logo-raywhite-offcanvas

07 Jul 2016

Sebaiknya Gunakanlah Jasa Agen Properti Untuk Memasarkan Rumah Anda/Disaat Anda Ingin Membeli Rumah

Sebaiknya Gunakanlah Jasa Agen Properti Untuk Memasarkan Rumah Anda/Disaat Anda Ingin Membeli Rumah

Jasa agen properti memang sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Baik investor maupun end user properti membutuhkan jasa agen jual beli rumah atau property agent dalam proses investasi properti. Aktivitas jual beli properti sering dilakukan oleh masyarakat khususnya bagi investor property. Seorang investor properti tentu memiliki banyak kesibukan diluar aktivitasnya dalam berinvestasi properti. Tentu saja, jasa agen properti sangat dibutuhkan untuk membantu investor dalam proses jual beli properti. 

Jika Anda seorang end user yang membeli properti dengan tujuan untuk ditinggali, maka jasa agen properti juga sangat dibutuhkan. Agen properti tersebut akan memberikan Anda berbagai kemudahan. Kemudahan dalam membantu memilihkan pilihan listing property baik rumah, apartemen, ruko hingga tanah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Kemudian agen properti akan melakukan negosiasi kepada penjual properti. Tidak sampai disitu, agen properti akan membantu Anda hingga proses AJB di notaris. Hal ini merupakan tugas dan kewajiban seorang agen properti. 

Kontribusi Seorang Agen Properti

 

Ray-white-agen-properti-profesional-berkomitmen-memberikan-pelayanan-terbaik

Kontribusi seorang agen properti sangatlah membantu Anda dalam proses jual beli properti. Tidak semua orang mampu memahami dengan baik mengenai hal-hal teknis yang detail seputar transaksi dalam menjual atau membeli properti. Ketidakpahaman ini dapat menimbulkan risiko di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa investasi properti merupakan investasi jangka panjang. Jangan sampai investasi jangka panjang ini menjadi tidak berjalan sebagai mestinya karena Anda telah melakukan kesalahan di awal. Ya, kesalahan di awal karena adanya kesalahan saat pembelian properti. Untuk mengatasi ini, sebenarnya ada pihak yang perannya menghindarkan Anda dari kesalahan prosedur dalam proses penjualan maupun pembelian properti. Pihak tersebut adalah agen properti atau real estate agent. Jasa agen properti sangat penting dalam investasi properti. Agen properti akan menjadi property consultant yang dapat diandalkan. 

Kemudahan Yang Diberikan Agen Properti

Terdapat beberapa kemudahan yang akan didapatkan apabila membeli properti dengan menggunakan jasa agen properti. Kemudahan-kemudahan tersebut akan diterima secara otomatis oleh klien yang bekerjasama dengan agen properti. Tentunya dengan bekerja sama dengan agen properti, segala urusan mengenai proses jual beli properti akan lebih mudah. Setidaknya terdapat 10 kemudahan yang akan didapatkan apabila Anda bekerjasama dengan agen properti. Berikut kemudahan-kemudahan yang akan diterima apabila Anda bekerjasama dengan agen properti :

  • Banyak Pilihan Properti

Kemudahan utama yang akan didapatkan apabila Anda bekerjasama dengan agen properti adalah banyaknya pilihan listing. Listing adalah daftar properti yang dijual. Ini merupakan marketing tools yang wajib dimiliki oleh setiap agen properti. Dengan menggunakan jasa agen properti, Anda akan memiliki berbagai pilihan tipe properti, lokasi, harga, dan model bangunan. Berperan sebagai konsultan properti, seorang agen properti akan mengarahkan Anda pada listing yang sesuai dengan kriteria, kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memilih rumah idaman untuk hunian maupun investasi. Para agen properti akan siap membantu Anda dengan listing propertinya. 

Apabila Anda ingin membeli properti primary, seorang agen properti biasanya juga akan menawarkan beberapa produk rumah dan apartemen yang sedang dijual developer. Keunggulan menggunakan agen properti saat membeli properti primary adalah informasi berupa diskon dan promo menarik tentang properti tersebut akan diberitahukan melalui agen properti terlebih dahulu. Developer akan melakukan training dan pemberian product knowledge seputar produk properti kepada agen properti terlebih dahulu. Kemudahan lain adalah dalam melakukan negosiasi seputar metode pembayaran dan negosiasi harga. Agen properti akan menjadi garda terdepan dalam melakukan proses negosiasi kepada developer apabila ada kasus dimana seorang calon client ingin melakukan negosiasi metode pembayaran dan negosiasi harga di luar dari metode pembayaran dan price list yang tercantum pada brosur pemasaran properti.

  • Harga Wajar, No Markup 

Keunggulan menggunakan jasa agen properti adalah harga rumah yang dijual adalah harga market price yang wajar. Sudah menjadi standard operating procedure (SOP) seorang agen properti untuk melakukan Competitive Market Analysis (CMA) sebelum menjual properti milik klien. CMA adalah sebuah proses dimana agen properti akan melakukan pengecekan harga pasar dengan melakukan komparasi harga pasar dengan properti lain yang memiliki karakteristik, luas, lokasi dan lokasi yang sebanding. Agen properti akan mencari tahu pasaran harga tanah dan bangunan per meter kemudian melakukan appraisal terhadap properti milik klien. 

Appraisal dilakukan dengan melakukan perkalian harga per meter dengan luas tanah dan bangunan properti yang akan dijual. Apabila setelah dianalisis bahwa harga tersebut diatas pasaran, agen properti akan mengatakan kepada pemilik properti untuk melakukan penyesuaian harga. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak perlu khawatir bahwa properti yang dibeli sudah di mark up atau overpriced. Untuk itu, jangan khawatir untuk membeli properti melalui agen properti. 

  • Bebas Komisi

Apabila Anda bertindak sebagai pembeli properti, maka Anda tidak perlu khawatir mengenai komisi agen. Sudah menjadi prosedur dimana seorang agen properti mendapatkan komisi dari penjual. Hal ini berlaku untuk pembelian properti primary maupun secondary. Sebagai pembeli Anda tidak perlu memberikan komisi kepada agen properti.

  • Legalitas Aman

Legalitas-kepemilikan-properti-dan-proses-balik-nama-terjamin

Membeli properti dari agen properti sangat aman. Setiap listing yang dipegang oleh agen properti terjamin legalitasnya. Mengapa demikian? Karena sebelum agen properti sepakat untuk memasarkan properti penjual, agen properti akan melakukan pengecekan mengenai keabsahan legalitas properti tersebut. Dengan begitu, agen properti akan menjamin bahwa setiap listing properti yang dijual memiliki status hukum dan kepemilikan yang jelas.

  • Hemat Waktu dan Biaya

Dengan bekerjasama dengan agen properti, Anda akan menghemat waktu dan biaya. Apabila Anda berperan sebagai penjual, agen properti yang akan melakukan pemasaran pada berbagai marketing channel, baik secara offline maupun online. Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biaya pemasaran karena semua dilakukan oleh agen properti. Anda hanya perlu melakukan follow up kepada agen properti tersebut mengenai progress penjualan properti Anda.

Apabila Anda bertindak sebagai pembeli, bekerjasama dengan agen properti juga akan menghemat waktu dan biaya Anda. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen properti, Anda akan langsung diarahkan kepada sebuah properti yang dianggap paling sesuai. Anda hanya melakukan survey lokasi ke properti tersebut. Anda tidak perlu melakukan survey ke beberapa properti yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

  • Mudah Mendapatkan Sumber Pembiayaan 

Keuntungan menggunakan agen properti adalah Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan sumber pembiayaan. Agen properti tentu telah memiliki rekanan ke lembaga pembiayaan khususnya pihak perbankan. Anda akan mendapatkan bantuan dalam mendapatkan pembiayaan khususnya dalam pengajuan KPR atau KPA. Proses pengajuan KPR atau KPA tersebut juga akan dibantu oleh agen properti. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KPR atau KPA agar agen properti bisa membantu Anda dalam proses pengajuan.

  • Dibantu Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris

Pengurusan Akta Jual Beli (AJB) di Notaris memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Terdapat beberapa tahapan-tahapan yang harus dipenuhi sebelum terjadinya AJB. Panjangnya proses ini kerap menguras waktu Anda. Dengan bekerjasama dengan agen properti, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam pengurusan AJB di notaris. Hal ini untuk menjaga legalitas kepemilikan properti saat properti tersebut akan berpindah tangan.

  • Dibantu Pengurusan Validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH

Sebelum melakukan AJB, agen properti harus mengurus berbagai hal seputar validasi dokumen seperti validasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Bea Balik Nama (BBN) Properti dan Pajak Penghasilan (PPH). Hal-hal teknis seputar legalitas ini yang kerap membuat orang awam mudah terlewatkan atau mudah ditipu. Hal ini sudah masuk ke ranah hukum yang harus dikuasai oleh agen properti. Dengan bekerjasama dengan agen properti yang profesional, maka Anda akan dibantu seputar validitas legalitasnya. Anda bisa melihat persyaratan jual beli properti disini.

  • Jika Perlu Pindahan Rumah, Dibantu Mobilisasinya

Sebagai agen properti profesional, tentu seorang agen properti yang profesional tidak akan lepas tangan dan “say goodbye”. Jasa agen properti tidak hanya berhenti pada proses jual beli tetapi after sales sesaat terjadinya jual beli properti. Bagi end user yang membutuhkan pindahan barang-barang pribadi ke rumah baru, agen properti akan membantu mencarikan vendor untuk mobilisasi pindahan. Perlu diperhatikan bahwa agen properti bukan yang melakukan mobilitas pindahan tetapi membantu mencarikan vendor yang bisa melakukan jasa pindahan. Untuk itu, segala biaya jasa pindahan akan dibebankan oleh pihak yang membutuhkan jasa pindahan tersebut. 

  • Dihubungkan ke kontraktor dan arsitek rekanan jika perlu renovasi.

Pelayanan after sales seorang agen properti tidak berhenti pada jasa pindahan. Agen properti akan siap membantu menghubungkan Anda pada kontraktor dan arsitek rekanan jika Anda membutuhkan bantuan dalam renovasi rumah. Hal ini untuk menjaga kepuasan Anda dalam kerjasama dengan agen properti. Sama halnya dengan jasa pindahan, setiap biaya yang akan dibebankan dengan adanya renovasi akan dibebankan pada pihak yang membutuhkan renovasi. 

Kemudahan-kemudahan yang akan didapatkan apabila Anda menggunakan jasa agen properti memang tampak sebanding dengan besaran komisi yang dibayarkan (oleh penjual properti). Kemudahan diatas tidak akan Anda dapatkan apabila Anda salah dalam memilih agen properti. Anda harus selektif dalam memilih agen properti. Ingatlah bahwa investasi properti merupakan investasi jangka panjang dan bernilai. Jangan sampai investasi Anda menjadi tidak menguntungkan karena kesalahan dalam proses pembelian akibat kesalahan dalam memilih agen properti yang tepat. Berikut adalah tips memilih agen properti yang tepat dan profesional.

Cara Memilih Agen Properti Yang Tepat dan Profesional

 

  • Pilih Agen Properti Yang Memiliki Nama Besar

Di Indonesia banyak sekali bisnis agen properti. Beberapa brand agen properti tersebut merupakan agen-agen properti ternama. Namun, ada juga agen-agen properti yang baru. Tidak semua agen properti memiliki kemampuan dan jaringan bisnis yang sama. Secara kapasitas kemampuan dalam penjualan tentu agen properti yang memiliki nama besar akan lebih mudah dalam mendapatkan client yang akan menjual propertinya. Agen properti yang memiliki nama besar juga akan lebih mudah mendapatkan pembeli properti. Pastikan Anda memilih agen properti yang memiliki nama besar.

  • Pilih Agen Properti yang Berpengalaman 

Nama besar sebuah brand agen properti tidak didapatkan dengan mudah. Perlunya pembuktian panjang bahkan hingga puluhan tahun. Namun, lamanya umur sebuah agen properti juga tidak menentukan bahwa agen properti tersebut berkinerja baik. Dibutuhkan profesionalitas dan integritas para agen properti dalam melakukan tugasnya. Dibutuhkan kegigihan dan konsistensi dalam proses jual beli properti yang merupakan produk slow moving. Berbagai pembuktian panjang tersebut menjadikan sebuah agen properti menjadi lebih berpengalaman. Pastikan Anda memilih agen properti yang berpengalaman dibidangnya.

  • Pilih Agen Properti Yang Memiliki Prestasi dan Penghargaan 

Agen properti yang profesional dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang telah diterima. Penghargaan tersebut bisa diberikan oleh lembaga kredibel yang diakui secara nasional maupun internasional. Semakin konsisten agen properti mendapat penghargaan, maka semakin menunjukkan bahwa agen properti tersebut memiliki prestasi. Apalagi apabila penghargaan tersebut diraih selama beberapa tahun berturut-turut. Pastikan Anda memilih agen properti yang memiliki prestasi dan segudang penghargaan.

Klik link untuk memahami keuntungan dan kerugian menggunakan jasa agen properti.

  • Pilih Agen Properti Yang Memiliki Jaringan Bisnis Yang Luas

Perbedaan agen properti ternama dengan agen properti tidak ternama terletak pada jaringan bisnisnya. Agen properti yang ternama umumnya telah memiliki jaringan bisnis yang luas. Jaringan bisnis sebuah agen properti yang telah memiliki nama besar biasanya sudah memiliki kerjasama khusus dengan banyak developer properti ternama di tanah air. Beberapa investor properti juga akan lebih percaya untuk bekerja sama dengan  agen properti yang sudah memiliki nama besar.  Dengan begitu, probabilitas properti Anda lebih cepat terjual akan lebih tinggi. Pastikan Anda memilih agen properti yang memiliki jaringan bisnis yang luas.

Memiliki jaringan dengan developer dan investor properti memang sebuah keharusan sebuah real estate agent. Tetapi hal tersebut tidaklah cukup. Agen properti tersebut harus memiliki jaringan bisnis ke pihak perbankan sebagai lembaga pembiayaan. Dengan adanya hubungan kerjasama dengan pihak perbankan, maka akan mempermudah pembeli properti dalam mendapatkan sumber pembiayaan.   

 

Membeli rumah maupun menjual rumah bukanlah hal yang sederhana. Apalagi jika rumah tersebut adalah rumah bekas atau rumah secondary. Hal ini membutuhkan pertimbangan yang matang dan terencana.  Ray White berperan dalam memudahkan Anda dalam membuat keputusan. Mengapa Anda harus memilih Ray White sebagai agen properti yang tepat dan profesional?

Ray White adalah agen properti yang telah hadir di Indonesia selama 23 tahun lalu. Ray White secara konsisten memberikan pelayanan terbaik sejak tahun 1997. Ray White adalah agen properti terbaik di Indonesia. Sebagai market leader agen properti di Indonesia, Ray White telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Penghargaan-penghargaan yang telah diraih Ray White adalah Top Brand Awards 2013-2019, Corporate Image Awards 2012-2019, Indonesia Franchise of The Year Category Broker Property Business 2019, Top Franchise Category Property Agent 2018, Market Leader Category Property Agent 2014-2018, Top Property Category Property Agent 2017, Franchise Top of Mind category Property Agent 2017, Franchise Business Opportunity Leader Category Property Agent 2014-2017 serta Social Media Award Category Property Agent 2015-2017. Hal ini membuktikan bahwa Ray White memiliki nama besar, pengalaman dan prestasi sebagai real estate agent. Lalu bagaimana dengan jaringan bisnisnya?

Ray White memiliki jaringan yang luas. Ray White memiliki jaringan bisnis dengan berbagai developer properti, investor dan pihak perbankan. Tidak sampai disitu, Ray White memiliki jaringan luas hingga Internasional. Ray White hadir tidak hanya di Indonesia tetapi juga hadir di Australia, Singapura, India dan Uni Emirat Arab. Anda juga memungkinkan berinvestasi properti di luar negeri melalui Ray White. Urusan properti? Ray White bukan yang lain.

Ray White memberi bukti, bukan janji!



Source : Freepik.

Share