logo-raywhite-offcanvas

13 Dec 2020

Tanah : Harga dan Potensi Investasi Tanah 2022

Tanah : Harga dan Potensi Investasi Tanah 2022

Tanah adalah salah satu instrumen investasi properti dimana Anda membeli hanya sebidang tanah tanpa bangunan diatasnya. Tanah seringkali disebut juga sebagai kavling. Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh seorang calon investor tanah adalah berapa harga pasaran tanah kavling di daerah tersebut. Selain itu, pertanyaan lain yang kerap ditanyakan adalah apa potensi bisnis atau potensi daerah di lokasi tanah tersebut. 

Pertanyaan-pertanyaan diatas wajar ditanyakan oleh investor. Hal tersebut dikarenakan investor tersebut ingin membuat uangnya lebih menghasilkan dengan adanya investasi tanah pada suatu daerah tertentu. Calon investor juga ingin memastikan apakah tanah tersebut potensial untuk dijadikan tempat memulai bisnis baru serta potensial untuk dijadikan investasi jangka panjang. Tentu saja, calon investor juga ingin menyesuaikan budget atau anggaran mereka untuk dialokasikan pada investasi tanah kavling. 

Dalam membeli properti berupa tanah kavling, pastikan Anda jangan membeli tanah kavling yang overpriced atau overvalued. Jika Anda membeli tanah dengan harga diatas pasaran, maka butuh waktu yang lama untuk Anda bisa menjual kembali. Jika dijadikan bisnis, maka akan memperbesar modal Anda sehingga memperlambat waktu  break even point atau balik modal. Sangat disarankan jika Anda membeli tanah kavling yang underpriced atau undervalued. Anda akan secara “otomatis” mendapatkan keuntungan karena harga pasaran tanah kavling milik tetangga Anda lebih tinggi dibandingkan harga pembelian Anda. Jika Anda membeli tanah sesuai harga pasaran tetap disarankan ketimbang membeli tanah yang terlalu mahal harga per meter perseginya. Untuk itu, sangat penting bagi investor untuk mengetahui harga tanah pada suatu daerah. 

Sebenarnya, bukan suatu hal yang sulit untuk mengetahui harga pasaran tanah kavling. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui harga per meter persegi tanah yang dijual tak jauh dari lokasi tanah yang akan Anda beli. Bagaimana caranya? Simak artikel dibawah ini.

Cara Menentukan Harga Pasaran Tanah

  • Lakukan Competitive Price Analysis (CPM)

Hal utama yang dilakukan dalam Competitive Price Analysis (CPM) adalah membandingkan harga tanah dijual yang lokasinya tidak jauh dari properti yang akan Anda beli. Analisis Harga Kompetitif dilakukan untuk mengetahui harga pasaran sebuah tanah kavling. Competitive Price Analysis (CPM) merupakan suatu metode yang kerap dilakukan oleh calon investor, baik investor perorangan maupun investor berbadan hukum (seperti perusahaan) sebelum melakukan pembelian properti berupa tanah kavling. Pertama, Anda harus berkeliling di sekitar lokasi tanah atau mencari data secara online untuk mencari tanah yang mau dijual. Tentu saja lokasi tanah yang dijadikan komparasi harus berada di lokasi yang berdekatan alias berada di satu blok atau hanya berbeda 1 (satu) hingga 2 (dua) blok saja. 

Anda dapat menanyakan harga jual tanah kavling tersebut dan membaginya dengan luas tanah pada kavling yang dijual. Dengan membagi harga jual tanah dengan luas tanah, maka Anda akan mendapatkan harga per meter per segi tanah yang akan dijual. Lakukan hal tersebut pada 2 (dua) hingga 3 (tiga) tanah kavling sebagai objek observasi. Jika Anda telah mendapatkan beberapa varian harga tanah per meter persegi, Anda dapat melihat bahwa harga tanah per meter persegi tersebut membentuk suatu pada range harga tertentu. Anda bisa membeli tanah dengan kisaran range tersebut. Hal kedua yang bisa Anda jadikan patokan harga adalah dengan mengambil harga rata-rata dari data harga yang telah Anda dapatkan sebelumnya. 

Sebaiknya, urungkan niat Anda untuk membeli tanah yang Anda inginkan, apabila harga per meter perseginya terlalu jauh dari range atau harga rata-ratanya. Namun, Anda bisa melakukan pembelian apabila harga tersebut sama atau dibawah harga pasaran yang seharusnya. 

  • Mencari Tahu Harga Tanah Melalui NJOP

Untuk mencari tahu harga pasaran tanah yang lebih valid, Anda bisa mengacu pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). NJOP adalah Nilai Jual yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai dasar dalam penetapan pajak. Nilai jual yang terdapat pada NJOP merupakan harga jual tanah dan bangunan secara rata-rata berdasarkan zona tertentu dan luas tertentu. 

Besaran NJOP pada suatu daerah akan berbeda dengan tanah sejenis pada daerah lain. Besaran NJOP menjadi dasar penetapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sehingga sangat akurat dan valid serta diakui oleh negara. Anda dapat menjadikan besaran NJOP pada slip Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai acuan penetapan harga wajar tanah yang akan dibeli. 

Besaran NJOP ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat. Untuk Anda dapat mengetahui NJOP, Anda dapat meminta bukti pembayaran PBB pemilik tanah. Pada slip pembayaran PBB, tertulis secara rinci nilai NJOP Bumi (Tanah) dan Bangunan per meter persegi dan harga jual sesuai luas tanah dan bangunan yang objek pajak yang akan Anda beli. 

Apabila Anda belum meminta bukti pembayaran PBB atau pemilik enggan memberikan bukti pembayaran PBB, maka Anda dapat melakukan pengecekan via online melalui website resmi BPRD setempat atau menanyakan kepada pemda setempat bagian Pembayaran PBB mengenai kisaran harga jual lokasi tanah yang akan dibeli. 

Anda tidak perlu khawatir mengenai keakuratan besaran NJOP pada slip PBB, karena besaran NJOP disesuaikan setiap tahunnya. Artinya, terdapat update setiap awal tahun agar sesuai dengan harga pasaran terbaru suatu properti objek pajak.  

  • Menghubungi Agen Properti Terpercaya

Konsultasikan-rencana-investasi-properti-pada-Ray-White-agen-properti-terbaik-di-Indonesia

Jika Anda ingin lebih yakin mengenai harga tanah pada suatu daerah, maka Anda bisa mendatangi agen properti terpercaya Anda. Mengapa harus bekerjasama dengan agen properti? Karena agen properti memiliki banyak listing dan database mengenai harga properti pada daerah tertentu yang menjadi area spesialisasinya. 

Agen properti terpercaya tentu akan memberikan referensi listing tanah yang sesuai dengan kriteria dan preferensi Anda. Agen properti juga sangat expert dalam menganalisa harga tanah yang sesuai atau dibawah pasaran sehingga aman untuk diinvestasikan. Agen properti terpercaya akan melakukan riset harga pasar sebelum menayangkan listing. Apabila sebuah listing dirasa overpriced, maka agen properti akan mengatakan kepada owner untuk menjual sesuai dengan harga pasar. Menjual sesuai dengan harga pasar merupakan keharusan bagi seorang agen properti. 

Agen properti juga paham mengenai proses penentuan harga jual tanah seperti yang kerap dilakukan oleh developer properti ternama. Sehingga dalam menentukan harga jual terhadap vendor atau pemilik properti juga dilakukan sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku. Terdapat ketentuan untuk menjual sesuai harga pasar yang merupakan salah satu prosedur standar operasi seorang agen properti. 

Melalui agen properti Ray White, Anda tidak hanya bisa mendapatkan properti tanah kavling murah atau tanah kavling strategis saja, tetapi juga properti Non Performing Loan (NPL) Bank yang dijual secara lelang maupun over kredit. Anda bisa melihat listing tanah kavling di website resmi Ray White Indonesia.

 

POTENSI INVESTASI TANAH

  • Mendapatkan Keuntungan Capital Gain (Kenaikan Harga)

Dengan berinvestasi tanah kavling maka Anda akan mendapatkan capital gain. Apa itu capital gain? Capital gain adalah keuntungan investasi yang dihasilkan akibat adanya peningkatan harga. Peningkatan harga tanah biasanya terjadi setiap tahunnya. Besaran kenaikan harga tersebut tergantung dari lokasi tanah kavling yang Anda miliki. Selain itu, faktor yang menentukan kenaikan harga adalah fasilitas pendukung seperti fasilitas umum dan fasilitas sosial di lingkungan tersebut, seperti keterjangkauan rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan fasilitas pendukung lainnya. 

Keberadaan infrastruktur dan pengembangan wilayah yang dilakukan oleh pemerintah juga mempengaruhi capital gain sebuah tanah kavling. Apabila terdapat jalan toll baru yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain menjadi lebih cepat dan mudah, ditambah lagi lokasi toll yang tidak jauh dari lokasi tanah kavling Anda, maka harga tanah Anda akan naik dengan pesat. Untuk itu, pastikan Anda berinvestasi tanah kavling yang berada tidak jauh dari berbagai fasilitas umum, fasilitas sosial dan infrastruktur pemerintah atau yang memiliki long-term plan pengembangan wilayah oleh pemerintah setempat. 

Faktor lain yang mempengaruhi peningkatan harga tanah adalah tingginya supply dan demand. Semakin tinggi demand akan tanah kavling di suatu daerah maka semakin tinggi kenaikan harga tanah di wilayah tersebut. Apalagi jika ketersediaan tanah kavling yang semakin sedikit (low supply, high demand). Sangat disarankan apabila Anda menginvestasikan uang Anda pada tanah kavling yang memiliki banyak permintaan namun yang ketersediaannya semakin langka. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai investor karena berpotensi mendapatkan capital gain yang tinggi. 

Jika Anda membutuhkan rekomendasi tanah kavling yang memiliki prospek bagus dan aman untuk diinvestasikan jangka panjang, Anda bisa menghubungi kantor agen properti Ray White terdekat untuk mendapatkan listing tanah kavling yang recommended untuk diinvestasikan. Kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk mendapatkan tanah kavling impian Anda.

  • Biaya Perawatan Low Cost

Memiliki investasi tanah sebenarnya akan lebih menguntungkan dibandingkan berinvestasi properti dalam bentuk rumah, apartemen, ruko, villa dan berbagai varian properti lain yang memiliki bangunan diatasnya. Mengapa demikian? Karena memiliki properti tentu Anda harus membayar fix cost seputar kepemilikan properti seperti biaya pemeliharaan (maintenance cost), biaya lingkungan, biaya keamanan serta biaya listrik dan air. Memiliki investasi tanah, Anda tidak perlu membayar fix cost sebanyak itu. Anda hanya perlu membersihkan tanah kavling milik Anda sesekali hanya untuk memotong rumput dan membersihkan semak belukar yang ada pada tanah Anda. 

Dalam berinvestasi, Anda juga harus memperhatikan biaya-biaya (cost) yang dihasilkan akibat adanya investasi. Biaya-biaya tersebut tentu akan mengurangi keuntungan investasi Anda. Berinvestasi dalam bentuk tanah kavling sangatlah tepat karena minim biaya perawatan sehingga dapat memaksimalkan keuntungan dari capital gain yang didapatkan.  

  • Resiko Kehilangan Minim 

Memiliki investasi berupa properti sangat minim resiko mengalami kehilangan. Berbeda apabila Anda memiliki investasi emas dimana Anda harus memiliki tempat penyimpanan khusus atau Investasi Saham khususnya saham-saham non blue chip yang nilainya cukup fluktuatif sehingga nilainya yang bisa hilang. Properti tidak dapat berpindah-pindah karena lokasinya karena sifatnya sebagai aset tak bergerak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengalami kehilangan investasi karena sifatnya yang mudah berpindah tangan. Anda hanya perlu menyimpan surat-surat kepemilikan di tempat yang aman agar suatu saat dapat dijual kembali. 

Dalam berinvestasi tanah kavling, sebaiknya Anda segera membangun pagar pembatas sebagai tanda kepemilikan. Hal ini untuk mengurangi resiko penyerobotan tanah oleh tetangga sehingga tanah tersebut di klaim oleh orang lain dan menjadi tanah sengketa. Membangun pagar pembatas sebaiknya segera dilakukan sesaat setelah pembelian tanah kavling dilakukan. Jika diperlukan, buatlah patok petunjuk bahwa tanah ini dimiliki oleh Anda. 

  • Dapat Menjadi Lahan Bisnis Baru

Jika Anda memiliki sebidang tanah yang besar dan Anda memiliki modal yang besar, mengapa tidak untuk Anda jadikan tanah Anda sebagai lahan bisnis baru Anda? Apabila Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan sebidang tanah menjadi sebuah cluster perumahan, maka kenapa tidak jika Anda bisa menggunakan kemampuan tersebut menjadi sebuah bisnis perumahan baru. Hal tersebut tentu saja akan membuat tanah kavling Anda menjadi lebih produktif dan lebih menguntungkan bagi Anda. Para developer perumahan pun kerap melakukan hal ini. 

Jika tanah kavling yang Anda miliki berada di kawasan wisata atau di tengah kota, maka Anda bisa membangun tanah tersebut menjadi hotel atau tempat penginapan. Dengan demikian, tanah Anda menjadi aset produktif bagi Anda sehingga dapat menghasilkan passive income. Berdirinya bisnis baru tersebut juga akan membantu masyarakat sekitar dengan adanya lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat sekitar merasakan dampak positif dari bisnis Anda. 

  • Tambahkan Added Value 

Jika Anda memiliki sebidang tanah yang besar dan Anda memiliki modal yang besar, mengapa tidak untuk Anda jadikan tanah Anda sebagai lahan bisnis baru Anda? Jika tanah yang Anda miliki berada di dekat area perkantoran, mengapa tidak Anda jadikan sebagai kost-kostan untuk para pekerja di perkotaan? Anda juga bisa membangun sebuah cafe atau coffee shop untuk menjadi tempat meeting atau tempat nongkrong yang asik untuk masyarakat yang berada di wilayah perkantoran tersebut. Hal tersebut sangat bagus untuk membangun arus pendapatan pasif (passive income) Anda sehingga Anda mendapatkan 2 (dua) keuntungan sekaligus, yakni keuntungan usaha dan keuntungan capital gain. 

Jika Anda memiliki dana yang terbatas, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda bisa menjadikan tanah kavling Anda sebagai lahan parkir alternatif bagi pekerja kantoran di sekitar lokasi kantornya. Biaya parkir yang semakin melambung tinggi membuat para pekerja kantoran memilih untuk memarkirkan kendaraannya di parkir alternatif yang notabenenya memiliki tarif yang lebih murah dan pasti. Masyarakat di perkotaan kerap mencari area parkir yang aman dan biaya parkir per hari bukan per jam. Dengan demikian, ada nilai tambah yang dihasilkan dari investasi Anda. Jadi, apakah Anda tertarik berinvestasi tanah kavling untuk menghasilkan keuntungan dari bisnis baru Anda?

Melihat begitu potensialnya investasi tanah kavling maka tak heran jika banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi tanah kavling. Namun, sebelum Anda menggunakan uang Anda untuk membeli sebidang tanah kavling, Anda harus cermat melihat potensi dan peluang bisnis dari tanah kavling tersebut secara jangka panjang. Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan investasi tanah Anda kepada ahlinya agar investasi Anda lebih menghasilkan. 

Percayakan kebutuhan investasi tanah Anda dan investasi properti lainnya kepada Ray White. Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia yang selama 8 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan Top Brand Awards. Ray White juga berhasil meraih penghargaan Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017.

Ray White menunjukkan eksistensinya dengan semakin mudahnya Anda bekerjasama dengan Ray White karena Ray White telah hadir di 25 kota besar dengan 175 kantor cabang yang siap membantu Anda. Tidak sampai disitu, jaringan bisnis Ray White juga menjangkau dunia internasional seperti Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Dengan jaringan bisnis yang luas, Anda dimungkinkan untuk membeli properti luar negeri melalui Ray White.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

 

Sumber : 99, Freepik.



Share