logo-raywhite-offcanvas

16 Mar 2016

Wanita Karir : Tips Pengembangan Diri 2022

Wanita Karir : Tips Pengembangan Diri 2022

Menyambut tahun 2022, banyak wanita yang perlu mengembangkan diri sebagai wanita karir. Sudah tidak zamannya lagi wanita terikat oleh tradisi zaman dulu. Dahulu, seorang wanita idealnya harus berada di rumah untuk mengurus berbagai keperluan rumah tangga. Berbagai aktivitas yang kerap dilakukan oleh wanita di rumah adalah memasak di dapur, mencuci piring dan pakaian serta mengurus anak. Seorang wanita umumnya hanya keluar rumah untuk belanja kebutuhan keluarga dan pergi mengantar anak ke sekolah setiap hari. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut bukan lagi menjadi harapan wanita. Wanita zaman sekarang memiliki mimpi yang besar. 

Di era modernisasi, pemikiran kaum hawa menjadi lebih modern. Kaum perempuan ingin memiliki karir yang bagus. Wanita ingin membuktikan bahwa wanita bisa sejajar dengan kaum pria. Wanita tidak ingin lagi didiskriminasi oleh sentimen masyarakat yang menganggap bahwa pria adalah pemimpin dan wanita sebatas pengikut. Selain itu, wanita ingin memiliki pendapatannya sendiri sehingga tidak hanya bergantung pada pendapatan suami.

Menjadi career woman adalah impian yang didambakan oleh kaum perempuan sekarang ini. Hal mendasar yang memotivasi seorang wanita untuk menjadi wanita karier adalah potensi finansial yang akan didapatkan. Mereka akan mendapatkan penghasilan sendiri dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang wanita. Selain itu, menjadi wanita karir dapat melatih skill dan kemandirian seorang wanita.

Di Indonesia khususnya di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, banyak sekali peluang pekerjaan yang secara khusus mencari wanita sebagai requirement sebuah lowongan pekerjaan. Anda akan menemukan banyak sekali wanita karir yang bekerja di berbagai sektor dan profesi. Tak jarang, banyak perusahaan yang menjadikan seorang wanita sebagai pemimpin perusahaan. Tak jarang, seorang wanita berprofesi sebagai polisi, pilot, PNS hingga pejabat negara. Ada juga wanita yang menjalankan profesi informal seperti pedagang, buruh pabrik dan driver taxi online (ojol). 

Alasan Seorang Wanita Menjadi Wanita Karir

 

  • Membantu Perekonomian Keluarga

Memiliki kondisi keuangan dan ekonomi yang stabil adalah harapan bagi semua orang. Dengan menjadi wanita karir, seorang wanita tentu saja akan mendapatkan pendapatan ekstra, diluar pendapatan pasangan, yang dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Selain itu, penambahan pendapatan tersebut dapat dialokasikan untuk kegiatan investasi. Hal ini tentu akan membantu perekonomian keluarga agar terhindar dari resiko kemiskinan. Perlu diingat bahwa seorang wanita karir yang berpenghasilan memiliki prestige tersendiri. Suksesnya seorang wanita karir juga dapat meningkatkan image keluarga menjadi lebih terpandang.

 

  • Memiliki Potensi Diri yang Berkualitas Dibandingkan Wanita Biasa

Perkembangan teknologi menjadi lebih modern memungkinkan seorang wanita untuk dapat melakukan kegiatan rumah tangga secara instan. Terdapat berbagai produk alat elektronik canggih yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan rumah dengan cepat.  Ada rice cooker untuk memasak nasi, ada mesin cuci otomatis yang bisa mencuci pakaian dengan cepat karena Anda bisa mengatur waktunya, dan lain sebagainya. Semua dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat elektronik. Hal ini sangat bagus karena menjadikan sebuah pekerjaan selesai dengan cepat, efektif dan efisien.

Namun, cepatnya waktu penyelesaian pekerjaan rumah membuat para wanita memiliki banyak waktu luang. Akibatnya, seseorang menjadi bosan di rumah karena tidak ada lagi yang harus dikerjakan. Banyaknya waktu luang dapat digunakan untuk kegiatan yang produktif. Maka dari itu, menjadi wanita karir dapat membantu mereka terhindar dari rasa bosan. Selain itu, menjadi seorang wanita karir dapat meningkatkan skill dan kompetensi diri untuk menemukan potensi dan jati diri seorang wanita. 

 

  • Tidak Ingin Menjadikan Gelar Sarjana Hanya Sebuah Title

Berpendidikan tinggi adalah sebuah kebanggan tersendiri. Orang tua berjuang dengan keras agar anak-anaknya bisa memperoleh pendidikan tinggi. Tak jarang, anak-anak perempuannya juga disekolahkan di perguruan tinggi bahkan hingga keluar negeri. Seorang wanita lulusan dari perguruan tinggi, biasanya akan lebih memilih untuk bekerja ketimbang “di dapur”. Konsepnya sederhana saja. Mereka sudah menghabiskan banyak waktu untuk kuliah, sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi, mereka ingin menerapkan apa yang telah dipelajari selama kuliah. Wanita tidak ingin perjuangan mereka untuk mendapatkan gelar saat kuliah selesai begitu saja.

Menjadi ibu rumah tangga memang pekerjaan yang mulia. Sebaik apapun jabatan dan posisi wanita di pekerjaan, hendaknya jangan melalaikan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Untuk itu, ada baiknya seorang wanita untuk membagi waktu agar tercipta work - life balance. Gunakanlah gelar pendidikan Anda untuk berkarya pada kegiatan yang produktif. 

 

  • Lebih Percaya Diri dan Memperhatikan Penampilan

Tuntutan pekerjaan seorang wanita karir untuk bertemu banyak orang membuatnya semakin percaya diri. Memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan bisa membawa diri dengan orang baru merupakan salah satu sisi positif seorang wanita karir. Seorang wanita karir seringkali lebih memperhatikan penampilannya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan penampilan saat bekerja. Penampilan merupakan aset yang harus dijaga untuk mendukung pekerjaannya. Tentu saja penampilan wanita karier harus sesuai dengan norma-norma yang ada.

Berbeda halnya dengan wanita yang hanya aktif di rumah. Mereka jarang sekali bertemu orang kecuali apabila ada keperluan yang mengharuskan mereka keluar rumah. Tingkat kemampuan berkomunikasi dan cara berkoneksi dengan orang lain akan berbeda dengan wanita karir. Secara penampilan juga berbeda. Umumnya, penampilan wanita karir lebih menarik. Hal ini menjadi sisi positif yang dimiliki seorang wanita karir

 

  • Memiliki Passion dan Gairah yang Tinggi Dalam Menjalani Hidup

Seorang wanita karir dituntut untuk memiliki passion dalam hidupnya. Passion yang dimaksud adalah sebuah gairah atau motivasi untuk meraih kesuksesan dengan mencapai beberapa target. Secara otomatis seorang wanita karir harus menentukan arah tujuan hidupnya. Keinginan untuk terus belajar dan memiliki fokus yang tinggi dalam dirinya adalah salah satu karakter yang dimiliki wanita karir. Mereka bisa belajar banyak hal dalam pekerjaannya dan menemukan apa yang harus mereka capai untuk menjadi seseorang yang lebih baik.  Semangat dalam menjalani hidup memungkinkan seseorang menjadi lebih produktif. 

 

  • Berpikir Positif dan Nyaman dalam Bekerja

Berpikir positif akan membuat seseorang lebih mudah dalam menyelesaikan masalah. Menemukan sisi positif dalam setiap pekerjaan dilakukan akan berdampak pada kenyamanan bekerja seseorang. Kenyamanan seseorang dalam bekerja, akan membuat seseorang semakin bersemangat dalam bekerja. Pekerjaan tersebut juga dilakukan dengan sepenuh hati. 

Karakter tersebut harus dimiliki oleh wanita karir. Berpikir akan positif membuat seorang wanita karir sukses dalam pekerjaannya. Kenyamanan dalam bekerja juga menjadi prioritas seorang wanita karir. Tak jarang seorang wanita karier memilih pekerjaan yang tidak biasa selama dijalankan dengan sepenuh hati. 

 

  • Bisa Membagi Waktu

Waktu adalah sesuatu hal yang berharga. Padatnya rutinitas di pekerjaan dan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga di rumah membuat para wanita karir lebih pandai dalam membagi waktu. Semua pekerjaan dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan selaras. 

Umumnya seorang wanita karier sudah memiliki jadwal harian untuk membagi waktu antara waktu bekerja dan waktu untuk keluarga. Pagi hari sebelum berangkat bekerja adalah waktu untuk mengurus rumah tangga. Setelah itu, para wanita karir akan berangkat bekerja. Sepulang bekerja di malam hari adalah waktu untuk quality time dengan keluarga. Ini adalah salah satu sisi positif seorang wanita karir. Bekerja memang penting, tetapi keluarga juga tak kalah penting. 

 

  • Memiliki Kemandirian dan Komitmen Untuk Tidak Merepotkan Orang Lain

Seorang wanita karir memiliki kemandirian yang lebih baik dibandingkan non-career woman. Tidak hanya mandiri soal finansial tetapi mandiri dalam kesehariannya. Semua pekerjaan dapat dikerjakan seorang diri. Itulah komitmen seorang wanita karier.

Wanita karir cenderung memiliki komitmen yang teguh yang membuat mereka sanggup bekerja sepenuh hati tanpa harus merepotkan orang lain. Prinsip yang kuat akan menjadikan mereka fokus dengan pekerjaan yang ditekuninya. Mereka sudah biasa melakukan semuanya dengan mandiri tanpa harus bergantung pada merepotkan orang lain. Wanita karir adalah seorang wanita tangguh yang luar biasa.

 

  • Seorang Wanita yang Disegani dan Berwibawa

Menjadi wanita karir sudah menjadi impian banyak wanita. Sekarang, tidak hanya kaum pria yang memiliki akses ke dunia pendidikan dan pekerjaan. Wanita juga memiliki akses tersebut. Hal ini membuktikan bahwa wanita pun juga bisa melakukan apa yang kaum pria bisa lakukan. Tidak ada lagi kesenjangan gender antara pria dan wanita.

Menjadi wanita karir memiliki kebanggaan tersendiri. Sikapnya yang tegas dan rasa percaya diri yang dimilikinya membuat wanita karir lebih disegani. Wanita karir lebih memiliki wibawa tersendiri. Kualitas diri yang berbeda membuat seorang wanita karir lebih disegani dan berwibawa. 

 

  • Berpikir Solutif dan Memiliki Kemampuan Mengendalikan Emosi

Di dunia pekerjaan, tidak hanya kecerdasan dan kemampuan yang menjadi pertimbangan dalam memiliki karyawan. Emotional Quotient (EQ) menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan human resource (HR). Mereka menyadari bahwa emosi dapat berpotensi menjatuhkan, baik menjatuhkan orang lain bahkan menjatuhkan diri sendiri. Pressure kerja yang berat membuat seseorang lebih mudah stress. Masalah demi masalah yang berdatangan setiap hari membuat seseorang lebih tangguh dan terbiasa melaluinya.

Seorang wanita karir cenderung memiliki pemikiran yang terbuka dan solutif terhadap sebuah permasalahan. Mereka akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah, karena jalan pemikirannya yang mengutamakan ketenangan emosi dalam mencari solusi. Sifat ini merupakan hal positif yang harus dimiliki oleh seorang wanita karir.

Wanita-karir-berpikir-solutif-dan-memiliki-kemampuan-komunikasi-dan-negosiasi

  • Kemampuan Komunikasi dan Negosiasi 

Dalam komunikasi dibutuhkan pemikiran terbuka, cara bicara yang baik serta kemampuan bernegosiasi. Dengan memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi maka segala sesuatu tentu lebih mudah terselesaikan dengan baik. Untuk bisa memiliki karir yang cemerlang, seorang wanita karir harus memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Hal ini untuk mendukung pekerjaannya yang harus diselesaikan dengan baik.

Kemampuan berkomunikasi seorang wanita karir tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika wanita karir tersebut telah memiliki posisi yang strategis dalam perusahaan. Kemampuan ini cenderung tidak dimiliki oleh wanita yang tidak memiliki pengalaman berkarir di perusahaan maupun lembaga lainnya.

  • Kemampuan Menyesuaikan Diri

Dunia kerja memang sangat dinamis. Keadaan yang dinamis tersebut memaksa seseorang untuk mampu menyesuaikan diri. Pada dasarnya, semua orang memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Akan tetapi, tidak semua orang mau beradaptasi pada situasi baru. Kebanyakan dari mereka lebih suka berada di comfort zone

Menjadi seorang wanita karir memang tidak mudah. Seorang wanita karir harus memiliki keinginan untuk menyesuaikan diri. Untuk bisa memiliki karir yang cemerlang dibutuhkan kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri karena dunia pekerjaan sangat dinamis. Kemampuan menyesuaikan diri memungkinkan Anda untuk menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menjadi wanita karir tidak semudah yang dipikirkan. Untuk mencapai karir yang cemerlang tentu dibutuhkan kerja keras. Dibutuhkan sebuah pengorbanan yang luar biasa dalam menjalani kehidupan sebagai wanita karir. Posisinya sebagai wanita karir sekaligus sebagai ibu rumah tangga membuatnya memiliki dua tanggung jawab berbeda yang harus dijalankan sekaligus. 

Hal yang Harus Diperhatikan oleh Wanita Karir

 

  • Perhatian Pada Keluarga

Sebagai seorang wanita karir tentu memiliki waktu yang terbatas untuk berada dirumah. Kesibukannya diluar rumah tidak memungkinkan untuk berada dirumah dalam jangka waktu yang lama. Perhatian kepada keluarga juga semakin minim. Ini menjadi perhatian khusus bagi wanita karir.

Untuk itu pastikan Anda memiliki jadwal khusus untuk liburan bersama keluarga. Hal ini akan membangun sebuah hubungan yang baik dengan keluarga, khususnya anak Anda. Hal ini terkesan ‘remeh’ tetapi sangat fatal akibatnya jika diabaikan. Pastikan anak-anak Anda juga merasakan kasih sayang orang tua, terlebih apabila kedua orang tuanya sibuk bekerja. Jangan sampai rasa kesepian pada anak Anda, membuatnya mencari pelarian  ke arah yang negatif.

  • Cari Partner Pengasuh Anak Terpercaya

Seorang wanita karier umumnya menitipkan anak mereka kepada baby sitter atau saudara mereka. Sangat penting sebagai orang tua untuk memberikan yang terbaik buat buah hati Anda. Anda harus menyeleksi betul siapa yang akan mengasuh anak Anda. Jangan sampai Anda memilih pengasuh yang malah menjerumuskan anak Anda kepada hal-hal negatif.

Kesibukan orang tua dan banyaknya perhatian yang diberikan oleh pengasuh membuat anak akan menjadi lebih akrab dengan pengasuh mereka. Selain itu, Anda juga akan kehilangan momen untuk melihat tumbuh kembang si kecil. Maka dari itu, pastikan Anda tetap memperhatikan work-life balance agar waktu dengan keluarga tidak terpotong. Kurangi lembur jika tidak diperlukan agar Anda bisa membangun hubungan dengan keluarga Anda.

  • Menjaga Kesehatan 

Menjalani kehidupan dengan dua tanggung jawab berbeda di waktu bersamaan memang menguras waktu, pikiran dan tenaga. Sangat sering bagi seorang wanita karir merasa kelelahan akibat padatnya aktivitas. Kelelahan yang berkepanjangan sangat rentan terhadap penyakit. Untuk itu, penting bagi seorang wanita karir untuk menjaga kesehatan. 

Pastikan Anda memiliki waktu untuk berolahraga bersama keluarga di akhir pekan. Selain untuk menjaga kesehatan, hal ini juga menjadi sarana untuk have fun bersama keluarga. Pastikan Anda juga menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan. Perbanyak minum air putih dan jangan lupa minum vitamin agar tubuh menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar bisa menjalani hari dengan sehat dan bugar.

  • Cari Pekerjaan Dengan Waktu yang Fleksibel

Mencari pekerjaan dengan waktu kerja yang fleksibel adalah impian para wanita, khususnya bagi yang telah memiliki buah hati. Banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang memungkinkan Anda bekerja secara mobile sehingga Anda tidak diharuskan bekerja di kantor setiap hari. Pekerjaan tersebut sangat tepat bagi Anda agar bisa bekerja sambil mengurus pekerjaan rumah tangga. Banyak perusahaan yang memberikan waktu yang fleksibel khususnya bagi wanita karir.

 

Menjadi wanita karir adalah suatu hal yang luar biasa. Tidak ada kata terlambat untuk meraih impian dan masa depan. Perbanyak koneksi dengan wanita karir yang sukses akan membuat Anda termotivasi untuk bisa menjadi seorang wanita karir yang sukses. Kesuksesan adalah milik semua orang yang mau berusaha. Tetap semangat, ladies!

Ray White membuka kesempatan bagi wanita karir untuk mendapatkan pekerjaan dengan waktu yang fleksibel. Menjadi seorang agen properti memang menyenangkan. Waktu yang fleksibel, interaksi dengan banyak orang serta bekerja secara mobile. Lihat infonya disini. Kenapa harus bergabung di Ray White?

Ray White merupakan real estate agent terbaik di Indonesia. Berbagai penghargaan telah diraih oleh Ray White. Salah satunya adalah Top Brand Awards. Ray White adalah satu-satunya agen properti yang meraih penghargaan bergengsi tersebut selama 7 tahun berturut-turut sejak tahun 2013. Sejak pendiriannya 23 tahun silam, kini Ray White sudah memiliki 175 kantor cabang yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia. Jaringan bisnis Ray White sangat luas bahkan hingga tingkat internasional. Ray White memiliki kantor di Australia, Singapura, India bahkan Uni Emirat Arab. Anda juga memungkinkan untuk memiliki investasi properti di luar negeri melalui Ray White. Urusan property? Ray White ahlinya. 

Ray White memberi bukti, bukan janji!




Source : Freepik & Pixabay

Share