logo-raywhite-offcanvas

21 Sep 2021

Rumah Pintar : Teknologi Rumah Pintar yang Mempermudah Hidup Anda

Rumah Pintar : Teknologi Rumah Pintar yang Mempermudah Hidup Anda

Hunian masa kini yang semakin berkembang baik dalam segi desain maupun fitur seolah olah mempertegas bahwa kenyamanan dan rasa praktis yang bisa didapatkan dalam sebuah rumah adalah kebutuhan yang mulai disadari banyak orang. Dewasa ini rumah tidak hanya berhenti fungsinya pada pemberi rasa aman dan perlindungan kepada penghuninya, tetapi ada perkembangan yang signifikan dari bagaimana sebuah desain rumah berpadu padan dengan teknologi saat ini, dan rumah pintar ini juga layak menyandang status sebagai rumah mewah karena teknologi nya.

Dengan inovasi tanpa henti pada hunian yang bisa anda dapatkan maka muncullah sebuah istilah pada sistem rumah yang disebut dengan smart home system, atau dikenal juga dengan istilah rumah pintar. 

Lebih jelasnya rumah pintar atau smart home system yang dimaksud adalah otomatisasi fungsi rumah yang membuat anda dapat mengontrol rumah dengan sistem gawai atau online melalui sebuah platform.  Teknologi ini memungkinkan anda untuk mengontrol rumah seperti mengatur suhu ruangan baik mengontrol AC atau Heater, mengatur cahaya, mengatur beberapa fasilitas hiburan, dan beberapa pengaturan pada perabotan rumah lainnya.

 

Sejarah Munculnya Teknologi Rumah Pintar (Smart Home)

 

Ada mungkin terbesit di dalam pikiran bagaimana bisa teknologi saat ini begitu berkembang pesat di area hunian dan kapan hal itu mulai terjadi. Smart home system sendiri adalah teknologi yang dikembangkan dengan tujuan bagaimana sebuah rumah dapat meminimalisir penggunaan energi di dalamnya dalam hal ini penggunaan listrik dapat dikelola dengan cerdas oleh pemilik rumah dengan mudah. Hal ini bertambah pesat setelah adanya Internet on Things

(IoT) sebuah teknologi yang memungkinkan adanya koneksi perangkat dengan internet, seperti saat ini ada beberapa perabotan yang bisa terintegrasi dan terhubung langsung dengan internet, seperti misalnya kulkas, televisi, sistem penghangat ruangan, CCTV, hingga sampai pada sistem keamanan rumah, dengan IoT yang berkembang saat ini, anda sebagai pemilik rumah bisa sangat terbantu karena  anda dapat mengontrol rumah anda bahkan saat anda tidak sedang  berada di rumah.

Kembali lagi pada sejarah ny, rumah pintar pada zaman dahulu memang masih sebatas konsep dan impian orang-orang bagaimana memiliki rumah yang dapat dikontrol. Munculnya teknologi ECHO IV dan komputer dapur pada tahun 1966 sampai 1967.

ECHO IV adalah sebuah perangkat cerdas pertama yang dapat digunakan untuk mengendalikan suhu rumah serta dapat menghidupkan dan mematikan beberapa perangkat rumah, akan tetapi produk ini tidak dijual dipasaran dan hanya dipakai sebagai prototype walaupun saat itu hasil dari performa teknologi ini sangat mencengangkan.

Pada tahun 1970-an setelah ditemukannya microprocessor, Amerika Serikat mengembangkan model rumah pintar ( smart home) paling awal dikembangkan menggunakan gelombang radio untuk menghantarkan data yang kemudian terus berkembang pada tahun 1975.

Lalu perkembangan dimulai di awal tahun 90an yaitu ditandai dengan munculnya teknologi Gerontechnology yang maksudkan untuk membantu kehidupan para lanjut usia di dalam rumah, perkembangan teknologi ini pertama kali diaplikasikan di Belanda. Sejak saat ini teknologi ini semakin berkembang dan munculnya banyak lagi inovasi baru mulai dari tahun 1998 hingga 2000 an sejak saat itu smart home mulai meningkat pamornya dan mulai digunakan dalam banyak kebutuhan rumah tangga dengan berbagai jenis teknologi yang berbeda-beda.

Smart Home atau rumah pintar saat ini lebih mengedepankan bagaimana sebuah rumah menjadi hijau dalam artian mengurangi pemakaian energi secara berlebihan serta dapat mengontrol penggunaannya secara tepat guna, selanjutnya akan lebih kita perdalam bagaimana fungsi dan keuntungan menggunakan rumah pintar atau smart home ini.

 

Perangkat dari Rumah Pintar

perangkat-rumah-pintar-dikontrol-melalui-smartphone

 

Di zaman dahulu mungkin orang tua kita pernah menonton film yang berisi tentang benda-benda futuristik yang begitu keren, konsep yang menjadi impian pada zaman dahulu sekarang telah terwujud secara nyata di zaman sekarang. Berkat perkembangan teknologi yang ada manusia sekarang dapat merasakan bagaimana sebuah impian menjadi nyata.

Misalnya saja dulu ketika kita melihat perangkat canggih seperti kacamata virtual reality atau dulu mungkin orang memiliki impian untuk dapat bercakap-cakap dengan kerabat dari jarak jauh dengan menggunakan panggilan yang menampilkan tidak hanya suara tapi juga wajah dari lawan bicara, terkesan sangat futuristik di zaman itu, namun di zaman sekarang semua menjadi nyata dan bahkan hal tersebut sudah menjadi biasa saja dan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Dari kejadian ini tergambar jelas betapa teknologi futuristik itu sangat diminati dan terus dikembangkan, contoh lainnya misalnya anda yang menyukai film Iron Man atau pernah menontonnya, pasti anda pernah mendengar sosok yang bernama J.A.R.V.I.S bukan? Ya sosok ini bukanlah manusia dalam karakternya melainkan sebuah teknologi yang tertanam di dalam rumah sang Tony Stark yang memungkinkan dia dapat bercakap-cakap dan mengatur semua fungsi dari rumah nya.

Terlihat sangat mustahil jika kita lihat bisa diterapkan di dunia nyata saat ini, tetapi anda jangan kuatir dulu ternyata teknologi ini dapat disebut juga dengan, home automaton atau sebutan populernya saat ini disebut dengan smart home, anda bisa mengatur fungsi rumah anda hanya dengan memberikan perintah saja, seperti menyalakan lampu, menyalakan/mematikan AC, memutar musik, dan lain sebagainya sehingga anda dapat meminimalisir gerakan anda ketika anda sedang sibuk melakukan hal yang lain.

Dengan teknologi ini tentunya bagi anda yang membutuhkan waktu santai di rumah akan lebih terasa berkualitas, setelah menghabiskan waktu bekerja seharian di luar rumah anda mungkin sangat merasa capek sekali, dan setibanya di rumah anda tidak perlu repot repot untuk mencapai saklar lampu anda tinggal dapat berseru untuk menyalakan lampu dan teknologi rumah pintar anda akan bereaksi, sangat praktis, dan lagi rumah pintar ini dapat dimanfaatkan bila ingin melakukan kejutan kepada orang terkasih anda, dengan pengaturan yang simpel anda dapat memberikan ambiance yang romantis dikala anda ingin merayakan sesuatu bersama dengan pasangan anda, dengan menyetel musik dari jarak jauh atau sekedar berseru saja anda tentu akan membuat sebuah momen menjadi sangat berkesan.

 

Rumah Pintar di Indonesia saat ini

 

Rumah pintar atau smart home di Indonesia juga sudah berkembang dengan sangat baik, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang smart home adalah ASCA (Autonomous Smart Control Appliance) melalui foundernya mengungkapkan pendapat bahwa sekarang ini konsep smart home tidak hanya sebatas menyalakan atau mematikan alat-alat di rumah anda atau mungkin dengan berpikir memasang CCTV atau kamera pengawas sudah cukup menjadi bagian dari smart home, menambahkan semua itu Calvin Sidik selaku founder ASCA menyatakan bahwa tujuan dari smart home adalah membuat sebuah benda yang sebelumnya mati menjadi benda yang dikatakan “smart”. 

Mungkin anda masih bingung bagaimana membuat benda mati menjadi smart, sekarang ini contoh yang dapat diambil misalnya dari segi keamanan rumah, dahulu ketika kita cuma bisa memasang CCTV, hal yang paling bisa kita lakukan hanyalah mengawasi dari jauh, namun sekarang bisa ditingkatkan lagi dengan memberikan tindakan preventif security dengan memasang alarm otomatis yang akan berbunyi jika ada maling yang memaksa masuk ke dalam rumah, jadi rumah anda  menjadi aware dan siap memberikan informasi tentang keadaan terkini di rumah, anda sebagai pemilik rumah juga mendapatkan langsung informasi di smartphone anda sehingga anda dapat menentukan langkah selanjutnya yaitu dengan menghubungi keamanan setempat atau pihak kepolisian.

Trend dari smart home sendiri sangat populer di Amerika, Eropa, dan beberapa negara asia termasuk India, di Indonesia juga memang masih belum terlalu familiar dengan yang namanya smart home, hal ini diakui ASCA sendiri bahwa perlu mengadakan showroom untuk memperkenalkan konsep teknologi ini kepada masyarakat secara visual.

Perusahaan lain juga yang begitu bersemangat dengan konsep ini adalah Smart Home Indonesia, menurut Ganda S Osay sebagai Co Foundernya integrasi alat-alat rumah dalam satu aplikasi adalah strategi terbaik yang sedang dikembangkan perusahaannya saat ini, jadi bagaimana setiap alat seperti TV, background music, CCTV, doorbell, intercom, security & alarm system, gorden atau tirai rumah dengan sistem motor, garasi, cover kolam, lampu taman dan sebagainya bisa dikontrol dengan aplikasi pada smartphone anda.

Pasar dari smart home sendiri jika merujuk kepada rumah secara keseluruhan tentu akan menggaet bidang properti seperti rumah mewah, kantor, dan hotel. Namun mengingat bahwa teknologi ini tidaklah murah maka Smart Home Indonesia membuat sebuah terobosan dengan mengincar pasar menengah ke menengah bawah dengan membuat toko yang menjual IoT yaitu toko yang menjual perangkat rumah pintar dengan harga terjangkau yang tidak memerlukan instalasi yang rumit seperti pada rumah rumah mewah, tentunya berita ini akan menjadi angin segar bagi anda yang ini mengaplikasikan teknologi rumah pintar ini pada rumah anda ya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home System

kenali-kelebihan-dan-kekurangan-rumah-pintar

Setelah mengenal Rumah Pintar itu dan bagaimana cara kerjanya, selanjutnya adalah  anda perlu mengetahui keunggulan dan kekurangannya agar dapat menjadi pertimbangan anda dalam menerapkan sistem smart home ini ke hunian anda nantinya.

  • Keuntungan Rumah Pintar (Smart home)

Beberapa keuntungan dari smart home dapat anda lihat dari bagaimana anda dapat mengontrol jumlah energi terutama listrik di rumah anda, dengan membatasi penggunaan alat elektronik dan lampu seperti dengan memasang timer secara otomatis, bagi anda yang seorang dengan memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan waktu yang ringkas untuk beraktifitas smart home dapat membantu anda untuk tidak membuang-buang waktu terlalu banyak.

Contoh praktis lainnya adalah, dengan smart home tentu ada alat-alat yang terintegrasi dengan smartphone atau dengan ponsel anda, nah anda juga tidak perlu repot jika misalnya ingin menonton televisi namun lupa menaruh remote nya di mana, ketika TV anda memiliki IoT maka anda dapat menyalakannya hanya dengan menggunakan ponsel, sangat praktis. Begitu juga ketika misalnya anda kedatangan tamu dan posisi anda sedang berada di lantai 2 rumah, anda bisa menghemat tenaga dengan mengecek tamu anda melalui intercom atau kamera depan pintu anda dengan menggunakan ponsel anda juga, ada banyak hal yang bisa anda hemat dengan menggunakan smart home system dimulai dari energi listrik hingga energi tubuh anda sendiri.

  • Kelemahan Rumah Pintar (Smart home)

Selain dari sisi keuntungan dari smart home ada juga aspek yang menjadi kelemahan dari sistem ini, hal ini akan membantu anda untuk meminimalisir kerugian yang akan terjadi jika anda berniat memasang sistem rumah pintar ini di rumah anda.

Karena semuanya dikontrol dengan aplikasi tentunya akan ada resiko terjadinya bug atau sistem yang tidak berjalan optimal pada sistem ini, dan itu sangat wajar terjadi, strategi yang terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan membuat sistem analog juga atau pengoperasian secara manual, sehingga anda bisa mengoperasikan satu alat melalui aplikasi dan langsung  juga, hasilnya anda akan tetap mempunyai alternatif untuk menggunakan perabotan anda.

Dengan koneksi internet pada setiap alat, maka hal yang menjadi perhatian penting yaitu bagaimana anda tidak menjadi sasaran hacker untuk meretas sistem rumah anda, saat ini anda harus waspada untuk tidak mempercayakan ponsel anda kepada siapapun atau setidaknya tidak terlalu membagi informasi tentang rumah pintar anda kepada orang yang tidak anda percayai.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan juga dengan enkripsi, lebih baiknya adalah jika anda memiliki two-factor-authenticator yaitu dengan menyimpan akses izin masuk perangkat dengan 2 akun yang berbeda, jadi jika ada orang yang berniat masuk ke akun utama anda maka ia membutuhkan izin dari akun kedua anda untuk dapat diverifikasi, menggunakan 2 ponsel juga sangat membantu dalam melindungi data data anda.

Hal lainnya adalah instalasi dari sistem yang terbilang cukup mahal saat ini, yang dalam estimasi dapat mencapai puluhan juta untuk sistem perkabelannya, disamping itu mengingat lagi dengan kondisi kelistrikan yang kurang stabil di Indonesia, anda harus bersiap dengan memiliki back-up dan juga bagaimana sistem berjalan dengan safety mengingat perangkat yang digunakan semuanya menggunakan listrik tujuannya adalah bagaimana sistem seperti sistem keamanan tidak terganggu ketika terjadi mati listrik dan sebagainya, sehingga anda akan aman ketika misalnya sedang bepergian atau sedang tertidur di rumah.



Beberapa Contoh Smart Home System

Berikut ini adalah contoh dari smart home yang direkomendasikan oleh techhive dot com, beberapa perangkat yang dapat anda operasikan melalui ponsel pintar anda,

  • Ring Alarm

Ring alarm merupakan sistem keamanan rumah yang memiliki fitur keypad numerik, sensor gerak, base station dengan sirene, sensor jendela dan pintu, dengan harga berkisar 2,9 juta rupiah anda dapat menginstal alat ini, menariknya produk ini dapat menyimpan jumlah data dari rekaman video dan suara bell rumah dengan kapasitas yang sangat besar.

  • Samsung SmartThings Hub (2018) 

Samsung mengembangkan alat yang dapat dikontrol untuk membantu pekerjaan rumah sang pemilik dengan hanya menggunakan satu aplikasi, seperti menyalakan TV, penyedot debu dan sebagainya. Karena alat ini sudah terhubung dengan internet. Harga SmartThings berkisar sekitar 1,5 juta rupiah.

  • Yonomi

Alat ini adalah alat yang dapat membuat hal otomatis yang juga dapat dikontrol oleh ponsel anda, anda dapat menyetel musik, mengatur pemanas ruangan dan banyak lagi yang dapat anda atur dan kontrol.

Rumah pintar sekarang ini dikenal sebagai one stop solution yang membantu meringankan banyak sekali pekerjaan anda dikala anda sedang sibuk dengan hal penting lainnya, selama kita masih hidup semua perkembangan teknologi tak henti-hentinya memberikan solusi kebutuhan anda, jika rumah pintar adalah impian anda maka hal yang pertama perlu anda lakukan adalah mencari dan menemukan rumah atau hunian yang tepat untuk anda, dan saat ini solusi untuk properti Ray White selalu hadir untuk anda.

Ray White adalah perusahaan agen properti terbaik yang terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik seputar real estate, dengan banyak kantor cabang yang tersebar di Indonesia, anda akan dengan mudah menemukan rumah impian anda.

Ray White membuktikan dedikasinya dengan mendapatkan penghargaan dari Top Brand Awards untuk yang ke -9 kalinya secara berturut-turut, dan dengan pencapaian ini kualitas dari Ray White tidak dapat diragukan lagi.

 

Property Solution? Ray White in Action!

source : Ray White, Rumah, smarthomeindo, 99, bardi, unsplash, pixabay

Share