logo-raywhite-offcanvas

30 Jul 2021

Rumah Mewah : Desain Indah Untuk Investasi Masa Depan

Rumah Mewah : Desain Indah Untuk Investasi Masa Depan

Rumah yang adalah kebutuhan utama setiap manusia, bahkan makhluk hidup untuk tinggal, berlindung dan beraktifitas. Bagi kita rumah bisa didefinisikan sebagai bangunan yang memiliki atap, dinding, jendela, ventilasi, dan perabotan di dalamnya, dan menjadi tempat tinggal kita untuk beristirahat, tidur, makan, bercengkrama bersama keluarga dan lain sebagainya.

Masing-masing dari kita memiliki standar ideal tersendiri bagaimana membuat rumah menjadi nyaman ditinggali, namun sebelum sampai ke sana alangkah lebih baik jika rumah telah memenuhi standar kesehatan sebagai rumah sehat terlebih dahulu agar keberlangsungan kehidupan di dalamnya terjadi dengan baik.

 

Rumah merupakan bangunan yang memiliki keanekaragaman bentuk dan desain serta ukuran, anda bisa memilih desain mana yang menurut anda cocok bagi selera anda, anda bisa membangun sendiri atau membeli hunian yang sudah dibangun oleh pengembang.

Dengan keterbatasan lahan di wilayah tertentu seperti di kota besar misalnya, tentu mencari rumah dengan desain rumah tapak akan sedikit sulit, tiap-tiap lahan yang ada telah dimanfaatkan dan telah tersedia hunian-hunian yang juga memiliki jenis-jenis yang bervariasi.

Jika anda menginginkan hidup di lingkungan bertetangga kiri dan kanan, perumahan cluster adalah jawaban yang pas untuk anda, atau jika anda belum berkeluarga dan memilih ruangan yang tidak terlalu besar namun dengan perabotan lengkap serta mendukung keinginan anda yang tidak masalah untuk tidak bersosialisasi, apartemen bisa menjadi jawabannya.

Berbicara mengenai rumah yang untuk sekedar ditinggali akan terasa sangat umum dan wajar, apalagi dengan budget yang terbatas bagi anda yang ingin mencari hunian yang ada saat ini.

Akan tetapi ada juga hunian yang memiliki harga di atas harga normal, atau bisa dikatakan hunian yang termasuk di dalam kategori rumah mewah yang tidak hanya menjadi tempat tinggal semata tetapi juga menyajikan desain yang menyita perhatian dan tentu saja dengan nilai harga properti yang fantastis. Hunian yang ini disebut dengan rumah mewah, rumah yang tentu saja memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan kebanyakan rumah pada umumnya dan akan kita bahas lebih lanjut bagaimana sebuah rumah termasuk di dalam kategori rumah mewah.



Bagaimana Kategori Rumah Mewah?

Secara kasat mata kita sering sekali mengidentifikasikan sebuah rumah mewah dari sekelebat pandangan akan bentuk depan atau ukiran-ukiran yang rumit di dalamnya, hal itu memang tidak salah namun untuk lebih akuratnya ada peraturan yang menetapkan sebuah rumah dapat termasuk dalam kategori rumah mewah.

karakteristik-rumah-mewah

Hal yang pertama adalah rumah modern dengan luas bangunan yang mencapai 300 meter persegi termasuk di dalam kategori rumah mewah, nah jadi luasan bangunan yang pertama menjadi indikasi sebuah rumah dikatakan mewah. Hal selanjutnya adalah rumah mewah didefinisikan sebagai rumah komersil dengan harga jual lebih besar enam kali (6) harga jual rumah biasa, pernyataan tersebut tertera pada Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia No. 7 tahun 2013.

Mendukung hal itu faktor lain adalah bangunan yang dibangun dengan spesifikasi terbaik (menggunakan bahan bangunan yang berkualitas) memiliki furniture dan desain yang cukup kompleks dan megah, serta hiasan interior yang cukup memberikan perbedaan seperti ukuran-ukuran atau patung-patung yang masih mengadopsi gaya rumah klasik kontemporer, namun banyak juga rumah modern yang memakai gaya rumah tropis yang menyesuaikan dengan iklim setempat.

Bagi anda yang memiliki budget yang besar tidak ada salahnya anda mengapresiasi diri dengan membangun sebuah hunian yang megah dan mewah, rumah adalah properti yang memiliki nilai jual yang tidak mungkin turun jatuh, malahan akan semakin naik harganya. Tentu saja anda mengerti bahwa rumah adalah investasi jangka panjang yang luar biasa, sehingga memberi yang terbaik untuk hunian ini adalah hal yang sangat wajar.



Identitas Sebuah Rumah Mewah

Sebuah rumah mewah dengan identitas yang mencolok akan menjadi faktor pembeda dengan bangunan yang lain, beberapa area yang akan kita bahas kali ini dimulai dari bagian depan hingga ke dalam atau bagian desain interiornya. Secara umum identifikasi rumah mewah bisa kita lihat jika bangunan memiliki “ruangan khusus” atau ruangan tambahan karena luasnya bangunan.

  • Area depan Rumah

Area depan rumah mewah dapat meliputi pagar dan gerbang masuk yang megah dan besar, sudah pasti dengan luas tanah yang besar sebuah rumah mewah memiliki taman yang ditata dengan baik, memiliki perabot outdoor yang terawat serta tanaman hiasan yang tidak sembarangan tumbuh di taman, pemilik rumah sudah memperkenalkan identitasnya dimulai dari penampakan pagar depan rumahnya. Tentu saja dengan bahan-bahan bangunan yang berkualitas seperti batuan alam atau memadukannya dengan bahan-bahan beton.

  • Fasad yang Megah

Fasad rumah adalah penampakan wajah rumah paling depan ketika ada orang datang berkunjung, fasad rumah ini akan mencerminkan gaya dan selera sang pemilik rumah, tentu saja bentuk fasad rumah ini tidak polos begitu saja, namun memiliki ciri khas yang begitu menawan, seperti pintu yang besar yang terbuat dari kayu yang bernilai tinggi seperti kayu jati, dan bagi mereka yang mengadopsi desain rumah ala eropa, bagian fasad ini didukung oleh jendela kaca yang juga berukuran besar. Ada banyak desain yang bisa digunakan pada fasad rumah.

  • Pilar yang Megah

Hak yang menarik yang dapat kita temui pada kebanyakan rumah mewah adalah, bangunan ini memiliki pilar yang besar dan megah yang menopang langit-langit yang juga tinggi, hal ini sangatlah wajar mengingat luas bangunan tadi yang melebihi 300 meter persegi, tentu saja membutuhkan pilar penyangga yang kokoh, beberapa bahan yang mendukung kemegahannya dilapisi dengan material marmer atau batuan lainnya, biasanya rumah yang menggunakan pilar ini menganut aliran rumah klasik.

  • Foyer Luas

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu foyer? Foyer adalah bagian yang tidak terdapat pada rumah-rumah biasa secara umum, biasanya ketika kita bertamu dan berkunjung hal yang kita temui ketika masuk adalah ruang tamu langsung, namun pada rumah mewah adanya bagian foyer yang merupakan ruang penghubung antara teras dan ruang tamu, untuk fungsi foyer ini sendir di negara luar biasanya digunakan sebagai pembatas untuk mencegah udara dingin masuk langsung ke ruang utama, foyer juga bisa menjadi tempat memajang benda-benda seni atau foto-foto keluarga, jadi seperti sebuah ruangan penyambutan tamu.

  • Ruang Tamu Sebagai Jantungnya

Rumah mewah haruslah memberikan fokus yang ekstra pada ruang tamunya, ruang tamu dengan desain yang nyaman dan megah didedikasikan untuk kenyaman pemilik dan pengunjung, dimulai dari desain interiornya yang meliputi lampu penerangan seperti lampu gantung besar yang terbuat dari bahan kristal yang berkilauan, menambah kesan elegan dan mewah, didukung oleh sofa yang nyaman yang terbuat dari kulit atau suede yang berkualitas pada rumah mewah desain klasik.

Untuk desain modern sendiri rumah mewah memiliki kesan clean dengan warna-warna natural yang tentunya tidak saling tumpang tindih dengan ruangan, tidak lupa dengan karpet yang lembut beberapa tanaman hias dan sebagainya. Pada rumah klasik ruang tamu dibangun dengan memiliki langit-langit tinggi yang menimbulkan kesan luas.

  • Kamar Tidur Lebih Personal

Untuk rumah mewah yang memiliki luas yang besar tentu saja membangun kamar tidur yang personal serta luas bukan menjadi masalah, yang dimaksudkan dengan personal adalah kamar tidur yang benar-benar dapat mendukung kenyamanan pemilik saat beristirahat, dengan lokasi yang jauh dari sumber kebisingan, tidak ada perabotan berlebihan selain tempat tidur, meja dan kursi untuk sekedar duduk membaca, lampu tidur, serta lemari pakaian, untuk lemari pakaian sendiri ada beberapa desain khusus yang membuat sebuah ruangan sendiri menjadi tempat khusus lemari.

Ukuran tempat tidur yang besar bukan menjadi masalah jika nyaman, kamar tidur yang personal juga bisa memiliki kamar mandi sendiri yang berbeda dengan kamar mandi biasa. Meletakkan bathtub sebagai tempat relaksasi diri dengan berendam melepas penat anda.

  • Dapur Sebagai Wajah Baru Rumah

Banyak dari kita yang menganggap bahwa dapur adalah tempat yang paling berminyak atau gampang kotor terkena noda-noda makanan bekas memasak, namun seiring dengan perkembangan dunia desain interior saat ini kita bisa melihat desain dapur terbuka yang begitu indah, dapur terbuka yang dibangun tanpa sekat yang memiliki ruangan yang sama dengan ruang keluarga atau ruang makan, desainnya pun tidak main-main dan sembarangan karena dapur terbuka sangat mudah terlihat dengan pengunjung maka dapur pun harus selalu bersih. Dapur terbuka memiliki space khusus untuk tempat meletakkan peralatan masak seperti panci dan sebagainya, dan juga dengan rak-rak penyimpan bahan yang tersusun dengan rapi.

Dapur terbuka didesain dengan lapisan yang mulus dan mengkilap agar gampang dibersihkan, biasanya makanan yang dimasak pun bukan dalam skala besar, melainkan yang sesuai dengan porsi penghuni rumah itu sendiri, jika anda kedepannya punya rencana untuk memasak dalam jumlah besar seperti untuk pesta dan perayaan-perayaan ada baiknya anda membangun satu dapur lagi di area belakang yang luas.

  • Pelapis Lantai 

Pelapis lantai pada rumah mewah sering sekali memilih bahan yang mengkilap dan tentu saja berkualitas. Marmer adalah batuan pelapis lantai yang sangat cocok dipakai untuk rumah mewah, guratan alami dengan kesan megah serta pantulan kilauan dari batu marmer ini akan menambah kesan aristokrat pada rumah anda, pengaplikasiannya juga tidak hanya di lantai saja melainkan dapat juga melapisi dinding, meja makan, dan area-area lainnya, anda tinggal memilih sesuai dengan selera anda.

  • Kolam Renang Pribadi

Memiliki lahan luas tentu saja merupakan keuntungan bagi anda yang ingin memiliki kolam renang pribadi, dengan adanya kolam renang saja sudah menjadi identitas yang tidak diragukan lagi bahwa rumah anda adalah rumah mewah.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pinggiran kolam renang, dimulai dari bersantai bersama keluarga, melakukan acara kecil-kecilan, atau sekedar menikmati sore hari yang indah dengan ketenangan. Ukuran dan desain kolam renang bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera anda, akan tetapi satu hal yang tidak boleh anda lupakan sebelum membangun kolam renang adalah, anda harus memastikan sumber air yang cukup untuk mengisi kolam renang serta cukup dengan kebutuhan sehari-hari rumah. Nah dengan beberapa poin di atas apakah sudah cukup sebuah rumah dikatakan mewah? Masih ada beberapa hal lain yang menjadi pelengkap sebuah rumah mewah



Unsur Desain Rumah Mewah yang Berbeda dari Biasa

fasilitas-rumah-mewah

Ketika anda menjadi seorang milyuner atau orang yang benar-benar tidak mempermasalahkan hal keuangan dan mampu melakukan investasi dalam sektor properti tentu anda menginginkan hunian anda sesuai dengan selera anda, dan selera setiap orang berbeda-beda namun dari sekian banyak milyuner bahkan selebriti luar negeri yang punya rumah mewah, mereka ternyata memiliki satu kesamaan, yaitu membangun fasilitas khusus di dalam rumahnya yang tidak terdapat pada rumah biasa. Nah apa saja fasilitas khusus itu simak berikutnya ya.

  • Fasilitas Pendukung Hobby

Melakukan hobby dari rumah langsung begitu sangat menyenangkan bukan? Terasa lebih privat dan tidak perlu repot-repot bepergian. Beberapa rumah mewah yang kami ketahui memiliki lapangan tenis pribadi, lapangan basket, hingga arena bowling. Tidak sampai disitu saja, bagi mereka yang senang melakukan kesenian, memiliki studio pribadi adalah sebuah keharusan, bisa berupa studio musik, atau studio seni rupa.

Bagi yang memiliki hobi menonton, home theater adalah jawabannya, suasana menonton layaknya bioskop dan eksklusif mendukung kenyamanan dalam penggunaan fasilitas di rumah mewah, tempat karaoke keluarga, meja billiard, hingga garasi yang super luas bagi mereka yang hobi mengoleksi otomotif, atau gym pribadi untuk mereka yang menginginkan kebugaran.

Rumah mewah juga memiliki ruangan spesial bagi sang owner untuk memajang koleksi-koleksi kesayangannya. Jadi bisa kita lihat jika kebutuhan sebuah rumah sudah melebihi sekedar tinggal dan beristirahat, sekarang menuju tingkat yang advance yaitu menikmati kesenangan di rumah sendiri yaitu melakukan hobby dari dalam rumah merupakan hal yang tidak mustahil dilakukan.

  • Memiliki Ruangan Kamar dan Fasilitas yang Cukup Banyak

Sering sekali kita berpikir sebuah rumah yang megah dan besar tentu memiliki banyak kamar, untuk siapa saja kah itu? Jika kita tinjau dengan seksama, rumah yang besar perlu tenaga yang besar juga untuk merawat dan membersihkannya dan memerlukan tenaga orang yang tidak sedikit, asumsinya adalah ruangan-ruangan yang banyak bisa digunakan untuk para pelayan atau pekerja yang membantu maintenance rumah tersebut, tidak lupa juga fasilitas toilet yang cukup dan memadai di setiap ruangan rumah.

  • Ruangan Rahasia

Bagi anda yang memiliki budget lebih tidak ada salahnya membangun sebuah ruangan rahasia untuk menjadi tempat penyimpanan aset berharga anda agar aman dari tindak kejahatan ataupun kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam. Mungkin terdengar seperti imajinasi yang sering terlihat di film-film akan tetapi pentingnya memiliki ruang khusus yang ditujukan untuk berbagai keadaan sangatlah penting.

Salah satu contohnya adalah dengan membangun bunker ruang evakuasi, yang dibangun di bawah tanah, yang bertujuan sebagai tempat berjaga-jaga atau alternatif untuk menyelamatkan diri dari bencana atau ancaman luar, jangan lupa juga ketika berdiskusi dengan arsitek perlu melakukan pembahasan tentang jalur evakuasi yang sewaktu-waktu bisa dipakai pada masa darurat.

  • Ruang terbuka

Desain ruang terbuka pada rumah mewah saat ini memang sedang populer, menggunakan kaca besar sebagai dinding pemisah dengan area luar, desain terbuka ini memberikan kesan sejuk dan menyatu dengan alam, menariknya desain terbuka saat ini diadaptasi dari bentuk modern, tidak lagi kaku seperti era klasik yang sarat akan dinding dan minim jendela serta pencahayaan.

 

Rumah mewah akan menyimpan berbagai keunikan yang tidak akan berhenti membuat kita berdecak kagum, tentu saja dimulai dengan harga yang fantastis, hingga dengan fasilitas-fasilitas mewah, dengan bahan bangunan yang berkualitas pula. Investasi akan rumah mewah ini terus bertahan dari masa ke masa, saat masih bisa dinikmati rumah ini akan menjadi tempat yang hangat bagi keluarga sambil terus menerus meningkatkan capital gain rumah itu sendiri. Faktor pendukung seperti perabotan di dalamnya juga sebagai pelengkap sempurnanya sebuah properti real estate yang kita sebut dengan rumah mewah.

Ada banyak inspirasi dan informasi yang dapat kami sajikan kepada anda seputar dunia properti saat ini. Dan jika anda ingin mengetahui lebih lanjut anda bisa menghubungi agen properti terbaik saat ini. Ray White adalah agen properti yang sudah malang melintang di dunia real estate dan terbukti selalu memberi yang terbaik, dengan diberikannya penghargaan dari Top Brand Awards selama delapan kali berturut-turut membuktikan dedikasi Ray White dalam dunia properti untuk memberi pelayanan terbaik kepada anda. Segera cari informasi tentang hunian yang menjadi impian anda sekarang juga.

 

Ray White, Your Property Solution

Source : Ray White, casaindonesia, 99, arsitag, unsplash, pixabay

Share