Tips Membuat Rumah Anda Bebas Debu


Kita semua tentu bakal merasa tak nyaman jika banyak debu yang bertebaran di rumah. Simak tips-tips dari Ray White Indonesia berikut ini untuk membuat hidup Anda nyaman tanpa debu, sebagaimana dilansir Tabloid Rumah.

Hindari pemakaian kasur dan bantal yang terbuat dari kapuk.

Debu akan lebih mudah menempel pada kasur dan bantal kapuk. Coba saja memukul bantal kapuk yang kita miliki, debu langsung beterbangan keluar.

Ganti peralatan penunjang tidur kita minimal seminggu sekali

Jika memungkinkan, bahkan lebih baik mengganti seprai dan sarung bantal setiap dua kali seminggu. Seprai, sarung bantal dan guling, hingga selimut yang tidak bersih tentunya membuat tidur kita juga tidak nyaman. Jemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari, selain untuk membunuh bakteri juga untuk menghilangkan debu.

Hindari meletakkan barang di atas lemari atau lokasi yang sulit dijangkau.

Barang-barang tak terpakai seringkali diletakkan di lokasi tersebut, menyebabkan bagian atas lemari seringkali menjadi tempat bersarangnya debu.

Hindari menyimpan banyak mainan berbulu.

Terutama bagi kita yang memiliki anak kecil di rumah, meskipun anak-anak menyukai boneka berbulu sebaiknya dibatasi. Bersihkan setiap hari dan cuci secara berkala.

Selalu bersihkan rumah secara seksama.

Jangan lewatkan bagian sudut-sudut dinding dan plafon, juga tempat-tempat yang tidak terjangkau seperti lubang ventilasi dan bagian bawah atau atas perabotan.

Sebelum menyalakan kipas angin, pastikan ruangan telah bersih dan tidak banyak debu. Kipas angin malah akan membuat debu beterbangan ke tempat lain, bahkan ke udara yang dapat berakibat terhirup oleh orang yang ada di dalam ruangan.
    
Barang-barang elektronik juga tidak boleh luput dibersihkan. Bersihkan AC atau celah-celah kipas angin, tempat biasanya banyak debu yang menempel. Bagian balakang lemari es juga seringkali dilupakan.
    
Bersihkan tirai secara rutin, minimal seminggu sekali. Untuk hasil lebih baik, tirai bisa kita laundry. Jika kita senang mengoleksi buku, rajin-rajinlah membersihkannya. Tumpukan buku termasuk tempat menumpuknya debu, apalagi jika jarang diambil.

Batasi hiasan-hiasan di rumah

Batasi hiasan-hiasan seperti lukisan, pigura foto dan lain sebagainya. Tempat-tempat tersebut seringkali luput dari perhatian sehingga hampir tidak pernah dibersihkan.

Setiap selesai membersihkan rumah dengan sapu, biasakan dilanjutkan dengan mengepel. Jika ingin lebih efektif, gunakan penyedot debu. Selain lebih praktis, sedot debu juga tidak membuat debu beterbangan. Ketika akan membersihkan perabotan di rumah, gunakan lap basah. Tambahkan dari cairan pembersih agar efektif dan hasilnya lebih maksimal. Debu akan menempel di lap basah tersebut.
    
Bersihkan karpet setiap hari,

Debu sering berkumpul baik di atas maupun di bawah karpet. Agar lebih efektif, gunakan penyedot debu. Jika karpet sedang tidak digunakan, gulung dan bungkus dengan menggunakan plastik rapat-rapat, untuk menghindari debu menempel.
    
Ray White Indonesia

diedit dari laman www.ayopreneur.com

Sahid Sudirman Center 43E floor Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat, DKI Jakarta Indonesia 10220

Phone: (62-21) 2788 9777,
Fax: (62-21) 2788 9495
Email : corporate@raywhite.co.id