logo-raywhite-offcanvas

10 Jun 2016

Tahukah Anda Arti Warna Menurut Feng Shui?

Tahukah Anda Arti Warna Menurut Feng Shui?

Feng Shui adalah ilmu, seni dan teknik untuk menciptakan keseimbangan serta keselarasan bagi lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja yang pada hakikatnya berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan. FengShui dapat dimanfaatkan oleh siapapun tanpa mengenal latar belakang etnis dan agama. Feng Shui mempunyai dasar dan perhitungan serta analisa yang jelas dan sudah teruji selama ribuan tahun. “Feng Shui” dapat diartikan sebagai “Angin dan Air”. Istilah Feng Shui pertama kali dipakai sejak Dinasti Jin. Menurut pakar Feng Shui bernama Guo Po (276-324 AD) dalam bukunya yang berjudul “Zhang Shu”, Guo Po mengatakan bahwa “The wind will disperse the qi while the water will contain it”. Artinya, qi akan terpencar dan dibawa oleh angin dan air akan menahan atau menampungnya.

Feng Shui adalah seni dan teknik tentang bagaimana kita memanfaatkan aliran qi untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Dalam prakteknya, Feng Shui memanfaatkan Sheng Qi (energi positif) dan menghindarkan Sha Qi (energi negatif). Penerapan Feng Shui pada properti bukanlah sesuatu yang baru. Banyak desainer properti yang menerapkan Feng Shui dalam desain propertinya. Hal ini bukan sebagai klenik untuk mendukung kepercayaan tertentu tetapi terdapat beberapa hal positif akibat penerapan fengshui salah satunya warna fengshui. Dalam Feng Shui, pemilihan warna pada properti haruslah memberikan keseimbangan antara Yin dan Yang. 

 

Apa itu Yin dan Yang? 

Yin dan  Yang adalah segala sesuatu yang berada di alam semesta dimana segala sesuatu tersebut memiliki dua kekuatan yang saling berlawanan satu sama lain. Walaupun saling berlawanan tetapi Yin dan Yang memiliki keterkaitan. 

 

Apa perbedaan antara Yin dan Yang? 

Yin adalah unsur-unsur yang memberikan relaksasi dan memberikan energi yang pasif. Energi pasif yang dihasilkan oleh Yin bisa didapatkan pada ruang yang tenang seperti kamar tidur, kamar mandi serta air mancur atau kolam renang. Sedangkan energi Yang merupakan energi aktif yang menimbulkan semangat, motivasi dan kekuatan. Energi Yang didapatkan pada aktivitas yang melibatkan banyak orang serta didapatkan pada ruangan yang memiliki dekorasi warna dominan.

Pada zaman sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan pedoman Feng Shui sebagai acuan untuk merancang desain rumahnya. Pedoman penerapan Feng Shui pada rumah atau apartemen tidak hanya digunakan dalam menentukan desain dan arah bangunan. Feng Shui juga digunakan sebagai pedoman pemilihan warna cat bangunan. Penggunaan warna cat sesuai Feng Shui dipercaya akan membawa keberuntungan bagi pemilik dan penghuni properti tersebut. Warna yang diaplikasikan pada cat rumah memiliki arti tersendiri menurut Feng Shui. Warna cat rumah tidak hanya berperan sebagai pendukung estetika interior dan eksterior rumah. Tetapi, warna cat rumah  juga dapat memberikan efek psikologis serta makna tersendiri. 

Di dalam ilmu Tata Ruang China atau yang biasa kita dengar sebagai Feng shui, warna cat dinding memiliki makna yang berarti. Sebuah warna tidak boleh sembarangan diaplikasikannya pada semua ruangan. Tujuan utama daripada prinsip Feng Shui adalah menyeimbangkan antara Yin, Yang dan Aliran Chi. Warna merupakan aspek utama dalam properti karena memberikan energi-energi kuat yang bisa mengalir. Sebuah warna bisa menimbulkan getaran energi positif maupun negatif.

 

Arti Warna Cat Rumah Dalam Feng Shui

 

  • Merah (Elemen Api)

Warna merah merupakan bagian dari elemen api dalam Feng Shui. Merah adalah salah satu warna yang paling penting dan menjadi warna dominan dalam filsafat timur khususnya Cina. Sebagai warna yang mewakili unsur api, warna merah dan turunannya dianggap warna pembawa kebahagiaan dan keberuntungan. Warna merah juga dikaitkan dengan optimisme yang membawa gairah, asmara dan keberanian. Masyarakat di berbagai belahan dunia memberikan akses warna merah untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan romansa percintaan. Warna merah juga dapat menjadi sebuah aksen yang sangat menarik sehingga memberi kesan memperbesar suatu objek dengan memberikan sedikit sentuhan. Sebagai warna dengan elemen api, jangan jadikan warna cerah sebagai warna dominan.

Warna merah memang sangat bagus untuk diaplikasikan pada rumah Anda karena karakteristiknya yang memberikan energi. Namun untuk orang-orang yang terlalu aktif atau mudah cemas, sebaiknya tidak disarankan untuk melakukan pengecatan warna merah di kamar tidur tidak disarankan. Untuk orang yang cenderung pasif dan tidak mudah cemas, warna merah sangat dianjurkan untuk penerapan warna cat dinding pada kamar tidur. Merah adalah warna cat ruang tamu menurut feng shui agar para tamu yang berkunjung ke rumah Anda merasa cheerful dan bersemangat. Menurut Feng Shui, warna merah sangat tepat diaplikasikan di arah barat daya, timur laut dan bagian selatan property Anda.

 

  • Pink (Elemen Api)

Warna Merah Muda atau Pink dikenal sebagai warna feminim. Warna ini merupakan warna turunan dari warna merah yang merupakan elemen api. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan makna dan energi yang sama dengan warna merah tetapi ingin warna yang lebih soft, maka warna merah muda dapat dijadikan alternatif. Warna pink memiliki arti sebuah ketulusan dan penuh dengan keromantisan. 

Warna pink memberikan aura positif dan energi khususnya bagi Anda dan pasangan. Warna ini juga meningkatkan hubungan kedekatan antara orang tua dengan anak. Warna pink juga memberikan rasa optimisme, stabilitas kehidupan serta menjauhi pertengkaran. Warna ini sangat cocok untuk ruangan yang memiliki nilai privasi yang tinggi seperti, kamar tidur. Sebaliknya warna ini tidak cocok untuk kamar mandi atau dapur. Aplikasikan cat warna merah muda pada bangunan yang menghadap selatan dan barat daya. 

 

  • Orange Tua (Elemen Api)

Warna orange atau jingga memiliki karakter keceriaan, kegembiraan dan komunikasi yang kuat. Warna orange melambangkan kehidupan sosial yang sukses dalam pergaulan karena memberikan energi penuh optimisme dan kerukunan. Penggunaan warna orange pada properti dipercaya akan membuat hubungan pergaulan menjadi lebih hangat dan langgeng. Selain itu, warna jingga diyakini membawa sebuah terobosan dan refreshment. 

Warna orange sangat cocok untuk digunakan pada ruang tidur, ruang makan atau koridor. Akan tetapi, warna orange tidak cocok untuk ruangan yang kecil karena terlalu mencolok dan tidak baik untuk mata. Layaknya warna merah yang merupakan dominan, sangat tidak dianjurkan menjadikan warna orange sebagai warna utama. Warna orange hanya digunakan pada satu sisi sebagai aksen saja.

 

  • Warna Ungu Tua (Elemen Api)

Pada zaman dahulu, ungu adalah warna yang memiliki prestige. Warna ungu dianggap memiliki derajat tertinggi dan termahal. Tak jarang, banyak kerajaan zaman dulu yang menggunakan warna ungu sebagai warna pakaian kerajaan atau warna atribut kerajaan. Warna ungu tidak boleh digunakan oleh sembarangan orang selain pihak kerajaan atau yang memiliki hubungan keluarga dengan pihak kerajaan.  

Warna ungu memang sangat impresif karena mempunyai nilai spiritual yang tinggi. Warna ungu identik dengan kemewahan. Sebagai warna yang memiliki tingkat spiritual tinggi, maka warna ungu sangat tepat diaplikasikan pada pada ruang tidur dan ruang meditasi. Hal ini diharapkan membawa perubahan ke arah yang positif saat Anda tidur maupun bermeditasi. Warna ungu sebaiknya tidak diterapkan sebagai warna untuk dapur dan kamar mandi. 

 

  • Warna Coklat (Elemen Tanah)

Dalam fengshui, warna coklat adalah warna yang mengandung elemen tanah. Warna cokelat memiliki karakter yang elegan dan memiliki stabilitas yang tinggi. Warna coklat juga melambangkan sebuah kekokohan. Warna coklat kerap digunakan oleh pemilik properti sebagai warna interior rumah karena mudah dipadukan dengan furniture yang bernuansa kayu. Menurut Feng Shui, warna coklat memberikan energi positif berupa keberuntungan bagi pemilik dan penghuni properti, khususnya dalam hal kesehatan, finansial dan popularitas. Warna coklat sangat disarankan untuk ruangan yang membutuhkan konsentrasi lebih seperti ruang belajar atau ruang kerja. Terapkan cat dinding warna coklat pada sisi timur, tenggara dan selatan. Warna ini tidak dianjurkan untuk ruangan tempat anda beristirahat.

 

  • Warna Kuning (Elemen Tanah)

Warna kuning merupakan bagian dari elemen tanah dalam Feng Shui. Warna kuning adalah warna yang melambangkan spiritual, kebahagian dan keceriaan. Warna kuning memberikan energi positif berupa suatu gairah dan kreativitas. Warna ini juga memberikan energi positif dalam keberuntungan dalam pendidikan. Biasanya orang yang menyukai warna kuning adalah orang yang berkesan sporty serta memiliki kepribadian yang calm namun standby setiap saathttps://www.raywhite.co.id Selain itu, warna kuning juga dapat membantu Anda untuk menyehatkan pencernaan dan menjernihkan pikiran Anda.

Warna ini sangat cocok untuk koridor, dapur, kantor serta kamar atau ruang bermain untuk buah hati Anda. Warna kuning tidak dianjurkan menjadi cat mayoritas pada suatu ruangan. Cat tembok kuning sebaiknya digunakan pada satu sisi saja. Hal ini untuk menciptakan keseimbangan warna agar tidak mencolok di mata. Warna ini tidak dianjurkan untuk penerapan cat dinding pada ruang meditasi dan kamar mandi.

 

  • Warna Cream / Beige (Elemen Tanah)

Warna cream atau beige adalah turunan dari warna kuning. Warna cream lebih diminati sebagai warna cat dinding pada eksterior dan interior karena warnanya lebih kalem dan netral ketimbang warna kuning yang terlalu mencolok. Warna cream dipercaya menghadirkan energi positif dalam percintaan sehingga pasangan selalu lebih mesra. Hubungan dengan pasangan juga menjadi lebih harmonis dan memberikan kestabilan emosi dalam keluarga. 

Penerapan warna cream sangat cocok untuk eksterior dan interior rumah minimalis modern. Rata-rata rumah berdesain minimalis di dominasi oleh warna cream khususnya pada bagian interior. Warna cream bisa jadi warna gorden menurut feng shui yang dianjurkan. Penempatan cat warna cream dapat diterapkan pada bangunan yang menghadap timur laut, barat dan barat laut. 

 

  • Putih (Elemen Logam)

Warna putih merupakan bagian dari elemen metal dalam Feng Shui. Arti warna putih adalah kemurnian dan kesucian. Warna putih juga berarti sebuah kepolosan. White color menyimbolkan sebuah tanda permulaan, bersih, segar dan penuh kebebasan. Rumah dengan cat warna putih diyakini akan meningkatkan kreativitas pemilik dan penghuni rumah. Penerapan dinding warna putih akan mendorong sang pemilik maupun penghuni rumah untuk memiliki kehidupan sosial yang ramah dan hangat.

Warna putih sangat cocok untuk ruang keluarga, ruang santai, maupun dapur. Sebaliknya, warna ini tidak cocok untuk digunakan pada ruang tidur anak atau ruang makan keluarga. Warna putih sangat sering diaplikasikan oleh pemilik rumah. Alasannya karena warna ini merupakan warna netral yang cocok untuk semua model properti. Rumah model minimalis serta modern classic sering menggunakan cat putih sebagai warna dasar. Warna putih dianggap tak lekang oleh perubahan zaman (timeless). Cat warna putih juga sangat mudah di dapatkan di toko cat bahkan di toko bangunan.

 

  • Abu-Abu Tua (Elemen Logam)

Warna abu-abu merupakan bagian dari elemen metal dalam Feng Shui. Warna abu-abu merupakan alternatif dari warna putih. Jika Anda merasa warna putih terlalu mudah kotor, maka warna abu-abu dapat dijadikan alternatif. Warna abu-abu memberikan energi yang positif bagi penghuni rumah karena merupakan warna “surga”. 

Warna abu-abu juga berkaitan dengan prestasi dan kenyamanan. Layaknya warna putih, Grey color juga dianggap sebagai sumber kreativitas dan kemajuan karir.  Orang yang menyukai warna abu-abu seringkali dipercaya dan senang membantu orang lain. Warna abu-abu dianggap sebagai warna yang bersih, netral dan modern. Warna abu-abu dapat diaplikasikan di sisi barat dan utara pada rumah Anda. Penerapan warna abu-abu sangat tepat diaplikasikan pada rumah minimalis. Penerapan warna abu-abu juga cocok digunakan untuk ruang tamu dengan warna furniture warna putih, abu-abu, hitam atau warna lain yang senada agar rumah Anda terkesan mewah.

 

  • Hitam (Elemen Air)

Warna hitam merupakan bagian dari elemen air dalam Feng Shui. Dalam Feng Shui, warna hitam dianggap introspeksi dan wakil dari kekosongan. Warna hitam bersifat misterius, tersembunyi, rahasia dan protektif. Warna ini merupakan kebalikan dari prinsip keterbukaan. Jika Anda orang yang ekspresif, warna ini kurang cocok bagi Anda. Warna hitam memang jarang digunakan sebagai cat dinding yang major karena terkesan gelap. Warna hitam dapat dijadikan selingan untuk rumah minimalis. Penggunaan warna ini dapat diaplikasikan untuk kamar tidur remaja (ABG).

 

  • Biru (Elemen Air)

Warna biru merupakan bagian dari elemen air dalam Feng Shui. Warna biru memiliki tingkat spiritualitas tinggi serta memberikan kedamaian hati. Warna biru digambarkan sebagai warna yang mewakili langit dan laut yang menandakan ketenangan, tentram dan kebenaran. Warna biru sangat cocok sebagai penyeimbang warna merah karena sifatnya yang menenangkan api. Sebagai warna yang menenangkan, Anda disarankan melakukan pengecatan bernuansa warna biru pada tembok dengan harapan agar rumah tangga terus berjalan dengan damai, tidak ada perpecahan serta tidak diusik oleh aura-aura negatif yang dapat merusak keharmonisan rumah tangga.

Warna biru memang biasanya disukai oleh banyak orang. Akan tetapi, saat Anda sedang dalam kondisi tertekan, sebaiknya hindari warna ini. Banyak orang menggunakan warna ini untuk ruangan yang bersifat pribadi seperti ruang kamar tidur, ruang meditasi ataupun ruangan untuk terapi. Sebagai elemen air, warna biru memberikan kekuatan energi yang dapat diaplikasikan pada bagian timur, tenggara dan utara pada rumah atau apartemen Anda. Hal ini baik untuk kesehatan, finansial dan peningkatan dalam karir.

 

  • Warna Hijau (Elemen Kayu)

Pemilihan-warna-feng-shui- memperhatikan-keseimbangan-yin-dan-yang-1

Dalam fengshui, warna hijau adalah warna yang mengandung elemen kayu. Warna hijau merupakan lambang keasrian, kemurnian, sehat, subur, religius dan harmonis. Harmonis dalam keluarga serta harmonis dalam pertemanan. Warna hijau sangat identik dengan eco-friendly dan eco-living. Sebagai warna yang mencerminkan harmonisasi alam, warna hijau memberikan energi positif yang menciptakan efek ketenangan. Hal ini baik untuk kesehatan ataupun penyembuhan dari hal-hal negatif.  Selain itu ruangan yang memiliki nuansa hijau akan memberikan nuansa segar dan teduh. 

Warna hijau sebaiknya diterapkan pada ruang kerja. Dekorasi berwarna hijau pada ruang kerja dapat memberikan efek relax dan fresh. Secara feng sui, warna hijau bagus untuk memberikan pembaruan dan inovasi. Meskipun memiliki energi yang positif, warna hijau sebaiknya tidak digunakan di ruangan keluarga, ruang belajar atau ruangan bermain.

 

  • Warna Pastel 

Warna lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu adalah warna-warna yang masuk dalam kategori warna pastel. Warna pastel adalah warna-warna cerah yang memberikan kesan kelembutan, kehalusan dan feminim. Biasanya kaum hawa sangat menyukai rumah dengan warna pastel. Penggunaan warna pastel pada rumah sebenarnya sah-sah saja.

Warna pastel dipercaya dapat memberikan keharmonisan keluarga. Warna pastel juga  membuat keluarga Anda menjadi betah dirumah. Selain itu, warna pastel dipercaya memberikan kebahagiaan serta umur panjang. Tentunya diiringi dengan pola hidup yang sehat agar terus bisa menjaga  kesehatan. Warna pastel sangat cocok untuk rumah yang menghadap timur serta selatan. 

 

Jika Anda membutuhkan jasa agen properti terpercaya dengan track record baik, maka Ray White jawabannya. Ray White adalah real estate agent terbaik di Indonesia. Berbagai penghargaan bergengsi skala nasional maupun internasional telah diraih Ray White. Berbagai penghargaan tersebut diantaranya Top Brand Awards 2013-2019, Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017, Franchise Top of Mind category Property Agent 2017, Franchise Business Opportunity Leader Category Property Agent 2014-2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017. 

Dapatkan listing properti terlengkap hanya di Ray White. Berbagai listing rumah, apartemen, tanah, ruko. rukan, gedung perkantoran, pabrik, gudang dan properti komersial lain hanya di Ray White. Anda juga bisa berinvestasi properti luar negeri melalui Ray White. Ray White memiliki jaringan bisnis properti yang luas hingga dunia internasional seperti Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Urusan properti, Ray White bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!





Sumber : Ray White, Dekoruma, Fabelio, Arah Properti, 99, Unsplash.

Share