logo-raywhite-offcanvas

08 Nov 2021

5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Saat ini properti masih menjadi investasi andalan yang banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Setiap orang pasti mengharapkan kestabilan ekonomi dalam kehidupannya, untuk itu investasi masih menjadi pilihan utama yang dipakai untuk memperoleh keuntungan.

Investasi adalah kegiatan menanam modal dengan harapan dapat menerima keuntungan di masa depan. Salah satu investasi yang paling menguntungkan adalah investasi properti. Mengapa menguntungkan? ini karena investasi dapat melindungi Anda dari inflasi serta harga pasar properti yang cenderung stabil, sehingga nilai properti tidak akan turun. Justru akan semakin naik didukung dengan mulai langkanya lahan kosong untuk pembangunan yang semakin masif, dan tentu saja daerah-daerah perekonomian strategis memiliki harga properti yang fantastis.

Namun bagaimana dengan seseorang yang ingin memulai investasi properti? apakah investasi ini hanya untuk mereka kalangan prestisius yang memiliki uang dalam jumlah besar? sering sekali tanggapan ini menjadi penghalang bagi beberapa orang untuk memulai investasi properti, alih-alih memulai mungkin mempelajarinya saja agak sedikit enggan.

Sektor properti ini dapat dipelajari oleh siapa saja, mulai dari usia muda hingga dewasa sebab properti merupakan investasi jangka panjang. Jika Anda masih merasa kesulitan bagaimana memulai investasi properti, mari simak 5 tips di bawah ini :

 

  • Know Your Budget (Kenali Budget Anda)

properti-budget

Investasi tentu memiliki perhitungan keuangan yang tepat bukan, lalu bagaimana menghitung budgetnya? pertama-tama Anda harus mengetahui pasti tujuan investasi Anda, apakah Anda kedepannya akan membeli properti untuk hunian yang akan dijual lagi, sebagai tempat usaha, atau untuk disewakan kepada pihak lain. Hal ini penting mengingat jenis-jenis properti dengan tujuan tertentu memiliki variasi harga.

 

  • Use an Online Real Estate Investing Platform (Menggunakan Investasi Real Estate Online)

investasi-properti-online

Investasi secara online dapat dilakukan bersama-sama misalnya dengan crowdfunding, sistemnya seperti Anda patungan dengan orang lain untuk investasi pada sebuah properti. Beberapa platform lain juga bisa Anda gunakan namun jangan lupa untuk memastikan kredibilitas nya.

 

  • Do Research (Riset dan Survey)

survei-properti

Begitu beragamnya jenis properti yang ada saat ini akan membuat Anda kebingungan memulai dari mana. Mulailah melakukan riset dan survei sebuah properti yang berpotensi memberikan keuntungan kembali kepada Anda (capital gain). Sebelum riset Anda juga harus menentukan market Anda. Riset paling awal dimulai dari lokasi properti tersebut, misalnya Anda ingin berinvestasi rumah hunian, lokasi strategis akan menambah nilai jual rumah tersebut diantaranya apakah dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, dekat dengan sarana transportasi dan sebagainya. Tidak ada salahnya berjalan-jalan melihat hunian yang dijual. Anda akan sangat terbantu dan memiliki gambaran bagaimana sebuah hunian yang akan menjadi incaran Anda, tidak ada salahnya menanyakan spesifikasi rumah tersebut.

 

  • Engage With Professional Property Agent (Bekerjasama Dengan Agen Properti Professional)

agen-properti

Bekerjasama dengan agen profesional sangatlah membantu Anda di berbagai hal, di antaranya Anda dapat menghemat waktu dalam survei tempat-tempat, lalu informasi tentang harga properti terkini juga Anda bisa dapatkan, dan bagaimana situasi pasar saat ini.

Anda bisa mendapatkan agen profesional di Ray White karena memiliki jaringan luas serta kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia, terintegrasi secara online dengan One System yang akan mempermudah Anda melihat spesifikasi rumah atau properti incaran Anda tanpa harus terjun ke lapangan, agen kami juga akan memberikan solusi-solusi alternatif dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dan kepuasan investasi bagi Anda.

 

  • Make Sure All the Documents Are Registered (Memastikan Semua Dokumen Terdaftar)

dokumen-properti-terdaftar-dan-lengkap

Setelah melakukan pembelian sebuah properti maka langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda mengembangkan properti ini menjadi keuntungan baik untuk dijual kembali maupun disewakan. Dokumen yang legal secara hukum akan memberikan kepastian bagi Anda sehingga Anda akan terhindar dari pihak-pihak nakal yang hendak melakukan penipuan, dan lagi dokumen yang lengkap membuat kredibilitas Anda di mata calon penyewa menjadi lebih baik.

Tips-tips di atas akan membantu Anda dalam memulai investasi properti secara tepat. Namun, hal yang perlu diingat adalah sektor real estate ini begitu dinamis karena setiap informasi selalu ada yang baru dan up-to-date, jangan ragu untuk memperluas wawasan Anda dalam area ini.

Sebagai perusahaan real estate No 1 di Indonesia, Ray White sangat memahami kebutuhan setiap pelanggan. Ray White telah hadir di industri properti global selama lebih dari 118 tahun, lebih dari 1000 kantor di seluruh Australia, Selandia Baru, China, Hong Kong, Timur Tengah, USA dan terlebih khusus di Indonesia sejak 1997. Ray White memiliki jaringan luas 175 kantor yang tersebar di 25 kota besar dan 17 provinsi di Indonesia melalui service excellent dari 5.000 Marketing Executive.

Menginjak usia yang ke 25 tahun, Ray White telah banyak mengantongi rentetan penghargaan dari berbagai instansi. Tentunya penghargaan-penghargaan yang telah diraih telah membuktikan kiprah kerja sukses Ray White sebagai market leader di industri ini.

Bersama Ray White Anda tidak hanya mendapatkan kemudahan bertransaksi di bidang real estate, tetapi Ray White akan menjadi partner terbaik dalam mencari dan menjual properti yang Anda miliki. Ray White is your truly partner to find the best property!

 

Share