logo-raywhite-offcanvas

22 Oct 2020

Franchise Indonesia : Tips Bisnis 2022

Franchise Indonesia : Tips Bisnis 2022

Bisnis adalah suatu usaha atau kegiatan perniagaan, dimana Anda memperjualbelikan produk barang dan/atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial dalam bentuk profit atau laba usaha. Keuntungan usaha tidak hanya terbatas pada keuntungan finansial saja tetapi keuntungan non-finansial lainnya, seperti networking (jaringan bisnis) serta peluang-peluang baru. Hal ini yang menyebabkan banyak pengusaha muda lebih suka berbisnis ketimbang menjadi profesional dengan bekerja pada perusahaan tertentu. 

Perlu menjadi catatan bagi pebisnis bahwa kegiatan bisnis sangatlah dinamis. Bisnis yang dulu begitu trending dan potensial, belum tentu masih potential hingga saat ini. Hal ini disebabkan oleh pergerakan pasar dan perubahan situasi ekonomi yang tidak menentu. Situasi market atau pasar pada sektor bisnis yang Anda jalani akan mempengaruhi potensi laba yang akan dihasilkan. Sangat penting bagi Anda untuk memilih bisnis yang tetap stabil pada situasi ekonomi yang tidak menentu. 

Kendala yang paling sering menjadi sebuah masalah bagi pengusaha adalah modal yang besar. Pengusaha sudah mengeluarkan sejumlah uang untuk mengembangkan usaha, namun usaha tersebut tidak berjalan sesuai yang telah direncanakan. Membangun bisnis memang tidak semudah yang dipikirkan. Bisnis harus dibangun dengan penuh kesabaran, optimisme dan konsistensi. 

Untuk bisa membuat bisnis Anda lebih cepat bergerak, maka Anda sebenarnya bisa saja membeli saham atau bagian kepemilikan sebuah perusahaan atau nama yang sudah memiliki brand image yang baik, market share yang bagus serta telah memiliki banyak customer (pelanggan). Lalu bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan “kemudahan” tersebut? Anda bisa bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama tersebut dengan membeli “brand” ternama tersebut melalui franchise.

 

Apa Itu Franchise?

Pengertian dari franchise secara Hukum Pemerintah Republik Indonesia adalah sebuah perjanjian perikatan dimana penerima (pembeli) franchise diberikan hak untuk menjual produk baik barang dan/atau jasa yang dimiliki oleh pemberi (penjual) franchise. Penerima franchise juga diperbolehkan untuk menggunakan dan memanfaatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) milik pemberi franchise dengan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemberi franchise. Selain itu, penerima franchise wajib memberikan imbal jasa kepada pemberi franchise sesuai dengan kesepakatan bersama. Franchise dapat disebut juga sebagai waralaba.

Pemberi franchise biasanya disebut franchisor. Merupakan pihak yang memberikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang dimilikinya kepada pihak lain. Sedangkan penerima franchise disebut franchisee. Franchisee adalah penerima franchise (waralaba). Baik franchisor dan franchisee dapat berupa perorangan atau badan usaha berbadan hukum seperti Commanditaire Vennootschap (CV) dan Perseroan Terbatas (PT). 

Pada saat kerjasama franchise (waralaba) dilakukan, maka akan ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh franchisee. Biaya-biaya tersebut meliputi biaya pembelian lisensi penggunaan merek. Lisensi penggunaan merek tidak berlaku selamanya, melainkan pada jangka waktu tertentu. Selain itu, terdapat biaya-biaya lain yang menyangkut kegiatan operasional seperti biaya marketing, desain booth atau tempat usaha dan biaya-biaya lainnya. Biaya-biaya ini selanjutnya disebut sebagai franchise fee.

Selain franchise fee, terdapat beberapa franchisor yang menetapkan biaya lain yang harus disetorkan kepada franchisor, baik per bulan atau per tahun. Biasanya, biaya tersebut berupa beberapa persen dari pendapatan franchise. Biaya tersebut selanjutnya disebut sebagai royalty fee. Royalty fee bertujuan sebagai cara untuk mengevaluasi kinerja franchise berdasarkan pendapatannya. Biaya royalti dapat menjadi acuan bahwa franchisee tetap ingin menggunakan merek milik franchisor. Biaya royalti ini selanjutnya digunakan oleh franchisor untuk biaya pengembangan dan riset produk dan branding untuk melaksanakan strategi pemasaran untuk kedepannya serta sebagai biaya operasional bagi franchisor untuk mendukung para franchisees. 

 

Tips Memilih Franchise

Tips-Memilih-Franchise-Indonesia-Tahun-2020-Ray-White-Agen-Properti-Terbaik

Memiliki modal yang cukup dan mampu “membeli” franchise pada suatu merek tertentu yang sudah terkenal, tidak menjanjikan bahwa bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Banyak faktor yang membuat sebuah franchise dapat meraih kesuksesan. 

  • Survey Kualitas Sebuah Brand 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan melalui franchise adalah akselerasi dalam membangun branding. Jika Anda memulai sebuah bisnis dari nol, maka Anda harus membangun sebuah brand tersebut dari awal. Anda harus gencar melakukan pemasaran above the line seperti flyering  membuat iklan di berbagai media cetak. Anda juga harus memikirkan marketing below the line seperti campaign dan event. Anda juga harus secara aktif melakukan kegiatan promosi melalui media online (digital marketing). Hal ini guna membangn brand image dan customer trust. Harapannya akan terjadi peningkatan sales dan market share.

Melalui franchise, Anda tidak perlu melakukan branding dari awal. Anda sudah lebih maju dari bisnis yang baru akan melalui tahap start up. Namun, bukan berarti semua franchise itu baik dan layak untuk dibeli. Anda harus melihat brand image sebuah franchise. Apakah franchise tersebut merupakan market leader di pasar? Apakah franchise tersebut pernah memenangkan penghargaan bergengsi? Apakah franchise tersebut telah melakukan Good Corporate Governance (GCG)?

Franchise yang potensial adalah yang merupakan market leader di industrinya bahkan menjadi market leader secara nasional dan internasional dan menjadi top of mind masyarakat dalam memilih brand sebuah produk. Selain itu, produk-produknya pernah meraih berbagai penghargaan sebagai bukti bahwa produk-produk yang dijual memang disukai oleh masyarakat. Di samping itu, tata kelola management perusahaan juga harus fair dan jelas dengan mengacu pada Good Corporate Governance (GCG) yang baik. 

  • Produk yang Dijual Harus Stabil Penjualannya

Bagaimanapun franchise adalah bisnis. Anda tetap harus melakukan riset apakah produk yang dijual oleh brand franchise tersebut laku di pasaran secara konsisten atau hanya menjadi tren yang bersifat sementara. Jangan membeli sebuah franchise yang produk-produknya kurang laku di pasaran atau mudah terdampak pada situasi ekonomi tertentu, khususnya pada saat pandemi global Covid-19. 

Membeli sebuah franchise yang sedang trending sebenarnya sah-sah saja. Tidak masalah apabila Anda ingin membeli franchise yang produknya sedang trending di pasaran. Akan tetapi, perlu Anda garis bawahi bahwa tren biasanya bersifat sementara. Tren hanya bertahan beberapa bulan saja atau beberapa tahun saja. Jadi pastikan Anda siap akan adanya penurunan drastis pada omset dan keuntungan bisnis pada saat produk tersebut telah habis masa trending-nya.

  • Produk yang DIjual Unik

Membeli sebuah franchise pada dasarnya adalah memulai sebuah bisnis namun dengan sebuah eskalasi dimana Anda tidak perlu membangun branding dari awal. Oleh karena itu, pastikan Anda juga mempertimbangkan produk yang dijual oleh franchise tersebut. Semakin unik produk yang Anda jual, maka kemungkinan produk tersebut ditiru oleh kompetitor semakin kecil. Hal ini akan mengurangi potensi persaingan di pasar.

  • Melihat Peta Persaingan Pasar

Pada setiap bisnis, tentu saja ada pihak-pihak yang menjadi kompetitor, baik secara langsung (head to head competitor) maupun pihak-pihak yang menjual produk substitusi yang bisa membuat orang lain beralih untuk membeli barang atau menggunakan jasa kompetitor. Perlu menjadi catatan bahwa membeli sebuah franchise yang telah menjadi market leader pada market share merupakan sebuah keputusan tepat. Namun, tentu saja harga franchise fee dan franchise royalty sebuah franchise yang telah memiliki nama besar dan market leader akan lebih mahal. Akan tetapi, investasi besar tersebut akan lebih worth it karena Anda membeli sebuah nama baik sebagai modal penting dalam memulai sebuah usaha.

  • Pilih franchise yang telah memiliki SOP yang Jelas

Pernahkah Anda merasa bahwa produk atau pelayanan pada sebuah bisnis yang sama brand-nya berbeda di setiap cabangnya? Mungkin saja karena tidak ada keseragaman dalam penerapan SOP antar cabang atau franchise. Hal tersebut tentu saja akan menurunkan brand image sebuah produk apabila tidak segera diperbaiki. Standard Operating Procedure (SOP) merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh franchisor dan franchisee. Hal ini agar terdapat kesinambungan kualitas dan kuantitas sebuah produk dan jasa yang ditawarkan antar franchise. Ini merupakan hal penting dalam berbisnis. Keseragaman kualitas antar franchise akan membuat sebuah produk mendapatkan brand image yang baik. Sebagai franchisee yang cerdas, kita harus cermat dalam memilih sebuah franchise. Hal ini agar investasi Anda semakin berkembang dari waktu ke waktu.

 

Prospek Bisnis Properti 2022

Dunia saat ini sedang berjuang melawan pandemi Covid-19 yang terjadi secara global. Semua bisnis sedang berjuang untuk bertahan di tengah terpaan “badai”. Namun, ada beberapa bisnis yang tidak begitu terdampak secara signifikan pada pandemi ini. Salah satunya adalah bisnis properti.

Memang pada beberapa sektor properti, seperti perhotelan, office leasing dan penjualan properti khususnya properti primary serta properti premium dengan harga diatas Rp 1 Miliar sedikit mengalami perlambatan.  

Disamping itu, pandemi Covid-19 justru memberikan peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang agen properti. Banyak sekali masyarakat yang menjual rumah atau apartemennya karena Butuh Uang (BU). Hal ini menyebabkan supply properti secondary meningkat tajam. Tentu saja, harga-harga properti di pasaran menjadi lebih terjangkau. Penurunan harga tersebut bahkan bisa mencapai 30%. Sebuah peluang bagi investor untuk berinvestasi properti dengan harga diskon atau harga properti beberapa tahun lalu. 

Bisnis agen properti justru ramai untuk memfasilitasi para owner dan vendor properti yang akan menjual propertinya. Agen properti juga memfasilitasi para investor properti yang sedang mencari properti dengan “harga corona”. Peran agen properti di era pandemic begitu besar. Agen properti membantu para penjual properti untuk mendapatkan fresh money, sedangkan pembeli properti terbantu untuk mendapatkan investasi properti dengan harga yang lebih murah dari pasaran yang seharusnya. 

 

Keunggulan Franchise Kantor Agen Properti Ray White

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa agen properti memegang peranan penting bagi masyarakat yang membutuhkan dana segar dan masyarakat yang membutuhkan properti. Bisnis agen properti tidak terlalu terdampak oleh pandemi Covid-19. Sebagai investor, Anda harus memikirkan langkah-langkah ke depan untuk memiliki bisnis yang stabil dan tidak terlalu terdampak pada pandemi Covid-19. 

Tentu saja membangun sebuah perusahaan baru yang bergerak di industri agen properti tidak semudah yang dipikirkan. Akan lebih sulit lagi bagi Anda apabila bersaing dengan kantor agen properti yang telah memiliki brand image yang baik. Ditambah lagi jika real estate agent tersebut telah memiliki ratusan cabang yang telah menjangkau kota-kota besar di Indonesia. Franchise kantor agen properti adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin berbisnis properti. Ray White Indonesia membuka peluang bagi Anda yang ingin berbisnis properti. Anda bisa bekerjasama dengan menjadi mitra kami melalui franchise. Apa saja keuntungan franchise agen properti Ray White?

  • Agen Properti Terbaik di Indonesia  

Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan bergengsi yang pernah diterima oleh Ray White. Salah satunya adalah Top Brand Awards. Ray White adalah agen properti di Indonesia yang secara konsisten selama 8 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan Top Brand Awards Category Property Agent dari tahun 2013 hingga 2020. Dalam penilaiannya, Ray White mencetak index tertinggi dibandingkan kompetitornya, yakni sebesar 39.0%. Hal tersebut juga menjadikan Ray White sebagai market leader real estate agent in Indonesia.  

Tidak berhenti sampai disitu, Ray White juga pernah memenangkan berbagai penghargaan bergengsi lainnya, diantaranya Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017.

  • Jaringan Bisnis Luas

Ray White adalah agen properti dengan jaringan bisnis yang luas. Ray White memiliki 175 kantor di 25 kota besar di Indonesia. Ray White juga memiliki jaringan bisnis hingga dunia internasional karena Ray White juga hadir di Australia, Singapura, India bahkan Uni Emirat Arab. Hal ini menjadi peluang bagi Anda dalam menjual properti dalam negeri dan luar negeri kepada klien-klien Anda.

  • Listing Properti Terlengkap

Banyaknya varian produk akan meningkatkan potensi penjualan karena varian produk yang lengkap akan membuat customer lebih bisa memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Ray White memiliki berbagai listing properti yang bisa Anda pasarkan kepada klien. Property primary dalam negeri dan luar negeri ada di Ray White. Selain itu, dengan nama baik Ray White yang telah teruji, maka Anda akan dengn mudah mendapatkan calon vendor atau property owner yang meminta bantuan Anda dalam memasarkan properti miliknya. Dengan begitu, mendapatkan listing properti secondary akan lebih mudah berkat brand image Ray White yang dikenal sebagai agen properti terbaik dan profesional di Indonesia. 

  • Memiliki Sistem IT Terintegrasi Mandiri dan Canggih

Ray White juga memiliki sistem IT yang terintegrasi, dimana terdapat berbagai tools yang berisi library. Hal ini berguna untuk memperlengkapi setiap agen properti dalam memasarkan listingannya. Sistem ini secara berkelanjutan akan terus dilakukan pembaharuan (update)  khususnya pada bagian Big Data, Artificial Intelligence (AI) serta Aplikasi dan Website yang mengikuti standar UI/UX terbaru. Ray White telah siap menuju era Go Digital 4.0. Teknologi sistem IT yang canggih ini bertujuan untuk mempermudah agen-agen properti dalam memasarkan properti di masa pandemi dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

 

Prospek Bisnis Loan Advisor

Dalam memulai sebuah bisnis, tentu saja modal memiliki peranan yang penting. Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang mengalami masalah keuangan. Sungguh sulit untuk mendapatkan dana segar (fresh money) di masa sulit seperti sekarang ini. Apalagi melakukan pinjaman dari pihak perbankan. 

Justru di saat seperti inilah prospek bisnis sebagai loan advisor begitu dicari. Kehadiran seseorang atau perusahaan yang bisa membantu mendapatkan kredit investasi, kredit kepemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA) dan restrukturisasi kredit di masa pandemi akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mengapa sangat dibutuhkan? Karena di masa non pandemi, mendapatkan persetujuan kredit dari bank saja sudah sulit apalagi disaat pandemi. Untuk itulah, jasa loan advisor sangat dibutuhkan saat ini.

Loan advisor memiliki peran dalam menganalisa status kredit, mengevaluasi laporan keuangan, memberi rekomendasi atau opsi produk kredit perbankan yang tepat guna bagi klien dan bertugas untuk melakukan pendekatan kepada pihak perbankan untuk merekomendasikan persetujuan kredit  kliennya. Tentu saja, seorang loan advisor harus memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang perbankan. Seorang loan advisor harus capable dalam memeriksa laporan keuangan klien, bisa membantu membuatkan laporan keuangan klien (bagi klien yang tidak bisa membuat laporan keuangannya sendiri), mampu menjelaskan produk-produk kredit perbankan, mampu melakukan lobby dan negosiasi dengan pihak perbankan untuk merekomendasikan klien kepada pihak perbankan agar mendapatkan persetujuan kredit.

 

Keunggulan Franchise Kantor Agen Keuangan Loan Market

Sebagai sister company dari Ray White Indonesia yang telah berhasil menjadi agen properti terbaik di Indonesia, serta menjadi market leader di industrinya, maka Loan Market hadir sebagai solusi untuk mendapatkan kredit investasi Anda. 

Loan Market Indonesia adalah perusahaan jasa keuangan yang fokus untuk membantu Anda dalam menemukan kredit (pinjaman) yang tepat sesuai kemampuan dan situasi finansial Anda. Dengan mengevaluasi keuangan klien, kami bisa mengerti posisi keuangan Anda. Loan Market akan membantu mencarikan kredit melalui partner-partner perbankan yang telah bekerjasama dengan Loan Market. Terdapat 23 pilihan lenders yang bisa membantu Anda untuk memberikan pinjaman kepada Anda. Kami akan membantu Anda dalam menemukan pinjaman yang tepat sesuai situasi keuangan Anda. Loan adviser kami akan fokus pada klien dan tentunya akan memprioritaskan kebutuhan pinjaman Anda.

Lalu, mengapa sebagai pebisnis Anda harus melakukan kerjasama franchise dengan Loan Market Indonesia? Simak penjelasannya.

  • Loan Market adalah Pelopor Agen Pinjaman Independen di Indonesia 

Loan Market adalah pelopor agen pinjaman yang independen di Indonesia. Loan market 100% independen dan tidak dimiliki oleh bank apapun. Loan market adalah perusahaan keluarga yang secara khusus memberikan jasa sebagai agen-agen keuangan yang membantu klien-klien kami yang membutuhkan pinjaman kepada pihak perbankan.

  • Konsultasi Tanpa Biaya

Loan Market tidak memberikan biaya konsultasi kepada klien. Ya, Anda tidak akan dikenakan charge untuk konsultasi maupun pada saat kredit Anda telah disetujui. Hal ini karena kami fokus untuk membantu Anda untuk keluar dari permasalahan keuangan yang dihadapi.

  • Produk Pinjaman Kompetitif

Loan Market telah bekerjasama dengan 23 pemberi pinjaman (lenders) di Indonesia. Oleh sebab itu, kami dapat memberikan rekomendasi produk pinjaman yang kompetitif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan finansial Anda.

  • Akses Ekslusif

Loan Market memiliki akses khusus dari perbankan yang bekerjasama, sehingga Loan Market dapat membandingkan bunga kredit, biaya kredit, fasilitas kredit dan tentunya memberikan kemudahan dalam pengajuan aplikasi kredit yang tepat bagi Anda. 

  • Hemat Waktu 

Dikarenakan memiliki akses yang eksklusif dengan pihak perbankan, maka hal itu akan membantu Anda dalam menghemat waktu dan biaya dalam mendapatkan pinjaman. Loan Market is your one stop financial solution!

  • Satu-satunya Agen Keuangan yang Membuka Franchise

Anda ingin membuka usaha yang bergerak di bidang keuangan khususnya pada kredit perbankan? Anda tidak perlu membangun sebuah perusahaan baru dan memulai kerjasama dengan berbagai perbankan dari awal. Loan Market adalah satu-satunya agen keuangan yang membuka peluang usaha bagi Anda dalam bentuk franchise. Anda tidak perlu memulai segalanya dari awal. 

Dengan membeli franchise Loan Market, Anda memiliki kesempatan untuk membantu klien-klien Anda dalam mendapatkan kredit perbankan. Sebagai pelopor agen keuangan di Indonesia, Anda juga berpeluang sebagai solusi bagi masyarakat yang membutuhkan jasa konsultan keuangan yang dapat diandalkan di kota Anda. Dengan jaringan bisnis yang dimiliki oleh Loan Market, Anda akan dimudahkan dalam mencari produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan klien Anda. 

  • Dukungan IT Terintegrasi

Loan Market memiliki tim IT yang bertugas untuk memudahkan Anda sebagai pemilik franchise, client maupun corporate office dalam memberikan informasi yang cepat dan terintegrasi. Website Loan Market Indonesia secara konsisten dilakukan improvement dari segi kecepatan akses dan user interface (UI) yang nyaman dilihat. Hal tersebut berkat tim IT & Digital Customer Experience yang handal. Kami memiliki big data yang terintegrasi serta menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang canggih. Website dan Aplikasi Loan Market juga secara berkala dilakukan improvement mengikuti standar UI/UX terbaru.

Peluang bisnis tidak hanya selalu membuat brand baru atau menjadi kompetitor dari perusahaan yang sudah ada. Bisnis saat ini membutuhkan kolaborasi yang kuat dan terstruktur untuk menjadi perusahaan yang Bigger-Better-Bolder. Dengan menjadi partner bisnis kami melalui franchise, maka potensi bisnisnya tidak perlu diragukan. Baik Ray White Indonesia dan Loan Market Indonesia adalah perusahaan yang terbaik dan menjadi market leader di bidangnya.

So, tunggu apalagi? Klik link franchise Ray White Indonesia dan franchise Loan Market Indonesia untuk memulai kerjasama. Hubungi kami secepatnya. Kami akan dengan senang hati melayani Anda dan menjelaskan berbagai prospek bisnis yang akan diterima oleh partner bisnis kami.

Let’s become Bigger - Better - Bolder with us !



Source : Loan Market Indonesia, Go Biz, Ekonomi Bisnis, Freepik.

Share