logo-raywhite-offcanvas

08 Jul 2016

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menyewa Ruko

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menyewa Ruko

Ruko atau Rumah Toko adalah salah satu bentuk properti yang bertujuan untuk keperluan komersial. Ruko biasanya berbentuk properti bertingkat 2 (dua) hingga 3 (tiga) lantai yang bisa dijadikan tempat usaha. Pada umumnya ruko berlokasi di jalan raya yang ramai di jalan raya utama atau jalan arteri. Padatnya aktivitas di jalan besar ini menyebabkan para investor membeli ruko untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Ruko memiliki banyak potensi dari segi bisnis. Banyak investor yang membeli ruko untuk mendapatkan pendapatan tambahan dengan membuka usaha atau menyewakan kepada pemilik usaha. Potensi keuntungan ini yang akan didapatkan oleh pemilik ruko. Selain itu, investor ruko akan keuntungan dari kenaikan nilai properti itu sendiri.

Terdapat bentuk lain dari Ruko yang kerap diburu investor untuk menjalankan usaha. Properti dimaksud adalah Rukan. Rukan atau yang kerap disebut Rumah Kantor merupakan properti yang memiliki karakteristik sama seperti ruko. Perbedaan mendasar dari ruko dan rukan adalah tujuan kepemilikannya. Sesuai dengan namanya, rumah toko bertujuan untuk membuka toko, baik itu tempat usaha restoran atau usaha retail lainnya. Sedangkan rukan, bertujuan untuk aktivitas perkantoran dimana bisa digunakan untuk kantor cabang atau perbankan. 

Ruko merupakan alternatif jika Anda memiliki budget yang terbatas dimana Anda membutuhkan dana untuk tempat usaha tetapi juga membutuhkan tempat tinggal. Dengan membeli ruko, Anda bisa mendapatkan kedua kebutuhan properti Anda dengan membeli satu properti saja. Membeli ruko akan memungkinkan Anda untuk bisa menjadikan tempat usaha di lantai dasar dan menjadikan lantai kedua atau ketiga sebagai tempat tinggal Anda.

Sama halnya dengan ruko, memiliki rukan merupakan alternatif bagi Anda yang memiliki perusahaan atau ingin membuka kantor cabang yang multifungsi bisa dijadikan sebagai tempat tinggal. Akan tetapi, sangat jarang investor yang membeli rukan untuk sekaligus tempat tinggal karena umumnya pemilik perusahaan telah memiliki rumah untuk tempat tinggal. Berbeda halnya dengan ruko yang pada umumnya dimiliki oleh pemilik usaha kecil hingga menengah yang sedang merintis usaha. 

Memiliki ruko memang menjadi impian para pebisnis sebagai tempat usahanya. Namun, impian tersebut menjadi terkendala akibat melambungnya harga ruko dari tahun ke tahun. Akan lebih baik jika Anda mengontrak ruko terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat usaha sekaligus tempat tinggal dengan harga terjangkau. Anda bisa mengalokasi budget Anda untuk modal usaha. Menyewa ruko bukanlah ide buruk, karena terdapat beberapa kelebihan jika menyewa ruko disewa.    

Kelebihan Sewa Ruko

  • Lebih Terjangkau

Harga ruko yang semakin hari semakin mahal tentu memberatkan para pelaku usaha. Apalagi jika pelaku usaha tersebut merupakan pengusaha yang baru merintis usaha atau sedang ingin melakukan ekspansi bisnis dengan modal terbatas. tak jarang, seorang pengusaha yang akan melakukan ekspansi bisnis rela menjual rumahnya demi mendapatkan modal usaha. Dengan melakukan sewa ruko, Anda akan mendapatkan tempat usaha dan tempat tinggal sekaligus. Sisa budget Anda bisa digunakan untuk ekspansi bisnis atau merintis usaha baru.

  • Bisa Mengalokasikan Dana Usaha

Kelebihan-Keuntungan-Sewa-Menyewa-Ruko-Rukan-Di-Ray-White

Menyewa ruko adalah alternatif bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih atau ingin mengalokasikan sejumlah dana untuk modal usaha. Harga sewa ruko yang lebih terjangkau memungkinkan Anda dalam mengalokasikan sejumlah dana untuk membeli inventory (barang dagangan) yang bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda jika usaha Anda bergerak dibidang trading (perdagangan). Sisa budget tersebut juga bisa dialokasikan untuk kegiatan operasional pada usaha yang bergerak dibidang jasa. Dengan menyewa ruko, Anda akan mendapatkan sebuah ruko dan tempat tinggal sekaligus memiliki budget lebih yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis Anda. 

  • Bisa Menjalani Peran Bisnis dan Keluarga Bersamaan

Tak dapat dipungkiri bahwa Anda tentu memiliki keluarga yang membutuhkan peran Anda, entah sebagai orang tua atau sebagai anak. Menjalankan usaha di ruko akan memungkinkan Anda menjalankan peran Anda dalam berbisnis maupun peran dalam keluarga. Anda bisa memiliki quality time dengan anak Anda serta menjaga orang tua Anda sambil menjalankan usaha. Hal ini tidak dapat dilakukan jika Anda menyewa office space di gedung perkantoran. Anda akan merasakan manfaat bahwa menyewa ruko akan lebih praktis dan efisien dalam menjalani peran bisnis dan keluarga secara bersamaan. 

  • Fleksibel Dalam Menjalankan Usaha

Keunggulan lain yang akan dirasakan dalam menyewa ruko adalah fleksibilitas dalam menjalankan usaha. Kegiatan bisnis begitu dinamis. Sebagai pengusaha Anda harus bisa beradaptasi dalam kegiatan usaha. Dengan menyewa ruko, Anda bisa fleksibel terhadap kondisi bisnis. Pada umumnya jangka waktu sewa ruko adalah selama 2 tahun. Selama 2 tahun itu, Anda bisa melakukan tes pasar apakah untuk sektor bisnis yang Anda jalankan itu sangat cocok pada daerah ruko yang disewa. 

Jika tidak, Anda bisa pindah ruko ke tempat yang lebih sesuai untuk kegiatan bisnis Anda. Hal ini akan lebih fleksibel dibandingkan jika Anda membeli ruko dan pada saat situasi yang tidak sesuai harapan, memaksa Anda untuk pindah tempat usaha tetapi Anda harus menjual ruko tersebut terlebih dahulu. Anda akan kehilangan momen dalam berbisnis. Dengan melakukan sewa ruko, jika Anda merasa tidak cocok terhadap daerah, lokasi maupun ruko tersebut, maka Anda bisa menyewa ruko lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aspek yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Ruko

  • Kondisi Ruko

Sebagai tempat usaha dan tempat tinggal, hendaknya sebuah ruko memiliki kondisi fisik yang baik. Kondisi ruko yang baik akan membuat Anda nyaman untuk tinggal dan bekerja di ruko tersebut. Kondisi ruko yang baik juga akan membuat konsumen Anda lebih nyaman berkunjung ke tempat usaha Anda. Kondisi ruko dapat menjadi first impression bagi customer dalam menilai kenyamanan dan kebersihan tempat usaha Anda. Kondisi ruko yang buruk juga membuat Anda harus meminta izin pemilik untuk renovasi. Lamanya proses perbaikan membuat Anda menjadi tidak fokus dalam menjalankan kegiatan usaha. Selain itu, terdapat biaya-biaya tambahan diluar biaya sewa yang harus Anda keluarkan untuk merenovasi ruko tersebut.

  • Lokasi

Ruko merupakan properti yang digunakan sebagai tempat usaha dan kegiatan komersial lainnya. Peruntukannya sebagai properti komersial, maka lokasi ruko yang akan disewa harus menjadi pertimbangan utama yang harus Anda pikirkan. Lokasi yang ramai, posisi ruko yang strategis serta letaknya yang berada ditengah-tengah posisi customer Anda akan menguntungkan bagi bisnis Anda. Tentu saja posisi ruko dengan kriteria ini akan lebih mahal karena secara bisnis sangat menguntungkan. Posisi yang strategis akan berpotensi mendapatkan konsumen-konsumen baru karena posisi ruko Anda yang mudah dijangkau. 

  • Biaya Sewa Ruko

Biaya sewa ruko dengan lokasi yang strategis dengan aktivitas lalu-lalang target market yang ramai tentunya akan berbeda dengan biaya sewa ruko yang kurang strategis. Hal ini bisa menjadi pertimbangan karena Anda harus menyesuaikan dengan budget Anda. Jangan memaksakan diri Anda untuk menyewa ruko yang diluar budget Anda. Sebagai pelaku usaha, Anda harus memiliki dana segar untuk kegiatan perputaran bisnis Anda. Maka dari itu, jangan habiskan semua uang Anda untuk menyewa ruko yang terlalu mahal. Jika alternatif ruko yang lebih terjangkau tetap menguntungkan, maka tidak ada salahnya untuk menyewa ruko yang lebih sesuai dengan budget Anda. 

  • Biaya Operasional Bulanan

Berbicara mengenai budget tidak hanya sebatas soal budget pada awal sewa properti. Anda juga harus mencari tahu biaya lain-lain yang harus dibayar sebagai biaya operasional ruko tersebut. Anda harus mencari tahu besaran biaya listrik, air, biaya iuran keamanan, kebersihan dan lingkungan, serta biaya-biaya lainnya. Sesuaikan juga biaya-biaya tersebut sesuai budget bulanan Anda sebagai biaya operasional yang bisa mengurangi profit usaha Anda.

  • Luas Ruko 

Sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal, maka luas ruko harus menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menyewa ruko tersebut. Sesuaikan luas ruko sesuai kebutuhan. Jika Anda hanya membutuhkan ruko ukuran kecil, maka Anda cukup menyewa ruko ukuran kecil. Menyewa ruko yang besar biasanya akan lebih mahal dibanding ruko ukuran kecil. Sesuaikan luas ruko dengan kebutuhan Anda dalam menyewa ruko. Dengan menyesuaikan ruko sesuai kebutuhan, maka Anda akan menentukan budget yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

  • Jangka Waktu Kontrak 

Anda harus menentukan tujuan Anda dalam melakukan kontrak ruko. Apakah untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang? Jika Anda seorang pebisnis yang baru merintis bisnis, sebaiknya melakukan kontrak ruko jangka pendek saja. Biasanya pemilik ruko menawarkan jangka waktu sewa 2-3 tahun. Namun, apabila bisnis Anda sudah mature dan Anda ingin membuka kantor cabang untuk jangka panjang sebaiknya Anda mencari ruko yang bisa disewa untuk jangka panjang. Biasanya waktu sewa yang diinginkan penyewa sekitar 5 tahun. 

  • Fasilitas Ruko 

Sebagai tempat usaha, maka Anda harus memperhatikan fasilitas ruko yang akan disewa. Perhatikan berapa lantai ruko yang disewakan, berapa jumlah kamar mandi dan kamar di lantai atas. Namun yang terpenting adalah area parkir. Perhatikan area parkir, apakah cukup luas untuk akses keluar masuk loading barang? Hal ini penting bagi Anda yang bergerak dibidang trading atau perdagangan. Area parkir juga menjadi tempat konsumen Anda memarkirkan kendaraannya. Sulitnya mendapatkan parkir akan membuat calon konsumen Anda menjadi malas untuk belanja di toko Anda. 

  • Keamanan 

Sebagai tempat usaha dan tempat tinggal, sebaiknya Anda juga memperhatikan faktor keamanan lingkungan ruko. Lingkungan yang kurang mendukung seperti banyaknya premanisme, parkir liar dan oknum-oknum tak bertanggung jawab sebaiknya dihindari untuk Anda sewa. Anda harus memperhatikan resiko dalam berbisnis. Anda tidak bisa menghindar dari resiko keamanan yang tidak terprediksi. Tetapi Anda bisa mengurangi potensi-potensi yang akan membuat Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk pengeluaran tak terduga.

Keamanan tidak hanya sebatas pada lingkungan tetapi keadaan force majeure lainnya seperti potensi bencana alam dan kebakaran. Tingginya permintaan akan properti, membuat semakin sedikitnya daerah resapan. Untuk itu, hindari menyewa ruko yang menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Bencana alam banjir akan membuat kerugian bagi bisnis Anda. Barang-barang dagangan dan aset Anda akan mudah rusak jika terkena banjir. Anda juga akan repot memindahkan barang-barang Anda saat ada sinyal bahwa akan terjadi banjir. 

Anda juga harus mempertimbangan faktor bencana alam lain seperti kebakaran. Perhatikan tata ruang kompleks ruko yang akan Anda sewa. Apakah terlalu berdempetan dan terlalu beresiko jika terjadi kebakaran? Jika terlalu berdekatan dan terlalu beresiko jika terjadi kebakaran, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda dalam menyewa ruko tersebut. Carilah ruko yang terjamin keamanannya. 

Sebaiknya, Anda juga membicarakan perihal perkara force majeure kepada pemilik agar Anda tidak sepenuhnya dibebankan atas kerugian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Membicarakan perkara  force majeure akan menghindarkan Anda dari resiko-resiko unpredictable yang dapat terjadi pada ruko dan bisnis Anda.

  • Legalitas

Penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap keabsahan legalitas seputar kepemilikan dan status ruko tersebut. Pastikan Anda melakukan pengecekan terhadap status kepemilikan sertifikat ruko. Jika pada sertifikat ruko tersebut masih berstatus Hak Guna Bangunan (HGB), maka sebaiknya Anda mencari tahu tentang masa berlakunya, khususnya pada ruko-ruko tua. Perlu diketahui bahwa HGB umumnya memiliki jangka waktu 20-30 tahun dan dapat diperpanjang hingga 50 tahun. 

Anda juga harus memastikan apakah ruko tersebut sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan statusnya untuk dipergunakan sebagai ruang usaha. Tidak semua ruko memiliki IMB dan izin usaha. Anda juga harus memperhatikan apakah ruko tersebut termasuk dalam bangunan konservasi atau cagar budaya. Perlu Anda ketahui bahwa menurut UU No. 11 Tahun 2010 mengenai Cagar Budaya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan ruko yang termasuk dalam wilayah konservasi. Sebagai contoh pada ruko-ruko yang berada di Kawasan Kota Tua. Ruko-ruko tersebut telah dibangun sejak Zaman Kolonial dan menjadi cagar budaya dan tempat rekreasi. Anda dilarang keras untuk melakukan perubahan dalam bentuk apapun pada area eksterior ruko. Anda juga dilarang keras untuk melakukan penambahan jumlah lantai dan perluasan bangunan ruko yang termasuk dalam area konservasi cagar budaya. 

Hal legalitas lain yang harus Anda perhatikan adalah mengenai jaminan agunan. Apakah pemilik ruko telah menjaminkan ruko yang disewakan sebagai jaminan agunan atau pinjaman kredit di bank. Perlu Anda waspadai jika Anda status ruko tersebut dalam agunan bank. Pihak perbankan tidak akan segan untuk menyita ruko tersebut dari pemiliknya jika terdapat kredit macet. Pihak perbankan tidak akan peduli apakah status ruko tersebut dalam status disewakan ke pihak lain. Tentu saja dalam kasus ini, pihak bank akan tetap melakukan penyitaan dan Anda harus keluar dari ruko tersebut walaupun masa sewa ruko Anda dengan pemilik belum berakhir.

  • Gunakan Agen Properti Profesional

Dalam melakukan sewa-menyewa properti, ada baiknya Anda menggunakan jasa agen properti. Mengapa demikian? Karena agen properti yang spesialis dalam hal sewa-menyewa properti, memiliki banyak sekali listing daftar properti yang akan disewakan. Properti-properti tersebut dapat berupa rumah, apartemen, ruko, rukan, office space dan kawasan pergudangan. Anda akan mendapat berbagai pilihan ruko dan rukan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Agen properti Ray White sangat profesional sehingga dapat diandalkan sebagai property consultant yang handal.

Anda tidak perlu khawatir akan listing sewa properti yang ditawarkan oleh Ray White. Setiap listing properti yang disewakan oleh Ray White terjamin legalitasnya. Sudah menjadi standard operating procedure (SOP) bagi agen properti Ray White untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai keabsahan legalitas properti yang disewakan maupun properti yang dijual. Proses ini merupakan aspek yang paling penting dilakukan. Legalitas sebuah properti merupakan hal yang paling riskan karena menyangkut permasalahan hukum dengan berbagai pihak. Anda wajib mencari tahu keabsahan legalitas sebelum melakukan transaksi sewa-menyewa properti.

Dengan Anda bekerjasama dengan agen properti Ray White, Anda akan dimudahkan dalam proses sewa-menyewa properti. Pastikan Anda bekerjasama dengan agen properti yang terpercaya dan profesional. Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya penghargaan bergengsi yang diraih oleh Ray White sejak kehadirannya 23 tahun lalu (sejak tahun 1997). Salah satu penghargaan yang diraih Ray White adalah Top Brand Awards. Ray White meraih Top Brand Awards selama 7 tahun berturut-turut sejak tahun 2013. Selain itu, Ray White juga meraih berbagai penghargaan, diantaranya Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017. Integritas dan profesionalitas para property agent Ray White membangun kepercayaan para client setia kami. 

Jaringan bisnis Ray White sangat luas hingga menjangkau 25 kota besar di Indonesia. Saat ini, Ray White memiliki 175 kantor yang siap membantu kebutuhan investasi Anda. Tidak hanya di Indonesia, Ray White menunjukkan eksistensinya sebagai agen properti terbaik. Anda bisa melakukan investasi properti di luar negeri karena Ray White memiliki network hingga Australia, Singapura, India hingga Uni Emirat Arab. Urusan property? Ingat Ray White, bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!

 

Source : Ray White, Jendela 360, 99, Liputan 6.

Share