logo-raywhite-offcanvas

15 Aug 2021

Dunia Real Estate : Mengenal dan Cara Berinvestasi

Dunia Real Estate : Mengenal dan Cara Berinvestasi

Ketika mendengar kata real estate, apa yang terbesit di pikiran anda? Sebuah bisnis jual beli tanah atau bangunan yang menjadi objek komersial? Jawaban seperti itu agaknya bisa mewakili sebagian dari pengertian dari real estate itu sendiri, seperti yang sering kita lihat bahwa bangunan atau properti yang diperjual belikan oleh para agen properti mencakup di dalam real estate juga. Real estate bukanlah istilah umum yang sering kita dengar dan digunakan dalam keseharian,  bidang ini memiliki karakteristik yang khusus yang membuat kita penasaran dan mencari arti serta cara kerja bidang ini, tidak sedikit juga yang menyamakan definisi dari real estate dan property padahal bila dikembangkan property dan real estate memiliki perbedaan yang besar meskipun hampir tidak bisa dibedakan secara langsung, jika real estate mencakup tentang fisik (tanah, bangunan) maka real property mencakup hak kepemilikan di dalamnya, yang berarti sudah berlandaskan hukum.

 

Apa Real Estate itu?

 

Melanjutkan keterangan dari atas banyak masyarakat yang melihat bahwa real estate adalah bisnis perumahan atau memperjualbelikan bangunan hunian yang kita kenal saat ini dipegang oleh developer-developer terkemuka di Indonesia, lebih lanjut ternyata real estate mencakup lebih dari sekedar bisnis perumahan.

Real estate pada pengertiannya adalah, lahan tanah yang juga beserta objek dan sumber daya apapun di atasnya, dapat berupa bangunan yang berdiri permanen di atasnya, bangunan ini tidak hanya terbatas pada perumahan saja, tetapi juga perkantoran, pabrik atau industri, serta sarana dan prasarana yang  produktif, atau juga perkebunan dan pertanian yang hasil tanahnya bisa dijual dan menghasilkan profit, real estate saat ini paling umum kita kenal bergerak di bidang perumahan.

Sejarah real estate di Indonesia mulai berkembang sejak Pemerintah mengatur real estate sebagai sebuah industri pada tahun 1974. Industri real estate menjadi penggerak pembangunan negara yang sangat berpengaruh di tengah perkembangan yang intens, industri ini memiliki fungsi sebagai rangkaian proses pengadaan, pengelolaan, penyediaan dan pembangunan gedung di atas tanah. 

Melihat Indonesia yang terus berkembang ke depannya karena masih ada lahan-lahan potensial pada setiap daerah yang dapat digunakan sebagai tempat dibangunnya sarana untuk kemajuan negara ini, oleh sebab itu kegiatan usaha dalam real estate sangat potensial untuk jangka panjang. Peningkatan permintaan masyarakat yang terus ada atas kebutuhan hunian membuat bisnis ini tetap menjadi yang utama dalam penggerak ekonomi negara.

Kegiatan real estate sendiri terbagi dalam beberapa kategori, dengan mengenali perbedaannya anda dapat mengetahui bidang mana yang menarik perhatian anda untuk menjadi investasi di masa depan, dan tentu saja bisa mengetahui updatean terbaru tentang kategorinya.



Real Estate dan Pembagian Kategorinya

 

  • Tanah

Di bagian kategori ini anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanah bukan, ya tanah yang selalu menjadi komoditas mahal di dunia real estate ini mencakup jual beli tanah atau lahan yang masih kosong dan belum ada bangunan di atasnya atau dengan kata lain belum dikembangkan, dengan strategi pengembang kedepannya mereka akan menambah bangunan di atasnya demi meningkatkan harga jual propertinya, tanah yang bisa dikembangkan termasuk tanah kosong atau tanah pertanian. Ada juga tanah yang ditujukan demi keperluan khusus, untuk  tanah sendiri di 2021 anda harus memperhatikan perkembangan harga tanah dan faktor-faktornya.

  • Industrial

Dari kategori ini kita dapat memahami lebih lanjut bahwa real estate bidang ini berfokus kepada lahan tanah yang akan dikembangkan menjadi area industri, dengan kata lain bahwa bangunan yang akan dibangun di atasnya ditujukan kepada pabrik-pabrik manufaktur, produksi mekanik, bisa juga menjadi pusat penelitian, konstruksi, perkebunan sekaligus pabriknya, transportasi logistik dan pergudangan.

  • Real Estate Komersial (  Commercial Real Estate)

Ini adalah properti komersial yang ditujukan untuk pembangunan area yang akan dijadikan pusat bisnis, semua bangunan yang ada digunakan eksklusif untuk tujuan bisnis seperti perhotelan, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, pompa bensin, fasilitas parkir, toko kelontong, teater dan sebagainya. Pada masa pandemi saat ini di 2021 real estate perkantoran mengalami penurunan harga disebabkan karena besarnya suplai di pasar karena beberapa kebijakan yang mengharuskan karyawan bekerja dari rumah, tentunya fenomena ini bisa dijadikan peluang kepada para investor untuk membeli stok pasar, mengingat prediksi ketika keadaan sudah semakin baik dan pemulihan ekonomi yang akan terjadi di masa depan.

  • Real Estate Perumahan ( Residential Real Estate )

Tipe real estate perumahan yang sangat populer saat ini, karena rumah tinggal adalah kebutuhan dan impian setiap orang, tentunya geliat pasar residensial masih tetap di puncak penjualan untuk bidang real estate sendiri, dengan munculnya inovasi para pengembang yang saat ini melihat rumah adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi, maka berbagai jenis hunian bermunculan sesuai dengan kebutuhan, sebut saja apartemen yang saat ini menjadi populer di kota besar dikarenakan lahan yang terbatas dalam membangun rumah tapak, atau bagi anda yang menginginkan kehidupan bertetangga anda dapat memilih cluster, dan komplek rumah yang sudah dibangun sedemikian rupa, menariknya harga dari hunian ini dari tahun ketahun tetap mengalami peningkatan.

  • Real Estate Dengan Tujuan khusus

Ada beberapa sektor yang ditujukan demi tujuan khusus diantaranya adalah gedung pemerintahan, sekolah, taman, tempat ibadah, tanah pemakaman dan sebagainya dengan bertujuan untuk digunakan bersama-sama oleh masyarakat umum.



Apa Saja yang Menjadi Aktivitas Bisnis Real Estate?

kegiatan-dunia-real-estate

Berbicara mengenai bisnis, real estate adalah salah satu bisnis dengan peminat yang besar dan cukup banyak, mungkin dengan pendapatan yang diterima sebagai agen real estate juga terbilang besar, di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan real estate yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik untuk profit yang terbaik pula, nah jika anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang dilakukan oleh bisnis ini, simak selanjutnya:

  • Ada kegiatan operasional dan pengelolaan bangunan atas nama pemilik lahan, bangunan yang termasuk adalah seperti perkantoran, hunian, kondominium serta banguanan lainnya, dengan kata lain industri real estate mengerti akan kondisi dan keadaan bangunan yang menjadi objek jual beli, selain itu harus diperhatikan juga peremajaan bangunan agar harganya tidak turun karena tidak terawat dengan baik.
  • Industri ini dapat bertindak sebagai pengelola dan pengembangan sebuah proyek real estate, termasuk seperti yang telah dipaparkan di poin atas adalah pemeliharaan gedung serta perbaikan gedung itu sendiri.
  • Industri ini biasanya tidak berdiri sebagai satu perusahaan saja, sudah pasti dengan profit yang didapatkan industri real estate sangat paham bahwa dibutuhkan sebuah anak perusahaan yang akan mendukung perusahaan induk dan sebaliknya, tujuannya apa? Tujuannya yaitu untuk mengembangkan perekonomian perusahaan.
  • Semasa sebuah bangunan sedang menunggu pembeli lain, sebuah perusahaan real estate dapat menjadi penyewa sementara gedung tersebut, jika dilihat-lihat ini bisa saja menguntungkan karena dengan langsung perusahaan ini dapat merawat dan maintain sebuah bangunan yang akan dijual, bangunan yang tidak dihuni dalam waktu yang lama akan rentan dengan pelapukan, cara ini pun sangat baik karena perusahaan sangat mengerti kualitas bangunan itu dan memahami kelemahan-kelemahan yang bisa diperbaiki.
  • Perdagangan umum untuk langkah promosi dan penjualan, nah untuk area ini tentu saja kita pernah mendengar jika sebuah perusahaan pengembang yang besar tidak hanya terpaku pada bidang konstruksi atau properti saja bukan, ada bisnis lain yang bisa dilakukan dengan tujuan sebagai promosi dan branding sebuah perusahaan, barang nya bisa bermacam-macam bisa berbentuk fisik ataupun digital, contohnya adalah pengembang dari Lippo Karawaci Tbk yang terkenal dengan pengembangan perumahan yang super besar, mereka juga menjadi pelopor sebuah platform digital pembayaran elektronik yaitu OVO.
  • Perusahaan real estate juga memperhatikan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan sebuah bangunan seperti instalasi listrik, telepon, instalasi air bersih, dan yang paling penting adalah saluran pembuangan.
  • Menjadi ujung tombak dalam pembangunan daerah, statement ini tentunya sudah melekat dalam pada tubuh pengembang real estate, betapa tidak semua pembangunan infrastruktur dan fasilitas sebuah daerah dipegang oleh bidang real estate dan mendapat izin oleh negara, saat ini dengan banyaknya pembangunan di wilayah baru seperti perumahan di daerah sub-urban atau daerah pinggiran kota menjadi jawaban kebutuhan bagi mereka yang bekerja di tengah kota namun membutuhkan hunian yang yang bebas dari hiruk pikuk keramaian.
  • Dengan adanya kebutuhan akan bangunan atau fasilitas maka industri real estate akan terus berkembang, tantangan kedepan yang nyata adalah dengan keterbatasan lahan, bagaimana sebuah perusahaan dapat beradaptasi dan tetap memberikan pelayanannya.

 

Bisnis real estate bukanlah hal yang simpel namun memiliki banyak aspek yang juga harus diperhatikan bersama, industri ini terlibat dalam jual beli properti tetapi tidak hanya disitu saja, area terpentingnya terletak pada pengurusan izin dan kepemilikan, karena properti dimiliki oleh banyak pihak seperti pemerintah, swasta, atau entitas perusahaan.

 

Berikut ini adalah gambaran bagaimana industri real estate bekerja:

  • Pengembangan 

Pada proses ini langkah yang utama adalah pembelian tanah kosong ( tanah mentah), rezoning, konstruksi, dan renovasi, hingga pada proses penjualan produk akhir kepada pembeli. Keuntungannya didapat dari penambahan nilai tanah oleh pengembang. Pembangunan rumah baru adalah indikator utama yang menjadi penggerak ekonomi.

  • Pemasaran dan Penjualan

Terjalinnya kerjasama antara perusahaan penjualan dan pengembang yang akan menjual unit yang telah selesai dibangun, fokus perusahaan penjual adalah pada unit baru.

  • Pialang atau Broker

Adanya pialang yang memiliki agen real estate (perantara) yang akan menjadi fasilitator antara penjual dan pembeli sebuah properti, untuk hal ini anda harus jeli melihat dan memilih para agen properti yang terbaik, salah satu agen properti yang terbaik adalah Ray White yang sudah malang melintang di dunia real estate.

  • Manajemen Properti

Adanya bagian manajemen dari perusahaan untuk merawat unit yang biasanya ditujukan pada unit yang disewakan, biaya dan lain sebagainya akan dibebankan kepada pemilik properti. Tugas dari manajemen adalah menarik sewa dari penyewa, melakukan perbaikan dans ebagainya.

  • Pembelian

Tentu saja akan banyak terjadi pembelian dan penjualan properti di industri ini, menariknya ada banyak aspek yang mempengaruhi harga sebuah properti, maka dari itu agen properti yang berpengalaman sudah mengetahui keadaan pasar, dan akan siap sedia memberikan informasi terbaik bagi anda, dengan banyaknya aspek yang akan menjadi pertimbangan kepada anda jika ingin melakukan investasi di bidang ini.



Investasi di Real Estate, Bagaimana Caranya?

investasi-dunia-real-estate

 

Setelah anda menentukan kategori mana yang akan menjadi investasi anda pada dunia properti langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Bukan menjadi rahasia umum lagi jika membeli dan memiliki real estate menjadi strategi investasi yang menguntungkan dan memuaskan, mengapa demikian? Sebab pada pembelian properti anda dapat menggunakan leverage dalam pembeliannya, maksudnya adalah anda dapat membeli dengan sebagian dari harga penuh nya beberapa di uang muka dan melunasi sisanya di kemudian hari.

Uang muka pun jika ditinjau berada pada besaran 20 atau 25 persen, bahkan ada beberapa kasus jika hanya membutuhkan 5 persen untuk dapat memiliki sebuah hunian, jadi anda sudah mendapat hak milik akan sebuah properti walau pembayaran tidak penuh, alasan utamanya adalah karena kebutuhan manusia yang selalu membutuhkan tempat tinggal dan tempat bekerja, misalnya saja anda memiliki perusahaan baru dan membutuhkan bangunan untuk melaksanakan operasionalnya, dengan cara di atas anda dapat memiliki hak bangunan sembari hasil dari operasional perusahaan akan dijadikan pembayaran untuk melunasi sisa pembeliannya.

Sebagai profesional di bidang real estate tentunya ada hal yang harus dikuasai yang akhirnya akan membawa keuntungan, dengan bekerja keras, terus belajar dan meluangkan waktu anda karena akan selalu ada orang yang akan mencari sebuah bangunan untuk tujuan yang beragam baik untuk tinggal maupun untuk bisnis.

Persaingan mungkin akan terasa, akan tetapi dengan memahami keadaan dan memilih strategi yang tepat anda akan dapat bertahan di dalam bisnis ini.

Jika anda sebagai investor, maka ada 5 cara yang dapat dilakukan jika anda ingin menghasilkan uang atau profit di bidang real estate.

  • Terjun dalam grup investasi real estate, tentunya dengan cara ini anda akan dengan mudah mendapatkan informasi serta relasi yang memudahkan anda untuk berbisnis di area ini.
  • Bergabung dalam grup investasi real estate, ini juga sangat bagus jika anda ingin memiliki real estate namun tidak ingin repot mengurusnya, ada sebuah perusahaan yang membangun perumahan atau apartemen, dan mengizinkan investor untuk membelinya melalui perusahaan, dalam hal ini perusahaan yang akan bertanggung jawab dalam area operasionalnya.
  • Berinvestasi dalam REITs ( Real Estate Investment Trusts). REITs ini adalah saham yang membayar dividen.
  • Ikut dalam platform investasi real estate jika anda ingin bergabung dengan orang lain untuk berinvestasi tentunya dalam kesepakatan yang lebih besar. Platform investasi ini dilakukan secara online dan lebih dikenal sebagai crowdfunding real estate.
  • Cara yang terakhir yang dapat memberikan pendapatan rutin adalah jika anda memiliki properti sewaan, dengan menyewakannya anda akan terus dapat profit yang konsisten setiap bulannya. Selain itu anda juga dapat membeli sebuah properti yang kelihatan kurang berharga dan anda bisa memperbaikinya dan menjualnya cara ini akan membuat anda mendapatkan capital gain. 

 

Dunia real estate yang terus berkembang dan semakin berkembang, berjalan selaras dengan kebutuhan orang-orang akan hunian atau fasilitas untuk melaksanakan kegiatannya sehari-hari, saat ini ada banyak agen properti yang menjadi perantara bagi anda, dan yang terpenting adalah properti yang ditawarkan akan memiliki harga terbaik.

Ray White telah menjadi yang terbaik dalam dunia real estate bertahun-tahun, dengan penghargaan dari Top Brand Awards yang menjadi bukti Ray White selalu berdedikasi dalam industri real estate ini, bagi anda yang ingin bergabung untuk menjadi bagian dari agen properti sekarang lah saatnya, atau apabila anda ingin berinvestasi sekarang juga saatnya. Hubungilah Ray White sekarang juga.

 

 

Ray White, Your Property Solution!

Source : Ray White, rumah, mustikaland, sahammilenial, pixabay, unsplash

Share