logo-raywhite-offcanvas

27 Oct 2021

Tata Cara Bekerja Sama Dengan Agen Properti

Tata Cara Bekerja Sama Dengan Agen Properti

Geliat sektor properti saat ini mengalami trend naik sejak awal pandemi 2020 walau sempat mengalami penurunan yang signifikan, meskipun diketahui jika pandemi benar-benar menggerus banyak sektor terutama perekonomian, ada banyak bidang pekerjaan yang tidak berjalan secara maksimal dan tidak sedikit juga ada banyak orang yang harus bekerja dari rumah. Menariknya, sektor properti dapat bertahan tentu tidak lepas dari kesiapan agen properti yang juga senantiasa memperlengkapi para agennya. Agen properti terbaik saat ini adalah Ray White, dan selanjutnya akan kita bahasa bagaimana cara kerja agen Ray White serta mencari solusi akan kebutuhan properti anda.

Kenaikan sektor properti ditandai oleh hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa real estate merupakan bisnis yang mengalami pertumbuhan sepanjang kuartal I/2021, menurut Bapak Suhariyanto yang merupakan kepala BPS pada Rabu (5/5/2021), kenaikan sektor properti bersama-sama dengan sektor lain seperti informasi dan komunikasi, jasa kesehatan, perdagangan, pertanian, pengadaan listrik dan gas, perdagangan, dan pengadaan air berada pada area positif selama 3 bulan pertama tahun 2021.

Pertumbuhan pada sektor properti berada pada 0,94 persen sepanjang 3 bulan pertama (year-on-year), ditambah lagi untuk sektor properti sendiri pemerintah telah menerapkan stimulus berupa pemangkasan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) insentif yang berlaku dari bulan Maret hingga Agustus 2021.

Saat ini dengan keadaan pandemi yang menunjukkan tanda-tanda membaik dikarenakan program vaksinasi yang sudah mulai berjalan di Indonesia, sektor properti pun diprediksi akan tumbuh 20%-30% pada 2021, didukung oleh sejumlah faktor seperti penerapan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang diharapkan dapat menjadi solusi birokrasi perizinan dan kepastian pengadaan lahan.

Dari rangkuman diskusi virtual Economic Outlook 2021 yang dihadiri oleh CEO PT. Lippo Karawaci Tbk. Bapak John Riady, Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia Bapak Paulus Totok Lusida, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Properti dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Bapak Junaidi Abdillah, terlihat bahwa optimisme pertumbuhan di sektor properti membawa angin baik sebab Lippo Karawaci dapat meningkatkan marketing sales hingga tiga kali lipat pada triwulan III-2020 yang lebih baik dari tahun 2019, ini merupakan sinyal jika meskipun di tengah pandemi, sektor properti masih memiliki pergerakan.

Informasi mengenai prediksi membaiknya properti juga dinyatakan oleh Bapak Totok Lusida, ia menyatakan jika harga properti di Indonesia masih sangat murah dibanding negara Asean lainnya karena ada stagnasi harga sejak 2013-2020 yang membuat para investor berani mengeluarkan investasi di bidang properti. Pandemi Covid-19 yang melanda memang memberi pukulan yang cukup telak di dunia properti namun masih ada segmen hunian yang terbilang banyak peminatnya yaitu rumah yang memiliki harga di bawah 1 miliar ke bawah.

Menilai semua berita baik yang muncul dari sektor properti kita bisa menyatakan bila sektor ini masih bergerak meskipun memerlukan adaptasi, hal ini akan menjadi pertanda bagi anda yang ingin memiliki sebuah properti, baik itu menjadi hunian ataupun sebagai investasi, dan dengan perubahan yang ada sudah pasti anda membutuhkan informasi terbaru tentang bagaimana cara menjual atau membeli rumah dengan harga terbaik, mengetahui perkembangan pasar, serta timing nya. Bukan hal yang baru lagi jika jasa agen properti dibutuhkan saat ini.

Agen properti akan membantu anda dengan segala pertanyaan dan strategi terbaik untuk mendapatkan properti atau menjualnya, terlebih lagi bagaimana para broker atau agen properti ini melihat peluang serta membaca kebutuhan pasar saat ini misalnya saja mereka yang ingin melakukan upsizing, downsizing, atau yang populer saat ini mencari hunian baru yang memiliki ekstra ruangan karena kebijakan bekerja dari rumah atah work from home (WFH). 

Bagi anda yang ingin menjual rumah dengan perantaraan agen properti ada banyak keuntungan yang ditawarkan, diantaranya adalah rumah anda akan masuk listingan yang informasinya berpotensi diketahui oleh banyak calon pembeli karena luasnya jaringan, anda juga bisa update dengan harga pasaran karena mereka para agen sangat mengerti dan terjun langsung di lapangan, atau bisa beberapa informasi tentang bagaimana anda bisa upgrade tampilan rumah anda sehingga menambah nilai jualnya.

Namun anda juga harus memperhatikan agar tidak sembarangan bekerja sama dengan agen properti sebab ada banyak di luar sana pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menjadi oknum yang melakukan penipuan atau populer dengan sebutan fraud, pilihlah agen properti profesional dengan kredibilitas terpercaya, anda dapat bekerja sama dengan Ray White agen properti terbaik saat ini, sejarah Ray White dimulai tahun 1902 dari Queensland Australia, terus berkembang hingga tahun 1997 Ray White berdiri di Indonesia hingga saat ini, walaupun di tengah pandemi Ray White dapat terus bergerak maju dan menemukan solusi properti untuk para klien yang begitu berharga.

Bapak Johann Boyke Nurtanio selaku CEO Ray White Indonesia menyatakan bahwa tujuan Ray White berada di bisnis ini adalah membuat dunia menjadi lebih baik lagi, untuk mencari solusi bagi anda yang ingin mendapatkan properti atau menjual properti, dengan kunci sukses berupa cara komunikasi yang baik dan interaksi yang tulus dengan orang lain.

Karena manusia pada dasarnya adalah pemecah masalah maka secara spesifik kita ada di bisnis ini untuk memecahkan masalah hunian, menambahkan semua itu Ray White juga membantu orang untuk membangun aset untuk masa depan mereka. Strategi penjualan juga memiliki banyak variasi karena akan menyesuaikan dengan keadaan namun dengan tujuan memberikan service excellence.

Value perusahaan yang terus digaungkan yaitu mengutamakan customer satisfaction, “we seek to be proud of every transaction” sehingga baik vendor maupun pembeli boleh terpuaskan dengan harga yang terbaik.

Mengapa agen properti dibutuhkan? Hal ini dikarenakan karena adanya gap harga setiap saat, pasar properti ini mengikuti siklus yang disebut property cycle baik disaat booming maupun saat resesi, nah disinilah agen properti dibutuhkan untuk menutup gap tersebut.

Menggunakan jasa agen properti juga akan membantu anda menghemat waktu dan tenaga, karena anda tidak perlu repot mempersiapkan iklan, menjangkau calon pembeli dan menjelaskan secara rinci spesifikasi rumah anda apabila ada calon pembeli yang hendak survey secara terus menerus, hal-hal demikian akan diambil alih oleh agen properti yang sebelumnya sudah mendapatkan informasi rumah dari anda.



Memulai Bekerjasama Dengan Agen Properti

tata-cara-bekerjasama-dengan-agen-properti

Setelah mengenal agen properti dan telah memilihnya ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk bekerjasama dengan agen properti seperti yang berikut ini:

  • Pastikan Agen Tersebut Masih Aktif di Kantor Ray White

Bila anda sudah menetapkan bekerjasama dengan agen properti dari Ray White maka langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan apakah agen tersebut masih aktif bekerja dengan Ray White, menemukan agen properti bisa melalui kerabat, ataupun flyer yang pernah anda dapatkan, umumnya anda juga dapat melihat banner-banner yang terpampang di sepanjang jalan.

Tujuan dari hal ini agar anda merasa aman karena integrasi dengan kantor pusat dan agen dapat dipertanggungjawabkan secara hukum karena setiap dari agen properti yang masih aktif akan terdata lengkap di https://www.raywhite.co.id/find_a_specialist, anda bisa klik link tersebut dan ketik nama agen yang bersangkutan bila namanya ada artinya valid, bila tidak ada maka anda boleh berhati-hati dengan cara meminta id card agen yang bersangkutan dan tanyakan ke Contact Us Ray White.

  • Buka Website Kantornya / Datangi kantornya

Kabar Baiknya Ray White tersebar di beberapa kota besar di Indonesia yaitu 25 kota besar dengan 175 kantor cabang, dengan demikian anda dapat dengan mudah melihat kantor mana yang dekat dengan lokasi rumah yang hendak anda jual. Membuka website juga akan sangat membantu anda untuk mendapatkan informasi tambahan tentang kantor Ray White yang dekat dengan lokasi anda, bisa juga anda melihat listingan lainnya, atau mungkin news terbaru dari artikel yang dapat menambah inspirasi anda.

 

  • Tanda Tangani Perjanjian Agen Penjualan (PAP), dan sejenisnya

Ketika mengawali untuk melakukan penjualan bersama dengan agen properti, anda harus memastikan kejelasan setiap dari dokumen yang akan anda baca dan tanda-tangani, perjanjian yang ada juga harus dengan teliti diperhatikan dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada agen properti anda.

Tujuannya adalah untuk memberikan kepastian legal sehingga kesepakatan yang tercapai murni atas persetujuan bersama dan bukan karena paksaan.

 

  • Hati-Hati Sebelum Menyerahkan Dokumen-Dokumen  Properti

Keaslian sebuah dokumen adalah bukti sah bahwa anda sebagai pemilik dari sebuah properti dalam hal ini sertifikat tanah merupakan salah satu contohnya, hati-hati agar tidak sembarangan memberikan sertifikat tanah asli kepada para agen properti.

 

  • Follow Up Agen Anda Mengenai Berapa Orang yang Telah Melihat Rumah Anda

Ketika sudah menyelesaikan prosedur standar saat bekerja sama dengan agen, anda harus mengikuti perkembangannya, agen hanya sebagai pengganti anda agak tidak berlelah-lelah memikirkan calon pembeli, anda hanya memantau informasi terbaru.

Agen properti yang akan bekerja dalam promosi, atau melayani tanya jawab seputar properti anda.

 

Stigma yang Muncul Jika Bekerjasama dengan Agen Properti dan Solusinya

perrhatikan-stigma-tentang-agen-properti-dan-solusinya

Mungkin anda sudah pernah berpengalaman atau mendengar dari kerabat terdekat tentang hal-hal yang kurang patut tentang para agen properti sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, beberapa hal-hal tersebut akhirnya menjadi stigma yang membuat orang agak ragu dalam memilih agen propertinya, berikut beberapa di antaranya.

 

  • Pilihan yang Diberikan Terkesan Terburu-buru

Perlu diketahui bersama jika properti adalah “objek” dagang yang membutuhkan waktu untuk terjual, ya walaupun demikian harga yang didapatkan ketika terjadi closingan pun cukup menggiurkan, kerap terjadi kepada para agen-agen nakal yang memaksa para penjual atau pembeli untuk mengikuti pilihannya.

Ray White memiliki pemahaman bahwa kepuasan pelanggan adalah yang terutama, tugas dan tanggung jawab seorang agen adalah mencari solusi terbaik sehingga tercapailah kesepakatan yang menjadi pengalaman dan kesan terbaik kepada pelanggan, karena harapannya transaksi lainnya bisa dilakukan di masa depan ketika sudah terjalin hubungan yang baik.

 

  • Agen Properti “Terkenal” Patut Diwaspadai 

Mengapa stigma seperti ini muncul? Bukankah ketika sebuah agen properti terkenal sudah mendapat nama dan kredibilitas? Poin yang terlampir di atas bukan tanpa alasan sebab sebuah agen properti yang terkenal sudah pasti memiliki banyak klien dan pemikiran bahwa properti milik anda tidak menjadi prioritas sehingga lama sekali terjualnya.

Perbedaannya dengan Ray White adalah, adanya penerapan teknologi yang disebut dengan One System yang mendata secara akurat properti yang ada sehingga semua data dan proses transaksi terdata dengan baik, tidak hanya itu para marketing juga dibekali dengan pelatihan untuk terus update dengan One System ini, jadi anda tidak perlu khawatir properti anda terlupakan.

 

  • Kurangnya Komunikasi dan Tidak Interaktif

Jika berbicara tentang menjual properti yang tidak bisa dipastikan kapan akan terjual, tentu komunikasi adalah cara terbaik yang bisa tetap menjalin hubungan antara agen dan klien, jika anda menemukan hal ini dimana sang agen tidak pernah menghubungi atau memberikan kabar, anda harus mempertimbangkan untuk mencari agen yang baru.

Ray White telah memberikan training kepada para marketing executive dengan memegang poin penting yang telah disampaikan Bapak Johann Boyke Nurtanio sebagai CEO Ray White, yaitu menjadi komunikator yang baik dan interaksi dengan tulus. Ada banyak transaksi yang selesai dengan senyuman para klien dan kepuasan mereka, hal ini karena hubungan baik tetap dijaga di dalam komunikasi.

 

  • Tidak ada Saran dari Agen

Kita bisa menyatakan jika satu properti dengan properti lainnya memiliki perbedaan dalam treatment, cara promosi, dan sebagainya. Ketika agen properti menjadi pasif dan tidak memberikan pandangan maka anda akan kesulitan bagaimana menjual properti anda.

Strategi yang terbaik yang digunakan adalah Ray White melakukan campaign yang paling menarik untuk bisa melakukan penjualan, ada kompetisi yang dilakukan, bagaimana mendatangkan sebanyak mungkin traffic ke properti yang akan dijual dapat berupa Open House atau Open for Inspection, tujuannya agar mendapatkan feedback dan opini pasar.

 

  • Tidak Dapat Menggunakan Alat Teknologi Dengan Baik

Dunia modern saat ini membuat dunia properti beradaptasi dengan cara penjualan sebuah properti. Ketika seorang agen tidak dapat mengoperasikan beberapa alat teknologi sudah barang tentu dia akan sedikit kesulitan untuk bisa update kabar terbaru kepada anda.

Teknologi adalah bagian dari sebuah penjualan yang baik, oleh sebab itu Ray White sudah menerapkan One System sebagai penunjang dalam jual beli properti yang terintegrasi di seluruh kantor cabang di Indonesia.

 

  • Terlalu Memberi Tekanan Kepada Calon Pembeli

Bagi anda sebagai calon pembeli sebuah properti perlu sekali mengenali cara agen properti melakukan negosiasi kepada anda, perlu diingat bahwa anda bisa memberikan saran dan harapan anda karena tugas dari seorang agen seharusnya menjadi jembatan antara penjual dan pembeli dan menjadi solution maker, jika ada agen yang bertindak sebagai decision maker dan terkesan memaksa anda sebaiknya ditinggalkan saja.

 

Seorang agen properti yang baik sudah seharusnya menjalani pelatihan yang baik pula sehingga memahami situasi yang terjadi di lapangan dan bersiap akan solusinya, sistem yang digunakan oleh Ray White sudah memenuhi standar yang bisa diterima secara internasional yang mana cara pelayanan pun sudah sama dengan Australia yang menjadi pioneer awal terbentuknya Ray White, pembekalan para marketing executive pun dilakukan secara rutin agar terus mempertajam skill dan kemampuan untuk memberikan kepuasan kepada para klien.

Manfaat bekerjasama dengan agen properti yang profesional adalah anda dapat meminimalisir resiko kerugian selain itu anda akan dibantu untuk terus memantau perkembangan harga jual properti di wilayah anda, sangat mudah untuk mengidentifikasi agen-agen profesional yaitu dengan mencari tahu rekam jejak mereka termasuk testimoni para pelanggan sebelumnya yang puas dengan pelayanan mereka. 

Harapan kita saat ini kondisi dunia semakin membaik dari pandemi, keadaan ekonomi juga mulai lancar untuk mendukung rencana anda memiliki hunian impian.

Ray White yang terus menerus memberikan pelayanan terbaiknya juga telah mendapatkan penghargaan selama 9 kali berturut-turut dari Top Brand Awards, sebuah apresiasi yang menjadi buah pelayanan tulus dan dedikasi Ray White untuk anda.

 

Ray White, Agen Properti Terbaik Anda!

Source : Ray White, ekonomibisnis, investorid, spacestok, freepik

Share