logo-raywhite-offcanvas

15 Jun 2021

Desain Rumah Korea dan Jepang Untuk Inspirasi Hunian anda

Desain Rumah Korea dan Jepang Untuk Inspirasi Hunian anda

Rumah adalah tempat kita bernaung, sebagai tempat perlindungan serta berlangsungnya kehidupan. Rumah yang diharapkan sebagai pelepas rasa lelah dari aktivitas harian yang menguras tenaga dan emosi, fungsi rumah yang satu ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata sebab bentuk dan isi dari rumah sendiri akan mempengaruhi nilai psikologi kita disadari atau tidak, serta desain rumah juga menjadi faktor penentu suasana hati anda, saat ini desain rumah yang populer adalah desain rumah Korea, desain rumah Jepang yang memiliki filosofi yang menarik.

Coba anda bayangkan setelah seharian penat bekerja dan beraktivitas luar ruangan, terpapar sinar matahari, bertemu dengan orang banyak yang menguras energi anda, lalu pulang ke rumah tentu dengan harapan dapat rileks dan bisa bersantai. Akan tetapi dengan keadaan rumah yang juga berantakan, dan sama sekali tidak enak dipandang yang ada malah membuat anda semakin lelah secara mental. 

Dengan perkembangan zaman saat ini, rumah dapat menjadi cerminan kepribadian seseorang karena visualisasi yang dilihat setiap harinya mempengaruhi psikologi. Oleh sebab itu saat ini mendesain rumah juga merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan, ada banyak sekarang inspirasi dari desain rumah yang dapat anda terapkan seperti desain minimalis yang semakin menjamur.

Bukan tanpa alasan, desain minimalis sendiri memberikan kesan rapi dan simple, warna-warna cerah dan juga warna-warna pastel yang mendominasi dengan minim corak serta pilihan furniture rumah yang sesuai fungsinya, sehingga akan mendongkrak rasa rileks dan tenang kepada penghuninya.

Rumah yang nyaman tidak harus mewah dan megah, namun dengan memiliki sumber ide untuk mengoptimalkan ruang serta pemilihan warna dan furniture yang tepat membuat segalanya menjadi mungkin.

Inspirasi desain rumah ada banyak saat ini, tidak harus berpatokan kepada satu jenis populer saja namun anda bisa memadupadankan kreatifitas anda atau bahkan bisa menjadi bahan masukan kepada jasa arsitek yang akan anda pakai dalam membangun rumah impian anda, yang pastinya akan kembali kepada jumlah budget yang anda miliki.

Desain rumah dapat anda adaptasi dari berbagai sumber diantaranya dari macam-macam desain rumah mancanegara yang juga tidak kalah menarik serta memiliki kesan unik tersendiri. Bentuknya pun bervariasi dari ukuran rumah yang besar hingga yang kecil namun tertata dengan baik ditambah dengan nilai filosofis yang terkandung dalam beberapa desain bangunan tiap negara yang dapat menambah stok ide inspiratif bagi anda, nah berikut ini ada beberapa jenis desain rumah yang unik dan menarik serta aesthetic.

 

Desain Rumah Ala Korea yang Menarik

Bukan hal yang diragukan lagi jika kebudayaan Korea (Korea Selatan lebih spesifiknya) saat ini menjadi salah satu yang paling digandrungi oleh milenial, influence yang sebagian besar didapat dari K-POP membuat negara ginseng ini cepat mendapat perhatian di seluruh dunia.

Bisa dikatakan bahwa pengaruh dari budaya Korea ini secara tidak langsung menjadi selera baru bagi para milenial dalam mencari hunian. Tidak sampai disitu saja perkembangan dunia hiburan Korea merambah dari area perfilman seperti drama yang selalu menyajikan episode baru tiap bulannya.

Bagi anda pecinta drama Korea tentunya tidak asing dengan tampilan desain rumah ala Korea yang sering muncul di layar kaca, terlihat begitu nyaman dan memiliki desain minimalis yang sangat mungkin anda pakai menjadi ide untuk desain rumah anda, sebut saja serial drama Korea “Full House” yang populer di tahun 2000an, kita bisa melihat sebuah rumah yang  berada di pinggir pantai dengan desain yang menarik yang membuat para penonton ingin tinggal di sana.

Sekarang ini akan lebih banyak lagi ide-ide yang bermunculan sebab ada rekomendasi drama dan film yang temanya mengambil settingan dunia real estate, menarik bukan? nah selanjutnya akan kita bahas lebih lanjut unsur-unsur desain yang digunakan pada bangunan rumah di Korea.

Rumah di Korea menitikberatkan optimalisasi eksterior dan interior, karena kebanyakan rumah di sana memakai konsep minimalis, jika anda menginginkan desain ala Korea ini maka ada beberapa unsur yang bisa anda perhatikan:

  • Open Plan 

Konsep open plan merupakan konsep yang paling banyak digunakan dalam desain minimalis, open plan bertujuan membuat ruangan terasa lega dan besar, konsep ini dapat anda lakukan dengan tidak meletakkan barang-barang yang tidak cukup penting dan terus mengutamakan kesederhanaan.

Misalnya pada penggunaan ruang tamu, terkadang demi memanfaatkan ruang anda meletakkan terlalu banyak kursi padahal jumlah tamu yang sering datang ke rumah tidak terlalu banyak, hal ini dapat disiasati dengan memilih kursi jenis sofa yang dibuat seperti sudut siku-siku sehingga dengan menggunakan satu perabotan saja dapat optimal.

Selain tujuan untuk membuat ruang terlihat simpel, open plan ini membantu dalam proses pembersihan rumah menjadi lebih mudah, karena tidak banyak sudut-sudut yang harus dibersihkan karena perabotan, konsep ini lebih dikenal dengan desain yang menyatukan ruang keluarga, ruang makan dan dapur tanpa sekat, dapur terbuka menjadi primadona dalam desain rumah minimalis saat ini, biasanya dapur terkesan menjadi tempat yang sangat berminyak dan basah, namun dengan konsep dapur terbuka anda akan terdorong untuk tetap menjaga kebersihannya.

 

  • Furnitur Multifungsi

Desain rumah Korea yang minimalis semakin didukung oleh penggunaan perabotan yang multifungsi, karena pemanfaatan ruang yang sebaik-baiknya merupakan keharusan jika ukuran sebuah rumah tidak terlalu besar.

Teknologi yang berkembang hingga ke desain interior pun menghadirkan berbagai inovasi diantaranya adalah perabotan yang memiliki fungsi ganda, anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan benda-benda kecil dan takut tercecer jika sembarangan meletakkannya.

Seperti contoh furniture multifungsi adalah, sofa yang merangkap sebagai rak buku, tangga yang bisa dipakai sebagai laci dan tempat menyimpan barang-barang, atau ada juga sofa yang bisa dilipat menjadi tempat tidur atau sebaliknya, pokoknya memiliki perabotan multifungsi adalah kesenangan tersendiri bagi anda dan juga dapat membuat teman atau tamu-tamu anda kagum atas interior rumah anda.

 

  • Menggunakan Bahan Kayu

Kayu merupakan material yang tidak asing lagi dalam desain interior, dengan motif dan guratan alami menjadikan kayu merupakan bahan yang tepat yang dipakai sebagai stress relief anda di rumah, desain rumah Korea sendiri tidak sembarangan dalam memilih kayu dan dalam penempatannya, serta tidak memerlukan pengecatan cukup dengan finishing anti rayap dan anti basah.

Bahan kayu dapat dipadupadankan dengan material lainnya dalam pembangunan rumah anda, kebanyakan desain rumah Korea memakai kayu untuk menutupi sebagian area rumah, karena tujuannya untuk relaksasi, bahan kayu banyak dipakai di ruang keluarga dan juga sebagai pelapis lantai.

Tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan bahan kayu ini adalah suasana yang tenang, santai dan hangat.

 

  • Warna Natural dan Pastel yang Lembut

Warna natural disini dimaksudkan memberikan kesegaran mata saat memandang, tentunya dengan tidak monoton menggunakan satu jenis warna saja. Kombinasi yang estetis yang dihasilkan oleh desain rumah Korea ini meliputi warna putih, abu terang, lilac, ivory, beige, cream, yang berpadu dengan warna alami kayu.

Perlu anda perhatikan juga pemilihan warna ini tidak hanya terpaku pada warna area besar seperti dinding, tangga, lantai, dan sebagainya, namun juga dalam pemilihan warna perabotan serta motifnya berpengaruh besar dalam desain ala Korea ini.

Seperti yang bisa anda lihat, desain rumah Korea tidak memiliki bentuk corak yang berlebihan pada perabotannya atau warna-warna yang tidak relevan, misalnya warna dinding lembut namun warna kursi terlalu cerah, atau bermotif banyak, ketika anda menginginkan sedikit motif sebaiknya dengan motif garis atau kotak-kotak yang tidak terlalu padat.

 

  • Pencahayaan yang Baik

Salah satu unsur yang paling banyak digunakan dalam desain rumah ala Korea ini adalah pencahayaan yang banyak, jika dalam bentuk modern nya rumah dibangun dengan memakai jendela kaca yang besar, dan dalam mode desain semi tradisional rumah Korea yang beradaptasi dengan model tradisional Hanok, dengan memiliki banyak sekali ruang terbuka untuk akses cahaya dan sirkulasi udara yang baik.

Pencahayaan alami ini menjadi bagian terpenting bagi orang Korea, mengingat wilayah di Korea selatan sendiri memiliki 4 musim, jadi pada musim dingin tentu saja sinar matahari paling dibutuhkan asupannya. Untuk wilayah indonesia yang tropis, memang dibutuhkan ide untuk mengakali agar sinar matahari tidak masuk terlalu banyak.

Ditambah lagi, jika anda ingin menerapkan konsep jendela kaca besar, anda harus mengerti betul dengan keadaan keamanan di daerah sekitar anda, serta juga memastikan bahwa wilayah tersebut tidak rawan bencana alam.

 

  • Konsep Lesehan yang Hangat

Konsep lesehan juga dapat diterapkan pada desain rumah ala Korea, bertujuan untuk mempererat hubungan para anggota keluarga, konsep lesehan ini juga bertujuan untuk membantu anda relaksasi. Lesehan tentu saja dapat diterapkan jika anda memiliki ruangan yang cukup lega, serta menggunakan alas seperti karpet bulu yang lembut dan hangat.

Lesehan juga dapat menjadi aktivitas keluarga saat berkumpul dan berbincang-bincang, untuk kenyamanan berlesehan anda jangan meletakkan perabot yang memiliki kaki yang lebih tinggi, karena pasti tidak nyaman, misalnya meletakkan meja makan di sebelah tempat lesehan akan membuat kesan anda seperti duduk di bawah kolong meja.

Konsep desain rumah Korea sangat mungkin diaplikasikan pada hunian impian milenial saat ini, keunikan dan estetika yang ditimbulkan mendorong kreatifitas tanpa batas bagi anda yang menginginkan desain rumah ala Korea.

 

desain-ruma-kore-dan-jepang



Desain Rumah Jepang yang Filosofis

 

Jepang adalah salah satu negara yang kebudayaannya juga berpengaruh dan terkenal di seluruh dunia, dari segi aspek entertainment Jepang juga tidak kalah dari Korea, jika kita berbicara mengenai desain rumah dan hunian, Jepang memiliki filosofi yang melegenda yang dipelihara turun temurun dan menjadi daya tarik tersendiri serta menjadi ciri khas yang kental akan desain rumah ala Jepang ini.

Pertama-tama kita perlu mengetahui filosofi yang sering sekali digunakan oleh orang Jepang pada saat membangun huniannya, hal ini juga dapat menjadi inspirasi anda dalam membangun hunian impian di masa depan.

Kata yang tepat dalam menggambarkan bagaimana warisan budaya rumah Jepang adalah zen, zen adalah nilai yang mengutamakan kesederhanaan dan memancarkan kedamaian, tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang tenang, selain itu gaya rumah Jepang juga memiliki nilai yang mengutamakan keseimbangan, ketertiban, melanjutkan tradisi kuno, yang juga cinta akan keindahan alam.

Pemilihan perabotan juga termasuk di dalamnya, interior Jepang mengutamakan kerapihan dalam penyusunan, serta membatasi menggunakan perabotan berukuran besar, filosofi zen ini sendiri sangatlah bermanfaat bagi mereka yang memiliki lahan sempit, karena bisa memanfaatkan ruang dengan baik.

Dari sini saja kita bisa mengembangkan banyak lagi konsep yang menjadi ciri khas rumah Jepang, lalu apa saja konsep yang memperkuat karakter desain rumah Jepang?

 

  • Memiliki Area Genkan

Keunikan yang satu ini hanya terdapat di rumah-rumah Jepang, area genkan sendiri adalah sebuah ruang transisi sebelum penghuni atau tamu masuk ke dalam rumah, di area ini penghuni atau tamu akan membuka sepatunya sebelum masuk ke area dalam rumah dan menginjak lantai rumah, fungsinya mirip seperti foyer, seperti area penyambut tamu.

Di area genkan ini terdapat rak sepatu dan sekaligus tempat menyimpan sandal khusus dalam ruangan, rak atau kabinet ini biasa disebut dengan getabako. Bila dinilai secara sekilas bahwa genkan ini menjadi sebuah pembatas antara aktivitas luar rumah dan di dalam rumah, seolah-olah menggambarkan bahwa sebelum masuk ke rumah semua urusan dan kepenatan yang terjadi di luar rumah harus dilepaskan dan bersiap untuk beristirahat dan bersantai di dalam rumah, di lain sisi kebersihan rumah tetap terus terjaga, sangat menarik bukan.

 

  • Ukuran Beranda yang Luas dan Atap yang Lebar

Mungkin pernah anda perhatikan bahwa orang Jepang punya kebiasaan menghabiskan waktu bersantai di beranda rumah, baik sekedar minum teh atau ingin menyejukkan diri di saat musim panas. Uniknya, beranda rumah ini biasanya dibangun di area sebelah rumah dengan menyisakan lahan kosong di sebelahnya, beranda ini sangat luas dan berfungsi sebagai sirkulasi udara karena biasanya pintu geser yang berada di area beranda akan dibuka dengan lebar.

Didukung dengan desain atap yang lebar yang juga bukan tanpa alasan, atap yang lebar pada kebanyakan rumah di Jepang memungkinkan penghuni rumah dapat membuka pintu walaupun dalam keadaan hujan sekalipun tanpa khawatir cipratan air akan masuk ke dalam rumah, ini membuktikan bahwa orang-orang Jepang sangat menyukai alam.



  • Selalu Menggunakan Unsur Alam

Desain rumah ala Jepang ini selalu memberikan ruang untuk dekat dengan alam, sebagai contoh adalah taman disekitar rumah dengan tanaman tradisional seperti bambu dan juga bonsai, tanaman yang pakai didominasi oleh tanaman berwarna hijau, unsur alam yang lain yang diterapkan di dalam rumah seperti penggunaan bambu, memasukkan unsur tanaman dan air ke dalam rumah atau membangun kolam ikan di sekitar rumah.

 

  • Berkonsep Ruangan Terbuka

Konsep terbuka ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita yang tinggal di daerah tropis, karena seperti yang kita ketahui bahwa daerah tropis itu memiliki banyak nyamuk, namun anda tidak perlu bingung ketika menerapkan desain rumah Jepang ini, tentu saja akan ada modifikasi yang menyesuaikan dengan lingkungan dan iklim.

Konsep ruangan terbuka di Jepang lengkap dengan pintu geser yang khas, serta pencahayaan alami yang cukup, dengan meminimalisir penggunaan sekat dinding yang banyak, maka cahaya juga akan lebih mudah menjangkau sudut-sudut ruangan rumah anda.

Filosofi yang begitu kental dalam desain rumah Jepang memperkuat tujuan dan fungsi rumah sebagai tempat beristirahat yang tenang sehingga penghuni rumah akan selalu di-charge energinya, nilai-nilai inilah yang sangat mungkin anda terapkan di dalam perencanaan anda untuk rumah anda.

Berbicara mengenai desain rumah itu tidak akan ada habisnya karena selalu baru dan inovatif, karena sudah menyangkut tentang rasa dan nilai seni yang didapatkan ada banyak inspirasi yang terus ada dari mana saja, saat ini saja desain rumah Korea dan Jepang sudah sangat membantu untuk menemukan ide yang fresh yang menjadikan hunian anda memiliki keunikan tersendiri.

Desain rumah yang kita bahas kali ini masih mencakup sebagian kecil dari ide brilian yang bisa anda terapkan namun dengan terus up to date dengan informasi yang ada, dengan cara mengunjungi website real estate dan melihat perkembangan properti saat ini.

Jika anda tertarik lebih lanjut untuk melakukan investasi atau bahkan ingin membeli hunian di masa depan, anda membutuhkan agen properti yang tepat untuk memberikan informasi yang akurat kepada anda.

Ray White adalah agen properti yang telah malang melintang di dunia real estate selama puluhan tahun. Ray White telah membantu banyak client untuk menemukan properti impian mereka dan terus berdedikasi untuk melayani, dengan penghargaan dari Top Brand Awards selama 8 kali berturut-turut menjadikan Ray White selalu dipercaya oleh para klien yang kami hargai. Cari tahu informasi seputar properti di Ray White sekarang juga.

 

Properti Solution? Ray White in Action!

 

Source : Ray White, 99, homify, bramblefurniture, artfonia, arsitag, unsplash, pixabay

Share