logo-raywhite-offcanvas

12 Dec 2022

Ketidakpastian Ekonomi Global, Masyarakat Indonesia Masih Gemar Liburan?

Ketidakpastian Ekonomi Global, Masyarakat Indonesia Masih Gemar Liburan?

Akhir-akhir ini, kekhawatiran terkait ancaman ekonomi global mulai merebak di Indonesia. Mulai dari kekhawatiran pihak pengusaha tentang melonjaknya biaya akibat upah minimum, kenaikan harga pangan hingga pemerintah akan kembali impor beras yang mengakibatkan ekspor anjlok. Tidak sampai disitu, disusul pula ketentuan terbaru soal kebebasan privat dengan disahkannya Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru pada 6 Desember 2022 lalu.

Meski begitu, masyarakat Indonesia masih optimistis dengan kondisi ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan Survei Konsumen Bank Indonesia November 2022, dimana Indeks Keyakinan Konsumen kuat di area optimis, yaitu sebesar 119,1. Ekspektasi konsumen tetap kuat terutama, ditopang oleh ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja.

Meski, ada penurunan ekspektasi terkait ketersediaan lapangan kerja, penghasilan dan pembelian barang tahan lama. Tapi bukan berarti orang Indonesia enggan untuk pelesiran. Apalagi, sebentar lagi memasuki musim liburan akhir tahun.

Mengutip dari hasil wawancara Bisnis.com Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, reservasi hotel di sejumlah daerah sudah menunjukkan peningkatan. Terutama, kata dia, di pulau Jawa reservasi sudah mencapai 70%, pulau Bali 50 persen, dan di luar Jawa masih di bawah 50%. Terkait tarif hotel, juga akan terpengaruh tingkat reservasi.

Namun presentase tersebut dibarengi dengan tren last minute booking, yang kini menjadi pilihan konsumen dengan berbagai kemudahan, salah satunya pemesanan bisa dilakukan melalui online travel agent (OTA).  Hal ini mengakibatkan tren  last minute booking digemari oleh masyarakat karena tingkat volatilitas pandemi dan pembatasan perjalanan yang membuat reservasi tidak dilakukan jauh jauh hari, atau pemesanan dilakukan mendekati libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

"Bahkan beberapa hotel di daerah tertentu mungkin sudah memberlakukan published rate. Biasanya hotel sudah mendapat reservasi tinggi. Namuni jika masih rendah reservasinya, biasanya ditawarkan harga terbaik pada saat itu,” lanjut Maulana.

Investasi sangat penting untuk mewujudkan target keuangan dan mengatasi inflasi. Tentu saja bukan sembarang investasi, harus dipilih instrumen investasi yang aman dan menjanjikan. Jika ini yang Anda cari, pilihlah investasi pada properti.

Investasi-sangat-penting-untuk-mewujudkan-target-keuangan-dan-mengatasi-inflasi

Properti terbukti menjadi salah satu instrumen investasi terbaik dan aman. Selain memberikan keuntungan ganda, yaitu keuntungan modal (capital gain) dan yield, properti juga anti-inflasi. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh lebih optimal. Dana pun aman dan akan terus tumbuh.

Investasi terutama untuk jangka panjang memang sangat penting, apalagi kondisi ekonomi saat ini tidak bisa di prediksi. Saat ini jenis investasi pun semakin beragam, mulai dari investasi saham, emas, hingga barang branded juga dinilai dapat menjadi investasi yang menguntungkan.

Meski pilihan investasi semakin banyak, tapi tetap saja investasi properti masih menjadi pilihan oleh banyak orang. Selain nilai jual properti tetap stabil dan kian meningkat, banyak juga yang beranggapan bahwa investasi properti cenderung lebih minim risiko dibanding jenis investasi lainnya.

Investasi properti dapat dibilang cukup tricky, meskipun nilainya tetap stabil dan memiliki resiko rendah. Karena itu ada banyak para pemula, yang masih ragu untuk memulai investasi dalam bidang properti.

Apakah Anda salah satu yang tengah bingung untuk memulai investasi di bidang properti?

Dengan modal Wealthy Mindset saja, Anda sudah dapat melihat mana peluang-peluang untuk berinvestasi Properti Sunrise, dengan Cashflow yang Besar & Capital Gain yang Tinggi. Selain itu, bila Anda cermat dalam berinvestasi properti, Anda bisa mencetak keuntungan 100% secara berulang-ulang dari siklus pasar properti, sehingga Anda bisa melipatgandakan jumlah properti Anda dari 1, 2, 3, sampai dengan 20 unit.

Anda akan bisa membuat diri Anda merdeka secara Finansial melalui Properti, artinya semua beban biaya hidup Anda dapat di cover oleh passive income Anda. Passive income Anda akan ditingkatkan sampai 500%, sehingga Anda bisa mengejar mimpi-mimpi Anda, tapa perlu khawatir lagi akan masa depan Anda.

Mungkin inilah saat yang tepat bagi Anda untuk berkonsultasi soal investasi properti dengan agen properti dari Ray White. Agen properti Ray White yang kompeten mampu memberi pertimbangan yang masuk akal, rasional, dan mengarahkan pada deal transaksi yang saling menguntungkan antara pembeli dan penjual rumah. 

Ray White adalah agen properti terbaik yang telah berdiri selama 25 tahun di Indonesia dan menjadi agen properti terpercaya nomor satu di Indonesia serta tercatat sebagai anggota AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 120 tahun, lebih dari 1.000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, Amerika dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997.

Ray White Indonesia meraih penghargaan Top Brand Award kategori Broker Properti untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut. 25 tahun berdiri di Indonesia dan 120 tahun di Australasia, sejarah menunjukan pengalaman dan konsistensi telah berhasil mengantarkan Ray White sebagai agen properti paling mendominasi di setiap regionnya sama seperti moto perusahaan “ to become the most dominant agent in every market place we trade”.

"properti solution, Ray White in Action"

Source: Kompas, Bisnis.com, Bank Indonesia.

Share