logo-raywhite-offcanvas

26 Apr 2022

Cerita Yudy Aditya : Bisnis Terpuruk, Banting Setir ke Properti dan Sukses Menjadi Elite Member

Cerita Yudy Aditya : Bisnis Terpuruk, Banting Setir ke Properti dan Sukses Menjadi Elite Member

Berkarir di bidang real estate merupakan salah satu profesi yang begitu menjanjikan, meskipun dibutuhkan waktu untuk terus belajar hingga pada akhirnya dapat melakukan penjualan pertama. Menjual properti memerlukan waktu dan momentumnya sendiri, maksudnya adalah penjualan properti tidaklah secepat menjual produk lain, oleh sebab itu seorang marketing properti haruslah jeli dan benar-benar memiliki knowledge bagaimana dapat menjual properti kepada klien dan memberikan pengalaman terbaik kepada mereka. 

Memulai terjun dalam bisnis ini tentu akan menimbulkan pertanyaan seperti, “darimana saya akan memulainya?”, “bagaimana agar dapat dipercaya calon pembeli atau bagaimana orang dapat mempercayakan propertinya untuk saya jual?”. Bagi mereka yang ingin memulai secara independen tentu akan menemukan kesulitan karena tidak punya pengalaman sama sekali.

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini adalah bergabung dengan agen properti terpercaya. Saat ini Ray White (Indonesia) menjadi agen properti terbaik yang terbukti terus memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada para klien. Tidak sampai disitu saja Ray White juga selalu membekali setiap Marketing Executives nya dengan melalui banyak training sehingga para marketing juga dapat terbantu dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu Marketing Executive yang telah membuktikan kesuksesannya berkarir bersama Ray White adalah Yudy Aditya. Bergabung sejak tahun 2000 Yudy Aditya berhasil membukukan berbagai catatan penghargaan yang diterima hingga sekarang ia berhasil masuk dalam jajaran Elite Performer pada Ray White 25th Annual Awards 2022. 

Status Elite di Ray White didesain untuk memberikan penghargaan akan konsistensi performa individual yang dapat mencapai minimum settled commission 500 juta rupiah setiap tahunnya ditambah lagi status Elite merupakan  pencapaian tertinggi dalam Ray White Group.

Melalui wawancara singkat,Yudy Aditya menceritakan pengalamannya dari awal menjadi marketing hingga saat ini. Di usianya yang masih berada di perguruan tinggi Yudy memiliki kegemaran untuk dapat menghasilkan uang sendiri, pengalaman bekerja yang menyenangkan ini membuat Yudy bertekad untuk terus melanjutkan keinginannya untuk bekerja. Ketika saat selesai kuliah dan mendapatkan transkrip nilai ia langsung melamar pekerjaan dan diterima di perusahaan multinasional.

Melakukan hal yang disukai merupakan salah satu motivasi Yudy untuk terus mengembangkan dirinya melalui pengalaman bekerja yang didapat sejak masa mudanya, dan mencoba berbagai bidang adalah kegemarannya.

Sebelum bergabung dengan Ray White, Yudy Aditya bekerja sebagai supplier dalam bidang perhotelan. Namun ketika krisis moneter ia memutuskan untuk tidak bisa meneruskan sebagai supplier hotel karena perusahaannya saat itu memiliki cukup banyak karyawan. Lalu ia melihat bahwa ada kantor Ray White yang sedang dibangun di dekat rumahnya, hal ini membuat ia berpikir bahwa memulai bisnis di bidang properti terlihat menjanjikan.

Mengawali pekerjaan sebagai Marketing Executive ternyata tidak mudah bagi Yudy, ia membutuhkan waktu hingga 3 bulan sampai ia dapat melakukan transaksi pertamanya bersama Ray White Kebayoran Senopati. Hal ini dapat terjadi berkat ketekunan dan bantuan serta kerjasama dengan rekan-rekan yang lainnya. Pengalaman pertama saat berhasil closing adalah pada saat floor time, saat itu ia bertemu dengan klien yang mau membeli. Yudy menekankan bahwa pentingnya untuk tetap datang ke kantor saat floor time karena bisa saja ada klien yang mau serius dalam melakukan transaksi. Hal ini yang akhirnya menambah rasa percaya diri Yudy bahwa ia tidak salah memilih bidang properti.

 

Hal yang Dilakukan Hingga Sampai Tahapan Elite

 

Memulai awal karir sebagai Marketing Executive hingga mencapai level Elite saat ini tentunya membuat kita bertanya apa strategi yang dilakukan oleh Yudy, dan ia menyampaikan bahwa ia mengikuti semua instruksi dan panduan yang wajib dijalankan seperti kegiatan door knocking, flyering, dan floor time dengan semangat. 

Ditambah lagi ia berhubungan dengan baik kepada teman-teman dan lingkungannya serta aktif bertanya kepada kelurahan setempat untuk mencari informasi sehingga nanti ada sebuah database yang terus akan dipertahankan. jadi bisa dikatakan komunikasi yang baik adalah kunci Yudy membangun relasi.

Yudy berpesan kepada para rekan-rekan Marketing Executives, untuk dapat mencapai level Elite teruslah melakukan apapun yang diinstruksikan dengan semangat karena tidak ada hal yang instan dan pergunakan waktu sebaik mungkin.

 “Time is the most valuable thing a man can spend” waktu yang anda gunakan seperti berhubungan dengan teman dan klien sedapat mungkin digunakan untuk self-branding.

Ia juga berpesan agar jangan putus asa dalam menghadapi tantangan karena itu akan menjadi pembelajaran.

 

Pesan Kepada Millennial dan Gen Z

 

Hal menarik lainnya adalah Yudy juga memberikan pesan kepada para milenial dan gen z bahwa kemapanan bukanlah hal yang susah dicapai ketika menekuni bidang properti, dan apa yang bisa dimulai dari sekarang untuk para milenial dan gen z ini adalah membina kemitraan dan membangun branding untuk menjadi orang yang bisa dipercaya oleh teman atau komunitas.

Ia juga memaparkan bahwa bisa saja ada orangtua dari teman-teman kuliah atau komunitas yang sedang mencari rumah, kesempatan baik ini dapat dimanfaatkan selagi muda karena hubungan baik dan kepercayaan yang telah dibangun para milenial dan gen z juga memiliki kesempatan untuk bisa melakukan bisnis di bidang properti.

Ia juga mengatakan agar jangan kuatir dan teruslah menjalankan hobby dan berhubungan baik dengan komunitas supaya dapat memiliki teman-teman yang memberikan influence baik untuk pertumbuhan milenial dan gen z ini.

Nah bagi para millennial atau gen z, terkadang ketika kita mendengar kata “real estate” pasti yang terbesit adalah atmosfer yang kaku serta orang-orang yang usianya jauh lebih dewasa dan terkesan serius. Namun Yudy Aditya menunjukkan bahwa walaupun ia menekuni real estate justru melakukan hobi lain semakin lebih menyenangkan. Yudy juga menjadi pendiri salah satu komunitas vespa yang bernama Lambretta Club Indonesia, sebagai seorang Marketing Executive real estate sekalipun masih dapat bergaul dengan anak-anak muda masa kini dan juga kegiatan seperti touring sering ia lakukan secara rutin, selain hobi bermain vespa Yudy juga memiliki koleksi mobil RC atau remote control berbentuk Jeep dan kendaraan offroad, keren banget.








Share