logo-raywhite-offcanvas

28 Apr 2016

Percaya Diri: Pengertian, Manfaat, Tips Meningkatkan PD Anda

Percaya Diri: Pengertian, Manfaat, Tips Meningkatkan PD Anda

Dewasa ini tentu Anda ingin lebih percaya diri (PD). Banyak orang disekitar kita yang mengatakan kepada orang lain untuk PD pada diri sendiri. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan percaya diri? Pengertian percaya diri adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa percaya dan mengakui akan kemampuan pribadinya dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Rasa percaya diri tersebut dinilai berdasarkan pendapat pribadi dan oleh diri sendiri, percaya diri juga memegang peranan penting pada tindakan anda dalam mengambil keputusan dan dapat meningkatkan kualitas semangat bekerja anda.

Penilaian tersebut juga bisa disebabkan oleh hasil penilaian orang lain yang positif atau negatif. Jika hasil penilaian orang lain terhadap diri Anda positif, maka orang tersebut memiliki kecenderungan untuk percaya diri. Namun sebaliknya, jika penilaian banyak orang tentang diri Anda negatif, maka secara psikologis seseorang akan menjadi “down”. Hal ini membuat seseorang tersebut merasa minder atau tidak percaya diri.  

Pertanyaannya sekarang, apakah Anda adalah pribadi yang kurang percaya pada diri sendiri? Anda harus melakukan introspeksi diri seberapa kuat rasa percaya diri Anda. Jika Anda merasa kurang percaya diri, maka Anda harus menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri Anda. Mengapa demikian? 

Manfaat Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri memiliki banyak manfaatnya. Seseorang yang kurang percaya diri akan sulit untuk melangkah maju. Rasa minder dalam diri Anda akan menghambat kesuksesan Anda. Semua orang, terutama wanita karir, membutuhkan rasa percaya diri agar bisa menentukan langkah dalam mengambil keputusan. Rasa percaya diri juga menyebabkan seseorang bisa bertindak di khalayak ramai dimana banyak orang yang akan mendengarkan atau memperhatikan Anda. 

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam lingkungan bisnis dan pekerjaan. Kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat kepada atasan serta kemampuan presentasi dengan klien akan membuat karir Anda semakin cemerlang. Jika Anda memiliki kreatifitas dan bakat seni, rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam mengekspresikan karya-karya Anda ke publik. Memiliki kepercayaan diri sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Rasa percaya diri dapat ditumbuhkan dengan selalu berpikir positif bahwa Anda bisa melakukannya. Terdapat beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, sehingga membentuk karakter pribadi yang lebih tangguh.

Cara Agar Percaya Diri

  • Berpikir Positif Tentang Diri Anda

Salah satu cara agar Anda memupuk rasa percaya diri adalah dengan selalu berpikir positif. Fokuslah pada kelebihan Anda. Cari tahu beberapa hal positif yang ada pada diri Anda. Dengan berfokus pada kelebihan diri akan membuat Anda semakin yakin pada diri sendiri. Yakinlah bahwa Anda bisa melakukan setiap tantangan karena Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. 

  •   Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Penyebab utama seseorang menjadi tidak percaya diri adalah sering membandingkan diri sendiri dengan kesuksesan orang lain. Perlu Anda ketahui bahwa kesuksesan orang tersebut juga diawali dengan kegagalan demi kegagalan sama seperti Anda. Namun, orang tersebut tetap yakin bahwa dirinya bisa. Rasa percaya diri tersebut juga diiringi oleh ketekunan dan kegigihan orang tersebut hingga akhirnya memperoleh kesuksesan. 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan cenderung membuat diri Anda “down” apalagi jika menurut penilaian Anda bahwa orang tersebut lebih baik dari Anda. Sebaiknya Anda berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan fokus pada kelebihan yang ada pada diri Anda. Lakukan hal itu setiap kali Anda merasa minder. Hal itu akan menimbulkan rasa percaya diri Anda  

  • Ingat Prestasi Anda di Masa Lalu

Cara untuk membuat Anda percaya diri salah satunya adalah dengan mengingat kembali prestasi yang pernah Anda raih di masa lampau. Hal ini akan membuat Anda lebih semangat karena jika dulu Anda sangat percaya diri dan berprestasi, mengapa tidak dengan sekarang? Ingat kembali semua goals yang sudah berhasil dicapai selama ini. Meskipun kelihatannya simple, cara ini akan sangat membantu Anda berpikir positif terhadap kemampuan diri sendiri. Sebagai pribadi yang memiliki cara pandang yang positif, akan membuat Anda termotivasi dan percaya diri dalam mengejar tujuan Anda selanjutnya. Anda juga akan lebih menyadari bahwa terdapat potensi dalam diri Anda.

  • Buat Prestasi Baru

Pada banyak kasus, kepercayaan diri mulai menurun apabila seseorang merasa dirinya kurang berprestasi. Untuk itu, pacu diri Anda untuk membuat prestasi demi prestasi. Dengan membuat sebuah prestasi, maka penilaian orang lain terhadap diri Anda akan berubah. Orang lain akan mulai respect akan kinerja dan kemampuan Anda. Prestasi tersebut juga akan menimbulkan prestige tersendiri bagi Anda. Prestige tersebut akan mendorong Anda untuk lebih percaya diri.

  • Menambah Wawasan

Seseorang akan lebih percaya diri jika memiliki wawasan yang luas. Dengan begitu, orang tersebut akan lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat karena kemampuan dalam bidang ilmu pengetahuan atau wawasan akan hal tertentu. Dengan selalu memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan dan memiliki kemauan untuk belajar hal baru akan memupuk rasa percaya diri Anda. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan menambah wawasan supaya lebih mudah melebur dengan komunitas tertentu.

  • Berteman dengan Orang yang Memberikan Pengaruh Positif

BERTEMAN-DENGAN-ORANG-YANG-MEMBERIKAN-PENGARUH-POSITIF-RAY-WHITE

Tak bisa disangkal bahwa lingkungan akan membentuk kepribadian Anda. Diri Anda adalah cerminan dari lingkungan pertemanan Anda. Kelilingilah diri Anda dengan orang-orang yang selalu berpikir positif. Bergabunglah dengan komunitas yang terdiri dari orang-orang yang mampu memotivasi Anda sehingga akan lebih percaya diri. Dengan Anda berada di lingkungan orang-orang tersebut, maka secara perlahan namun pasti, rasa percaya diri Anda akan tumbuh. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan meminta motivasi dari orang-orang sekitar Anda disaat Anda merasa tidak percaya diri. 

Jika selama ini, lingkungan pertemanan Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki rasa percaya diri, maka segera keluar dari lingkungan pertemanan tersebut. Berteman dengan orang negatif, tidak akan pernah membuat Anda berpikir positif. Jangankan membuat Anda berpikir positif, karena membuat dirinya sendiri untuk berpikir positif saja sulit untuk dilakukan. Akan sangat sulit membuat Anda percaya diri jika Anda berteman dengan lingkungan yang “toxic”.

  • Jangan Hiraukan Komentar dan Tanggapan Negatif dari Orang Lain

Ada kalanya, disaat Anda sudah mulai mengubah diri Anda ke arah lebih baik, ada saja orang-orang yang suka pada niat baik Anda. Mereka akan berusaha membuat Anda semakin minder pada diri sendiri. Jangan hiraukan orang-orang yang berusaha menjatuhkan Anda. Tetaplah fokus pada tujuan Anda dan tetap fokus berkarya dalam membangun rasa kepercayaan diri Anda. 

  • Terbuka Pada Kritik yang Membangun

Apabila ada orang yang memberikan kritik, lakukan introspeksi diri, apakah kritik tersebut membangun. Jika kritik tersebut membangun dan baik buat perubahan diri Anda ke arah yang lebih baik, maka tidak ada salahnya jika Anda mendengar kritik tersebut untuk memotivasi Anda. Seorang yang mengkritik Anda belum tentu orang tersebut “toxic”, tetapi bisa saja orang tersebut justru memberikan dampak positif bagi kemajuan Anda. Tetaplah berpikir positif dan percaya pada diri Anda.  

  • Beranikan Diri Berbicara Dengan Orang Lain

Cara paling ampuh untuk memupuk rasa percaya diri adalah dengan memberanikan diri berbicara dengan orang. Mulai dari hal sederhana, misalnya dengan mencoba untuk buka obrolan dengan orang-orang baru dikenal disamping Anda. Meski awalnya berjalan kurang lancar, obrolan tersebut akan semakin lancar apabila Anda telah menemukan topik pembahasan tertentu yang disukai keduanya. Buatlah diri Anda merasa santai selama melakukan pembicaraan dengan lawan bicara.

Jika Anda sudah mulai mahir berbicara dengan orang dalam jumlah sedikit, beranikan diri Anda untuk berbicara dengan banyak orang. Bawakan presentasi atau menjadi Master Ceremony (MC) pada sebuah acara adalah salah satu cara membangun rasa percaya diri. Mungkin hal tersebut tidak akan berjalan mulus pada awalnya. Tetapi, seiring berjalannya waktu Anda akan semakin percaya diri berbicara depan banyak orang.  

  • Jangan Takut Mengambil Tantangan

Tantangan akan membuat Anda semakin percaya diri dan berpikir out of the box. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda mengambil berbagai pekerjaan yang memberikan tantangan bagi Anda. Jangan takut mengambil banyak tantangan. Semakin sering Anda mengalami kegagalan, maka semakin banyak pengalaman yang akan Anda dapatkan. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pembakar semangat untuk kembali bangkit. Tumbuhkan rasa percaya diri Anda melalui berbagai kegiatan menantang. Oleh karena itu, mulailah mengikuti berbagai kegiatan yang menantang, baik dalam bisnis, pekerjaan atau kegiatan sosial lainnya.

  • Kenakan Pakaian Rapi dan Nyaman

PAKAIAN-DAPAT-MENINGKATKAN-RASA-PERCAYA-DIRI-RAY-WHITE

Pernahkah Anda melihat mengenai cara berpakaian seseorang? Seseorang yang berpakaian rapi dan nyaman akan membuatnya semakin percaya diri. Berbeda dengan orang yang berpakaian kurang rapi akan cenderung tidak enak dipandang. Hal ini akan membuat Anda dianggap sebelah mata. Cara berpakaian seseorang sangat dipengaruhi karakter. Seseorang yang percaya diri umumnya didukung dengan tampilan diri yang baik. Tak jarang, orang rela membeli pakaian yang cukup mahal demi meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan penilaian orang lain. Sebenarnya tak perlu pakaian mahal dan branded untuk tampil percaya diri, karena hal tersebut sangat berlebihan. 

Poin utama pada pembahasan ini adalah Anda harus berpakaian rapi tetapi cukup pilih busana yang pas di badan, rapi sesuai kondisi dan pantas untuk dikenakan pada event tertentu. Jangan takut pada warna tertentu karena mencoba warna baru yang belum pernah Anda kenakan adalah sebuah tantangan baru untuk tampil percaya diri melalui pakaian.

  • Membentuk Tubuh Ideal 

Banyak orang merasa minder karena merasa bentuk tubuhnya yang kurang ideal. Bentuk tubuh yang kurang ideal itu bisa jadi terlalu kurus atau terlalu gemuk. Membentuk tubuh yang ideal akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Untuk itu, mulailah untuk berolahraga secara teratur dengan diimbangi makan makanan sehat.

Tanpa disadari, memiliki tubuh yang ideal akan mensugesti pikiran Anda bahwa bentuk tubuh Anda lebih baik dari sebelumnya. Maka, Anda akan lebih percaya diri pada bentuk tubuh Anda. Bentuk tubuh yang ideal akan meminimalisir rasa minder saat bertemu orang baru. Bentuk tubuh yang ideal juga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  • Memperbaiki Posisi Postur Tubuh

Selain bentuk tubuh, postur juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah kerap memperlihatkan postur tubuh yang tak sedap dipandang. Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki postur tubuh Anda. Perhatikan cara Anda berjalan. Pastikan Anda berjalan dengan kepala tegak dan menatap ke depan. Perhatikan juga apakah Anda membungkuk saat berjalan. Orang dengan postur tubuh membungkuk menunjukkan rasa kurang percaya diri. Untuk itu, pastikan badan Anda tegap diiringi dengan dada busung ke depan selama berjalan. Memiliki postur tubuh sempurna adalah salah satu cara cepat untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam sesaat. 

  • Jangan Takut Pada Perbedaan

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena merasa dirinya berbeda dengan orang lain. Jangan takut akan perbedaan karena perbedaan bukanlah sesuatu yang buruk. Perbedaan yang terjadi bukan karena kaum mayoritas itu benar dan Anda salah. Bisa saja perbedaan tersebut terjadi karena Anda memiliki kemampuan yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Tetaplah percaya pada diri Anda karena perbedaan yang terjadi adalah sarana bagi Anda untuk berkembang dan membagikan kemampuan Anda dengan orang lain.

Contoh Sikap Percaya Diri 

  • Yakin Pada Kemampuan Diri

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri selalu yakin pada kemampuan dirinya sendiri. Dalam setiap tantangan yang dihadapi, orang tersebut selalu yakin bahwa dirinya dapat melewati setiap tantangan dengan baik, walaupun orang tersebut belum pernah melewati tantangan itu sebelumnya. Kemampuan diri tersebut berbeda dengan sifat “sok bisa”. Seseorang yang yakin pada kemampuan diri dapat menyelesaikan masalah dengan baik, berbeda dengan orang yang “sok bisa” yang umumnya hanya pintar bicara tetapi tidak bisa menyelesaikan masalah. Dengan yakin pada kemampuan diri sendiri, Anda akan merasa yakin bahwa Anda bisa menyelesaikan setiap tantangan dengan baik.

  • Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri umumnya memiliki inisiatif yang tinggi. Sebuah sikap inisiatif biasanya didorong dari keyakinan seseorang dalam kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dengan cepat. 

  • Mampu Mencari Solusi

Inisiatif yang tinggi menunjukkan bahwa seseorang tersebut yakin pada kemampuannya dalam mencari solusi. Seseorang yang tidak memiliki solusi dalam menyelesaikan masalah akan cenderung pasif dan tidak berani mengambil tindakan. Berbeda halnya dengan orang yang memiliki rasa percaya diri. Mereka akan cenderung aktif dan berani mengambil tindakan. 

  • Aktif Bertanya

Kepercayaan diri dalam dilihat dari keaktifan seseorang dalam mengambil tindakan, termasuk dalam hal bertanya. Pernahkah Anda menyadari bahwa seseorang yang aktif bertanya pada suatu forum atau seminar biasanya adalah orang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi? Orang-orang tersebut tidak malu bertanya jika membutuhkan informasi. Keaktifan ini tidak akan ditemui pada orang-orang yang kurang percaya diri karena cenderung pemalu.

  • Tutur Kata yang Jelas 

Telah dijelaskan diatas, bahwa seseorang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi biasanya memiliki wawasan yang luas akan berbagai hal. Wawasan yang luas tersebut membuat seseorang lebih berani dalam berpendapat. Coba Anda perhatikan, seseorang narasumber pada suatu forum yang tutur katanya jelas, biasanya karena beliau memiliki wawasan dan penguasaan materi yang luas. Berbeda dengan seorang narasumber yang kurang jelas dalam berkata-kata. Biasanya narasumber tersebut tidak percaya diri akan apa yang dibicarakannya. Bagaimana orang lain bisa percaya dengan apa yang dijelaskan oleh narasumber tersebut, sedangkan dirinya sendiri tidak percaya apa yang dijabarkan oleh dirinya sendiri? Untuk itu miliki rasa percaya diri khususnya apabila Anda dianggap memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain.

  • Menunjukkan Sikap Sportif

Sebagai manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Orang yang percaya diri seharusnya memiliki sikap yang sportif. Berani mengakui kesalahan dan meminta maaf jika salah membutuhkan kepercayaan diri yang luar biasa. Rasa kepercayaan diri akan membuat seseorang menjadi lebih sportif. Dengan begitu, pandangan orang lain kepada diri Anda akan lebih positif.

  • Memberikan Perhatian yang Sama Pada Komunikan

Rasa percaya diri membuat seseorang berani memberikan perhatian pada komunikan. Merupakan hal yang wajib apabila Anda menatap mata lawan bicara sebagai tanda Anda respect pada lawan bicara Anda. Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri untuk menatap mata lawan bicaranya. Hal ini akan lebih sulit dilakukan apabila Anda berbicara di depan dimana semua orang menatap Anda. Rasa minder akan menghantui Anda. Jika Anda bisa memberikan perhatian yang sama pada semua audience Anda, maka Anda merupakan orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

 

Kepercayaan diri adalah suatu hal yang harus dimiliki seseorang. Seseorang harus yakin pada kemampuan dirinya sendiri. Dengan kepercayaan diri, Anda bisa mempengaruhi banyak orang sehingga percaya pada Anda. Jangan harap orang lain akan percaya Anda jika Anda sendiri tidak percaya pada diri Anda sendiri. Rasa percaya diri juga sangat membantu Anda dalam bisnis dan pekerjaan agar karir Anda semakin cemerlang.

Apabila Anda merasa belum percaya diri, konsultasikan hal tersebut pada psikolog yang ahli dalam memberikan motivasi dan kepercayaan diri. Urusan properti, Ray White ahlinya. Dengan penuh kepercayaan diri, Ray White sebagai agen properti terbaik di Indonesia, memberikan berbagai kemudahan bagi Anda dalam melakukan jual-beli properti. Kantor real estate agent Ray White saat ini berjumlah 175 kantor yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Selain itu, jaringan bisnis Ray White yang luas hingga dunia internasional memungkinkan Anda berinvestasi properti di luar negeri. Ray White juga hadir di Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. 

 

Ray White juga telah meraih berbagai penghargaan bergengsi dan secara berkelanjutan akan terus memberikan yang terbaik. Salah satu penghargaan yang diraih oleh Ray White adalah Top Brand Awards selama 7 tahun berturut-turut sejak tahun 2013. Ray White juga sangat berpengalaman di dunia properti Indonesia. Selama 23 tahun kami berdiri, Ray White secara konsisten memberikan value bagi klien-klien kami. Pastikan Anda memilih Ray White, bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

Source : Ray White, PKBI DIY, Cermati, Suara.

Share