logo-raywhite-offcanvas

09 Jun 2017

Roadshow to 7 Offices of Ray White Central Bandung Group (8 June 2017)

Roadshow to 7 Offices of Ray White Central Bandung Group (8 June 2017)

 

  1. 1st office Central Bandung / Kalipah Apoh
  2. Pasteur
  3. Moch Toha
  4. Kopo
  5. Gatot subroto 
  6. Pajajaran 

Pada tanggal 8 Juni 2017, Ray White Central Bandung Group melakukan Roadshow ke-7 kantornya sekaligus. Tidak tanggung-tanggung pada hari tersebut, Ray White Central Bandung Group yang didirikan oleh Ibu Ferawaty Hartono sebagai Principal ini melakukan Grand Opening untuk 6 kantor barunya sekaligus dan berada di lokasi paling strategis di kota Bandung dan merayakan anniversary yang ke-5 untuk Ray White Central Bandung.

Ke-enam kantornya adalah, kantor Ray White Pasteur yang dipimpin oleh Bpk. Anton Hayanto dan Ibu Intan (lokasi,  Jalan Suryasumantri No. 20); Ray White Moch Toha berlokasi di Jl. Moch Toha No. 187C Bandung yang berada dibawah kepemimpinan Bpk. Daniel Tan dan Bpk. Randy Tanudjaja; Kantor Ray White Pajajaran Bandung berlokasi di Jl. Pajajaran No. 115, Bandung yang berada di bawah kepemimpinan Bpk. Hendra Wijaya dan Ibu Vina Agustina Royana; Kantor Ray White Gatot Subroto, berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 59, Bandung yang berada dibawah kepemimpinan Ibu Milka Horeb; serta Ray White Kopo yang berlokasi di Jl. Terusan Raya Kopo No. 24B, Bandung Selatan, dibawah kepemimpinan Ibu Yolanda Tanudjaja dan Ibu Fransisca Maria. Selain itu, pada hari tersebut, sekaligus merayakan 5th Anniversary Ray White Central Bandung.

Perayaan Roadshow ke kantor-kantor Ray White Central Bandung Group pada hari Kamis tersebutpun berlangsung sangat meriah, dihadiri oleh Bpk. Johann Boyke Nurtanio (CEO of Ray White Indonesia), Ibu Sari Dewi (CEO of Loan Market), team BDE of Ray White Indonesia, Ibu Ferawaty Hartono selaku Direktur dari Ray White Central Bandung Group, para Principal dan Marketing masing-masing kantor.

Agenda pada hari Kamis, 8 Juni 2017 ini sangat padat. Dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi lalu berakhir pada pukul 15.30 WIB dengan menggunakan voojrider untuk menghindari padatnya lalu lintas di kota Bandung. Grand Opening pertama dilakukan di kantor Ray White Kopo dan diakhiri dengan pemotongan pita, lalu dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati di Ray White Moch Toha, setelah itu perajalan ke Ray White Gatot Subroto untuk pemecahan kendi, lalu upacara pemotongan tumpeng di Ray White Central Bandung yang terletak di Jalan Kalipah Apo, sekaligus lunch break. Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan lagi ke Ray White untuk upacara pukul gong, lalu ke Ray White Pajajaran, dimana acara dimulai dengan peniupan terompet, dan dilanjutkan ke Ray White Pasteur untuk pelepasan balon.

Di hari yang berbahagia tersebut, Bapak Johann Boyke selaku CEO of Ray White Indonesia menyampaikan kepada para Ray White Central Bandung Group dan team bahwa seorang Leader adalah orang yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain, “A leader must have followers. This is the most important thing”. Beliau sangat bangga kepada Ibu Ferawaty Hartono atau yang akrab disebut Fei karena dalam waktu yang cukup singkat, 5 tahun sejak tahun 2013 beliau mendirikan Ray White Central Bandung, dan pada Kamis 8 Juni 2017, Ray White Central Bandung sudah mampu membuka cabangnya hingga 7 kantor. “Nothing happens until you move and executive”, tutur beliau. Kunci dari kesuksesan Ibu Fei selain dikelilingi oleh para orang hebat, adalah eksekusi dan strategi yang hebat pula. Bapak Johann Boyke Nurtanio pun menambahkan bahwa Ray White telah berada di fase kedua bisnis properti (a substantial business). Disaat jumlah kantor Ray White sudah lebih dari 170 kantor dan telah memiliki lebih dari 3,000 Marketing. Saat ini pula, bisnis Ray White telah mencapai sebesar 15 miliar. Kulitas tolak ukurnya adalah customer satisfaction, mengenai exceeding expectation. “Apabila kita memberikan service yang sangat baik, makan karyawan akan menjadi sanagt loyal, dan akan menjadi advokat bagi kita”, tambah beliau.

Untuk menjadi part of Ray White family, maka Anda harus bangga terhadap setiap transaksi yang Anda lakukan. Karena setiap hubungan baik bagi Principal, Manager, dan Marketing harus membangun hubungan yang baik dengan para kliennya. Apabila orang membicarakan Anda, harusnya yang positif, karena hubungan Anda sebagai part of Ray White adalah people to people.

Harus disadari bahwa kultur dari Ray White berbeda dari yang lain. “Culture is who we are and what we are belive in”. Mungkin perusahaan lain dapat meniru Ray White, namun tidak dapat meniru kulturnya. Seperti Tony Fernandez, mantan karyawan dari Richard Branson. Richard Branson memiliki ide dari awal yang terus menerus berkembang yang tidak dapat ditiru oleh Tony. Tetapi apa glue all the business under Richard? It is the culture (fun, adventurous, memorable). “We live the culture not just hang it on the wall”.

Culture: Open, Honest (this business is about trust), Fair (unlimited commission). Harus diingat bahwa talent is the most valuable property.

Selain itu, Bapak Johann Boyke Nurtanio pun mengatakan bahwa “everybody can make a difference. All you need to do is care. We have to care enough to help our customers find their dream house. Key of success: change the standard and change status quo”. Salah satu kunci kesukesan adalah fokus. Apabila ingin menjadi pakar dalam bidang yang digeluti, Anda membutuhkan 10,000 jam di bidang Anda (at least, satu tahun).

Patung David di Florence adalah mahakarya dari Michael Angelo (sebongkah batu dari buangan kontraktor, lalu Michael membayangkan mahakaryanya tersebut dipahat kemudian menjadi patung). Fokuslah akan apa yang Anda ingin fokuskan. Bayangkan kemana Anda ingin lakukan di dalam hidup Anda. Flashback adalah hal yang lumrah, namun jangan sampai ada penyesalan. Anda harus menyingkirkan distraction agar dapat fokus, sehingga pada akhirnya kita mencapai impian kita. Orang yang stick pada satu bidang, maka orang tersebut akan sukses. Agar dapat sukses, Anda harus investasi yang besar dalam bidang yang Anda pilih.

Kekuatan dari Ibu Ferawaty Hartono atau yang akrab disapa Fei ini adalah business recruitment. Beliau sangat rajin melakukan recruitment agar bisnisnya dapat berkembang terus dan semakin maju. Tahun lalu, Ray White baru saja mendapatkan penghargaan di Monako. Karena apa? We are serving our community, including our family. Seperti contoh, Bluebird dan Gojek. Apa yang cocok untuk bisnis kita? Portal properti. Kita tidak dapat digantikan dengan teknologi, namun kita dapat membuat para Marketing kita memahami teknologi. “How do you WOW your costumers? By exceeding customer expectation by anticipate their needs. How can we engage all with our community. Principals also has to engage with its Marketers,” tutur Bapak Johann Boyke.

Selain itu, Bapak Johann Boyke mengatakan bahwa sebagai seorang yang bekerja di industri properti, semua diawali dengan listing. Kita harus tau apa yang kita inginkan. Jangan hanya berfokus kepada orang yang ingin Menjual properti, jangan juga hanya memancing dimana semua orang memancing ditempat yang sama. Be like a salmon, go upstream. Selalu update database, masukkan ke One System yang mana sistem tersebut akan otomatis mengingatkan kita. Kemudian, lakukan servis lain seperti Open House. Dengan cara mengirikan Market Update yang memberi info akan update listing dan hal-hal terbaru dari kita. Karena manusia akan melihat 3 hal, yaitu: Physical Impression, Trust, Knowledge. Bangunlah hubungan dengan database kita.

Siklus properti sekitar 6-7 tahun dan di dalam properti adalah based on supply demand. Saat ini kita adalah Seller Market. Demand yang lebih banyak dari pada Supplier. Untuk membantu para calon pembeli membuat keputusan, adalah tugas Anda untuk mengecilkan gap tersebut dengan cara memberikan kepercayaan kepada mereka, antara harga dari penjual dan penawaran dari pembeli. Ada 3 tahapan database yang harus diketahui, yaitu: collection, managing, dan communicating. Arti dari Ray White adalah hubungan kita dengan para komunitas atau database. Database bukan hanya hot buyers, namun database adalah semua pemilik rumah, pembeli yang pernah melakukan transaksi dengan Ray White, ataupun orang-orang yang pernah ikut menawar namun belium membeli.

Harus diingat juga agar Anda tidak terjebak menjadi orang yang biasa-biasa saja. Lakukanlah yang terbaik untuk setiap hal yang dilakukan. Setelah selesai menjual properti, apa yang akan Anda lakukan? Mintalah customers memberikan testimonial dalam bentuk video.  Karena dengan testimonial dari para klien, maka orang akan lebih percaya untuk bekerjasama dengan Anda. Selain itu mengapa video? Video adalah the 2nd largest engine after google. Dimana orang akan lebih suka melihat video daripada membaca teks.

Setelah Bapak Johann Boyke memberikan kata sambutannya kepada para Ray White Central Bandung Group, Ibu Sari Dewi selaku CEO of Loan Market pun menuturkan bahwa sebagai part of Ray White, Anda harus mengetahui apa yang ingin Anda dapatkan. Sama hal nya dengan perkataan Bapak Johann Boyke, bahwa database harus dikelola terus menerus, dan haruslah disiplin pada diri sendiri. “If we want to help others find their dream house, are we giving our best?”, tutur Ibu Sari Dewi.

Apabila Anda diberikan 86,400 USD, apa yang akan dilakukan setiap harinya? Menurut hasil survey, akan lebih sering untuk keluarga. Oleh sebab itu, Anda harus tau prioritas hidup Anda masing-masing. 85,400 itu adalah detik yang diberikan oleh Tuhan setiap harinya, your time is limited. Oleh sebab itu, berikanlah waktu tersebut untuk orang yang Anda sayangi. Terkadang, Anda memerlukan keberanian, yang diperlukan hanya meminta kemungkinan 50-50. Karena apabila tidak diminta, tidak akan ada hasilnya.

Service sangatlah penting. Listingan dari Ray White di website Australia tahun lalu sebanyak 24,000 listing. Biasanya, listing mencerminkan penjualan. Sedangkan kompetitor Ray White memiliki 6,000 listing. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki listing yang sangat baik dan fokus pada area Anda masing-masing. Buatlah listing tersebut personal, sehingga Anda akan mengetahui klien Anda lebih lagi, seperti berapa anak yang dimilikinya, riwayat mereka mengapa mereka membeli properti tersebut dan mengapa mereka ingin jual kembali.

Brian White, yaitu Chairman Ray White dari generasi yang ke-3 memiliki rumah yang berada di salah 1 dari 10 jalan termahal sedunia, namun beliau adalah seorang yang sangat rendah hati. Mengapa beliau bisa menjadi sukses seperti saat ini? Karena beliau mengetahui apa yang dia inginkan. Apabila Anda sudah tau apa yang Anda inginkan, Anda harus cari cara untuk mengetahui bagaimana untuk mencapai yang Anda inginkan, dan janganlah menunda. Self discipline adalah cara yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis Anda. Dari situ, Anda akan menjadi orang yang sukses.

Salah satu prinsip dari Brian White yang harus diingat, “my passion is always on building people and I want to focus on that. Our biggest challenge as self employed is so many temptations caused unfocused. We need to decide on what business we want to in and if you know what you want, be focus and do your best. Build trust from vendors and buyers”.

Begitu banyak hal-hal yang dapat dijadikan contoh dan dapat kita ambil dari pengalaman serta pedoman yang disampaikan oleh Bapak Johann Boyke Nurtanio, Ibu Sari Dewi, Mr. Brian White, maupun Ibu Fei sebagai Principal dari Ray White Central Bandung yang mana sudah dapat membuka 7 kantor dalam waktu 5 tahun. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa. 

#raywhite #raywhiteindonesia #grandopening #raywhitecentralbandung #realestate #property #professional #business #agents #jualrumah #sewarumah

Share