliki oleh banyak pebisnis. 

  • Bengkel Mobil atau Motor

Jika Anda memiliki keterampilan (skill) dan hobi di bidang otomotif maka Anda bisa membuat bisnis bengkel mobil atau motor. Salah satu bisnis bengkel yang cukup menjanjikan adalah bengkel spesialis mobil Eropa. Bengkel spesialis mobil Eropa akan sangat dicari oleh banyak car enthusiast yang hobi memiliki mobil Eropa. Namun, jika Anda tidak memiliki keterampilan pada mobil Eropa, Anda bisa membuka bisnis bengkel mobil umum sehingga banyak mobil yang bisa masuk untuk diperbaiki. Anda juga bisa membuka usaha bengkel motor dan variasi motor karena populasi pengguna motor lebih besar dibandingkan pengguna mobil. Tingkat kesulitannya juga tidak sesulit memperbaiki mobil. 

Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha bengkel cuci mobil karena masyarakat di perkotaan sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk mencuci mobil. Bisnis cuci mobil akan sangat ramai khususnya di musim hujan. Terlebih lagi jika Anda memberikan layanan ekstra seperti coating dan poles mobil guna membuat cat mobil lebih terawat, terlihat ‘kinclong’ dan terlihat seperti mobil baru terus.

  • Membuka Showroom Mobil Bekas

Anda juga bisa membuka usaha jual beli mobil bekas. Mobil bekas merupakan alternatif bagi seseorang yang ingin mendapatkan mobil dengan harga murah. Mobil bekas juga memungkinkan seseorang untuk naik kelas dan naik tipe dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang membeli mobil baru. Mobil bekas juga merupakan pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin mengalami kerugian yang cukup besar akibat adanya depresiasi nilai mobil secara tahunan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan mobil impian dengan harga yang sudah terdepresiasi.  

  • Disewakan Untuk Membuka Cabang Bank

Apabila Anda tidak ingin repot dengan membuka bisnis sendiri di ruko tetapi tetap ingin mendapatkan keuntungan dari ruko, maka Anda bisa menyewakan ruko Anda. Salah satu potensi bisnis di ruko khususnya yang berlokasi strategis adalah disewakan untuk membuka cabang bank. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak perbankan baik bank swasta dan bank pemerintah yang membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) di ruko-ruko yang berlokasi di dekat perumahan, pusat bisnis dan pusat perbelanjaan. Akan tetapi, kebanyakan dari bank lebih memilih untuk membeli ruko tersebut untuk keberlangsungan KCP tersebut untuk jangka panjang.

  • Membuka Kantor Agen Properti

Selain berbagai rekomendasi bisnis di atas, terdapat bisnis yang tidak kalah menarik, yaitu membuka kantor agen properti. Anda tidak hanya mendapatkan capital gain dari ruko milik Anda, tetapi Anda juga mendapatkan keuntungan dari bisnis agen properti. Perlu diketahui bahwa bisnis properti tidak ada matinya di situasi ekonomi apapun. Properti akan tetap dicari karena merupakan satu-satunya jenis investasi yang fisiknya dapat melindungi pemiliknya dari berbagai situasi cuaca. Properti menjadi impian banyak orang. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak pemilik properti yang ingin menjual propertinya lebih murah dari pasaran sehingga akan memudahkan Anda sebagai agen properti untuk mencari calon buyer yang ingin mendapatkan properti bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini semakin didukung dengan situasi bisnis properti yang berada pada buyer’s time, sehingga sangat bagus untuk membeli properti saat ini. 

Jika Anda ingin berbisnis kantor agen properti, maka Anda bisa bekerja sama dengan Ray White Indonesia sebagai kantor agen properti terbaik dan terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan bergengsi yang telah diterima oleh Ray White seperti Top Brand Awards 2013-2020 dan Platinum Top Franchise 2017-2020. Sebagai agen properti terbaik dan terbesar, Ray White telah memiliki 175 kantor cabang di 25 kota besar di Indonesia. Anda bisa mengajukan proposal kerjasama franchise Ray White Indonesia melalui link ini

Anda bisa mendapatkan berbagai listing properti khususnya listing ruko di Ray White. Ray White adalah one stop property solution bagi vendor dan investor properti di Indonesia. 

Ingat properti, Ingat Ray White!




Sumber : Ray White, Jendela 360 & Freepik.

Share