logo-raywhite-offcanvas

11 Mar 2016

MEMILIKI HIDUP YANG SUKSES

MEMILIKI HIDUP YANG SUKSES

Sebenarnya apakah arti sukses? Banyak yang mengatakan bahwa arti sukses adalah kemampuan dalam menikmati hidup dengan selengkap-lengkapnya karena mengetahui cara untuk mendapatkan, melakukan, dan menjadi semua yang Anda inginkan. Sehingga, bisa menjalani hidup yang penuh makna sesuai impian Anda.

 

Namun, apakah menurut definisi diatas untuk Anda sudah sangat sukses? Menurut definisi ini, sudah pasti tidak ada orang yang tidak menginginkan menjadi sangat sukses di dalam kehidupannya. Bukan hanya bisa menikmati kelimpahan materi dalam segala macam bentuk, seperti rumah megah, mobil mewah, uang berlimpah, karir yang hebat, tetapi juga kesehatan jiwa dan raga.  

 

Anda perlu menyadari bahwa semua orang bisa sukses, tidak peduli background Anda, agama Anda, gender Anda, dari suku apa, dan apa pekerejaan Anda. Faktor-faktor tersebut tidak akan mempengaruhi keberhasilan. Akan tetapi apabila Anda ingin memiliki hidup yang sukses, Anda sebaiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Hitung setiap berkat Anda

Sebaiknya Anda memiliki “buku ucap syukur”, yang dibuku tersebut mendata setidaknya ada 3-5 hal yang Anda syukuri selama ini seperti hal-hal yang berlangsung dengan baik dalam satu minggu yang telah berlalu. “Buku Syukur” ini sebaiknya ditulis setiap hari Minggu malam untuk merefleksikan apa yang terjadi dalam satu minggu silam. Hal ini meyiapkan kita menghadapi minggu yang akan datang.


2.Berbuat kebaikan

Rasanya semua agama dan filosofi mengajarkan pentingnya selalu berbuat baik kepada sesama.Berbuat kebaikan tidak selalu berarti harus menyumbang sejumlah uang untuk pekerjaan sosial. Walau ini adalah hal yang baik untuk dilakukan, masih ada hal-hal lain yang mengajak kita untuk memberikan waktu, bahkan diri kita sendiri. Seperti mengunjungi teman yang sedang sakit, atau membantu orangtua yang sedang menyebrang jalan, atau menjadi relawan sebuah aksi sosial.


3. Menghargai hal-hal kecil di dalam hidup

Selalu perhatikan momen-momen yang menyenangkan dan pertahankan sense of wonder Anda, seperti anak kecil yang mudah terpesona dengan hal-hal yang kecil. Seperti menikmati angin di pinggir pantai. Hal ini dapat mereleksasi diri.

 


4. Mengucapkan rasa terima kasih kepada mentor kita (Kepada orang yang telah mengajar kita)
Apabila Anda merasa ada orang yang berjasa terhadap hidup Anda, seperti menolong Anda ketika susah atau memberi jalan keluar dikala Anda sedang bermasalah, jangan lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih. Ucapan terima kasih ini dilakukan dengan terinci dan langsung di hadapan orang tersebut.


5. Belajar untuk mengapuni

Menghilangkan rasa marah atau kesal dapat dilakukan dengan menulis surat pengampunan terhadap orang yang bersalah kepada Anda. Hal ini dapat membawa kelegaan dan kesehatan mental. Memberi pengampunan tidak terbatas kepada orang lain, tetapi juga terhadap diri Anda sendiri. Penelitian mengatakan bahwa ketidakmampuan untuk mengampuni membawa ketidaknyamanan hidup dan rasa dendam. Sebaliknya, apa bila Anda mengampuni, Anda akan merasa damai dan membangun perasaan positif tentang hidup.


6. Investasi waktu Anda kepada keluarga dan teman

Peneliti ilmu kebahagiaan mengatakan, berapapun uang yang Anda punya, pekerjaan yang hebat, rumah yang sangat megah, ataupun kesehatan prima, tidak akan menambah kepuasan dalam hidup. Faktor paling utama yang membuat hidup lebih indah adalah hubungan dengan sesama, hubungan dengan orang-orang yang kita kasihi.


7. Menyayangi diri sendiri

Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, mempunyai selera humor untuk menikmati lelucon, tertawa dan ringan memberi senyuman dapat meningkatkan suasana hati dan mood Anda. Jika sering dilakukan akan membawa kepuasan hidup.


8. Kembangkan strategi untuk mengatasi stress dan masalah

Masa-masa sulit dalam hidup tidak dapat dihindari. Iman dan agama telah terbukti dapat menolong di saat-saat sulit. Pepatah seperti “habis gelap terbitlah terang” atau “badai pasti berlalu” memang memberi kekuatan akan pengharapan yang ada di balik badai.

 

Share