logo-raywhite-offcanvas

15 Jun 2016

Bingung Menghadapi MEA? Anda Harus Memliki Beberapa Strategi

Bingung Menghadapi MEA? Anda Harus Memliki Beberapa Strategi

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah diresmikan sejak 31 Desember 2015 lalu. Dalam menghadapai MEA membuka peluang untuk berkarya. Namun dengan adanya MEA, Anda dan Negara-negara ASEAN harus bersaing keras. Orang-orang dan perusahaan asing yang berasal dari Negara-negara ASEAN bebas untuk melakukan perdagangan investasi, dan bisnis di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, Anda juga bebas melakukan perdagangan bisnis dan investasi di Negara-negara ASEAN.

Masalahnya, seberapa kuatkah Anda agar dapat bersaing dengan masyarakat ASEAN? Untuk dapat bersaing dengan mereka, sebaiknya Anda harus memiliki banyak kemampuan yang dibutuhkan dunia.

Berikut ada beberapa strategi yang harus Anda miliki agar dapat survive di era pasar bebas ini:

  1. Bahasa Asing

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa menguasai bahasa Inggris saja sudah cukup untuk bekal menuju kesuksesan. Akan tetapi, dengan diresmikannya pasar bebas ini, Anda akan bekerja bersama orang-orang asing dari berbagai Negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Memang, tentunya mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik, tetapi ketika Anda dapat bekerja sama dan berkomunikasi menggunakan bahasa ibu mereka, Anda akan lebih dihargai dan komunikasi pun akan berjalan dengan lebih baik.

  1. Networking

Networking (jaringan) tidak hanya penting, tetapi juga keharusan. Anda akan menjalani kerja sama dengan para orang asing. Sekali Anda bekerja sama dengan mereka, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjaling kerja sama lagi dengan orang yang sama di masa depan. Jadi, jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan partnermu. Selain itu, jaringan juga bisa membantu bisnis Anda agar tumbuh semakin besar dan kuat di era MEA ini.

  1. Negosiasi

Untuk menjalin kerjasama, Anda harus melakukan negosiasi untuk menentukan berapa persen keuntungan Anda dan pihak mereka. Tidak banyak orang yang pandai bernegosiasi sehingga bisa menghasilkan perjanjian yang saling menguntungkan. Ketika Anda dan pihak mereka sama-sama senang dan untung, maka persahabatan bisnis diantara kalian akan semakin kokoh. Hal ini akan mendorong kerja sama-kerja sama lainnya di masa depan.

  1. Public Speaking

Anda bisa saja cerdas dan memiliki banyak keahlian sehingga bisa menciptakan sesuatu yang mengubah dunia. Tapi, tanpa kemampuan untuk berbicara di hadapan orang banyak, isi kepala Anda tidak akan bisa tersampaikan kepada dunia. Apalagi di era MEA ini, peluang untuk bekerja di luar negeri pasti akan lebih besar. Anda harus dapat mempresentasikan rencana, ide, dan kreativitas Anda kepada para klien dan juga business partner.

Inilah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi MEA 2016. Selain beberapa hal tersebut, Anda juga harus meningkatkan kualitas diri Anda terus menerus tanpa henti. 

Share