logo-raywhite-offcanvas

05 Aug 2016

Kiat Menurunkan Tagihan Rumah Anda

Kiat Menurunkan Tagihan Rumah Anda

Tagihan biaya listrik dan gas yang bisa dihemat merupakan hal yang Anda dambakan. Sebenarnya ada banyak cara sederhana dan murah yang dapat Anda lakukan. Ray White Indonesia telah merangkum sejumlah ide yang Anda bisa lakukan untuk dapat menghemat uang dan membantu lingkungan hidup tanpa mengorbankan kenyamanan.

1. Mendinginkan Ruangan Secara Tepat.

Untuk setiap satu derajat kenaikan alat pendingin, penggunaan listrik akan naik kira-kira 5 sampai 10 persen. Agar biaya listrik tetap terkendali, Anda dapat menghemat listrik dengan menutup pintu-pintu rumah dan memanaskan atau mendinginkan kamar-kamar yang Anda gunakan saja.

2. Menggunakan Perkakas Rumah dengan Bijak

Lampu yang menyala ketika 'perkakasnya sedang tidak' dipakai yang terdapat di perkakas seperti oven gelombang mikro, televisi, dan perangkat game, dapat menghabiskan 10 persen dari biaya listrik. Jika ada lampu atau jam kecil—alat ini menggunakan listrik.

Matikan listriknya di tembok ketika sedang tidak dipakai, menyingkirkan lemari es atau lemari pembeku tambahan yang tidak perlu, dan mengeringkan pakaian di tali jemuran daripada di mesin pengering.

3. Mengurangi Penggunaan Air Panas

Air panas memakan biaya sekitar 25 persen dari rata-rata biaya listrik rumah. Cara-cara mengurangi penggunaan air panas termasuk mencuci pakaian dengan air dingin dan baru menyalakan mesin cuci pakaian kalau pakaian sudah cukup memenuhi mesin cuci itu, memasang kepala pancuran air yang tidak deras (low-flow) dan mandi cukup sebentar saja.

4. Pilih Perkakas yang Efisien

Perkakas rumah tangga dapat menghabiskan sepertiga dari biaya listrik rumah Anda. Jika Anda membeli lemari es, televisi, mesin cuci, mesin pengering pakaian, atau pendingin ruangan yang baru, lihatlah tanda/label kebutuhan listrik (Energy Rating)—semakin banyak tanda bintangnya semakin sedikit listrik yang digunakan perkakas itu.

Perkakas yang banyak bintangnya mungkin sedikit lebih mahal. Akan tetapi, memilih perkakas yang lebih murah tapi kurang efisien dapat makan lebih banyak biaya dalam jangka panjang.

5. Tutup Jendela Anda

Tirai jendela dan kaca film akan mencegat sebagian panas matahari sebelum memasuki rumah Anda. Lapisan jendela dapat mengurangi panas matahari hingga 77 persen, menurut Departemen Energi. Tirai dengan lapisan plastik berwarna putih dapat mengurangi kenaikan panas sebesar 33 persen.

Semakin banyak panas yang Anda cegah dari memasuki rumah Anda, maka semakin murah tagihan energi Anda. Selain itu, dengan memperbanyak pohon atau semak yang ada di sekitar rumah Anda, semakin kecil kemungkinan matahari akan dapat mencapai bagian dalam tempat tinggal Anda.

 

sumber olah artikel: rumah123.com

Share