logo-raywhite-offcanvas

24 Oct 2021

Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Tips Desain Interior Rumah Minimalis

Minimalis adalah sebuah kata yang terdengar tidak asing bagi telinga kita, sebuah konsep yang dengan mudah kita simpulkan sebagai sesuatu yang sederhana, namun bagaimanakah sebuah minimalisme menjadi salah satu hal yang populer saat ini?

Konsep minimalis ini mencakup hampir semua bidang di dalam kehidupan saat ini, pengaruh minimalis juga mengambil peranan di dalam desain seperti desain perangkat keras, desain mobil, desain user interface, desain game, desain web, dan tentu saja desain interior. 

Salah satu contoh desain interior minimalis yang terkenal adalah desain rumah Jepang yang sudah tidak diragukan lagi dengan filosofi zen yang mengedepankan ketenangan dan kesederhanaan.

Namun yang menarik adalah desain minimalis sendiri bukanlah sebuah gaya visual yang baku, melainkan sebuah prinsip oleh sebab itu konsep ini dapat merambah ke berbagai bidang, tetapi saat ini konsep minimalis lebih familiar dan erat kaitannya dengan desain interior yang pada penerapannya sendiri mengedepankan kesederhanaan dan tidak mencolok.

Sejarah singkat dari minimalis sendiri berawal dari abad ke-20 dimana gagasan dari desain ini adalah menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan meninggalkan elemen penting saja. Seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe memberikan pernyataan terkenal seputar desain ini, dengan “Less is More” yang juga memiliki kesamaan moto dengan seorang desainer Buckminster Fuller “Doing more with less”, desain minimalis mulai berkembang seiring dengan adanya cara-cara standar dalam membangun sebuah bangunan dan ditemukannya bahan-bahan bangunan modern seperti kaca, beton, dan baja yang mempermudah dalam membuat bentuk dan dimensi baru sebuah bangunan.

 

Desain Minimalis dan Penerapannya dalam Hunian

desain-interior-minimalis

Secara sepintas ketika kita mendengar “rumah minimalis” yang terpikir di benak kita adalah sebuah rumah dengan ukuran 21 hingga 36 karena kita berpikir dengan kata “minimal” memiliki artian kecil secara ukuran, namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena minimalis adalah sebuah prinsip yang bisa anda terapkan di semua jenis ukuran rumah sehingga yang menjadi acuan adalah bagaimana anda mengisi ruangan di dalam rumah anda dengan interior nantinya.

Rumah yang tidak hanya menjadi tempat tinggal namun menjadi identitas diri sekarang lebih menarik untuk dibentuk dengan desain minimalis, kita boleh berpikir sekarang ini bahwa rumah yang bagus tidak melulu harus besar, rumah sedang dan kecil juga bisa menjadi hunian yang nyaman jika anda memilih desain dan penggunaan interior yang tepat pula.

Ada banyak gaya rumah dan desain, namun desain minimalis sangat universal dan cocok bagi anda yang menginginkan kebersihan, ketenangan dan kesederhanaan. Berikut ini perlu anda ketahui prinsip yang menjadi ciri khas desain minimalis.

 

  • Meminimalisir Furniture di Setiap Ruangan

Desain minimalis furniture tidak berarti memakai furniture yang berukuran mini atau kecil, melainkan menggunakan dengan jumlah yang tidak berlebihan, pilihan corak dan warna furniture juga mengambil peranan penting, bentuk sofa misalnya dengan desain yang ramping namun nyaman, lalu dengan tambahan berupa meja kecil, serta beberapa ornamen pelengkap, dan jangan lupa menyesuaikan sofa dengan luas ruangan agar tidak terkesan sesak. Penerapan furniture juga dapat menjadi sebuah sekat sebuah ruangan, desain minimalis terbuka sering menjadikan sofa sebagai pembatas ruang keluarga dan ruang makan, beberapa bahan lain seperti kain atau kaca dapat menjadi partisi setiap ruangan di rumah anda.

 

  • Warna Netral yang Utama

Warna netral menyajikan ketenangan bagi ruangan anda, warna-warna ini didominasi oleh putih, abu-abu cerah, dan juga warna pastel seperti beige, hijau muda, tidak lupa juga penerapan warna monokrom juga akan mempertegas karakteristik minimalis rumah anda. Penggunaan warna juga sangat diperhatikan agar tidak tumpang tindih atau terlalu kaya, corak wallpaper yang terlalu banyak motif juga akan menjadi tidak enak dipandang.

 

  • Bentuk dan Tekstur Menjadi Elemen Utama

Maksud dari bentuk dan tekstur memiliki peranan penting, dalam desain minimalis tekstur berupa ukiran-ukiran sangatlah jarang ditemukan, sebagian besar permukaannya halus, kalaupun ada setidaknya ditemukan sangat sedikit atau bahkan hanya berupa hiasan dinding saja, dalam aksen nya bentuk yang banyak ditemukan berupa geometris dan asimetris yang tajam.

 

  • Lantai juga Harus Diperhatikan

Memilih bahan lantai menjadi bagian tak terpisahkan pada desain interior minimalis, anda harus memilih bahan lantai yang mudah dibersihkan, dapat terbuat dari kayu, linoleum atau untuk anda yang memiliki budget lebih bisa menggunakan bahan marmer.

 

Perlu diketahui jika ruangan yang menjadi identitas rumah sering sekali dimulai dari ruang tamu, ketika orang datang dan bertamu kesan pertama yang akan dia rasakan berawal dari ruang tamu anda, oleh sebab itu selanjutnya ada beberapa desain interior minimalis yang dapat diterapkan pada ruang tamu anda.

 

Tips Ruang Tamu dengan Desain Interior Minimalis

 

Dalam mendesain sebuah ruang tamu, anda sebaiknya memperhatikan apakah ruangan ini akan digunakan lebih sering atau tidak, karena kebanyakan ruang tamu yang bersifat formal dibuat terpisah dari ruang utama sehingga penggunaannya hanya ketika ada orang yang datang bertamu, dalam beberapa desain minimalis, ruang tamu juga dapat digunakan sebagai ruangan beraktifitas sehari-hari keluarga, dengan konsep terbuka dan minim sekat, oleh sebab itu ruang tamu jenis ini memiliki ciri khas yang mendukung aktivitas tersebut.

 

  • Meletakkan Televisi dan Peralatan Penunjang Lainnya

Untuk ruangan yang terbatas, biasanya satu ruangan bisa untuk berbagai fungsi, hal ini sangat familiar bagi hunian seperti apartemen, hal ini tentu bukan menjadi masalah malahan dengan pilihan interior yang tepat maka ruangan ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Keuntungan dari konsep ini adalah semua area di dalam rumah berfungsi dengan baik, jika membangun pembatas dengan beton permanen akan membuat ruang tamu terasa formal terlebih jika tidak banyak orang yang bertamu sehingga tidak sering digunakan, lebih baik memberikan pemisah hanya menggunakan sofa saja dengan demikian menyatukan satu ruangan yang dapat digunakan untuk ruang keluarga sekaligus ruang tamu.

 

  • Berikan Nuansa Berbeda dengan Material Kayu

Material kayu memang unik, unsur kayu yang ada di dalam desain interior selalu membawa nuansa tenang dan alami, seperti contohnya jika anda pernah masuk ke dalam rumah desain jepang yang sarat akan unsur kayunya, suasana akan terasa sangat sejuk dan tenang cocok bagi anda yang ingin relaksasi setelah seharian penat bekerja atau melakukan aktifitas diluar rumah, ditambah lagi kayu merupakan isolator panas yang baik untuk ruang tamu anda, akan tetapi perlu diperhatikan nuansa kayu kali ini bukanlah yang bergaya rustic atau menggunakan kayu dengan bentuk aslinya, melainkan kayu dengan bentuk dan tekstur yang halus tanpa ukiran rumit.

 

  • Jendela Kaca yang Besar

Jika anda memiliki rencana membangun sebuah rumah, penggunaan jendela kaca yang besar untuk ruang tamu sangatlah tepat, karena nuansa terbuka yang membuat cahaya masuk lebih banyak akan membuat anda menghemat energi lebih banyak dan tentu saja berbincang-bincang sambil melihat area luar rumah akan terasa sangat menyenangkan sudah pasti ide dan inspirasi akan terus mengalir,  jendela besar dengan pemandangan taman akan membantu suasana santai di dalam rumah anda hanya saja di dalam membangun jendela besar perlu anda perhatikan segi keamanannya juga oleh sebab itu membangun pagar beton di sekeliling rumah anda akan menjadi solusi untuk desain ini karena dapat menjamin keamanan rumah dan juga privasi.

 

  • Fleksibel dengan Pemilihan Furniture Pengganti

Sesuai dengan konsep desain minimalis yang mengurangi unsur-unsur yang kurang penting anda tidak perlu khawatir jika ingin menerapkan desain ini pada ruangan yang tidak terlalu luas, fungsi adalah tujuan utama dari desain ini tetapi bukan berarti anda juga membiarkan ruangan anda kosong melompong begitu saja bukan, ada banyak alternatif pengganti furniture yang juga tidak kalah dalam mempercantik rumah anda sebagai contohnya anda dapat mengganti penggunaan sofa dengan bean bag, di era modern saat ini ada banyak sekali inovasi perabot yang multifungsi, sehingga anda dapat memaksimalkan ruang.



Mengapa Memilih Desain Minimalis?

 

Desain minimalis memiliki fungsi yang dapat membuat ruangan yang sempit terasa lega karena pemilihan warna dan perabotnya, kemudian desain minimalis saat ini sangat up to date dalam segi gaya karena minimalis masih digemari, selain itu desain minimalis ini juga tidak memerlukan tambahan perabotan yang tidak perlu hanya untuk membuat ruangan anda terlihat cantik, menambahkan semua itu penerapan desain minimalis sangatlah mudah karena sumber dayanya masih dapat dijangkau.

Untuk rumah berukuran sedang dan kecil, pemanfaatan ruang adalah kuncinya karena rumah dapat terlihat lebih indah dengan meletakkan perabotan yang tepat, selain itu ada ruangan di dalam rumah yang dapat dijadikan menjadi satu seperti ruang tamu, ruang keluarga, bersama dengan dapur terbuka, rumah dengan lahan kecil juga dapat mengantisipasi keterbatasan ruangan dengan membangun 1 atau 2 tingkat lagi di atas.

Dilansir dari femina, sebuah desain minimalis memiliki beberapa manfaat seperti berikut:

  • Ramah Bagi Lanjut Usia

Bagi anda yang tinggal bersama orangtua desain minimalis akan sangat membantu mereka, misalnya untuk menjangkau barang-barang sehari-hari dan lagi penempatan yang teratur mengurangi resiko mereka tersandung dan terjatuh.

  • Aman Bagi Anak/ Difabel dan Anak Berkebutuhan Khusus

Ruang minimalis yang gampang dibersihkan serta lokasi benda-benda yang dapat dijangkau juga sangat membantu anak-anak, bagi mereka yang menggunakan kursi roda pergerakannya menjadi lebih gampang karena cukup lapang dan tidak terhalang benda-benda yang tidak penting.

  • Mengurangi Stress

Terlalu banyak perabot akan membuat anda stress, belum lagi dengan corak motif dan warna yang tidak sesuai, kesannya akan selalu terlihat berantakan, hal ini juga dapat memicu anda kehilangan kesabaran jika anda kesulitan mencari barang yang anda butuhkan di tumpukan barang lain yang hanya memenuhi ruangan.



Hal Hal yang Harus Dihindari dalam Memulai Desain Interior Minimalis

 

hindari-hal-ini-untuk-desain-minimalis

 

  • Mengabaikan Anggaran 

Desain minimalis tidak diragukan lagi sangat terlihat keren dan elegan terlebih-lebih di masa sekarang ini segala aspek yang “instagrammable” dengan mudah dapat dipenuhi oleh desain ini, dimulai dari warna bentuk dan lain sebagainya, namun dalam perencanaannya anggaran adalah hal utama nya, ada banyak jenis perabotan minimalis atau berbagai aksesoris yang harganya juga tidaklah murah, jadi sebaiknya anda tentukan dahulu perabotan yang akan anda isi di dalam rumah anda dan tentu saja lengkap dengan pertimbangan harganya.

 

  • Asal Memilih Cat

Cat rumah mengambil peranan yang penting dalam desain anda, tidak ada salahnya jika anda ingin memberikan tema tertentu dalam ruangan di rumah anda, tetapi sebaiknya warnanya juga dapat sesuai dan blend-in  dengan warna perabotan anda. Menambahkan dari itu kualitas cat juga jangan diabaikan, cat dengan kualitas rendah akan menjadi masalah di kemudian hari, sebaiknya berkonsultasi dengan perancang bangunan yang anda percayai karena faktor cuaca dan iklim berperan besar dalam merusak cat rumah anda.

 

  • Melakukan Desain Sendiri Tanpa Banyak Referensi

Desain interior sendiri akan beresiko membuat desain anda akan tidak memuaskan, atau bisa-bisa anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk desain ulang karena apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan kenyataan, anda bisa menyewa jasa desain interior yang bisa memberikan ide atau setidaknya dapat berkolaborasi dengan ide original anda sendiri, selain itu mereka juga akan lebih paham dengan jenis-jenis bahan yang bisa anda gunakan, sehingga kesalahan seperti membeli perabotan yang salah ukuran tidak akan terjadi.



  • 100 % Mengikuti Saran Desain Interior

Mengapa ini menjadi sebuah kesalahan? Nah karena desain interior minimalis itu adalah tentang rasa dan selera, anda juga dapat menyampaikan bentuk dan desain yang anda sukai, inilah pentingnya melakukan tukar pikiran dengan para jasa desain, mereka akan memberikan opsi dan anda yang menentukan, supaya nanti anda jangan menyesal ketika sudah selesai namun anda tidak suka hasilnya.

 

  • Melupakan Keseimbangan Ruang dan Skala

Ukuran yang tepat adalah keharusan dalam membuat sebuah interior, anda tidak bisa hanya menduga-duga dengan “kira-kira”, sebagai contoh anda telah memiliki rencana untuk mengisi ruang tamu dengan sofa, meja, dan beberapa hiasan, ternyata dengan ukuran hiasan yang terlalu kecil anda membeli agak banyak dan pada akhirnya membuat ruangan itu sangat ramai dengan hiasan, pilihlah satu dua hiasan dengan ukuran yang pas yang seimbang dengan perabotan utama.

 

  • Tidak Jelas Batas Ruangan dan Fungsinya

Hal ini akan terasa sangat tricky bagi rumah dengan model terbuka dimana dinding sangat minim dan sekat juga tidak banyak, anda tidak mungkin meletakkan peralatan makan lengkap dengan meja dan kursi dekat dengan pintu masuk, sebaiknya letakkan agak berjauhan dengan pembatas yang jelas seperti dinding kaca setinggi pinggang, ataupun  sofa berbentuk L, sehingga orang yang masuk juga akan tahu fungsi ruangannya walaupun dengan minim perabotan.

Desain minimalis ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin hidup dengan simple dan rileks saat berada di rumah.

Dewasa ini desain interior minimalis akan sangat dicari karena kesannya yang rapi dan bersih, pada tahun 2021 anda juga berpeluang untuk mendapatkan rumah hunian atau bangunan investasi, caranya anda hanya perlu menemukan agen properti yang terbaik.

Ray White adalah agen properti terbaik yang memiliki banyak jaringan dan kantor cabang di seluruh Indonesia, anda dapat dengan mudah dibantu untuk mencari properti di wilayah atau daerah impian anda. Ray White telah membuktikan kualitas nya dengan meraih penghargaan Top Brand Awards sembilan kali berturut-turut, semua para marketing executive yang berpengalaman dan profesional siap memberikan informasi terbaik untuk hunian minimalis impian anda.

 

Ingat Properti, Ingat Ray White!

 

Source : Ray White, interiordesign, voi, casaindonesia, femina, freepik, unsplash

Share