logo-raywhite-offcanvas

31 Aug 2016

Memiliki Rumah Sederhana Dengan Dapur Terbuka? Ini Solusinya

Memiliki Rumah Sederhana Dengan Dapur Terbuka? Ini Solusinya

Konsep Dapur Terbuka Minimalis adalah sebuah konsep kekinian yang memadukan indahnya taman dengan memikirkan lancarnya sirkulasi cahaya matahari dan sejuknya udara alam, tanpa mengurangi fungsional sebuah dapur. Dapur terbuka bersifat open air dimana dapur Anda terkoneksi dengan taman kecil di belakang rumah. Dapur terbuka menjadi sebuah trend desain dapur rumah milenial.

Harga rumah yang relatif tinggi menyebabkan generasi milenial kesulitan mendapatkan rumah. Banyak sekali pembeli rumah pertama dan pasangan baru yang membidik rumah kecil untuk dihuni. Lonjakan harga rumah yang tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan membuat semakin hari ukuran rumah semakin kecil. Rata-rata luas bangunan rumah yang menyasar segmen milenial, pasangan baru dan rumah pertama tahun 2020 adalah 22m2 hingga 36m2. Di wilayah urban seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor harga rumah tipe ini biasanya dipasarkan mulai Rp350 jutaan.

Kriteria lain dari tipe ini adalah lahan dibagi menjadi dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, taman depan dan belakang, serta carport. Lalu di mana dapur? Umumnya, dapur diletakkan dekat dengan taman belakang sehingga konsepnya memang dibiarkan terbuka alias tanpa atap. Material yang ada di dapur meliputi kitchen sink dan keran air saja.

Pada beberapa kasus, developer perumahan memberikan tawaran kepada calon pembeli untuk menutup dapur dengan atap. Namun ada biaya tambahan yang dikenakan untuk pekerjaan ini, berkisar antara Rp5 juta sampai Rp10 jutaan.

Jika mau, pengembang akan langsung melakukan pekerjaan tambahan ini. Tetapi jika berniat mengerjakannya sendiri, ada beberapa aspek yang perlu dicatat dalam “anggaran beli rumah baru”.

Pertama, apakah cukup dengan kanopi atau ditutup hampir seluruhnya dengan genteng. Apabila bujet minim namun kebutuhan untuk menutup dapur dirasa mendesak, maka kanopi boleh menjadi opsi pertama. Untuk material kanopi, polycarbonate merupakan jenis yang termurah dan punya daya tahan cukup baik terhadap panas matahari.

Kedua, karena kondisi dapur melebur jadi satu dengan taman belakang, maka sebaiknya tidak mengatup area ini sepenuhnya. Sisakan setidaknya ¼ area atap untuk sirkulasi udara bagi dapur yang ditutup dengan plastik fiber.

Posisi atap fiber ini sebaiknya berada tepat di atas taman, sehingga apabila air hujan tampias tidak akan membasahi lantai dapur. Plastik fiber juga berguna untuk memasok cahaya alami bagi dapur.

Ketiga, apabila menginginkan konsep semi terbuka pada dapur sekaligus area taman, maka tembok pembatas belakang rumah harus dilengkapi keamanan lebih. Bisa dengan pecahan botol kaca yang disusun sepanjang tepi tembok atau dengan kawat berduri.

 

 

Sumber: rumah.com

Share